Pilih Kategori Artikel

10 Gedung Pernikahan di Solo, Bernuansa Jawa hingga Sentuhan Kolonial Belanda
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Solo merupakan salah satu kota yang cukup ramai di pulau Jawa dengan penduduk yang cukup padat. Hal ini yang membuat kota ini memiliki lahan terbatas untuk menyelenggarakan pernikahan. Oleh sebab itu, bagi kamu yang akan menyelenggarakan pernikahan di Solo, apalagi dengan banyak tamu undangan perlu menyewa gedung pernikahan yang mampu menampung semua tamu undangan pernikahanmu.

Tidak perlu capek-capek berkeliling kota Solo untuk mencari gedung pernikahan yang akan kamu pilih. Kamu cukup membaca artikel ini, dan memilih gedung pernikahan yang tepat untuk hari pernikahanmu. Salah satu gedung pernikahan di Solo juga merupakan gedung pilihan presiden Jokowi untuk menikahkan anaknya. 

10 Gedung Pernikahan di Solo

  1. Gedung Wanita Sasana Krida Kusuma

wm_article_img
Venue: Sasana Krida Kusuma Manahan

Salah satu gedung Pernikahan di Solo yang cukup dikenal banyak orang adalah Gedung Wanita Sasana Krida Kusuma. Gedung ini sudah cukup lama berdiri di kota kampung halaman presiden RI. Selain itu gedung ini juga berada di jantung kota Solo. Gedung ini cukup menjadi favorit bagi warga kota Solo dikarenakan harga sewanya yang terjangkau selain itu gedung ini juga menyediakan penginapan.

wm_article_img
Gedung Wanita Sasana Krida Kusuma | Foto: Amaris Dekor

Gedung ini memiliki desain ukiran Jawa yang terlihat klasik sehingga cocok untuk kamu yang menggunakan pernikahan adat Jawa. Gedung ini juga memiliki lahan parkir yang luas sehingga bagi kamu yang berencana mengundang banyak orang tidak perlu khawatir kekurangan kapasitas parkir.

Alamat : Jl. Menteri Supeno No. 1, Manahan, Banjarsari, Solo, Surakarta, 57139

  1. Gedung Mawar

wm_article_img
Venue: Gedung Mawar Solo | Foto: facebook

Jika kamu mencari gedung pernikahan yang strategis di tengah kota Solo maka Gedung Mawar bisa menjadi pilihannya. Gedung ini dikenal memiliki kapasitas yang luas dan berbagai fasilitas pernikahan yang lengkap, mulai dari sound system hingga kursi tamu undangan.

wm_article_img
Venue: Gedung Mawar Solo | Foto via Katering Mitra Shafira

Selain itu juga tersedia ruangan-ruangan khusus yang bisa digunakan untuk keperluan acara pernikahan, seperti ruang make up. Namun, untuk lahan parkir, gedung ini memiliki lahan terbatas, sehingga kamu harus mencari alternatif lahan lain di sekitar gedung yang bisa kamu jadikan tempat parkir bagi para undangan. Kelebihan lain dari gedung ini adalah biaya sewanya yang lumayan terjangkau.

Alamat : Jl. Dr. Rajiman No.214, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57151

  1. Wisma Batari

wm_article_img
Venue: Wisma Batari Solo

Gedung pernikahan di solo yang satu ini bisa dibilang legendaris. Bagaimana tidak? Wisma Batari merupakan bangunan peninggalan Belanda. Wisma Batari dulunya merupakan rumah tinggal yang memiliki satu gedung pertemuan. Oleh karena itu selain gedung pertemuan yang dijadikan gedung pernikahan, terdapat juga wisma untuk menginap.

wm_article_img
Venue: Wisma Batari Solo

Fasilitas penginapan disini sangat lengkap seperti adanya ac dan kamar mandi dalam, sehingga bagi kamu yang memiliki tamu undangan dari luar kota bisa beristirahat dengan nyaman untuk menghadiri pernikahanmu. Walaupun termasuk bangunan tua, gedung ini terlihat bagus dan luas sebagai gedung pernikahan,

  1. nDalem Tjokrosoemartan

wm_article_img
Venue: nDalem Tjokrosoemartan

Kota Solo memiliki banyak gedung tua yang saat ini digunakan sebagai Gedung Pernikahan. Gedung-gedungnya pun memiliki arsitektur yang klasik sehingga sangat artistik digunakan sebagai gedung pernikahan. Begitu juga nDalem Tjokrosoemartan, sebuah gedung yang sudah berdiri sejak jaman kolonial Belanda. Gedung ini merupakan pusat kerajinan batik dari dulu hingga sekarang, namun juga disewakan untuk acara termasuk acara pernikahan. 

wm_article_img
Venue: nDalem Tjokrosoemartan

Arsitekturnya yang kental nuansa kolonial membuat gedung ini terbilang unik untuk acara pernikahan. Tidak hanya menjadi tempat berlangsungnya pernikahan, kamu juga dapat mengambil foto pernikahan dengan latar keindahan gedung ini. Namun, gedung ini hanya cocok untuk kamu yang tidak terlalu memiliki banyak tamu undangan karena kapasitasnya yang tidak terlalu banyak menampung tamu undangan.

  1. Gedung Purna Yudha

wm_article_img
Gedung Purna Yudha | Foto: kemhan.go.id

Gedung Purna Yudha merupakan gedung yang dimiliki Kementerian Pertahanan Indonesia. Selain digunakan sebagai tempat menyelenggarakan berbagai acara masyarakat, gedung ini juga disewakan untuk tempat pernikahan. Gedung ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki. Letaknya juga cukup strategis berada di pusat kota Solo dan mudah ditemukan. 

wm_article_img
Gedung Purna Yudha | Foto via Joglomas Decoration

  1. Gedung Tjokrosukarnan

wm_article_img
Foto via mantenan.co.id

Jika kamu membutuhkan gedung pernikahan dengan konsep intimate wedding, maka gedung Tjokrosukarnan ini bisa menjadi salah satu kandidatnya. Hal itu dikarenakan gedung ini tidak memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar namun nyaman sebagai tempat diadakannya resepsi bertema intimate wedding. Gedung Tjokrosukarnan memiliki gaya arsitek vintage sehingga kamu tidak perlu banyak membutuhkan dekorasi untuk ruangan resepsi kamu nanti. 

Alamat : Jl. Dr. Rajiman No.248, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta

  1. Sasono Agung Jumantoro

wm_article_img
Venue: Sasono Agung Jumantoro

Jika kamu bimbang untuk memilih pernikahan bertema indoor atau outdoor, kamu bisa mempertimbangkan Sasono Agung Jumantoro sebagai gedung pernikahan pilihan kamu.

wm_article_img
Venue: Sasono Agung Jumantoro

Gedung pernikahan yang terletak di kota Solo ini memiliki konsep seperti rumah joglo dengan ruangan terbuka. Nuansa jawa sangat terasa kental padai bangunan gedung ini. Kamu bisa menggunakan gedung ini untuk pernikahan dengan prosesi adat Jawa. Selain itu gedung ini juga mampu menampung banyak tamu undangan. 

Alamat : Jl. Honggowongso, Kusumodiningratan,, Kemlayan, Serengan, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57151

  1. Gedung Masjid Raya Fatimah

wm_article_img
Foto via trackpacking.com

Bagi pengantin muslim, melangsungkan akad pernikahan di masjid dapat menambah suasana khidmat pernikahan. Di kota Solo terdapat masjid yang memiliki gedung pernikahan yaitu Masjid Raya Fatimah. Selain melangsungkan akad di Masjid, kamu juga bisa melaksanakan resepsi di area ini dikarenakan area ini juga menyediakan gedung pernikahan. 

Fasilitas di gedung ini juga cukup lengkap, sehingga bagi kamu yang menyukai kepraktisan pasti akan sangat puas mengadakan resepsi pernikahan di tempat ini. Ruang rias tersedia, begitu juga sound system untuk kebutuhan resepsi yang dapat mendukung acara resepsi pernikahanmu berjalan lancar.

Alamat : Jl. Dr. Rajiman No.193, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta.

  1. Gedung Lestari Rahayu

wm_article_img
Foto via media.licdn.com

Pernikahan di daerah Solo kebanyakan menggunakan adat Jawa. Maka kamu akan dengan mudah menemukan banyak gedung bertemakan adat Jawa yang disewakan untuk pernikahan. Gedung Lestari Rahayu juga merupakan salah satu gedung dengan gaya adat jawa yang sering digunakan untuk resepsi pernikahan di Solo. Gedung ini tidak terlalu luas sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki konsep pernikahan intimate wedding yang tidak terlalu mengundang banyak tamu.

Alamat : JL. Kartopuran, RT. 2 RW. 4, Jayengan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

  1. Gedung Saba Buana

wm_article_img
Foto via detik.com

Gedung pernikahan yang menjadi tempat pernikahan anak dari Presiden RI Joko Widodo ini merupakan gedung pernikahan besar yang memiliki luas 2500 persegi. Dengan luasnya gedung pernikahan ini, maka pantas saja keluarga Presiden Jokowi memilih gedung ini untuk pernikahan anak pertama Presiden Jokowi Gibran Rakabuming dan anak keduanya Kahiyang Ayu. 

wm_article_img
Foto via fimela.com

Gedung ini memiliki fasilitas mini garden sehingga tidak hanya indoor namun suasana outdoor wedding juga bisa dirasakan. Desain arsitektur gedung ini memiliki sentuhan kolonial Belanda sehingga juga menambah kelebihan gedung ini sebagai venue pernikahan. Lokasi strategis di tengah kota Solo juga menjadi faktor gedung ini banyak dipilih menjadi gedung pernikahan orang penting di Solo. 

Alamat : Graha Saba Buana, Jl. Letjen Suprapto No.80-B, Sumber, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57137

Kota Solo cukup memiliki banyak gedung yang bisa difungsikan menjadi tempat pernikahan. Dari 10 gedung pernikahan di Solo yang sudah dibahas di atas, kamu bisa memilih gedung yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu sudah menemukan gedung pernikahan yang cocok, kamu bisa mempersiapkan kebutuhan pernikahan lainya.

Jika ingin melihat dan mengetahui informasi seputar pernikahan lainnya, mencari venue pernikahan, berbelanja kebutuhan pernikahan dengan pasangan, bahkan mencari vendor pernikahan yang profesional untuk hari bahagia, kunjungi WeddingMarket Festival, acara pameran pernikahan tradisional dan nasional terbesar tahun ini. 

Pameran akan diselenggarakan pada 18-19 Februari 2023 di The Krakatau Grand Ballroom (TMII). Kamu dapat menemukan berbagai vendor-vendor pernikahan yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk pernikahanmu nanti, mulai dari venue, cincin kawin, hingga catering untuk hari istimewamu. Dapatkan juga berbagai promo menarik dan beragam activation selama pameran berlangsung, seperti:

  • Kesempatan memenangkan Grand Prize (1 Unit Mobil Daihatsu Sigra, 1 Unit Motor Honda Scoopy, 1 Honeymoon to Bali 2D1N, 1 Unit Smartphone Samsung)
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo menarik dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Serta berbagai dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • Nikmati juga Free Test Food dan rasakan suasana MAGICAL GARDEN dalam pameran ini

Pesan Tiket Masuk WeddingMarket Festival Gratis dengan klik di tautan ini. Sampai berjumpa di WeddingMarket Festival!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...