Pilih Kategori Artikel

10 Menu Prasmanan Rumahan yang Dijamin Bikin Lidah Tamu Bergoyang

Selain baju pengantin, venue, dekorasi, dan MUA, katering juga menjadi hal krusial yang tak boleh terabaikan begitu saja dalam pernikahan. Ada pepatah yang mengatakan bahwa “makanan bisa membuat orang jatuh cinta”. Hal itu benar adanya. Rasa nggak pernah bohong, karena saat lidah dimanjakan dengan hidangan yang lezat, hati siapa pun akan tertawan dan menjadikan pengalaman tersebut berkesan. 

Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus benar-benar mempersiapkan katering dengan baik. Jangan sampai katering habis sebelum acara selesai, yang mengakibatkan banyak tamu tidak bisa mencicipi hidangan apa pun. Selain kuantitas, kualitas hidangan juga harus kalian uji dengan saksama. Test food sebelum pernikahan itu penting, untuk mengetahui rasa dan kualitas hidangan yang disajikan oleh katering. 

Jika ingin menghidangkan masakan rumahan dalam pesta pernikahan kalian, pilihlah vendor katering yang memang berpengalaman dalam menyajikan masakan rumahan. Apabila vendor sudah terpilih, saatnya untuk menentukan hidangan yang ingin disajikan untuk para tamu. Masakan rumahan Indonesia memang beragam. Akan tetapi, untuk menentukan menu prasmanan rumahan mana yang sebaiknya dihidangkan, tentu menjadi pekerjaan rumah berat bagi calon pasangan pengantin. 

Namun, tenang saja, Dears! WeddingMarket sudah membuat daftar beberapa menu prasmanan rumahan yang bisa kamu sajikan untuk tamu, yang dijamin bikin tamu ketagihan. Simak, yuk!

1. Ayam goreng mentega

wm_article_img
Foto via Piknikdong

Hidangan bercita rasa manis gurih ini memang jadi favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia. Rasanya cenderung aman dan nggak neko-neko, sehingga banyak dijadikan sebagai salah satu menu prasmanan rumahan dalam pesta pernikahan oleh calon pasangan pengantin. 

Pro tip: Makan ayam goreng mentega tidak lengkap rasanya tanpa nasi putih dan kerupuk. Jadi, pastikan kamu dan pasangan memesan dua pelengkap krusial tersebut ke vendor katering, ya!

2. Rendang

wm_article_img
Foto via bango.co.id

Sajian rendang di pesta pernikahan sangatlah umum, mau apa pun adat yang digunakan. Ibaratnya, rendang adalah jantung dari sebuah pesta pernikahan.  Makanan ini juga cenderung aman, sebab rasanya sudah diketahui oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. 

Namun, sebelum menentukan rendang sebagai salah satu menu prasmanan rumahan dalam pesta pernikahan kalian, pastikan daging rendang yang kalian cicipi saat test food sudah dalam keadaan oke. Bumbunya harus meresap dan dagingnya empuk. Daging yang keras akan meninggalkan kesan buruk di hati para tamu, karena mereka tidak nyaman saat mengunyahnya. 

Pro tip: Jika tidak ingin menghidangkan rendang daging, kalian bisa menggantinya dengan rendang ayam atau rendang kentang sesuai selera. 

3. Empal gepuk 

wm_article_img
Foto via Piknikdong

Penikmat hidangan Sunda pasti sudah tidak asing dengan menu yang satu ini yaitu empal gepuk. Empal gepuk merupakan hidangan daging yang diungkep dengan beragam rempah, lalu digoreng. Namun sebelum digoreng, daging digepuk atau dipukul terlebih dahulu, sehingga namanya menjadi empal gepuk. 

Menu ini punya cita rasa yang manis dan gurih, sehingga cocok untuk anak-anak dan bisa dimasukkan ke dalam menu prasmanan rumahan pesta pernikahan kalian. 

Pro tip: Jangan lupa sediakan sambal bawang atau sambal terasi untuk dinikmati bersama empal gepuk, agar rasanya semakin lezat. 

4. Cumi saus asam manis

wm_article_img
Foto via Tribun Travel

Meski tidak semua pesta pernikahan menyajikan cumi saus asam manis, tak ada salahnya untuk memasukkan hidangan ini ke dalam menu prasmanan rumahan pesta pernikahan kalian. Saus asam manis yang gurih, manis, dan sedikit pedas membuat banyak lidah bergoyang akan kelezatannya. 

Pro tip: Saat melakukan test food, pastikan olahan cumi ini memiliki tekstur yang empuk dan tidak alot. Cumi juga harus dalam kondisi fresh agar tidak tercium bau anyir saat dimakan. 

5. Tumis capcay

wm_article_img
Foto via sweetrip.id

Tak hanya beragam protein, sayuran juga harus masuk dalam menu prasmanan rumahan yang kalian sajikan ke tamu undangan, ya, Dears! Agar tidak menyulitkan tamu undangan saat makan, terlebih jika kursi dan meja untuk tamu terbatas, pilihlah sayuran tanpa kuah seperti tumis capcay. Siapa pun suka dengan sayuran ini, apalagi isinya lumayan bervariasi. 

Pro tip: Kalian bisa meminta pihak katering untuk menambahkan protein lain dalam sajian capcay, seperti udang, bakso, atau ayam, agar lebih gurih dan tampilannya lebih menarik. 

6. Karedok Sunda

wm_article_img
Foto via food.detik.com

Selain capcay, sayuran tanpa kuah lainnya yang bisa kalian hidangkan dalam menu prasmanan rumahan pesta pernikahan adalah karedok. Sayuran dengan jenis yang bervariasi, seperti tauge, timun, kol, dan kacang panjang ini disiram dengan kuah kacang yang gurih dan sedikit pedas. Rasanya tentu sangat segar dan cocok sekali dinikmati di saat makan siang. 

Pro tip: Mintalah kepada vendor katering untuk mencampurkan sayuran dan kuah kacang hanya saat karedok di prasmanan sudah habis, agar sayuran tidak cepat layu. 

7. Cah kailan daging sapi

wm_article_img
Foto: Cookpad @kristinaPD

Ingin menu yang menyajikan sayuran dan protein sekaligus? Kalian bisa memesan cah kailan daging sapi ini sebagai menu prasmanan rumahan. Rasa kailan yang sedikit pahit akan tertutupi dengan gurih kaldu sapi yang menjadi kuah dari hidangan ini. Para tamu dijamin akan senang dan ketagihan karena rasa lezat yang disajikan. 

Pro tip: Dilengkapi dengan nasi putih hangat serta kerupuk udang, menu yang satu ini akan membuat banyak orang mengantri. Dijamin! 

8. Udang saus padang

wm_article_img
Foto via Kulinear

Masakan rumahan yang satu ini memang nggak pernah gagal membuat perut keroncongan. Setuju nggak, DearsNggak salah juga kalau udang saus padang menjadi salah satu hidangan yang kamu dan pasangan masukkan ke dalam menu prasmanan rumahan pesta pernikahan kalian.

Rasa saus yang gurih dan pedas berpadu dengan udang segar bercita rasa manis semakin membangkitkan selera makan. Nasi putih hangat, taburan kerupuk bawang, dan acar timun sudah pasti menjadi pelengkap yang sempurna dalam hidangan ini. 

Pro tip: Ketika melakukan test food, pastikan udang yang diolah merupakan udang segar, yang ditandai dengan rasanya yang manis, teksturnya yang garing, dan aromanya yang segar atau tidak berbau anyir. Udang merupakan protein yang sangat rentan rusak jika tidak disimpan dan diolah dengan baik, sehingga kalian perlu memperhatikan hal tersebut agar tidak mengecewakan tamu undangan yang hadir. 

9. Pesmol ikan gurami

wm_article_img
Foto: Warung Ikan Cak Ayu

Kalau kamu dan pasangan penggemar olahan ikan, tentunya menu pesmol ikan gurami ini wajib banget masuk daftar menu prasmanan rumahan dalam pesta pernikahan kalian. Pesmol merupakan hidangan khas Sunda yang memiliki cita rasa gurih, asam, manis, dan juga pedas. Daging ikan gurami yang lembut cocok banget disiramkan dengan bumbu pesmol hangat, lalu dinikmati dengan nasi putih. 

Pro tip: Sebelum memilih menu ini, pastikan ikan gurami yang digunakan kualitasnya bagus dan tidak berbau lumpur, agar tidak menurunkan selera makan tamu undangan saat berada di pesta pernikahan kalian, ya, Dears! Sarankan juga kepada vendor katering pilihanmu untuk menyajikan ikan gurami goreng dalam potongan fillet atau bebas tulang, agar tamu undangan dapat menikmatinya dengan mudah. 

10. Nasi goreng teri

wm_article_img
Foto: Instagram @utami_hikaru

Tidak semua tamu undangan ingin makan nasi putih di pesta pernikahan kalian. Oleh karena itu, kalian bisa menyajikan menu prasmanan rumahan yang mengandung karbohidrat seperti nasi goreng teri. 

Nasi goreng menjadi menu yang dicintai oleh banyak masyarakat Indonesia. Dengan menambahkan teri ke dalam sajian nasi goreng, cita rasanya menjadi semakin kompleks dan akan sukses membuat lidah tamu bergoyang. 

Pro tip: Selain nasi goreng, sumber karbohidrat lain yang bisa dimasukkan dalam menu prasmanan rumahan selain nasi putih hangat adalah mie goreng, bihun goreng, misoa goreng, atau nasi jagung. Berikan satu pilihan dari menu tersebut, agar prasmanan yang kalian hidangkan lebih variatif dan tamu undangan memiliki beberapa pilihan yang cocok dengan selera mereka. 

wm_article_img
Foto: Kencana Mas Catering

Sebenarnya, masih banyak menu prasmanan rumahan yang bisa disajikan di pesta pernikahan. Kalian dapat melakukan eksplorasi lebih jauh ke vendor katering yang tersedia di kota tempat kalian melaksanakan pernikahan, dan bisa menyesuaikan dengan bujet yang ada. 

Perlu diingat, hidangan yang kalian sukai belum tentu disukai juga oleh tamu undangan. Jadi, pilihlah hidangan yang rasanya nyaman dan familiar di kalangan masyarakat Indonesia, terlebih jika kalian mengundang tamu yang lebih tua. Hindari menyajikan makanan yang merepotkan tamu undangan, seperti kepiting bercangkang, kerang bercangkang, atau ceker ayam. 

Tersedia berbagai vendor katering di WeddingMarket yang bisa membantumu mewujudkan menu prasmanan rumahan di pesta pernikahan yang lezat, berkualitas, dan dengan harga yang bersaing. Pilih sesuai kebutuhanmu dan selamat merancang pesta pernikahan impianmu, Dears!

Belanja Jasa dan Produk untuk Pernikahanmu di WeddingMarket Store! Diskon hingga 20%*
Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...