Pilih Kategori Artikel

10 Rekomendasi Hidangan Appetizer Khas Rumahan untuk Menu Prasmanan Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Hidangan pembuka atau yang sering disebut dengan appetizer merupakan jenis makanan yang berperan sebagai pembangkit selera. Oleh karena itu, appetizer harus memiliki penampilan yang benar-benar menarik.

Di dalam suatu prasmanan pastinya akan ada appetizer. Appetizer terbagi menjadi dua jenis, yaitu cold appetizer dan hot appetizer. Cold appetizer adalah hidangan pembuka bersifat dingin yang disajikan pada temperatur 10-15 derajat celcius seperti salad, canape, pate, dan aspic jelly, sedangkan hot appetizer adalah hidangan pembuka bersifat panas yang disajikan pada temperatur 50-60 derajat celcius seperti kroket, risol, quiche, dan friture.

Appetizer biasanya dihidangkan dan dimakan oleh para tamu sebelum sesi main course. Meskipun jumlah yang dihidangkan kadang lebih sedikit dari main course, tetapi appetizer tidak kalah penting dari main course karena orang-orang sering menilai kualitas suatu prasmanan pada makanan pembukanya atau appetizer.

Nah, Dears, jika kamu masih bimbang dalam memilih hidangan appetizer untuk menu di pernikahanmu kelak, inilah beberapa rekomendasi appetizer untuk prasmanan rumahan yang dapat kamu pertimbangkan!

1. Lumpia Goreng

wm_article_img
Foto via masakapahariini.com

Lumpia goreng adalah cemilan super lezat yang harganya murah, makanan ini merupakan jajanan tradisional khas Semarang. Lumpia goreng juga memiliki berbagai macam jenis, diantaranya ada lumpia goreng daging ayam, lumpia goreng udang, dan ada juga lumpia goreng bihun yang diberi sedikit sayuran.

Lumpia goreng biasanya terdiri dari kulit lumpia yang terbuat dari tepung terigu atau tepung gandum, dan umumnya diberi isian seperti rebug, telur, daging ayam, bihun, dan udang yang kemudian digoreng dalam minyak goreng sampai garing. Selain rasanya yang renyah, lumpia juga mengandung bahan sehat seperti sayuran segar, maupun makanan laut.

2. Martabak Telur

wm_article_img
Foto via indozone.news

Martabak telur merupakan adonan tepung yang dicampur dengan telur, daging ayam, dan ditaburi daun bawang yang diberi bumbu rempah-rempah. Kemudian adonan tersebut digabung dengan selembar tepung yang padat sebagai pembungkus, dan digoreng diatas wajan datar yang berisi minyak goreng panas hingga martabak tersebut berwarna kecoklatan.

Rasanya yang garing serta empuknya daging yang ada di dalamnya akan menambah selera makan para tamu, martabak telur sangatlah cocok untuk dijadikan menu appetizer prasmanan rumahan karena harganya juga terjangkau.

3. Bakwan 

wm_article_img
Foto via selerasa.com

Bakwan merupakan salah satu dari sekian banyaknya jenis gorengan yang ada di Indonesia. Bakwan memiliki rasa yang gurih lagi renyah, membuat bakwan menjadi salah satu rekomendasi appetizer untuk prasmanan rumahan. Bakwan memiliki bermacam-macam variasi, tetapi biasanya bakwan dibuat dari adonan tepung terigu dan dicampur dengan sayuran seperti wortel, kol, daun bawang, dan jagung.

4. Lumpia Basah

wm_article_img
Foto via kompas.com

Berbeda dengan lumpia goreng yang berasal dari Semarang. Lumpia basah adalah jajanan khas kota Bandung, lumpia basah biasanya terdiri dari kulit lumpia yang mentah nan lembut seperti kulit dadar dan diberi isian telur, toge, dan sayuran yang ditumis.

Meskipun lumpia basah tidak berbeda jauh dengan lumpia goreng, tetapi cara pengolahan dan penyajiannya tetap berbeda. Kulit lumpia yang digunakan juga berbeda, biasanya kulit lumpia basah lebih tebal daripada lumpia goreng. Lumpia basah juga memiliki keistimewaannya sendiri, yang terletak pada kulit lumpia yang lepek karena resapan minyak pada tumis didalamnya dan rasanya yang lezat juga pedas.

5. Serabi 

wm_article_img
Foto via blog.tokowahab.com

Serabi merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Indonesia. Terdapat banyak jenis makanan serabi yang ada di Indonesia, diantaranya serabi manis yang diberi kinca atau gula merah cair yang berwarna coklat kekuningan, ada juga serabi asin yang ditaburi oncom diatasnya, dan masih banyak lagi.

Bentuk serabi terlihat mirip dengan pancake tetapi lebih kecil dan tebal. Biasanya serabi dibuat dari tepung terigu atau tepung beras dan dijadikan adonan, kemudian adonan tersebut dibakar menggunakan alat tradisional seperti tungku dan alat yang dicetak dengan tanah liat.

6. Siomay 

wm_article_img
Foto via tagar.id

Jajanan yang satu ini sangat sering kita jumpai di jalanan, akan tetapi siomay juga layak dijadikan appetizer untuk menu prasmanan rumahan. Rasanya yang gurih dan garing, ditambah harganya yang terjangkau membuat jajanan ini bisa dinikmati siapa saja.

Siomay juga merupakan salah satu jenis dimsum, dibuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan daging, ikan, dan udang cincang. Makanan khas Bandung ini berasal dari Mongolia, sebagai sajian dimsum khas China.

7. Martabak Manis

wm_article_img
Foto via rukita.co

Martabak manis atau yang sering kita sebut dengan kue terang bulan, merupakan salah satu dari sekian banyaknya jenis kue dadar. Kue ini berupa adonan tepung terigu yang rasanya manis, kemudian dipanggang, diberi topping, dan dilipat.

Terdapat berbagai macam variasi martabak manis yang dapat kamu pilih, masing-masing martabak manis memiliki cita rasa yang berbeda. Diantaranya, martabak manis meses coklat, keju parut, selai atau pasta, rasa pisang, susu kental manis, green tea matcha, keju mozzarella, dan masih banyak lagi.

Tentunya kamu bisa memilih salah satunya untuk dijadikan appetizer di prasmanan rumahan, karena rasa manisnya akan sangat menyenangkan para tamu.

8. Batagor

wm_article_img
Foto: Amallia Eka (Shutterstock)

Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng, makanan ini biasanya dibuat dari tahu yang dilembutkan dan diberi isi adonan. Pada umumnya, adonan tersebut berbahan dasar daging ayam atau ikan tenggiri dan tepung tapioka. Batagor hampir seperti siomay yang digoreng, tetapi tetap memiliki perbedaan. Batagor digoreng dengan dibalut kulit pangsit, rasanya yang kering dan gurih membuat orang-orang selalu menikmati kelezatannya.

Jikalau kamu sudah memilih siomay untuk appetizer prasmanan. kamu tetap bisa menambahkan batagor ke daftar menunya, karena batagor memiliki ciri khasnya sendiri.

9. Pempek

wm_article_img
Foto via grid.id

Pempek terbuat dari daging ikan yang sudah digiling hingga lembut. Kemudian dicampur dengan tepung kanji atau tepung sagu, serta diberi bahan-bahan lainnya seperti telur, bawang putih yang sudah dihaluskan, bumbu, dan penyedap rasa. Rasanya yang kenyal gurih dan disirami saus asam yang pedas, membuat pempek menjadi sangat nikmat dan memiliki ciri khasnya tersendiri.

Pempek juga merupakan salah satu makanan favorit yang sangat populer di Indonesia, dan sering disebut dengan empek-empek. Kamu bisa menjadikan pempek sebagai appetizer karena semua orang dapat menyukainya.

10. Tahu isi

wm_article_img
Foto via resepedia.id

Gorengan tahu isi sudah terkenal dimana-mana dan dengan nama yang berbeda-beda, ada yang menyebutnya dengan tahu susur dan lain sebagainya. Tahu isi sudah memiliki berbagai macam varian, seperti tahu pedas, tahu goreng, tahu solor, tahu jeletot, dan masih banyak lagi

Tahu isi biasanya dibuat dari tahu putih atau tahu coklat yang diisi dengan sayuran seperti tauge, dan dibalut menggunakan tepung terigu lalu digoreng dengan minyak panas sampai kering. Rasanya yang gurih dan asin sangatlah nikmat, apalagi ditambah dengan cabe rawit.

Itulah beberapa rekomendasi appetizer untuk menu prasmanan rumahan, kamu bisa memilih appetizer tadi sesukamu. Dan jangan lupa bahwa appetizer juga termasuk aspek penting dalam prasmanan, karena hidangan pembuka akan memberi kesan pertama kepada para tamu undangan. Jadi pilihlah yang menurutmu kelihatan lezat dan sangat menarik!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami