Cari Bahan Kain Untuk Buat Baju Kebaya Pengantin? 15 Jenis Kain Brokat Ini Bisa Jadi Pilihan Terbaik - Wedding Market

Cari Bahan Kain Untuk Buat Baju Kebaya Pengantin? 15 Jenis Kain Brokat Ini Bisa Jadi Pilihan Terbaik

27 Feb 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 385
Cari Bahan Kain Untuk Buat Baju Kebaya Pengantin? 15 Jenis Kain Brokat Ini Bisa Jadi Pilihan Terbaik
Kain brokat by dhmtextile

Apa kamu sedang mencari bahan yang cantik, elegan dan trendi untuk membuat kebaya pengantin? Kain brokat adalah salah satu pilihan terbaik, diantara banyak bahan untuk membuat kebaya pengantin yang populer di masyarakat.

Kain brokat merupakan sejenis kain yang terbuat dari benang sutra dengan cara disulam atau ditenun. Kain brokat biasa dipakai sebagai kain pelapis kebaya pengantin. Tujuannya adalah untuk membuat kebaya lebih menarik dan lebih enak dipandang. Kain brokat sendiri sudah sejak dahulu digunakan sebagai bahan baku pembuatan kebaya. Seiring berkembangnya waktu, kain brokat mengalami banyak inovasi hingga banyak sekali jenis kain brokat yang beredar di pasaran. 

Jika kamu pergi ke toko bahan kain, maka jangan heran apabila kamu menjadi makin  bingung saking banyaknya jenis-jenis kain brokat yang ditawarkan. Lalu, apa saja jenis kain brokat tersebut? Nah, dalam artikel ini Wedding Market akan mengulas 15 jenis kain brokat untuk kebaya pengantin modern. Yuk, simak informasinya.

  1. Kain Brokat Perancis

01. shopee.co.id.jpg

Photo via shopee.co.id

Rekomendasi bahan untuk membuat kebaya pengantin modern yang pertama adalah kain brokat Perancis. Kain brokat ini mempunyai karakteristik berupa tekstur kain yang lembut, tidak panas, motif yang rapat dan bahan yang tebal. Saking tebalnya, apabila menggunakan jenis kain ini, kamu tidak perlu menggunakan manset untuk menutupi tubuh.

Kain brokat Perancis merupakan jenis brokat yang terbaik. Hal ini dikarenakan dibanding dengan kain brokat yang lain, kain brokat Perancis tidak membuat gatal sehingga tidak heran bila harganya yang paling mahal diantara brokat lain. Dengan kain ini kamu bisa membuat kebaya pengantin mewah dengan berbagai desain yang kekinian, misalnya memberikan aksesoris renda di bagian tertentu, seperti dada, leher atau bagian bawah. 

Jadi, kalau kamu berminat untuk membeli kain ini, menabunglah dari jauh-jauh hari. Meskipun mahal, tapi kualitasnya sebanding dengan harganya. Kamu gak akan menyesal deh membeli brokat Perancis.

  1. Kain Brokat Jepang

02. shopee.co.id.jpg

Photo via shopee.co.id

Kalau kamu punya dana yang terbatas, tapi tetap ingin membeli kain brokat dengan kualitas bagus, kain brokat Jepang bisa menjadi pilihan terbaik. Brokat Jepang mempunyai ciri khas kain yang lembut, ukuran motif bunga yang besar-besar dan tersebar di seluruh bagian kain.

Brokat Jepang cocok untuk dijadikan sebagai kebaya pengantin, karena tidak menimbulkan alergi di kulit sehingga kamu pun terhindar dari rasa gatal ketika memakainya. Di masyarakat, brokat Jepang disebut memiliki kualitas yang sama dengan brokat semi Perancis. Bahkan bagi beberapa orang, brokat Jepang justru lebih bagus. Hal ini karena kain tulle yang dimiliki brokat Jepang lebih besar, dan harganya pun lebih murah dari brokat semi Perancis.

  1. Brokat Prada

03. shopee.co.id.jpg

Photo via shopee.co.id

Rekomendasi selanjutnya adalah brokat Prada. Selain brokat Perancis, brokat Prada juga merupakan jenis brokat yang menjadi favorite para desainer. Alasannya adalah teksturnya yang lembut dan cenderung mudah dibentuk sehingga memudahkan para desainer untuk menjahit kain ini menjadi kebaya pengantin mewah.

Selain tekstur yang lembut, brokat prada juga punya ciri khas lain yaitu bentuk motifnya yang timbul dan terkesan tegas. Motif ini lah yang membuat brokat prada mempunyai kesan mewah dan elegan. Brokat prada mempunyai tiga warna sekaligus dalam satu kain yang membuat kebaya pengantin tidak hanya cantik tapi juga berbeda dari yang lain. 

Kain brokat prada dijual dengan berbagai harga, mulai dari yang termurah hingga yang paling mahal ada di pasaran. Penentuan harga pada kain ini, berdasarkan dari tingkat kelembutan kain dan motifnya. Semakin lembut kain prada, maka semakin mahal pula harga jualnya. Kelembutan kain brokat begitu penting mengingat pengantin bisa memakai baju tersebut selama berjam-jam. Sehingga alasan kenyamanan menjadi faktor yang utama yang menentukan harga kain brokat. 

  1. Brokat Itali

04. shopee.co.id.jpg

Photo via shopee.co.id

Jika kamu tidak mempunyai cukup waktu untuk membuat kebaya pengantin, pilih saja brokat Itali sebagai bahan utamanya. Alasannya, karena bahan tersebut mempunyai tambahan aksesoris berupa bordir dan payet yang membuat waktu pembuatan kebaya jadi relatif singkat. Kain ini sangat cocok dijadikan berbagai bahan baju, termasuk kebaya pengantin ataupun gaun bridesmaid. Payet dan bordiran yang dimiliki brokat Itali membuat kebaya kamu jadi terlihat mahal.

Brokat Itali dijual dengan harga yang beragam, bergantung pada kerumitan bordir dan aksen payetnya. Jika kamu ingin membeli dengan kualitas yang terbaik, maka harga yang kamu dapatkan pun tinggi, sebanding dengan kualitasnya. Namun, jika kamu ingin menghemat budget, kamu tetap bisa membeli brokat Itali dengan kualitas yang bagus, dengan catatan kamu harus pintar-pintar mencarinya.

  1. Brokat Semi Perancis

05. bukalapak.co.jpg

Photo via bukalapak.com

Sesuai dengan namanya, brokat semi Perancis adalah turunan dari brokat Perancis, tapi dengan harga yang lebih murah. Pada dasarnya, brokat semi Perancis mempunyai tekstur dan kualitas yang hampir sama dengan brokat Perancis. Hanya saja, brokat semi bahan kainnya lebih kaku dari brokat Perancis. Meskipun brokat ini lebih kaku, tapi banyak desainer yang justru suka dengan teksturnya,  karena tekstur tersebut membuat kain jadi lebih gampang dibentuk dan gampang untuk dijahit menjadi kebaya pengantin cantik.

Jika kamu berminat membeli brokat semi dan suka dengan tekstur yang dimiliki oleh brokat ini, kamu bisa membelinya secara per panel atau 2,5 meter. Tersedia banyak warna, tinggal kamu sesuaikan saja dengan warna kulit kamu. Contohnya kalau tipe kulitmu sawo matang, maka pilih warna brokat yang cerah yang dapat membuat kulitku jadi bersinar.

  1. Brokat Corneli

06. bukalapak.co.jpeg

Photo via bukalapak.com

Jenis kain brokat lain yang bisa kamu jadikan sebagai baju kebaya pengantin adalah brokat Corneli. Brokat Corneli mempunyai karakteristik berupa ada benang timbul di pinggiran kain dan juga model bordirannya sangat rapat. Dengan karakteristik yang seperti itu, membuat brokat corneli terasa berat ketika dipakai.

Meskipun brokat ini cenderung berat, tapi tekstur yang dia punya cukup lembut, lentur dan membuat siapa saja yang memakainya jadi cantik dan elegan. Kelebihan lain yang dimiliki oleh brokat corneli adalah harganya yang murah. Maka dari itu, tidak heran jika brokat ini banyak peminatnya. Selain murah, para pembeli juga mendapat kualitas yang tidak baik.

  1. Brokat Tile

07. shopee.co.id.jpg

Photo via shopee.co.id

Brokat tile merupakan jenis brokat yang terbuat dari campuran kain brokat dan kain tile. Dari perpaduan ini terciptalah brokat tile dengan tekstur yang tipis dan ringan ketika dikenakan. Dalam proses pembuatan kebaya pengantin, brokat tile sering dikombinasikan dengan kain yang lebih tebal sehingga kebaya pengantin yang dihasilkan pun jadi tebal dan tidak menerawang. Untuk menambah daya tarik, beberapa desainer kebaya sering memberikan aksesoris tambahan seperti pita dan brokat jenis lain, yang bertujuan untuk memperkuat motif brokat.

Bagi kamu yang berminat membeli kain brokat ini, tidak perlu khawatir karena harga jual brokat tile cukup murah di pasaran dan tidak membuat kantong jebol. Kualitas yang kamu dapatkan pun tidak sembarangan, loh. Dengan harga yang relatif terjangkau itu, kamu bisa mendapatkan brokat yang memiliki berbagai motif seperti bentuk akar ataupun bunga, ditambah dengan aksen lain seperti glitter dan mutiara. Kebaya pengantin murah tapi berkesan mewah, penampilanmu pun jadi makin memukau.

  1. Brokat Tile 3D

08. shopee.co.id.jpg

Photo via shopee.co.id

Brokat tile 3D merupakan kain hasil perkembangan dari brokat tile yang sebelumnya. Sesuai dengan namanya, brokat ini dilengkapi dengan bordiran berbentuk bunga yang timbul dan secara 3D. Jadi sekalipun tidak menambahkan aksesoris lain seperti payet atau mutiara, penampilan kebaya pengantin kamu tetap akan menarik. Sama seperti dengan pendahulunya, brokat tile 3D juga mempunyai tekstur kain yang halus dan ringan yang membuat orang-orang tertarik untuk membeli. 

  1. Brokat Biasa

09. cloudfront.net.jpg

Photo via cloudfront.net

Brokat biasa adalah jenis brokat lain yang dijual dengan harga murah. Kamu bisa dengan mudah menemukan kain brokat ini karena banyak toko kain yang menjual kain brokat biasa. Meskipun brokat biasa punya pilihan warna yang lebih sedikit dari brokat yang lain, tapi brokat biasa tetap mempunyai penggemarnya sendiri. Selain karena murah, brokat biasa juga nyaman dipakai. Kamu bisa menggunakan kain ini untuk keperluan kebaya pengantin batak, kebaya wisuda ataupun sebagai bahan baju bridesmaid

  1. Brokat Suppert

Brokat Suppert merupakan brokat yang mempunyai karakteristik mudah melar yang sangat bermanfaat untuk digunakan bagi wanita berbadan subur. Jadi, ketika mereka menggunakan kebaya dari bahan Suppert, mereka tidak tersiksa atau pun merasa terlalu ketat. Seperti halnya jenis brokat yang lain, brokat suppert juga mempunyai motifnya sendiri. Jika beberapa jenis kain model motifnya 2D, maka motif brokat suppert berbentuk 3D yang timbul ke permukaan. Tentu saja hal ini sangat bagus yang membuat nilai brokat suppert jadi meningkat. Sehingga kamu tidak perlu menambahkan banyak aksesoris lagi, entah payet, mutiara atau bordiran lain.

  1. Brokat Varanasi

Kain brokat ternyata tidak hanya berasal dari Indonesia tapi India juga punya brokat khasnya sendiri, brokat tersebut mereka namakan sebagai brokat Varanasi. Brokat Varanasi atau yang lebih dikenal sebagai kinkhab adalah brokat yang terbuat dari sutra atau benang emas. 

Bagi masyarakat India, brokat Varanasi adalah kain yang ekslusif, yang tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang. Bahkan saking eklusifnya, masyarakat India menyebut kain ini sebagai kain yang terbuat dari benang emas dan kain yang susah sekali mereka lihat bahkan di mimpi sekalipun. 

Ke-ekslusifan brokat Varanasi bukan hal yang mengherankan, mengingat kain ini terbuat dari benang emas dan benang sutra, sehingga harganya pun tidak murah. Brokat Varanasi mempunyai ciri-ciri berupa kainnya yang tipis, tembus pandang dan dilengkapi dengan corak bunga-bunga. 

Selain terkenal karena berkat varanasinya, India juga terkenal sebagai tempat pembuatan brokat dengan kualitas terbaik di dunia. Tempat pembuatan brokat terpusat di dua kota yaitu Ahmedabad dan Surat. 

  1. Brokat Syria

12. cloudfront.net.jpg

Photo via cloudfront.net

Brokat Syria merupakan salah satu brokat terbaik yang diproduksi oleh masyarakat Arab. Brokat ini sudah dibuat sejak berabad-abad yang lalu hingga masyarakat menyebutnya sebagai brokat “karya Brahim” yang berarti kain hasil karya pendeta Brahim. Masyarakat Syria percaya bahwa pendeta Brahim telah membuat brokat Syria selama bertahun-tahun. Brokat tersebut ia jahit dari benang sutra halus. 

Dari kepercayaan tersebut, perlahan tapi pasti masyarakat Syria mulai mengembangkan brokat Syria. Mereka membuat brokat ini dari benang sutra terbaik. Maka tidak mengherankan jika harga jual brokat ini jadi begitu tinggi, bahkan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membelinya, contohnya pejabat Vatikan dan para desainer top dunia.

  1. Brokat Awan Nanking

13. cloudfront.net.jpg

Photo via cloudfront.net

Sesuai dengan namanya, Brokat Awan Nanking berasal dari daerah China. Dahulu brokat ini hanya dipakai di kalangan keluarga Kaisar China, seperti dinasti Yuah, Ming dan Qing. Namun, seiring berkembangnya waktu, brokat ini menyebar di kalangan masyarakat biasa, sehingga mereka pun bisa memakai kain ini.

Brokat awan nanking mempunyai warna yang lembut dan bentuk yang unik seperti awan, sehingga tidak heran jika brokat nanking disebut juga sebagai brokat awan. Jika dibandingkan dengan brokat Prancis yang kainnya tebal, brokat awan justru kebalikannya. Kain yang dimiliki oleh brokat ini cenderung tipis dan menerawang, yang membuat brokat awan harus dilapisi kain yang lebih tebal. Terlepas dari kainnya yang tipis, brokat Awan Nanking punya tekstur kain yang lembut. Jadi, tidak heran jika brokat awan menjadi favorit keluarga kaisar di masa lalu.

  1. Brokat Semi Italy

14. shoopee.co.id.jpg

Photo via shopee.co.id

Dengan semakin majunya industri fashion, maka semakin berkembang pula inovasi yang dibuat oleh para desainer, salah satunya adalah brokat semi Italy. Pembuatan brokat ini berawal dari ide desainer yang ingin menciptakan jenis brokat yang mempunyai bentuk dan kualitas seperti brokat semi Prancis. Dari ide tersebut, akhirnya mereka berhasil menciptakan brokat semi Italy.

Jika dilihat sekilas, brokat semi Italy dan brokat semi Perancis tidak ada bedanya. Namun, jika kamu perhatikan secara teliti, kedua kain tersebut ternyata berbeda. Perbedaannya terletak pada warna kain. Kain brokat semi Italy mempunyai warna emas yang lebih pekat, yang membuat kain ini terlihat lebih mewah dari brokat semi Prancis.

Harga kedua kain ini pun sama. Kedua kain ini sama-sama dijual dengan harga 165 ribu per 2,5 meter. Dengan kain sepanjang itu, kamu bisa membuat dua baju kebaya pengantin dengan desain sederhana.

  1. Brokat Jackquardtronic

15. shoopee.co.id.jpg

Photo via shopee.co.id

Rekomendasi bahan brokat yang terakhir adalah brokat Jackquardtronic. Brokat ini merupakan salah satu bahan favorit untuk dijadikan kebaya pengantin.  Alasannya, karena brokat Jackquardtronic memiliki tekstur yang halus dan bahan yang tebal. Di kalangan desainer, kain brokat Jackquardtronic disebut punya kualitas yang hampir mirip dengan brokat semi Perancis. Hanya saja kain brokat Jackquardtronic jauh lebih halus.

Itulah 15 rekomendasi jenis brokat yang bisa kamu jadikan referensi untuk kebaya pengantin. Setelah kamu mengetahui informasi tersebut, kamu jadi tahu bahwa ternyata kain brokat banyak ragamnya, dan tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Terkait mana jenis brokat yang terbaik, semua keputusan diserahkan kepada kamu. Jika kamu punya alergi terhadap kain tertentu, maka lebih baik kamu langsung memilih kain brokat Perancis saja. Sebab, kain tersebut tidak membuat gatal penggunanya. Namun, jika kamu ingin membeli kain brokat yang murah dan terjangkau, brokat Italy, Jepang ataupun brokat tile bisa jadi pilihan terbaik.

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?