Pilih Kategori Artikel

15 Kue Pernikahan Mewah, Si Penambah Manis Acara

Berbicara tentang makanan di pernikahan bukan berarti hanya katering untuk tamu saja, tapi ada hal lain juga yang tak kalah menarik, yaitu kue pernikahan. Bukan dessert untuk tamu, ya, tapi kue yang akan dipotong di salah satu prosesi nantinya. Rasanya yang manis dan bentuknya yang indah seringkali sukses mencuri perhatian. Apalagi, jika kuenya dibuat dalam ukuran besar dan bertingkat-tingkat serta memiliki bentuk yang menawan. 

Biasanya kue pernikahan memiliki warna putih yang merupakan simbol kesucian. Namun, kini semakin ada banyak pilihan warna dan bentuk kue yang disediakan oleh berbagai vendor. Bahkan, banyak juga kue pernikahan mewah yang kadang-kadang mungkin membuat kita tak sadar bahwa itu adalah kue karena berbagai bentuk yang unik. Kalau tidak percaya, kita simak yuk sejarah kue pernikahan dan beberapa kue yang mewah!

Sejarah kue pernikahan

Sebelum menengok lebih banyak tentang bentuk kue pernikahan mewah, ketahui dulu sejarah kue pernikahan. Ternyata, kue ini sudah ada sejak zaman Romawi Kuno. Namun, pada saat itu masih dibuat dengan bentuk yang sangat sederhana. Seiring berjalannya waktu, kue dibuat bertingkat untuk menunjukkan kesejahteraan. Bahan utamanya adalah gandum yang juga melambangkan kesuburan. Warna putih yang waktu itu dipilih dibuat dari icing putih pada zaman Victoria. 

Seperti yang sering kita lihat saat ini, kue ini bukan hanya digunakan sebagai hiasan, tapi juga dipotong oleh kedua pengantin sebagai salah satu bagian dari prosesi pernikahan. Zaman dulu, kue dibuat lebih sederhana karena ternyata ada juga yang melemparkannya pada pengantin perempuan, lo.

Kue pernikahan mewah

1. Kue pernikahan putih klasik 

wm_article_img
Foto: Andalucia Cake

Ingin menggelar pesta pernikahan dengan nuansa internasional klasik? Selain menyiapkan gaun putih dengan puffed sleeve, sebaiknya kamu juga menyiapkan kue pernikahan yang berwarna putih. Konsep kue monokromatik ini sarat akan kesan klasik. Namun, kamu tetap bisa berkreasi jika ingin membuatnya terlihat mewah, yaitu dengan membuat kue ini secara bertingkat-tingkat. Supaya tidak terlalu polos, kamu juga bisa kok menambahkan berbagai hiasan berbentuk bunga, tapi pastikan memiliki warna putih juga, ya.

2. Kue berlapis emas

wm_article_img
Foto: RR Cakes

Emas identik dengan sesuatu yang mewah. Makanya, untuk memberikan kesan itu kepada sebuah kue, lapisan emas pun tak bisa ditinggalkan begitu saja. Kini, ada emas yang memiliki label food grade yang bisa dimakan sehingga bisa digunakan sebagai lapisan tersebut. Selain itu, untuk memperindah kue ini, kamu juga bisa menaruh aksen ruffle di kue tingkat pertama. Letakkan di meja kecil yang dihias dengan bunga, maka kue mewah berlapis emasmu akan sukses turut memeriahkan acara.

3. Kue dengan wadah terarium

wm_article_img
Foto: RR Cakes

Jika diperhatikan, kue ini sebenarnya hanya memiliki tiga tingkatan, tapi di setiap tingkatan diselingi dengan wadah terrarium berisi bunga-bunga yang membuatnya terlihat lebih indah dan cantik. Dominasi warna emas membuat kue ini tampak mewah. Sementara bunga yang berwarna merah muda memberikan sentuhan manis.

4. Kue rustic penuh dengan bunga

wm_article_img
Foto: Ours Bake

Kue yang satu ini juga memiliki terarium berisi bunga-bunga. Namun, bunga yang ada di sini terlihat lebih banyak dan berwarna membuatnya kental akan konsep rustic, ditambah dengan replika daun kering yang ada di bagian ujung. Oleh sebab itu, kue ini juga akan cocok dengan pernikahan yang digelar di luar ruangan, seperti di taman atau halaman belakang.

5. Naked cake

wm_article_img
Foto: Breadseason

Jika dalam bangunan ada istilah industrialis, dalam kue ada istilah naked cake, yaitu kue yang tidak dilapisi icing. Contohnya seperti pada gambar. Kue ini menampakkan warna dan bahan aslinya tanpa ditutupi oleh lapisan di bagian luar. Warnanya yang didominasi putih dan cokelat juga akan cocok dengan pernikahan bertema rustic walaupun digelar di dalam ruangan. Walaupun hanya memiliki hiasan sedikit, kue ini tetap tampak mewah karena ukurannya yang besar dan tinggi. 

6. Kue berbentuk koloseum Roma

wm_article_img
Foto: RR Cakes

Ternyata gedung ikonik pun bisa digunakan sebagai inspirasi untuk membuat kue yang cantik. Contohnya adalah kue yang terinspirasi dari koloseum Roma ini. Bentuknya yang lingkaran memungkinkan untuk menyelimuti kue tingkat empat yang ada di dalamnya. Untuk membuatnya tampak elegan, warna krem bisa dipilih dengan aksen emas pada tanggal yang ditulis dengan angka Romawi untuk membuat kue ini semakin unik. Ukiran nama pasangan pengantin juga bisa diletakkan di bagian atasnya. 

7. Kue bunga sakura

wm_article_img
Foto: Elly Cake

Bosan dengan warna putih dan emas? Ada juga kue yang tetap terlihat mewah walaupun memiliki warna pastel merah muda. Kue lima tingkat ini dibuat satu warna saja, tapi tetap terlihat ramai dengan pemilihan hiasan dalam bentuk bunga sakura yang memiliki ukuran kecil-kecil dan memang berwarna merah muda saat bermekaran. Selain mewah, juga cocok untuk menggambarkan suasana yang sedang diliputi rasa bahagia.

8. Kue berbentuk istana

wm_article_img
Foto: Elly Cake

Kamu mungkin sering melihat kue pernikahan yang berbentuk istana kerajaan. Kue yang satu ini bukan hanya terlihat megah, tapi juga memiliki detail yang sangat diperhatikan bahkan sampai ke bagian paling kecil. Bentuknya yang rumit membuat kue yang satu ini memiliki nilai artistik yang tinggi. Selain itu, jika makin diperhatikan lagi, kue ini juga tidak meninggalkan hiasan bunga-bunga di beberapa sudutnya. Rasanya sayang sekali jika harus dipotong, ya?

9. Kue kerajaan es

wm_article_img
Foto: Lenovelle Cake

Istana biasa saja sudah tampak mengagumkan, yang satu ini bahkan dibuat menyerupai kerajaan es. Sekilas mungkin kue ini justru tampak seperti replika saking miripnya, ya. Namun, percayalah bahwa kue berwarna biru kristal ini benar-benar kue untuk acara pernikahan. Jika kamu ingin membuat pernikahan dengan konsep dreamy, tak ada salahnya mempertimbangkan wedding cake yang satu ini.

10. Kue bertema galaksi

wm_article_img
Foto: Lenovelle Cake

Tak kalah unik dan mewah, kue yang satu ini memiliki tema galaksi. Permukaan kue dilapisi icing berwarna biru layaknya langit yang membentang dengan hiasan berupa titik-titik yang mewakili bintang-bintang yang indah. Tak hanya itu saja, kue lima tingkat ini juga memiliki ujung berbentuk bulat layaknya sebuah planet dengan bagian atas merekah. Didukung dengan dekorasi yang juga bertema galaksi, pernikahan dreamy yang selama ini kamu impikan akan terwujud dengan sempurna. 

11. Kue pernikahan dengan tema forest

wm_article_img
Foto: Lenovelle Cake

Sekilas kue ini tampak seperti tumpukan kotak kayu yang dilumuri lumut di hutan yang lembab. Memang itulah konsep yang ingin ditampilkan kue bernuansa hutan ini. Kue ini tampak mewah dengan hiasan berupa chandelier yang digantung di bagian tengahnya dan pernak-pernik lain di sekitarnya. Ditambah lagi hiasan bunga-bunga yang seolah tumbuh liar di permukaan. Saat ditaruh di meja dijamin mencuri perhatian tamu yang datang.

12. Kue bertema hutan dengan sepasang burung

wm_article_img
Foto: Elly Cake

Kue yang satu ini juga memiliki tema hutan, tapi lebih terlihat sebagai kue. Setiap tumpuknya dibuat dengan bentuk dan warna yang berbeda-beda, misalnya sebagai alas dibentuk layaknya potongan pohon yang ditebang. Daun yang menjuntai dipilih sebagai hiasan bersama dengan bunga-bunga berwarna merah yang mencuri perhatian. Sementara itu, di bagian puncak ada dua burung yang menjadi simbol pengantin yang sedang berbahagia di hari pernikahan.

13. Kue mewah dengan robekan

wm_article_img
Foto: Timothy Cake Jakarta

Kue lima tingkat ini terlihat seperti kue mewah lainnya, tapi ada aksen menarik yang dibuat, yaitu robekan menyilang di salah satu sis. Robekan ini tampak cantik dan memiliki warna biru karena sengaja dihias sedemikian rupa sehingga tidak terlihat warna kue aslinya. Ide unik ini bisa kamu terapkan jika ingin membuat kue mewah dengan sentuhan yang membuatnya berbeda.

14. Kue mewah tema tradisional

wm_article_img
Foto: Timothy Cake Jakarta

Kue pengantin yang dibuat bertingkat dan terkesan mewah tidak harus selalu untuk tema internasional. Kamu juga bisa menggabungkan pernikahan internasional dan tradisional dengan kue bertingkat yang satu ini. Berbagai elemen seperti janur yang biasanya dibuat sebagai dekorasi pernikahan dibuat sebagai bentuk hiasan kue pernikahan yang unik ini. Jika berkenan, kamu juga bisa meminta khusus kue bercita rasa pandan supaya makin kental dengan nuansa tradisional.

15. Kue indah yang menyala

wm_article_img
Foto: RR Cakes

Kue ini memiliki base putih layaknya kue pernikahan biasanya. Yang membuatnya jadi tampak indah adalah lapisan yang terbuat dari wafer paper yang transparan. Hiasan lain yang tampak adalah ruffles merah muda yang membuat kue ini jadi terlihat semakin manis. Tentu saja, bagian yang menyala biru juga menjadi daya tarik sendiri. Kue ini dihias dengan bunga-bunga serta lampu yang membuatnya tampak berasal dari negeri dongeng.

Nah, itu dia berbagai kue pernikahan mewah yang juga memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Beberapa vendor juga menerima custom, lo. Jadi, kamu bisa membuat kuemu hanya ada satu di dunia. Untuk kisaran harga, kue pernikahan mewah biasanya berkisar antara Rp2 juta sampai puluhan juta rupiah, tentu saja tergantung dari bahan yang digunakan, besar kue, dan detail kerumitan yang perlu dibuat. Silakan disesuaikan dengan bujet yang kamu sediakan, ya!

Bagi kamu yang sudah mantap ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, temukan juga vendor-vendor pernikahan terbaik di pameran pernikahan WeddingMarket Festival pada 18-19 Februari 2023 di The Krakatau Grand Ballroom untuk melengkapi berbagai elemen-elemen di hari bahagiamu kelak, termasuk kue pernikahan.

Dapatkan juga berbagai promo menarik dan beragam activation selama pameran berlangsung, seperti:

  • Kesempatan memenangkan Grand Prize (1 Unit Mobil Daihatsu Sigra, 1 Unit Motor Honda Scoopy, 1 Honeymoon to Bali 2D1N, 1 Unit Smartphone Samsung)
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo menarik dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Serta berbagai dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • Nikmati juga Free Test Food dan rasakan suasana MAGICAL GARDEN dalam pameran WeddingMarket Festival

Segera pesan tiket masuk gratis dengan klik di tautan ini. Sampai jumpa di WeddingMarket Festival, dears!

Kunjungi WeddingMarket Festival Gratis!
Menangkan Berbagai Hadiah Menarik
Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...