Pilih Kategori Artikel

5 Ide Games Pernikahan, Acara Jadi Lebih Seru dan Berkesan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Selama ini acara pernikahan selalu identik dengan sesuatu yang sakral dan serius sepanjang acara. Apalagi jika menggelar pernikahan dengan tema tradisional. Berbagai prosesi dan keunikannya memang membuat acara terasa lebih bermakna. Namun, tidak ada salahnya kok jika ingin memberikan sentuhan yang lebih fun supaya lebih berkesan, terutama untuk tamu yang merupakan teman-teman yang masih muda. 

Ada berbagai ide games pernikahan yang bisa dilakukan tanpa banyak persiapan. Ada beberapa properti yang diperlukan, tapi semuanya mudah didapatkan. Namun, perlu dipastikan tetap ada penanggungjawabnya supaya acara berjalan dengan lancar, ya. Mereka juga yang akan mencari orang-orang untuk berpartisipasi. Nah, apa saja yang bisa dilakukan untuk games ini? Simak yuk selengkapnya!

1. The Shoe Game

wm_article_img
Foto: instagram/warble_ents

The Shoe Game adalah salah satu game yang populer untuk pernikahan. Game ini melibatkan teman-teman dari kedua mempelai atau kedua mempelai itu sendiri yang duduk berhadapan dengan sepatu masing-masing yang dipertukarkan. Pertanyaan kemudian akan diajukan dan pasangan harus mengangkat sepatu yang sesuai dengan jawaban dari pertanyaan tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk bermain The Shoe Game pada pernikahan:

  1. Kedua tamu atau mempelai duduk berhadapan dan melepaskan sepatu mereka.

  2. Kedua tamu atau mempelai kemudian memegang sepatu satu sama lain sehingga setiap orang memegang satu sepatu dari dirinya sendiri dan satu sepatu dari pasangan.

  3. MC akan membacakan serangkaian pertanyaan, seperti "Siapa yang lebih suka masak?" atau "Siapa yang lebih sering telat?"

  4. Kedua tamu atau mempelai harus mengangkat sepatu yang sesuai dengan jawaban dari pertanyaan tersebut. Jadi, jika pertanyaannya adalah "Siapa yang lebih suka masak di rumah?", maka kedua mempelai harus mengangkat sepatu pasangan yang mereka percayai yang lebih suka memasak di rumah.

  5. Pertanyaan-pertanyaan yang dibacakan dapat disesuaikan dengan pasangan dan suasana pernikahan. Pastikan untuk menyiapkan pertanyaan yang lucu dan menghibur agar tamu-tamu undangan dapat menikmati game ini.

The Shoe Game adalah cara yang menyenangkan untuk melibatkan para tamu dalam game pada acara pernikahan. Semoga ide ini dapat membantu untuk membuat pernikahanmu menjadi lebih meriah!

2. Scavenger Hunt 

wm_article_img
Foto: instagram/littlepinelearners

Scavenger Hunt adalah game yang menyenangkan dan interaktif yang dapat dimainkan pada acara pernikahan. Pada dasarnya, game ini melibatkan tamu-tamu undangan dalam mencari barang-barang atau benda-benda yang tersembunyi di dalam tempat pernikahan yang kemudian akan dikumpulkan dalam waktu tertentu. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk menjalankan Scavenger Hunt pada acara pernikahan:

  1. Buatlah daftar benda atau barang yang harus dicari oleh tamu-tamu undangan, misalnya: kotak perhiasan, gelas anggur, foto dari pasangan pengantin, foto dari tamu undangan tertentu, dan sebagainya.

  2. Sembunyikan benda-benda tersebut di berbagai tempat di dalam area pernikahan, seperti di atas meja makan, di dalam sudut ruangan, atau di luar di taman.

  3. Bagi tamu undangan ke dalam beberapa tim atau kelompok dan berikan daftar benda yang harus dicari beserta petunjuk mengenai tempat-tempat di mana benda-benda tersebut dapat ditemukan.

  4. Setelah daftar benda dan petunjuk sudah dibagikan, berikan waktu tertentu kepada setiap tim untuk menemukan semua benda yang terdaftar dalam daftar Scavenger Hunt.

  5. Setelah waktu habis, tim yang berhasil mengumpulkan semua benda akan dinyatakan sebagai pemenang. Kamu dapat memberikan hadiah kecil sebagai penghargaan untuk tim yang menang.

Scavenger Hunt adalah cara yang menyenangkan untuk menghibur tamu undangan pada acara pernikahan. Selain itu, game ini juga dapat membantu tamu undangan untuk saling mengenal dan berinteraksi satu sama lain.

3. Jenga with A Twist 

wm_article_img
Foto: instagram/hagleyweddings

Jenga with A Twist adalah game yang menggabungkan konsep permainan Jenga dengan twist unik, yaitu dengan menambahkan tugas atau tantangan pada setiap blok kayu yang diambil oleh pemain. Berikut adalah langkah-langkah untuk memainkan Jenga with A Twist pada acara pernikahan.

  1. Siapkan beberapa set Jenga yang terdiri dari blok kayu yang diukir dan memiliki tugas atau tantangan pada masing-masing blok.

  2. Bagilah tamu undangan ke dalam beberapa kelompok dan berikan satu set Jenga pada setiap kelompok.

  3. Setiap pemain bergantian untuk mengambil satu blok kayu dari Jenga dan menaruhnya di atas tumpukan Jenga yang sudah ada.

  4. Setiap blok kayu yang diambil harus memiliki tugas atau tantangan yang harus dijalankan oleh pemain tersebut. Tugas atau tantangan ini dapat berupa pertanyaan tentang pasangan pengantin, tugas fisik seperti menari atau bernyanyi, atau tugas kreatif seperti menggambar gambar pasangan pengantin.

  5. Jika pemain berhasil menyelesaikan tugas atau tantangan pada blok kayu yang diambil, maka pemain dapat menempatkan blok kayu tersebut pada tumpukan Jenga dengan aman. Namun, jika pemain gagal menyelesaikan tugas atau tantangan, maka pemain harus mengembalikan blok kayu tersebut ke tumpukan Jenga dan mengambil blok kayu yang lain.

  6. Pemain yang berhasil menyelesaikan Jenga dengan twist akan menjadi pemenang dan dapat diberikan hadiah kecil sebagai penghargaan.

Jenga with A Twist adalah cara yang menyenangkan untuk melibatkan tamu undangan pada acara pernikahan. Selain itu, game ini juga dapat membantu untuk menghangatkan suasana dan mempererat hubungan antara tamu undangan.

4. Photobooth Props

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_img

Foto: instagram/photobooth_smilex

Photobooth props adalah aksesoris atau perlengkapan yang digunakan untuk berfoto di photobooth pada acara pernikahan. Berikut adalah beberapa ide photobooth props yang bisa digunakan dalam pernikahan:

  1. Topi dan topi kupu-kupu untuk pengantin dan tamu undangan.

  2. Kacamata besar, kacamata hitam, dan kacamata dengan bingkai lucu.

  3. Setelan dan aksesoris kecil untuk pengantin seperti sanggul palsu, wig, bulu mata palsu, dan kumis palsu.

  4. Aksesori seperti syal, topi koboi, dan ikat pinggang.

  5. Papan tulis dengan kalimat lucu atau kata-kata romantis.

  6. Properti yang menunjukkan tanggal pernikahan, seperti kalender atau papan bertuliskan bulan dan tahun pernikahan.

  7. Bunga palsu atau bunga segar yang dipasang pada rangkaian bunga atau diikat di kepala.

  8. Tanda-tanda lucu seperti tanda panah dan tanda-tanda bertuliskan "LOVE", "I DO", atau "HAPPILY EVER AFTER".

Dengan menggunakan photobooth props, para tamu undangan dapat mengambil foto yang unik dan lucu yang akan menjadi kenang-kenangan indah dari acara pernikahan. Selain itu, kamu juga bisa meminta mereka untuk mengunggahnya di media sosial dan menggunakan hashtag pernikahanmu serta tag ke kamu dan pasangan. Unggahan terbaik bisa mendapatkan hadiah kecil.

5. Karaoke Competition 

wm_article_img
Foto: instagram/bishopdickson_

Karaoke competition bisa menjadi ide yang menyenangkan untuk pernikahan, terutama bagi para tamu undangan yang suka bernyanyi. Berikut adalah beberapa langkah untuk mempersiapkan karaoke competition pada acara pernikahan:

  1. Siapkan peralatan karaoke, seperti mesin karaoke, mikrofon, speaker, dan layar TV atau proyektor.

  2. Tentukan kategori lagu yang akan dipilih untuk karaoke competition, seperti lagu-lagu cinta atau lagu-lagu pernikahan.

  3. Ajak para tamu undangan untuk mendaftar sebagai peserta karaoke competition.

  4. Tentukan juri yang akan menilai penampilan para peserta karaoke.

  5. Selama acara, panggil para peserta karaoke untuk tampil dan menyanyikan lagu pilihan mereka.

  6. Setelah semua peserta tampil, juri akan memberikan penilaian dan menentukan pemenang karaoke competition.

  7. Berikan hadiah untuk pemenang, seperti peralatan karaoke mini atau voucher liburan.

Karaoke competition dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan membuat para tamu undangan merasa terhibur pada acara pernikahan. Mereka juga bisa dapat kesempatan untuk unjuk gigi di sana.

Nah, itu dia beberapa ide game pernikahan yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan pengalaman resepsi yang berkesan. Jangan lupa untuk menyesuaikan game dengan jumlah tamu yang datang dan rundown acara yang sudah disusun, ya.


Foto cover: Bali Eve Wedding Planner

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...