Pilih Kategori Artikel

7 Kebutuhan Esensial yang Harus Kamu Tahu dalam Mempersiapkan Biaya Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Biaya nikah merupakan dana yang akan kamu keluarkan ketika mempersiapkan momen pernikahan. Biaya pernikahan yang dikeluarkan setiap pasangan tentu dapat berbeda-beda tergantung dari budget dan konsep yang digunakan.

Dalam hal ini biaya pernikahan meliputi banyak hal seperti biaya administrasi, pakaian, make up, katering, tempat, dekorasi, cincin, hingga hiburan. Hal tersebut hanya gambaran kecil dan dapat lebih banyak yang dipersiapkan tergantung dari kebutuhan calon pengantin.

Untuk lebih jelas mengenai kebutuhan pernikahan dan biaya yang dikeluarkan, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Biaya Administrasi

wm_article_img
Fotografi: Endless Photoworks

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan sebelum mengadakan pernikahan adalah mengurus administrasi. Jika kamu beragama Islam, pendaftaran pernikahan dapat dilakukan di kantor urusan agama atau KUA. Di sisi lain, jika kamu non muslim, pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Catatan Sipil.

Tentunya ketika mengurus pendaftaran pernikahan kamu memerlukan berkas-berkas beserta biaya administrasi yang perlu dipenuhi. Perlu kamu ketahui bahwa pendaftaran pernikahan di KUA ataupun Kantor Catatan Sipil merupakan hal yang penting kamu lakukan. Pasalnya dengan pendaftaran tersebut pernikahanmu tercatat dan diakui negara sehingga untuk ke depannya ketika kamu mengurus berbagai hal yang berkaitan tentang urusan administrasi dapat dipermudah.

  1. Biaya Pembuatan Undangan

wm_article_img
Foto: Vinas Invitation

Biaya selanjutnya yang perlu kamu persiapkan adalah biaya untuk pembuatan undangan. Dalam hal ini undangan pernikahan menjadi unsur yang wajib kamu persiapkan untuk mengundang orang-orang terdekat secara resmi.

Memang betul bahwa zaman sekarang banyak calon pengantin yang mengundang teman-teman menggunakan undangan online atau broadcast melalui sosial media, namun alangkah baiknya tetap mempersiapkan undangan fisik. Hal ini tidak lepas dari undangan fisik memberikan kesan formal dan lebih sopan.

  1. Biaya Sewa Gedung

wm_article_img
Venue: Gedong Putih | Dekorasi: Valentine Wedding Decoration

Selain undangan, kamu juga perlu menyiapkan dana untuk sewa gedung. Gedung tersebut dapat kamu gunakan untuk tempat diadakannya resepsi pernikahan. Selain gedung, kamu juga dapat menyewa ballroom hotel ataupun aula sebuah bangunan.

Di sisi lain, jika kamu ingin mengadakan pesta pernikahan di rumah sendiri, biaya sewa gedung dapat kamu alihkan untuk membayar sewa tenda yang digunakan untuk menaungi para tamu yang datang. Biasanya tenda tersebut dipasang di halaman rumah sebagai tempat menerima tamu agar tamu tidak terkena hujan maupun terik matahari.

  1. Biaya Dekorasi

wm_article_img
Dekorasi: Mitra Flower

Ketika kamu mengadakan sebuah pesta pernikahan, tentunya memerlukan sebuah dekorasi pernikahan agar pesta tersebut lebih hidup dan meriah. Dekorasi pernikahan ini meliputi kursi pengantin, backdrop, bunga-bunga hingga kain yang dipasang di dinding gedung atau rumah.

Biasanya dekorasi pernikahan disesuaikan dengan konsep pernikahan dan biaya yang dianggarkan oleh calon pengantin. Jika kamu ingin pernikahan yang sederhana dengan anggaran yang minim, maka kamu dapat menggunakan dekorasi sederhana juga yang tidak memakan banyak biaya. Sedangkan jika kamu mempunyai dana lebih, kamu bisa menyiapkan dekorasi pernikahan mewah yang memberikan suasana seperti pesta di negeri dongeng.

  1. Biaya Makeup dan Gaun Pernikahan

wm_article_img
Foto via Yannie Wedding Organizer

Make up dan gaun menjadi unsur penting ketika ingin mengadakan sebuah pernikahan. Hal ini disebabkan karena setiap pengantin ingin tampil cantik di hari spesialnya. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menggunakan make up dan gaun pernikahan.

Biaya make up dan gaun pernikahan sendiri tentunya beragam, disesuaikan dengan budget dan konsep pernikahan yang kamu gunakan. Biasanya pernikahan dengan konsep adat membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada konsep modern. Hal ini tidak lepas dari make up dan gaun pernikahan tradisional mempunyai banyak detail yang tidak boleh dilewatkan.

wm_article_img
Foto: MUA Hanung Kusuma

Selain ditentukan dari konsep, pemilihan make up artist  dan desainer gaun juga menjadi faktor penentu dari besarnya biaya yang dikeluarkan. Semakin bagus make up dan gaun yang dihasilkan mereka, maka akan semakin mahal pula biayanya.

Namun jika kamu ingin menekan pengeluaran, dibanding membeli gaun, kamu dapat memilih untuk menyewa gaun pernikahan. Selain menghemat budget, kamu juga tidak perlu bingung lagi untuk memikirkan cara  perawatan gaun agar awet dan tidak rusak.

  1. Biaya Katering

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Selain make up, gaun pengantin dan administrasi pernikahan, katering juga merupakan elemen penting yang harus dipersiapkan di pesta pernikahan. Pasalnya akan tidak sopan mengundang orang-orang terdekat tanpa menyajikan mereka makanan.

Dalam mempersiapkan katering, dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Jika kamu mempunyai dana lebih, maka dapat menyiapkan katering dengan macam-macam menu hidangan prasmanan seperti makanan pembuka, makanan utama, barbagai macam minuman hingga makanan penutup.

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Untuk memberikan variasi, kamu dapat menyiapkan berbagai macam pilihan dari keempat kategori yang telah disebutkan, misalnya makanan pembuka terdiri dari 3 jenis, makanan utama 6 jenis lauk, hingga makanan penutup dapat diberikan 3-5 jenis. Hal tersebut dilakukan agar para tamu undangan yang datang dapat memilih sesuai selera yang mereka sukai.

Di sisi lain, jika kamu punya budget terbatas, kamu dapat menyiapkan makanan utama saja namun dengan variasi lauk yang berbeda. Hal tersebut dilakukan untuk menekan budget namun tetap memberikan pilihan kepada para tamu.

  1. Mahar dan Cincin Kawin

wm_article_img
Foto: Yumala Hampers

Mahar dan cincin kawin merupakan sesuatu hal yang diberikan pihak laki-laki ke pihak perempuan. Walaupun begitu, dalam menyiapkan kedua hal tersebut, tidak selalu harus dipersiapkan semua sendiri oleh pihak laki-laki. Untuk sebagian orang, antara pihak laki-laki dan perempuan akan saling membantu agar tidak terkesan memberatkan salah satu pihak.

Khusus untuk cincin kawin, sekarang sudah banyak cincin kawin dengan desain unik yang dapat kamu pilih, mulai dari desain cincin yang dilengkapi nama pengantin, cincin dengan penambahan aksen daun hingga cincin yang terdapat batu permata di dalamnya.


Tentunya dalam pemilihan cincin kawin disesuaikan dengan selera dan budget. Tidak perlu memaksakan untuk memiliki cincin kawin yang mewah, yang terpenting adalah fungsi dan arti dari cincin itu sendiri.

Itulah tujuh biaya pernikahan yang akan kamu hadapi ketika mempersiapkan pernikahan. Sebenarnya masih banyak biaya yang belum disebutkan, namun tujuh biaya tersebut merupakan biaya utama yang tidak boleh dilewatkan.

Memang jika dilihat secara seksama, banyak sekali dana dan waktu yang harus dikeluarkan untuk mempersiapkan hal di atas. Namun kamu tidak perlu memaksakan diri dan tetap bisa berhemat dengan menyiapkan hal yang seperlunya. Misalnya saja menggelar pesta pernikahan di rumah dengan dekorasi sederhana dan mengundang sedikit tamu. Dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat menghemat uang untuk sewa gedung, katering hingga biaya dekorasi.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...