Pilih Kategori Artikel

8 Rekomendasi Main Course untuk Menu Prasmanan Rumahan yang Lezat dan Mengenyangkan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Di dalam suatu pernikahan tentunya akan ada prasmanan yang dihampiri oleh semua tamu undangan. Para tamu undangan ini nantinya akan mengambil dan menyantap segala jenis makanan yang sudah disediakan setelah bersalaman dengan mempelai pengantin. Pastinya, kedua pasangan akan “menjamu” tamu undangan sebagai rasa terima kasih karena sudah menyempatkan waktu untuk datang ke resepsi pernikahanmu. Oleh karena itu, prasmanan menjadi salah satu aspek terpenting dalam setiap pernikahan yang diadakan. 

Bagi kamu yang belum familiar dengan istilah main course, main course merupakan makanan pokok atau hidangan utama dari susunan-susunan makanan yang dihidangkan. Main course seringkali porsinya dibuat lebih banyak dan lebih beraneka ragam, melebihi hidangan makanan yang lainnya. Biasanya, makanan main course dibuat dari bahan hewani seperti daging sapi, daging kambing, ayam, bebek, ikan, udang, lobster, dan kepiting, akan tetapi ada beberapa main course yang tidak berbahan hewani tetapi mengandung karbohidrat seperti nasi dan mie.

Menu main course yang akan dihidangkan harus dipilih dengan tepat sesuai konsep dan selera mayoritas tamu undangan, karena jika tidak, resikonya para tamu undangan bisa saja kecewa. Jika pesta pernikahanmu diselenggarakan di perumahan, maka tentu saja menu masakannya akan berbeda dengan menu dari hotel yang mengusung konsep internasional. Jika kamu butuh inspirasi dalam memilih main course rumahan, kamu bisa cek beberapa rekomendasinya berikut ini!

1. Dendeng Balado

wm_article_img
Foto via dapurkobe.co.id

Dendeng balado adalah masakan khas Sumatera Barat, masakan ini terbuat dari daging sapi yang di iris tipis dan lebar kemudian dikeringkan dan digoreng. Setelah irisan daging sapi tersebut digoreng kering, kemudian diberi bumbu balado. Dendeng balado memiliki ciri khasnya tersendiri, yaitu warnanya yang coklat kemerahan, irisan tipis juga lebar, dan aromanya yang sedap. Dendeng balado memiliki rasa asin dan pedas dari sambalnya.

Dendeng balado juga bisa dimasak secara mandiri karena pengolahannya tidak terlalu rumit, dan masakan ini juga cocok untuk prasmanan pernikahan karena tidak mudah basi.

2. Rendang

wm_article_img
Foto via thebizin.com

Siapa sih yang tidak tahu makanan terenak yang satu ini? Makanan yang dibuat dari daging sapi yang digeprek dengan bumbu halus ini terdiri dari bawang, cabai, jahe, dan lengkuas. Rasanya yang khas dan nikmat membuatnya seringkali tersedia dalam menu prasmanan, baik itu prasmanan rumahan ataupun prasmanan mewah.

Rendang pertama kali dibuat oleh masyarakat Minangkabau yang berasal dari Sumatera Barat Indonesia. Rendang juga termasuk sebagai salah satu makanan terenak di dunia, tak heran jika masakan yang berasal dari tanah air ini tidak hanya dinikmati di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.

3. Pecel Lele

wm_article_img
Foto via apwi-pwu.com

Pecel Lele merupakan makanan khas Jawa yang terdiri dari ikan lele dan lalapannya. Ikan lele yang digoreng kering dan diberi sambal tomat sangatlah lezat untuk menu prasmanan rumahan. Pecel lele memiliki keistimewaan nya sendiri yang terletak pada sambalnya yang memiliki aroma terasi dan memiliki cita rasa yang sangat khas.

Makanan ini berasal dari kota Lamongan Jawa Timur. Akan tetapi pada beberapa daerah, pecel lele diberi nama yang berbeda, seperti  di kota Malang yang menyebutnya lalapan lele. Biasa nya makanan ini terdaftar di menu prasmanan rumahan dengan ikan lele goreng dan sambal yang terpisah.

4. Sup Iga

wm_article_img
Foto via food.detik.com

Sup iga atau yang biasanya disebut dengan sup konro adalah masakan khas indonesia yang berasal dari Makassar, biasanya sup ini dibuat dengan iga sapi yang dibaluti dengan daging sapi dan diberi bumbu rempah-rempah, kuahnya yang berwarna coklat sangatlah nikmat jika dilengkapi dengan ketupat yang dipotong-potong terlebih dahulu.

Masakan khas makassar ini memiliki cita rasa nya tersendiri, mulai dari olahan iga sapi yang dimasak dengan rempah-rempah dan dilengkapi dengan daging empuk yang sangat menggugah selera. Karena itu masakan sup iga atau sup konro dapat anda tambahkan ke menu prasmanan rumahan.

5. Ayam Lodho

wm_article_img
Foto via doyanresep.com

Masakan ayam lodho berasal dari Tulungagung dan Trenggalek Jawa timur Indonesia. Masakan tradisional ini seringkali dikonsumsi sehari-hari dan selalu dihidangkan ketika hari raya agama islam seperti idul fitri dan idul adha. Karena menu ini identik dengan hari perayaan yang istimewa, ayam lodho juga cocok untuk dijadikan menu prasmanan rumahan di hari resepsi pernikahanmu karena cita rasanya yang gurih dan pedas.  

Ayam lodho terbuat dari ayam kampung yang dipanggang atau dibakar sampai empuk, kemudian direbus dalam kuah santan dan diberi bumbu-bumbu lainnya. Karena kuah santan dan rempah-rempah yang digunakan, masakan ini sangat pas untuk selera lidah orang Indonesia. 

6. Ayam Opor

wm_article_img
Foto via instagram/bumbuububuk

Ayam opor yang biasanya dihidangkan ketika hari raya idul fitri dan idul adha juga dapat dihidangkan dalam suatu prasmanan. Ayam opor memiliki ciri khas, yaitu ayam rebus yang diberi bumbu santan kental yang berwarna kekuningan.

7. Nasi goreng

wm_article_img
Foto via muchbutter.com

Nasi goreng merupakan main course yang berupa nasi yang digoreng dengan minyak goreng dan diberi bumbu seperti kecap manis, bawang putih, bawang merah, cabai, lada dan kemudian dicampur dengan bahan lainnya seperti telur, daging ayam, daging kambing, udang, daging sapi sesuai dengan selera. 

Hampir di setiap prasmanan selalu menyediakan nasi goreng yang beraneka ragam, seperti nasi goreng biasa, nasi goreng kampung, nasi goreng gila yang sangat pedas, nasi goreng seafood, nasi goreng kambing, dan masih banyak lagi jenis nasi goreng lainnya. Maka dari itu, sangatlah cocok untuk nasi goreng yang merupakan makanan favorit di indonesia ditambahkan dalam daftar menu prasmanan rumahan. 

8. Mie Aceh

wm_article_img
Foto via fahmi-artcolection.blogspot.com

Sesuai namanya, Mie Aceh ini berasal dari daerah Aceh, Sumatera Utara. Mie aceh ini memiliki cita rasanya yang khas, berbeda dengan umumnya mie goreng atau rebus dari tanah Jawa. 

Mie Aceh biasanya terbuat dari mie kuning tebal dan diberi berbagai macam topping seperti daging dan aneka seafood. Mie kuning ini nantinya diberi siraman kuah kari kental yang kaya akan rasa rempah-rempah di dalamnya. Pastinya mie Aceh akan sangat dinikmati oleh para tamu jika kamu menambahkannya ke daftar menu prasmanan kamu, terutama bagi tamu undangan yang ingin menyantap makanan berat selain nasi.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi main course untuk menu prasmanan perumahan. Dari kedelapan rekomendasi main course tersebut kamu bisa memilih sesukamu untuk ditambahkan dalam daftar prasmanan rumahan kamu.Jangan lupa untuk menyesuaikan selera tamu undangan dan juga anggaran kamu, ya! 

Kabar baiknya, ada banyak vendor katering yang berpengalaman di WeddingMarket yang bisa membantumu mewujudkan menu prasmanan rumahan di pesta pernikahan yang lezat, berkualitas, dan dengan harga yang bersaing. Bahkan, kamu bisa menentukan sendiri jenis masakannya sesuai dengan anggaranmu.

Kunjungi pameran pernikahan WeddingMarket Festival pada 18-19 Februari 2023 di The Krakatau Grand Ballroom untuk melakukan food tasting hidangan pernikahan terbaik serta mendapatkan inspirasi dan berbagai kebutuhan untuk persiapan hari bahagiamu nanti.

Kamu dapat menemukan berbagai vendor-vendor pernikahan profesional untuk berbagai kategori, mulai dari venue, catering, wedding organizer hingga gaun pengantin. Dapatkan juga berbagai promo menarik dan beragam activation selama pameran berlangsung, seperti:
  • Kesempatan memenangkan Grand Prize (1 Unit Mobil Daihatsu Sigra, 1 Unit Motor Honda Scoopy, 1 Honeymoon to Bali 2D1N, 1 Unit Smartphone Samsung)
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo menarik dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Serta berbagai dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • Nikmati juga Free Test Food dan rasakan suasana MAGICAL GARDEN dalam pameran ini

Yuk, pesan Tiket Masuk Gratis dengan klik di tautan ini, tiket terbatas! Selamat merancang pesta pernikahan impianmu, Dears!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami