Pilih Kategori Artikel

Jenis Aksesoris Nikahan yang Banyak Digunakan di Indonesia
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan yang dilangsungkan di Indonesia, umumnya memiliki dua jenis tema, yakni tema modern dan tradisional. Setiap tema pernikahan, pasangan mempelai tentu menggunakan jenis aksesoris nikahan yang beragam. Selain membuat pasangan mempelai tampil cantik, ia juga memiliki makna tertentu. 

Kalau kamu bingung memilih aksesoris untuk pernikahan, jangan khawatir, berikut ini adalah rekomendasi aksesoris yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa, penggunaan aksesoris tetap harus disesuaikan dengan gaya pakaian yang kamu gunakan, sehingga tidak tabrak warna dan memiliki konsep yang sama. 

Pilihan Aksesoris Nikahan Tradisional

wm_article_img

Foto: Popbela

Aksesoris yang ada di pernikahan tradisional umumnya merupakan aksesoris adat, sehingga tiap daerah memiliki bentuk dan jenis yang berbeda. Meski demikian, umumnya peletakkan aksesoris ini berada di tempat yang sama, biasanya dikenakan sebagai mahkota, gelang, ataupun kalung. 

Untuk aksesoris nikahan tradisional, berikut adalah beberapa yang bisa kamu pakai sesuai dengan gaya pernikahan adat yang hendak dilangsungkan, diantaranya adalah:

1. Sanggul 

Kalau kamu lahir dari keluarga Jawa, kamu tentu tidak asing dengan sanggul, aksesoris kepala yang sudah digunakan sejak lama untuk proses pernikahan adat Jawa. Sanggul bisa dibuat dari rambut asli jika mempelai memiliki rambut yang panjang, namun jika tidak, kamu bisa menggunakan rambut palsu yang langsung dibentuk menjadi sanggul. 

Tidak hanya untuk pernikahan, sanggul juga digunakan untuk keperluan lain, dari penunjang penampilan, lambang status sosial, hingga sebagai aksesoris seremonial. Untuk pernikahan, umumnya sanggul akan dihiasi dengan berbagai hiasan, khususnya yang memiliki nuansa emas dan perak. 

2. Hiasan Kepala 

Banyak suku di Indonesia yang menggunakan aksesoris nikahan berupa hiasan kepala. Setiap daerah memiliki bentuk hiasan yang berbeda, misalnya untuk daerah Sumatera ia disebut sebagai sunting, sedangkan di Bali disebut sebaai paes agung.

Hiasan kepala yang digunakan untuk pemerintah biasanya dibuat menggunakan perak, emas maupun aluminium. Banyak pula yang menggunakan kuningan atau material campuran lain, sesuai dengan adat yang berlaku. Penggunaan hiasan kepala dimaksudkan untuk membuat mempelai perempuan tampak lebih cantik.

3. Kain

Di Indonesia, penggunaan kain cukup penting sebagai aksesoris pernikahan. Ini karena kain yang digunakan untuk pemerintah biasanya merupakan kain khusus, yang hanya bisa digunakan di momen tertentu. Salah satu jenis kain yang digunakan untuk pernikahan adalah kebaya dan batik. 

Aksesoris nikahan ini memiliki makna yang berbeda, misalnya untuk batik, batik yang dikenakan oleh kalangan keraton dan rakyat biasa berbeda. Ia juga menjadi lambang status dan memiliki makna yang mendalam, sebab bisa menjadi simbol keluhuran budi dan tindakan yang dilakukan oleh manusia. 

4. Perhiasan 

Banyak pasangan pengantin di Indonesia yang mengunakan perhiasan ketika melangsungkan pernikahan mereka. Perhiasan tersebut memiliki makna, sebab merupakan aksesoris tradisional. Misalnya, gelang burung ang disematkan untuk pengantin yang berasal dari Lampung. 

Gelang tersebut memiliki makna sebagai beban yang dipikul bersama oleh pasangan mempelai. Sehingga ketika pernikahan sudah selesai dan menjalankan kehidupan rumah tangga, mereka bisa saling hidup rukun dan saling membantu. Banyak daerah lain yang menggunakan aksesoris dengan makna yang berbeda namun memiliki tujuan dan maksud yang baik.

Aksesoris Modern dan Kekinian untuk Pengantin

wm_article_img

Foto: Bridalmusings

Apabila kamu hendak melangsungkan pernikahan dengan konsep modern, kamu tetap bisa menggunakan aksesoris nikahan dengan tema yang sama. Fungsi dari aksesoris pengantin ini adalah menunjang penampilanmu, sehingga kamu bisa tampil maksimal dan cantik di hari pernikahan. 

Kalau kamu bingung, pilihan beberapa aksesoris kekinian untuk pernikahan ini bisa kamu gunakan, diantaranya adalah:

1. Bros Mutiara

Untuk kamu yang menggunakan hijab atau tidak, menggunakan bros tetap akan menampilkan kesan yang anggun dan elegan. Untuk pernikahan, kamu disarankan menggunakan bros mutiara yang berwarna putih, sehingga serasi dengan pakaian ataupun hijab. 

Pilihan bros penting untuk dipertimbangkan karena ia bisa memberikan kesan tambahan pada mempelai perempuan. Jika memilih bros sembarangan, maka kamu terlihat tidak serius dengan pernikahan yang sedang kamu langsungkan. Kamu juga bisa menggunakan bros dengan bahan lain, misalnya emas atau perak. 

2. Kalung

Jika kamu menggunakan gaun off shoulder, memakai kalung bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab lehermu bisa tampak cantik dan membuat penampilanmu semakin elegan. Aksesoris nikahan ini juga tersedia untuk mereka yang berhijab, sehingga mempelai yang menggunakan kerudung tetap bisa tampil maksimal. 

Untuk kalung, kamu bisa menggunakan kalung mutiara dengan akses perak. Pilihan tersebut dianggap sesuai dengan gaya gaun pengantin model apapun, asalkan dengan warna yang masih satu tone. Jika ingin mendapatkannya dengan harga yang lebih terjangkau, kamu bisa membeli satu paket sekaligus yang berisi kalung, gelang dan mahkota. 

3. Mahkota 

Jika kamu mengerai rambutmu, memasang mahkota dan tiara bisa menjadi pilihan yang tepat. Tiara tidak hanya akan membuat penampilanmu semakin cantik, ia juga membuat tampilan rambut terlihat lebih rapi. Kamu bisa memilih tiara yang sesuai dengan konsep dan tema gaun pernikahan yang kamu gunakan. 

Meski sederhana, mahkota bisa menjadi simbol bahwa kamu telah menjadi ratu sehari ketika pernikahan berlangsung. Umumnya mahkota yang digunakan untuk mempelai perempuan memiliki warna perak atau emas, namun kamu bisa menggunakan variasi lain dari aksesoris nikahan jenis ini. 

4. Gelang

Kamu tentu ingin tampil cantik di hari pernikahan bukan? Maka pemakaian aksesoris menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Gelang merupakan salah satu aksesoris yang bisa kamu temukan dan dapatkan dengan mudah, sehingga sayang jika kamu tidak memakainya di hari pernikahan. 

Gelang yang direkomendasikan untuk pernikahan umumnya terbuat dari emas atau perak, bisa juga menggunakan gelang mutiara. Kamu bisa menyewa gelang yang disediakan oleh desaigner atau vendor pernikahan, bisa juga membelinya sendiri. Pastikan bahwa kamu memilih gelang yang sesuai dengan gaun pengantin yang kamu kenakan. 

Tips dalam memilih Aksesoris Pernikahan

Kalau kamu sudah yakin untuk menggunakan aksesoris nikahan di hari bahagiamu, kamu harus memastikan bahwa ia sesuai dengan gaun pernikahan yang sedang kamu pakai. Jangan sampai hadirnya aksesoris malah membuat penampilanmu terlihat norak karena aksesoris membuatmu tampak berlebihan. 

Beberapa tips berikut ini bisa kamu gunakan agar tidak salah dalam memilih aksesoris, diantaranya adalah:

  • Jangan berlebihan, sesuaikan dengan kebutuhan yang kamu perlukan. 
  • Sesuaikan dengan konsep pernikahan yang kamu langsungkan, jangan sembarangan memilih aksesoris hanya karena ia terlihat cantik. 
  • Pilih aksesoris dengan bahan yang berkualitas, sehingga bisa digunakan setelah pernikahan jika kamu membelinya sendiri. 

Demikianlah beberapa tips dan rekomendasi aksesoris nikahan yang bisa kamu gunakan. Informasi tersebut semoga bisa membantu kamu, apalagi untuk kamu yang hendak melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat. Dengan memilih aksesoris yang tepat sesuai jenis pernikahan, bukan tidak mungkin kamu akan tampil menarik di hari bahagiamu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...