Pilih Kategori Artikel

Cantiknya Aksesoris Pengantin India Ini Bikin Kamu Pangling
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Berbicara mengenai pernikahan memang merupakan sebuah momen yang sangat ditunggu – tunggu oleh semua pasangan. disisi lain banyak sekali tema pernikahan yang dapat kamu gunakan salah satunya tema India. Nah otomatis supaya lebih lengkap kamu pun memerlukan aksesori pengantin India.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa baik itu drama maupun film India, kini kembali hadir di layar kaca Indonesia. Nah dengan begitu membuat para pemain film maupun drama India pun kembali di sukai oleh masyarakat. Disisi lain dengan ramainya tayangan India di berbagai stasiun Tv, tentu merambah ke berbagai aspek. Contohnya membeli berbagai aksesori India.

Disisi lain, selain kebanyakan orang menonton serial India, mereka juga memperhatikan kebudayaan dari India juga. Apalagi para wanita yang menonton tayangan tersebut terkadang ingin seperti artis Bollywood.

Biasanya wanita India, kerap kali menggunakan aksesori di kesehariannya mulai dari kepala sampai kaki. Kesehariannya mereka akan dipenuhi dengan berbagai perhiasan yang dimana hal tersebut mencerminkan kepribadian mereka. Disisi lain tujuan aksesori tersebut untuk mempercantik penampilan juga hal tersebut sebagai warisan dan tradisi rakyat asli dari negara India.

Namun disisi lain, kalian harus tahu bahwa mereka tidak secara sembarang menggunakan aksesori. Pasalnya beberapa aksesori yang mereka gunakan hanya menyesuaikan situasi saja. Saat ini sudah banyak sekali berbagai macam aksesori pengantin India yang bisa kamu dapatkan di berbagai e-commerce maupun toko offline.

Aksesori Pengantin India yang Membuat Tampilan Menjadi Cantik

1. Maang Tikka

wm_article_img
Foto: We Heart It

Aksesoris pengantin India yang pertama adalah Maang tikka merupakan aksesori India yang sangat terkenal dibandingkan perhiasan lainnya. nah hal tersebut karena aksesori tersebut dikenakan dan digantungkan di tengah kening. Bentuknya itu bundar serta mirip liontin serta detailnya terlihat indah dan rumit.

Oleh karena itu, tidak heran bahwa aksesori pengantin mewah tersebut banyak menarik perhatian wanita yang memang suka sekali menonton series maupun film dari negara India. Umumnya di bawah perhiasan tersebut ada titik bidai pada kening wanita dan umumnya digunakan oleh wanita Hindu.

Dengan adanya aksesori yang khas ini tentunya akan membuat tampilan menjadi lebih indah lagi. Untuk materialnya sendiri terbuat dari zamrud, mutiara, rubi serta kristal swarovski. Nah perhiasan ini kerap kali digunakan pada berbagai acara yang penting. Seperti acara pernikahan maupun acara formal lainnya.

Bagi yang belum tahu, pastinya penasaran gimana sih cara menggunakan aksesori pengantin India tersebut. untuk cara menggunakannya sangat mudah sekali. Hal pertama – tama kamu buatlah belahan lurus di tengah rambut. Selanjutnya letakkan aksesori tersebut sehingga liontin yang ada terletak di dahi.

Supaya maang Tikka tersebut bisa melekat dengan kuat, maka kamu gunakan penjepit rambut sedemikian rupa sehingga aksesori tersebut tidak akan mudah terjatuh.

2. Bangles

wm_article_img
Foto: thediaryofajewellerylover.co.uk

Aksesoris India selanjutya adalah bangles yang dimana aksesori ini jenis gelang. Akan tetapi biasanya bangles ini digunakan dalam jumlah yang tidak sedikit. Umumnya mereka menggunakan gelangnya mulai dari 5 sampai 15 gelang. Selain itu materialnya dibuat dari kayu, emas, kaca, perak maupun plastik.

Disisi lain juga bangles tersebut diberi warna yang solid serta telah dihiasi dengan ukiran maupun batu permata. Selain itu pemakaiannya kerap kali dipadukan dengan busana khas India seperti gaun saree. Akan tetapi tentunya tidak ada salahnya apabila kamu memadukan aksesori tersebut menggunakan busana modern.

3. Bindi

wm_article_img
Foto: herzindagi.com

Aksesoris pengantin India yang satu ini ukurannya sangat kecil serta biasanya digunakan di tengah dahi serta atas alis. Nah kepopuleran ini semakin membludak karena untuk mempercantik penampilan. Disisi lain aksesori yang satu ini juga merupakan sebuah simbol cakra ketiga kecerdasan serta kecantikan seorang wanita. Disisi lain menjadi perhiasan semata.

Disisi lain bindi juga sudah dipercaya bisa melindungi wanita dari berbagai macam nasib buruk. Namun seiring perkembangan zaman, pola pikir wanita tentunya semakin modern. Dengan begitu mereka tidak terlalu menganggap kekuatan serta kesetiaan mereka hanya diukur dari apa yang mereka gunakan atau tidak.

4. Dupatta

wm_article_img
Foto: shaadiwish.com

Selanjutnya ada dupatta yang dimana adalah scarf maupun bisa juga disebut selendang dari India. Selendang ini mempunyai fungsi asli sebagai penutup dada maupun kepala. Disisi lain umumnya wanita negara India yang menggunakan salwar kameez akan menggunakan selendang panjang baik dikepala maupun leher.

Dupatta ini merupakan kain dengan material yang ringan serta ukurannya panjang dan jua memiliki motif khas India. Ketahuilah sekarang ini dupatta ini kerap kali digunakan untuk berbagai macam acara, termasuk sebagai aksesoris pengantin modern di pernikahan modern.

5. Matha Patti

wm_article_img
Foto: panashindia.com

Selanjutnya adalah aksesoris penghias kepala pengantin yang digunakan untuk menutup perbatasan antara kening serta rambut disebut sebagai matha patti. Dari segi desainnya terlihat cantik serta sampai saat ini banyak sekali pembuat dari aksesoris pengantin India ini di berbagai negara.

Bukan hanya itu saja, aksesoris ini juga kerap kali digunakan sebagai aksesoris hijab bagi mereka umat Muslim. Sebagai saran, kamu dapat memilih desain matha patti yang netral. Hal tersebut agar dapat dikombinasikan dengan berbagai macam busana.

6. Nose Ring

wm_article_img
Foto: weddingsonline.in

Aksesoris ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu yang suka dengan serial maupun film India. Nah perhiasan yang satu ini kerap kali digunakan di berbagai film Bollywood tersebut. Apalagi di kesehariannya nose ring ini digunakan oleh wanita India apalagi wanita Hindu. Pilihan aksesori pernikahan tersebut biasanya berbentuk cincin maupun anting yang kecil.

Disisi lain nose ring ini juga sering digunakan oleh wanita di berbagai acara tertentu, termasuk acara pernikahan. Bukan hanya itu, biasanya mereka menggunakan ukuran yang cukup besar.

Walaupun penggunaan ini tidak wajib untuk wanita Hindu. Akan tetapi terdapat teks zaman dulu dari India yang dimana menghubungkan antara kecantikan wanita dengan adanya tindik. Sehingga artinya penggunaan tindik pada hidung tersebut sudah dilakukan sejak zaman dahulu.

Menurut teks tersebut bahwa dengan menindik hidung dapat mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi serta bisa membuat persalinan menjadi lebih mudah. Selain itu manfaat lain dari tindik, menurut pengobatan tradisional dari India akan membuat hubungan intim menjadi lebih menyenangkan.

Dari berbagai wilayah mengenai budaya tindik mempunyai perbedaan. Namun pada umumnya tindikan tersebut akan dilakukan ketika wanita India masih balita, ketika pubertas maupun ketika menikah. Disisi lain wanita di India selatan akan menindik hidungnya sebelah kanan, sedangkan wanita India di Utara akan menindik di kiri.

7. Jhumka

wm_article_img
Foto: southindiajewels.com

Ketahuilah bahwa aksesoris pernikahan pengantin Jhumka yang berbentuk anting ini memang sangat terkenal di India. Bukan hanya itu saja, bahkan untuk desain aksesori pengantin India ini selalu update hingga sekarang. Dengan demikian membuat aksesoris ini sangat wajib digunakan oleh wanita India.

Sekian informasi yang bisa disampaikan untuk kamu mengenai berbagai macam aksesoris pengantin India. Semoga dengan adanya hal ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin menikah dengan tema India.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...