Yuk, Kenal Lebih Dekat Dengan Aksesoris Pengantin Sunda yang Fenomenal - Wedding Market

Yuk, Kenal Lebih Dekat Dengan Aksesoris Pengantin Sunda yang Fenomenal

16 Jun 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 1610
Yuk, Kenal Lebih Dekat Dengan Aksesoris Pengantin Sunda yang Fenomenal
Foto: Instagram/pricessyahrini

Aksesoris pengantin, khususnya pengantin wanita merupakan salah satu hal yang wajib dipersiapkan dengan baik. Sebab dengan keberadaan aksesoris seperti aksesoris pengantin Sunda tersebut, akan mampu membuat pengantin wanita terlihat lebih menarik saat hari pernikahannya.

Aksesoris pengantin ini tidak akan lepas dari mahkota, perhiasan serta sepatu hak tinggi. Namun tahukah kamu bahwa ternyata di berbagai adat yang ada di Indonesia memiliki aksesoris yang unik dan sangat berbeda dari aksesoris pada umumnya.

Salah satu contohnya yaitu aksesoris yang ada di pernikahan dengan konsep adat Sunda. Wajah cantik dan anggun dari para wanita-wanita asal Sunda akan semakin terpancar pada saat hari pernikahannya. Sebab dibantu dengan beberapa riasan serta aksesoris-aksesoris yang turut membuatnya semakin terlihat sempurna.

Macam-Macam Aksesoris Pengantin Sunda

Macam-Macam Aksesoris Pengantin Sunda
Foto: febiwlndr on Pinterest

Agar kamu tidak penasaran dengan aksesoris-aksesoris pengantin dari adat Sunda tersebut, maka di bawah ini akan disebutkan beberapa aksesoris pernikahan yang dimaksud.

1. Mahkota Siger

Mahkota merupakan salah satu aksesoris yang wajib dikenakan oleh pengantin wanita pada saat hari pernikahannya. Sebab pada hari tersebut seorang wanita akan berupaya untuk tampil secara maksimal layaknya seorang putri kerajaan.

Maka dari itu, keberadaan dari aksesoris pengantin Sunda ini sangat diperlukan pada pengantin dari adat Sunda terlihat sangat cantik dan memukau dengan keberadaan mahkota Siger di atas kepalanya. 

Mahkota Siger akan mampu membuat para pengantin wanita asal Sunda terlihat semakin cantik. Karena pada dasarnya mahkota ini memiliki bentuk yang unik dan cantik juga. Selain bentuknya yang cantik, ternyata makna yang terkandung di dalam mahkota Siger ini juga terbilang indah yaitu melambangkan sikap bijaksana, arif, anggun serta rasa hormat.

Kemudian siger pengantin Sunda ini ternyata juga bisa mencerminkan kecantikan serta kesempurnaan yang ada pada pengantin wanita. Namun tahukah kamu bahwa ternyata bentuk dari  aksesoris pengantin Sunda ini juga memiliki makna tersendiri yaitu mahkota yang berbentuk segitiga menghadap ke atas berarti bahwa manusia hidup akan kembali pada Tuhannya atau ke atas.

2. Kembang Tanjung

Selain hadir sebagai aksesoris yang mempercantik pengantin wanita adat Sunda ternyata Kembang Tanjung juga identik dengan makna yang tersirat di dalamnya. Kembang Tanjung yang berjumlah enam pasang tersebut ternyata bermakna atau melambangkan kesetiaan dari mempelai wanita kepada pasangannya. Biasanya simbol kesetiaan kepada suaminya akan dilambangkan dengan adanya bentuk pola hati.

3. Kembang Goyang

Perlu kamu ketahui bahwa selain Kembang Tanjung, ternyata terdapat juga aksesoris pengantin khas adat sunda yang menggunakan nama kembang yang bernama kembang goyang. Namun kamu jangan sampai terkecoh, sebab kembang goyang ini tidak terbuat dari bunga asli layaknya pada kembang Tanjung melainkan  aksesoris pengantin Sunda ini terbuat dari logam.

Biasanya kembang goyang ini akan dipasangkan pada bagian rambut atau sanggul dengan posisi menghadap ke bagian depan dan arah belakang. Tentu hal ini bukan tanpa alasan, sebab  terdapat makna tersirat di dalamnya yaitu bahwa seorang wanita harus mampu terlihat cantik baik dari depan maupun dari belakang.

4. Ronce Untaian Bunga Melati

Bunga melati merupakan salah satu bunga yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain karena maknanya yang sangat dalam yaitu bermakna kesucian, bunga melati juga memiliki aroma yang sangat harum.

Maka tak heran apabila bunga melati ini sering digunakan sebagai aksesoris dalam pernikahan berbagai adat, salah satunya yaitu dalam adat Sunda yang bernama Ronce untaian bunga melati, meskipun pada dasarnya aksesoris pengantin Sunda ini tidak 100% terbuat dari bunga melati melainkan juga dibuat gunakan Tanjung atau bahkan bunga kamboja.

Tak tanggung-tanggung aksesoris ini memiliki panjang sekitar 20 hingga 30 cm. Bagian bunga yang menjuntai ke bawah tersebut yang melambangkan kemurnian dan kesucian yang terdapat pada seorang wanita. Selain itu, ronce ini juga melambangkan harapan dalam keharmonisan berumah tangga serta membinanya dengan baik.

5. Hiasan Daun Sirih

Jika kamu pernah mendatangi acara pernikahan yang mengusung konsep adat Sunda, pasti kamu akan melihat pengantin wanitanya akan menggunakan sesuatu pada bagian dahinya dan biasanya berwarna hijau.

Aksesoris pengantin Sunda ini merupakan aksesoris khas dari adat sunda yang biasanya berbentuk belah ketupat. Tahukah kamu bahwa ternyata hiasan yang berwarna hijau tersebut merupakan perhiasan atau aksesoris dari daun sirih. Selain mampu mempercantik pengantin wanita adat Sunda, aksesoris ini memiliki makna yang sangat dalam di balik keberadaannya yaitu digunakan sebagai penolak bala atau musibah. Meskipun sudah masuk dalam era zaman modern, namun kepercayaan ini masih terus di pegang oleh masyarakat adat Sunda.

Publik Figur yang Menggunakan Aksesoris Pernikahan Adat Sunda


Foto: Velina.info

Tak bisa dipungkiri bahwa meskipun saat ini terdapat konsep pernikahan yang modern, ternyata masih banyak masyarakat yang tetap memilih menggunakan pernikahan adat Sunda sebagai konsep pernikahannya.

Bukan hanya masyarakat biasa, bahkan para publik figur juga ikut menggunakan aksesoris pengantin Sunda yang memiliki makna tersebut. Adapun beberapa publik figur yang menggunakan aksesoris tersebut adalah sebagai berikut.

1. Syahnaz Sadiqah

Publik figur yang menggunakan pernikahan dengan konsep ada Sunda yang pertama yaitu Syahnaz Sadiqah. Di hari pernikahannya adik dari Raffi Ahmad ini terlihat sangat memukau dengan penampilan kebaya putih serta mahkota Siger yang ada di kepalanya. Saking cantiknya ketika menggunakan aksesoris pengantin Sunda, mantan pacar dari Billy Saputra Ini mendapat banyak sekali pujian dari teman-teman artis dan bahkan warganet.

2. Raisa Adriana

Penyanyi asal Indonesia ini tampil cantik dan menawan pada saat hari pernikahannya dengan hamish Daud. Awalnya penampilan dari Raisa Adriana Ini mendapat kecaman dari netizen atau warganet. 

Hal ini dikarenakan pada saat acara Ijab qabul Raisa Andriana menggunakan kebaya khas adat Sunda namun tidak menggunakan mahkota Siger yang dikenal sebagai mahkota khas dari adat Sunda. Namun ternyata setelah acara Ijab Qobul tersebut selesai, Raisa Adriana kemudian menggantikan mahkota kecilnya dengan menggunakan mahkota Siger pada saat acara resepsi dimulai. Sontak warganer terkejut dan paning fengan penampilan dari Raisa Adriana ini yang sangat memukau dan terlihat semakin cantik dan menawan.

3. Nagita Slavina

Penyanyi sekaligus aktris yang satu ini sempat menghebohkan dunia maya dengan kecantikannya saat melakukan upacara ngunduh mantu ketika pernikahannya dengan Raffi Ahmad. Perpaduan antara wajah yang cantik dan menawan dengan balutan kebaya khas Sunda yang berwarna biru serta keberadaan mahkota Siger membuat Nagita Slavina terlihat semakin cantik di hari tersebut.

 Aksesoris pengantin Sunda berupa mahkota Siger tersebut terlihat sangat cocok ketika digunakan oleh Nagita Slavina tersebut. Maka tak heran jika masyarakat sangat suka dengan penampilan Nagita Slavina dengan kebaya khas Sunda nya.

Demikianlah beberapa informasi mengenai aksesoris dari pengantin khas adat sunda yang dikenal dengan makna tersirat serta makna yang indah. Beberapa aksesoris di atas harus kamu gunakan agar tidak mengurangi kesakralan dari acara pernikahan yang akan kamu lakukan.

Yang perlu diingat kembali bahwa seorang publik figur sekelas Nagita Slavina dan Raisa Adriana saja percaya diri dengan menggunakan aksesoris serta konsep pernikahan adat Sunda, lalu apa yang membuatmu ragu untuk menggunakan aksesoris pengantin Sunda di hari pernikahan?

Temukan Siger, Kembang Tanjung, Kembang Goyang dan Lainnya di WeddingMarket

Silahkan Klik Disini


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket
Hubungi Kami!
Chat Us