Pilih Kategori Artikel

Tips Memilih Make Up Look yang Cocok untuk Calon Pengantin dari MUA Arman Armano
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pada Rabu, 16 Februari 2022 lalu, WeddingMarket berkesempatan berdiskusi langsung bersama salah seorang Make Up Artist (MUA) kenamaan tanah air, Arman Armano. Pria yang berasal dari Bandungan, Semarang ini mengaku mulai tertarik pada dunia make up sejak tahun 2003 silam, namun saat itu Arman Armano belum benar-benar memberanikan diri menjadi MUA profesional. Barulah pada tahun 2014, pendiri Arman Armano Academy ini bekerja sebagai freelancer MUA di Jakarta, ia mendapatkan kemampuan tata riasnya secara otodidak. 

Namanya pun kian harum dalam industri make up artist tanah air, melalui instagram @armanarmano, beliau sering membagikan unggahan berbagai make up look hasil karyanya. Client yang menggunakan jasa Arman Armano pun tak terbatas hanya di Jakarta dan daerah-daerah di Indonesia, melainkan juga berasal dari berbagai negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Hongkong, hingga Australia. Selain melayani jasa make up, Arman Armano juga sering mengisi berbagai event beauty workshop, make up class, maupun bertindak sebagai juri kehormatan pada kompetisi make up.

Arman Armano semakin mengukuhkan eksistensinya di dalam dunia make up dengan mendirikan Arman Armano Academy. Tepatnya, pada tanggal 17 Maret 2018. Ini adalah sebuah wadah untuk mencetak generasi make up artist yang cerdas, kreatif, ber-attitude, dan peka terhadap perkembangan industri kecantikan global. 

Pada kesempatan live Instagram bersama WeddingMarket kemarin, Arman Armano menyampaikan beberapa tips kepada para calon pengantin tentang bagaimana memilih make up look dan MUA yang cocok untuk pernikahannya. Berikut rangkumannya.

Pilih MUA yang sesuai dengan signature-nya

Dalam memilih make up artist, untuk para bride atau calon pengantin, perlu mengenal signature MUA yang dipilih. Ada begitu banyak MUA di Indonesia dengan signature atau ciri khasnya masing-masing. Menurut Arman, dalam menentukan MUA untuk pernikahannya, kembali lagi pada selera dan preferensi masing-masing client. Ada pengantin yang menyukai gaya riasan natural, ada pula yang menyukai make up bold yang ‘manglingi’.

Untuk client-nya sendiri, menurut Arman Armano, mayoritas mereka menyerahkan sepenuhnya pemilihan make up look untuk pernikahannya pada Arman. Namun, ada juga beberapa pengantin yang menginginkan riasan tertentu. Biasanya, Arman akan mempertimbangkan terlebih dahulu request sang pengantin itu, apabila cocok, maka akan ia kerjakan. Namun, jika request gaya make up yang diminta si pengantin dirasa tidak cocok dengan karakter wajahnya, maka Arman akan menyarankan opsi lain yang lebih pas untuk dirinya. 

Intinya komunikasikan konsep make up yang diinginkan dengan MUA

Arman juga menyarankan pada para calon pengantin untuk selalu mengkomunikasikan riasan yang diinginkan dengan MUA. Hal ini penting, agar hasil make up sesuai dengan harapan sang pengantin. Sebab, tidak semua MUA menguasai berbagai gaya make up berbeda. Khusus untuk Arman sendiri, ia mampu menguasai berbagai make up look, baik itu yang natural, flawless, bold, bahkan yang dramatis sekali pun.

Selain mengutarakan gaya riasan yang diinginkan, Arman Armano juga menyarankan kepada para calon pengantin untuk menyampaikan kondisi atau tipe kulitnya kepada MUA, entah itu kulit kering, berminyak, kombinasi, atau kulit sensitif. Hal ini penting, agar para MUA bisa mempersiapkan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit si pengantin. Terutama, bila pengantin tidak sempat melakukan tes make up sebelumnya, komunikasi adalah kunci keberhasilan make up pengantin.

Pilihlah MUA yang satu chemistry dengan pengantin

Satu hal lagi yang tak kalah penting menurut Arman Armano, yakni memilih MUA yang memiliki chemistry dengannya. Bagi para bride hal ini sangat penting, sebab di hari H nanti bisa saja ada berbagai macam drama yang bisa merusak mood si pengantin. Nah, sebagai orang yang paling dekat dengan calon pengantin pada hari itu, MUA sangat berperan penting untuk membangun mood yang bagus menjelang acara dimulai. 

Terakhir, Arman Armano juga menekankan bahwa make up terbaik adalah yang sesuai dengan karakter wajah pengantin. Make up yang membuat para bride ini merasa bahagia serta paling cantik pada saat mengenakannya. Jika hal itu tercapai, maka tugas MUA bisa dikatakan berhasil. Kita semua setuju, bahwa di balik penampilan pengantin wanita yang menawan, ada kerja keras dari MUA yang tak boleh diabaikan.  

Berikut berapa hasil karya make up Arman Armano untuk inspirasi kamu

wm_article_img

Make Up Paes Ageng oleh Arman Armano, cantik sekali ya!

wm_article_img

Make up bold untuk pengantin Minang ini benar-benar stunning! Tak bisa bilang tidak buat smokey eyes dan glossy lipstick warna maroon yang menggoda itu!

wm_article_imgwm_article_img

Gak cuma make up bold-nya yang juara, Arman Armano juga jago untuk riasan natural flawless. Make up simple seperti ini juga cantik banget! Duh..

wm_article_img

Last but not least, kalau lihat hasil make up yang satu ini rasanya seperti menonton film bergenre fantasi ala Fairy Tale gak sih? Warna pink yang digunakan untuk total look make up ini benar-benar ciamik, berpadu dengan indah dengan kostum dan hairdo yang dikenakan. Dua jempol buat MUA-nya!

Nah, demikianlah rangkuman hasil tanya-jawab WeddingMarket bersama MUA Arman Armano. Kamu juga sudah melihat beberapa hasil karya Arman Armano yang luar biasa indah, jika kamu ingin melihat lebih banyak lagi cuss.. langsung saja meluncur ke instagram @armanarmano, ya. Buat informasi tambahan untukmu, Arman Armano juga menghadirkan beberapa produk kecantikan, loh. Salah satu produknya adalah beauty brush atau kuas make up. Buat kamu yang penasaran, langsung aja dikepoin, ya. Sukses selalu buat Arman Armano!

Simak video tips selengkapnya di sini.


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...