Pilih Kategori Artikel

Serba-serbi Backdrop Lamaran Pernikahan yang Perlu Kamu Ketahui
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Buat kamu yang sedang merencanakan lamaran, pastinya ingin mengabadikan peristiwa yang hanya terjadi sekali seumur hidup ini dengan baik. Oleh karena itu, kamu memerlukan backdrop lamaran  untuk memberikan visual indah pada foto-foto lamaranmu. Tentunya, backdrop yang dibuat harus sesuai dengan tema yang sudah kamu konsep sebelumnya. 

Namun, sebelum membahas lebih lanjut, ada beberapa hal dasar tentang backdrop lamaran yang perlu kamu ketahui. Mulai dari ukuran, bahan, fungsi, kisaran biaya, hingga rekomendasi konsep dekorasi backdrop lamaran yang bisa kamu jadikan inspirasi. 

Definisi dan Fungsi Backdrop Lamaran 

Backdrop lamaran adalah dekorasi yang dijadikan background atau latar belakang saat pasangan dan keluarga melakukan foto bersama. Biasanya, backdrop ini diletakkan di belakang singgasana pasangan untuk menghasilkan foto yang menarik. 

Tema yang diusung pun beraneka ragam, mulai dari backdrop lamaran simple, backdrop lamaran rustic, backdrop lamaran mewah, dan masih banyak lagi. Tema ini disesuaikan dengan selera dan kesepakatan kedua belah pihak. 

Fungsi backdrop lamaran menjadi cukup penting karena akan menjadi saksi bisu dari proses acara lamaran, tempat dimana kamu berdua mengabadikan foto bersama keluarga, tempat kamu bersalaman dengan seluruh tamu undangan. Bahkan, dekorasi backdrop lamaran ini menjadi hal pertama yang dilihat oleh tamu undangan saat masuk ke tempat acara lamaranmu. 

Kebanyakan orang mengira bahwa setiap sudut ruangan harus diberi dekorasi agar proses lamaran terlihat lebih estetik, kenyataannya tidak harus selalu seperti itu. Hanya dengan backdrop lamaran yang menarik, proses dokumentasi lamaranmu juga masih bisa terlihat indah, asal kamu tahu bagaimana cara membuat konsepnya. 

Ukuran, Bentuk dan Bahan Backdrop Lamaran 

Backdrop lamaran memiliki ukuran yang bervariasi, tergantung dengan lokasi lamaran yang kamu pilih. Jika kamu menggelar acara lamaran di dalam ruangan/indoor minimalis, ukurannya bisa sekitar 3 m x 2 m atau 3 m x 1.5 m. Namun, jika kamu dan pasangan lebih memilih di ruangan terbuka, maka ukuran backdrop-nya bisa lebih besar lagi. 

Pada umumnya, backdrop lamaran berbentuk persegi. Ada beberapa yang hanya menggunakan tiang dan dua potong kain sebagai tirainya, lalu diikat ke samping. Namun, ada juga yang hanya membiarkan kain polos terurai ke bawah dan dihiasi dengan nama pasangan di bagian backdrop-nya. 

Bahan yang digunakan untuk backdrop lamaran umumnya dari kain polos, lalu bisa dikombinasikan dengan kain dengan warna lain sebagai dekorasi. Namun, untuk kamu yang ingin menggunakan konsep unik seperti backdrop dekor lamaran rustic, kamu bisa menggunakan kayu sebagai bahan utamanya. Namun, bahan kayu ini tentunya lebih sulit dicari sehingga harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. 

Kisaran Biaya Backdrop Lamaran 

Biaya untuk membeli backdrop lamaran juga cukup bervariasi, mulai dari Rp50.000,- hingga Rp300.000,-. Semakin simple bahannya, maka akan semakin murah pula biayanya. Bagi kamu yang memiliki anggaran minim, kamu bisa menyewanya di jasa sewa setempat. Tentunya ini juga jauh lebih terjangkau dibandingkan membelinya. Harga sewa backdrop lamaran bisa dibawah Rp300.000,- tergantung dengan berapa lama kamu menyewanya.

Rekomendasi Tema Backdrop Lamaran 

Ada banyak sekali cara dan konsep untuk membuat backdrop menjadi sempurna, berikut style dan juga bentuknya. Bagi kamu yang butuh inspirasi untuk tema backdrop seperti apa yang akan digunakan di acara lamaran nanti, coba cek rekomendasi berikut, ya

a. Backdrop lamaran paper flower 

wm_article_img

sumber: mio-gallery.com

Bunga selalu menjadi dekorasi utama bagi setiap acara lamaran maupun pernikahan. Backdrop dengan gaya seperti ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengusung tema minimalis dan sederhana, sehingga hanya mengeluarkan anggaran yang tidak terlalu besar. Backdrop ini hanya menggunakan bunga kertas sebagai dekorasinya. Kelebihannya, setelah acara lamaran selesai kamu bisa menggunakan bunga kertas ini untuk dekorasi rumah atau ruang tamu kamu, sehingga masih bisa dipakai dalam waktu yang lama. 

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan konsep ini, pastikan kamu memilih warna yang netral untuk menghias backgroundmu. Kamu bias meletakkannnya pada pinggiran tiang backdrop yang kamu pilih. 

b. Backdrop lamaran rustic 

wm_article_img

sumber: cdn.shopify.com

Backdrop ini sangat umum digunakan oleh para pasangan kekasih di Indonesia karena penampilannya yang terlihat mewah namun tetap terjangkau. Biasanya, konsep ini menggunakan tiang dan disusun layaknya bingkai dan ditambahkan tirai kain di kedua sisi. 

Rustic selalu identik dengan konsep alami yang menggambarkan struktur bangunan pedesaan yang biasanya terbuat dari kayu, logam, atau batu. Jika kamu mungkin tidak memiliki bahan kayu atau batu asli untuk dekorasi backdrop lamaranmu, kamu bisa menggunakan warna-warna atau tekstur kayu sebagai gantinya. Konsep ini bisa menghasilkan backdrop lamaran elegan tanpa terkesan berlebihan. 

c. Backdrop lamaran monochrome 

wm_article_img

sumber: pin.it

Bagi kamu yang tidak ingin menggunakan kombinasi warna terlalu banyak, bisa menggunakan warna monokrom seperti hitam, putih, dan abu sebagai konsep lamaranmu. Biasanya, acara dengan konsep monochrome mengharuskan para hadirinnya menggunakan custom code atau pakaian dengan syarat tertentu. 

Backdrop dengan konsep monokrom juga sering dijadikan sebagai backdrop pernikahan karena warna hitam dan putih dinilai lebih sakral dalam sebuah acara. Dengan begitu, kamu bisa menggunakannya yang kedua kali pada acara pernikahanmu sehingga lebih hemat biaya. 

Meskipun terlihat sederhana karena hanya menggunakan tiga unsur dasar warna, jangan khawatir, karena backdrop seperti ini juga sangat bagus jika diunggah ke sosial media.

d. Backdrop lamaran buatan sendiri 

wm_article_img

sumber: blog.theweddingofmydreams.co.uk

Buat kamu yang hobi berkreasi sendiri bersama pasangan, kamu juga bisa membuat backdrop tunangan sendiri dengan bahan yang seadanya di rumah. Kamu bisa menambahkan dekorasi seperti lampu tumblr, bunga yang ada di ruang tamu, dan juga rumbai buatan sendiri dari kertas-kertas sisa. Konsep seperti ini diyakini menjadi salah satu backdrop lamaran murah yang tidak perlu biaya besar. 

Sedang berpikir keras bagaimana caranya agar bisa memanfaatkan benda di sekitarmu? Kamu bisa menggunakan tiang gantungan baju yang sering kamu pakai di rumah. Untuk mempercantik, kamu bisa mewarnainya ulang dengan sprayer menjadi warna netral seperti putih atau gold. 

Atau, kamu juga bisa cari sesuatu di gudang atau halaman belakang yang kira-kira cocok dijadikan sebagai backdrop. Bekas pintu yang sudah tidak terpakai, misalnya? Kamu bisa mengecatnya ulang sedikit dan biarkan retak-retak pada bagian tertentu. Properti seperti ini bisa menambahkan kesan vintage pada backdrop-mu, lho. 

Setelah itu, tambahkan bunga sintetis yang bisa kamu beli secara online dengan harga yang sangat terjangkau. Letakkan bunga tersebut di ujung tiang rak gantungan, pintu, atau benda apapun yang kamu pilih di rumahmu secara simetris sebagai sentuhan terakhirnya.  Bagaimana, kamu pasti tak menyangka kalau ternyata benda yang kamu lihat setiap hari bisa menjadi saksi bisu yang ikonik di acara lamaranmu, bukan? 

Dekorasi lamaran sederhana buatan sendiri biasanya lebih mengesankan karena merupakan hasil jerih payah sendiri. Bahkan, kamu bisa membuatnya bersama pasangan dan mendokumentasikan proses pembuatannya untuk disimpan sebagai kenangan pribadi, lho. 

Namun, jika kamu dan pasangan bukan tipe orang yang artistik dan bisa menggambar/melukis sesuatu, jangan sungkan untuk meminta bantuan sahabatmu atau kerabat dekat yang ahli dalam menggambar. 

Ide Instalasi/Pemasangan Backdrop 

Setelah kamu dan pasangan menentukan konsep apa yang ingin dipakai, saatnya memikirkan bagaimana backdrop akan dipasang. Biasanya, memasang backdrop tidak butuh waktu yang lama, kurang lebih 15 menit sesuai dengan ukuran backdrop-mu. 

Ada banyak cara dalam memasang backdrop lamaran. Kamu dan pasangan perlu berdiskusi, apakah backdrop akan ditempelkan di tembok, digantung, atau disusun sedemikian rupa di tempat kamu berdiri. Berikut akan dibahas satu persatu agar kamu punya gambaran, ya! 

Jika kamu ingin menempelkan backdrop di tembok, pastikan kamu menggunakan perekat yang cukup kuat dalam menahan properti backdrop-mu. Untuk mempermudah penempelan, sebaiknya gunakan properti berbahan kertas sebagai hiasannya. Misalnya, kamu bisa membuat sekitar 20-30 bunga kertas dengan bentuk dan motif yang sama, lalu menempelkannya ke tembok dengan susunan yang rapi layaknya wallpaper dinding. Jangan lupa tambahkan nama pasanganmu dan juga tanggal lamaranmu, ya! 

wm_article_img

sumber: etsy.com

Jika menempelkan ke tembok dirasa cukup menguras waktu, kamu bisa pilih hal yang lebih simple lagi, yaitu cukup menggantungkannya di tembok. Bunga-bunga kertas tadi bisa kamu susun di seutas tali dan gantungkan di setiap langit-langit tembok. Untuk mempercantik, tambahkan kain polos berwarna terang sebagai latar belakang dari properti bunga dekorasimu, ya! 

wm_article_img

sumber: lingsmoment.com

Jika kamu menggelar acara lamaran di tempat terbuka, kamu bisa menggantungkannya pada tiang kayu. Jika pemandangannya cukup bagus atau asri, kamu mungkin tidak memerlukan kain polos sebagai latar belakang, karena justru dengan menampakkan alam di belakangnya bisa membuat hasil foto lebih natural dan mempesona. Backdrop yang dihasilkan juga tak kalah estetik dari cara yang sebelumnya, bukan?

wm_article_img

sumber: pin.it

Bagi kamu yang tertarik dengan hal-hal yang anti-mainstream, kamu bisa memilih backdrop unik seperti yang ada pada gambar. Menyusun kayu dan mengikatnya menjadi satu terlihat seperti sebuah simbol tersendiri yang menggambarkan proses perjalanan cinta kamu dan pasangan. Kayu-kayu yang terpisah ibarat seperti karakter, cerita, dan latar belakang yang berbeda dari dirimu dan pasangan. Lalu tali yang mengikatnya adalah cinta dan juga janji setia yang menyatukan kamu dan pasangan serta menjadikannya sebuah keluarga yang terpisahkan. 

Jika sudah menentukan bagaimana backdrop akan dipasang, saatnya memikirkan properti tambahan yang bisa kamu gunakan sebagai dekorasi backdrop. Kamu bisa menambahkan lampu tumblr, bunga, lilin, dan sebagainya. Bahkan, kamu bisa menambahkan benda ikonik yang menjadi saksi bisu pertemuan kamu dan pasangan, lho. Sebagai pengingat, hindari untuk menggunakan properti terlalu banyak sehingga terkesan penuh dan malah kehilangan nilai elegannya.

Buat kamu yang suka mengabadikan momen dengan cara yang unik, kamu bisa menggunakan papan chalkboard yang bisa ditulis oleh tamu undangan yang hadir ke acara lamaranmu. Mereka bisa menuliskan pesan, kata mutiara, dan juga doa kepadamu di papan/dinding tersebut. Dengan begitu, setelah acara lamaran selesai kamu bisa memajangnya di ruangan khusus dan melihatnya setiap hari, berharap semua pesan positif tersebut menjadi kenyataan. Bukankah terdengar menarik? 

Ide pemasangan backdrop seperti ini hanyalah sebuah gambaran, ya! Kamu bisa mengkreasikan lebih banyak lagi ide dan menggambarkan simbol khas kisah cinta kamu dan pasangan. 

Tips Ide Pose Foto

Bagi kamu yang jarang di depan kamera, pastinya kamu khawatir jika nanti akan mati gaya saat harus difoto. Tenang, kami akan memberikan ide pose foto di depan backdrop yang bisa kamu praktekkan nanti. Tanpa pengarah gaya pun, kamu tetap bisa menghasilkan foto indah bersama pasangan tercinta! 

Pertama, usahakan untuk menikmati acara sebisa mungkin. Kamu tidak perlu harus menatap kamera, karena justru foto candid-lah yang malah terlihat lebih natural. 

Kamu bisa melemparkan candaan atau kalimat tertentu untuk memancing tawa, sehingga tawa yang kamu hasilkan bersama pasangan terlihat lebih natural dan tidak terkesan dipaksakan. Tataplah wajah pasanganmu lekat-lekat, sehingga ikatan cinta bisa terlihat jelas di foto yang dihasilkan. 

Kedua, kamu bisa memegang tangan pasanganmu, atau memperagakan gestur seperti sedang berdansa. Dengan begitu chemistry antara kalian berdua terlihat lebih kuat. 

Bagi kamu dan pasangan yang lebih menyukai privasi dan tidak suka jika wajahmu ter-ekspos kamera, kamu bisa melakukan pose seperti di atas. Bagi wanita, bisa menutup wajahnya dengan buket bunga dan untuk pria bisa menggunakan kamera untuk menutupi wajahnya. Dengan begitu, kalian berdua tetap memiliki foto yang bisa dibagikann di sosial media oleh teman-teman dan kerabat, tanpa perlu mempublikasi hal-hal pribadi. 

Tips Backdrop Lamaran 

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan seputar backdrop lamaran. Hal ini perlu dilakukan agar penggunaan backdropmu bisa lebih maksimal. 

Pertama, letakkan backdrop lamaranmu di tempat yang memiliki penerangan yang cukup. Jika kamu melakukan proses lamaran di dalam ruangan, pastikan cahaya lampu-nya tidak mempengaruhi warna alami dari backdrop tersebut. Sebagus dan semahal apapun backdrop yang kamu beli/sewa, jika kamu meletakkannya di tempat yang kurang tepat, maka hasil dokumentasi fotonya juga tidak akan maksimal. 

Menggelar acara lamaran pada siang hari maupun malam hari memiliki kesempatan yang sama untuk menghasilkan foto yang indah. Jika lamaranmu ingin digelar pagi/siang hari, pastikan letak backdrop-mu tidak membelakangi sinar matahari langsung (backlight) yang membuat objek foto menjadi gelap. Namun, jika kamu menggelarnya pada malam hari, tambahkan lampu gantung atau lilin gantung sebagai pencahayaan tambahan di sekitar backdrop-mu, sehingga kamu dan pasangan yang sebagai objek foto bisa terlihat lebih bersinar. 

Jika kamu memilih menggelar acara lamaran di outdoor, seperti taman, pantai, dan sebagainya, kamu bisa meletakkan backdrop di posisi strategis yang menjadi ikon dari tempat yang kamu pilih. Misalnya, jika kamu menggelar di taman, letakkan backdrop di dekat pohon yang cukup teduh. Atau jika kamu proses lamaranmu berada di pantai, kamu bisa meletakkannya membelakangi pemandangan laut yang indah. Posisi peletakkan seperti ini akan menghasilkan foto yang lebih natural. 

Mengingat bahwa backdrop merupakan "titik fokus utama" dari acara lamaran, pastikan kamu menggunakan warna yang tidak terlalu mencolok dan terlalu banyak hiasan tambahan. Hal ini karena para tamu undangan bisa terdistraksi perhatiannya ke bagian backdrop, alih-alih ke pasangan yang sedang melakukan proses lamaran itu sendiri. 

Jika kamu lebih mempercayakan urusan backdrop pada vendor, pastikan kamu mendiskusikan terlebih dahulu konsep seperti apa yang kamu inginkan. Lebih bagus lagi jika kamu bisa menggambarkannya secara detail, terutama tentang pilihan warna dan juga selera. 

Misalnya, jika warna favoritmu adalah biru, komunikasikan kepada pihak vendor tentang warna biru seperti apa yang kamu maksud. Bisa jadi vendormu mengira warna favoritmu adalah biru tua, namun ternyata yang kamu maksud adalah biru muda. Komunikasi yang kurang detail akan berujung salah paham dan khawatirnya bisa mempengaruhi mood kamu saat proses acara lamaran nanti. Tentunya kamu tidak mau hal itu terjadi, bukan? 

Nah, itu tadi serba-serbi informasi tentang backdrop lamaran yang pastinya bermanfaat untuk kamu dan pasangan. Semoga acara lamaranmu nanti berjalan dengan lancar dan sukses, ya! Buat kamu yang ingin mencari vendor acara spesialmu, percayakan semuanya hanya di WeddingMarket. Disini, kamu bisa mencari vendor profesional yang siap membantumu dan mendokumentasikan setiap momen berharga dalam hidupmu. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami pada kontak yang tersedia, ya! 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...