Pilih Kategori Artikel

3 Bahan Unik Cincin Nikah Couple untuk Pernikahanmu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Bagi pasangan yang sudah siap memasuki jenjang pernikahan, salah satu item yang wajib dicari adalah cincin nikah couple. Walaupun terlihat sederhana, mencari cincin pernikahan ternyata gampang-gampang susah. Banyak pasangan mempertimbangkan hal-hal seperti model, harga, dan bahan. Karena cincin nikah adalah salah satu simbol penting, maka kebanyakan orang tidak mau sembarangan dalam memilihnya.

Salah satu poin untuk mempertimbangkan pemilihan cincin nikah couple adalah bahannya. Bahan bisa menentukan berapa anggaran yang harus dipersiapkan dan bagaimana modelnya. Saat ini pun sudah banyak cincin yang memiliki bahan anti mainstream alias tidak biasa. Jika kebanyakan cincin nikah terbuat dari logam mulia seperti emas atau perak, di bawah ini ada beberapa bahan unik yang bisa kamu gunakan untuk membuat cincin nikah kamu. Bahan-bahan ini masih termasuk dalam kelompok logam, tapi memiliki keunggulannya masing-masing dan tentunya masih jarang dipakai oleh pasangan kebanyakan. Nah, jika kamu tertarik untuk memakai bahan yang tidak biasa, teruskan baca rangkuman di bawah ini, ya!

1.      Zirconium Hitam

 

 wm_article_img


Mungkin bahan cincin nikah couple yang satu ini termasuk asing di telinga kamu. Tapi ternyata bahan yang satu ini cukup popular, lho. Zirconium hitam adalah salah satu jenis logam dengan warna sedikit keabu-abuan. Warna logam ini bisa berubah menjadi hitam karena dipanaskan dengan suhu yang tinggi dalam waktu yang cukup lama. Setelah dibentuk, bahan ini perlu diasah supaya terlihat lebih berkilau. Walaupun termasuk jenis logam, tapi hasil akhirnya tidak mengkilat seperti emas atau perak, melainkan warna hitam matte. Kalau kamu mencari logam yang unik dan tahan lama, bahan zirconium hitam ini adalah pilihan yang tepat.

Soal harga, cincin nikah couple yang satu ini bisa dibilang cukup terjangkau. Meskipun belum banyak toko yang menjualnya, kamu bisa mendapatkan cincin ini di banyak website dan toko online. Harga yang ditawarkan untuk sebuah cincin zirconium hitam polos biasanya sekitar Rp 400.000,00. Biasanya harga akan cenderung lebih tinggi jika kamu berniat memberi sepuhan logam lain atau batu permata pada cincin tersebut.



2.      Palladium


wm_article_img

 


Logam palladium yang dibuat menjadi cincin nikah couple juga cukup banyak digunakan. Tampilannya hampir seperti emas putih dengan permukaan yang mengkilat. Untuk kualitas, bahan ini hampir sama dengan emas dan nilainya pun tidak kalah berharganya. Bobot dari logam ini juga ringan dan jarang menimbulkan alergi bagi pemakainya. Kamu juga tidak perlu menanyakan ketahanan bahan ini, karena logam palladium tahan gores dan tidak mudah terkena korosi. Palladium sendiri lebih mudah ditemukan di toko-toko sekitarmu.

Harga yang ditawarkan cukup bervariasi, tergantung dari berapa banyak kadar palladium yang dipakai. Biasanya kadar penggunaan logam ini dibagi dalam 5 grade, yaitu Grade A-E. Grade A memiliki kadar palladium yang paling tinggi, yaitu 90%-95%, sedangkan Grade E adalah kelompok cincin yang memiliki kadar palladium yang paling rendah, yaitu sekitar 5%-10% saja. untuk cincin Grade A, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 3.500.000,00 per cincinnya, sedangkan untuk Grade E mulai dari Rp 1.700.000,00 per cincin. Bagaimana, tertarik memilih bahan ini untuk melengkapi pernikahan kamu?



3.      Titanium

 

 wm_article_img


Nama logam yang satu ini mungkin cukup familiar bagi kamu yang sedang mencari cincin nikah couple. Titanium adalah salah satu nama logam yang sempat dijadikan judul lagu oleh salah satu penyanyi. Ya, seperti makna lagunya, logam titanium termasuk bahan yang sangat kuat. Meskipun bobotnya cukup ringan, tapi ketahanannya seperti baja. Untuk memotongnya pun perlu menggunakan laser. Sifatnya hampir sama seperti palladium, yaitu antikarat dan tahan lama.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh cincin nikah couple berbahan titanium ini adalah tidak mudah menimbulkan alergi. Jika kamu termasuk mudah alergi dengan jenis logam lain, tidak ada salahnya mencoba memakai logam ini sebagai bahan pembuat cincin pernikahanmu. Harganya pun tergolong murah, lho. Untuk sebuah cincin titanium biasanya dihargai Rp 140.000,00 per buah. Tentu saja harganya bisa lebih tinggi jika kamu menginginkan desain yang rumit atau menambah kadar titaniumnya. Walaupun memiliki banyak kelebihan, ada beberapa hal yang harus diingat sebelum memesan cincin berbahan titanium. Bentuk dari cincin ini tidak bisa diubah dan tidak bisa dipadukan dengan batu atau logam lain. Jadi, kebanyakan cincin titanium ini cenderung polos tanpa tambahan apapun.

Nah, itulah tadi beberapa logam unik untuk membuat cincin nikah couple. Tentu saja sebelum membelinya kamu harus menyepakati beberapa hal dengan pasangan, antara lain jenis bahan dan berapa budget yang kamu sediakan untuk cincin nikah. Pastikan juga menyiapkan rencana dari jauh-jauh hari, karena beberapa bahan di atas tidak selalu ada alias butuh waktu untuk membuatnya (sekitar 1-2 minggu).  Semoga artikel ini bisa lebih membantu kamu dalam mempertimbangkan pemilihan bahan untuk cincin nikah, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...