Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Baju Cheongsam Modern untuk Busana Sangjit ataupun Pernikahan Adat Tionghoa
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ni hao! Mungkin kamu sudah tidak asing lagi melihat baju merah berkerah tinggi yang sering dipakai di hari-hari besar perayaan Tionghoa ini, 'kan? Yup, baju cheongsam namanya. Lebih dari sekedar gaun, cheongsam–yang juga dikenal dengan nama qipao–dianggap sebagai ikon mode pakaian Tiongkok. Dalam sekali lihat saja kita pasti sudah dapat mengenalinya.

Pakaian tradisional Cina ini memang memiliki ciri khas yang kuat, baik dari warna, motif, hingga potongannya. Tak heran mengapa baju asal negeri tirai bambu ini sampai begitu populer di seluruh dunia. Termasuk pula di Indonesia yang penduduknya juga banyak berasal dari etnis Tionghoa.

Kalau soal penyebutannya, baju khas budaya Tionghoa ini punya beberapa nama, yakni cheongsam dan qipao. Meskipun cheongsam dan qipao merujuk pada pakaian yang sama, tetapi sebenarnya asal-usul keduanya berbeda, loh. Cheongsam berasal dari bahasa Kanton yang berarti “gaun panjang”, sedangkan qipao berasal dari bahasa Mandarin yang secara harfiah bermakna “jubah spanduk”. Nah, kalau di Indonesia sendiri istilah cheongsam yang lebih sering digunakan.

Penggunaan baju cheongsam tidak hanya terbatas untuk perayaan hari-hari besar seperti tahun baru imlek saja, akan tetapi juga sudah banyak digunakan sebagai busana pernikahan. Terutama, bagi para pengantin yang menginginkan tampilan dengan sentuhan khas Tionghoa di acara pernikahannya. Baju cheongsam yang digunakan oleh pengantin disebut dengan Qun Kua.

Baju cheongsam untuk busana pernikahan pun kini sudah banyak ditambah sentuhan modern, sehingga modelnya semakin cantik dan tidak ketinggalan zaman.

Saat ini, baju cheongsam wanita modern bahkan telah menjelma menjadi gaun pengantin yang megah dan mewah, yang mana dapat digunakan dalam prosesi acara sangjit, maupun resepsi pernikahan dengan adat Tionghoa. Nah, jika kamu juga termasuk yang sedang mencari inspirasi gaun untuk acaramu nanti, beberapa rekomendasi model baju cheongsam wanita modern berikut mungkin bisa menjadi inspirasimu.

1. Cheongsam Bersulam Khusus dengan Sentuhan Modern

wm_article_imgwm_article_img

Inspirasi baju Cheongsam modern by Adrian Gan

Dengan tetap mempertahankan bentuk tradisionalnya, baju ini mendapat sentuhan modern berkat sulaman khas yang ditambahkan pada hampir seluruh bagian gaun. Baju ini adalah salah satu model baju cheongsam wanita modern yang paling populer dan banyak dipilih. Kamu juga bisa menjadikan model gaun ala Tionghoa ini untuk pernikahanmu nanti.

Soal motif baju cheongsam ini, pun dapat disesuaikan dengan keinginanmu. Kalau mau bahkan bisa kamu samakan dengan shio-mu, loh.

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_img

Custom Embroidery Cheongsam by Adrian Gan

Selain pemilihan motif sesuai dengan keinginan, warna baju cheongsam juga bisa divariasikan sesuai dengan selera. Tidak melulu harus berwarna merah, meskipun secara tradisional umumnya baju cheongsam berwarna merah dengan aksen benang-benang emas. Tak heran sih, merah memang merupakan warna keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa.

Sebagai contoh, kamu bisa memilih cheongsam bernuansa hijau dan gold. Untuk sentuhan warna merahnya, bisa ditambahkan pada aksen atau hiasan embroidery. Apapun warnanya, gaun cheongsam dengan sulaman ini tampak sangat elegan, ya!

2. Gaun Cheongsam dengan Rumbai

wm_article_imgwm_article_imgCustom embroidered Cheongsam with hand made tassels by Adrian Gan

Inspirasi cheongsam wanita modern selanjutnya yakni dengan tambahan aksen rumbai-rumbai (handmade tassels) di bagian dada. Penambahan rumbai-rumbai ini memberikan kesan seolah sang pengantin mengenakan gaun dengan cape. Tentunya, semakin menambah keanggunan pada gaun cantik ini. Apalagi dengan motif burung dan sulaman modern, menjadikan baju cheongsam ini semakin mewah. Kecantikan pengantin Tionghoa ini semakin terpancarkan, dengan sanggul sederhana dihiasi headpieces khas Tionghoa. Wah, kesannya seperti bangsawan China modern, loh.

3. Long Cape Cheongsam Dress
wm_article_imgwm_article_img
Custom embroidered cheongsam and cape by Adrian Gan
Siap-siap tampil memukau dengan gaun cheongsam wanita modern dan long cape megah ini. Bisa dilihat, betapa anggunnya tampilan baju khas Tonghoa ini! Dia dapat sentuhan modern, tetapi tidak kehilangan ciri klasiknya. Jadi, apabila kamu menggunakan qun kua ini di pesta pernikahan nanti, dijamin deh semua mata akan tertuju padamu!

wm_article_imgwm_article_imgCheongsam Dress by Sparkling by Patricia

4. Short Cape Cheongsam Dress

wm_article_imgwm_article_imgCustom embroidered cheongsam and short cape by Adrian Gan

Jika tadi cheongsam dengan long cape, inspirasi selanjutnya yang tidak kalah cantik, yakni variasi baju cheongsam wanita dengan short cape. Masih dengan karya desainer kondang Adrian Gandesain baju cheongsam yang satu ini tidak perlu diragukan lagi, tampilannya sudah sangat modern sekali. Mengambil warna putih sebagai warna dasar, sentuhan embroidery memberikan statement untuk gaun pengantin Tionghoa ini. Ditambah lagi short cape bertingkat yang dibuat bak kelopak bunga yang menempel, menjadikan cheongsam dress ini semakin stunning.

wm_article_imgwm_article_imgCustom embroidered cheongsam and cape by Adrian Gan

Jika ingin tampilannya menjadi lebih sederhana dan ringan, pemilihan short cape selapis ini juga dapat dipertimbangkan. Sama-sama cantik, kok.

5. Cheongsam dengan full payet

wm_article_imgwm_article_img

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_img

Custom beaded cheongsam by Adrian Gan

Ingin tampilan cheongsam jadi semakin megah? Cobain deh, model cheongsam dengan payet dan manik-manik. Alih-alih menggunakan embroidery, cheongsam ini dihiasi full payet dan manik-manik. Alhasil baju cheongsam wanita modern ini tampak semakin mewah, ya!

6. Model Baju Cheongsam Berwarna Pastel dengan Payet Minimalis

wm_article_imgwm_article_img

wm_article_imgwm_article_img

Photo via Lizayuu

Pilihan baju cheongsam payet minimalis seperti ini juga oke buat kamu yang mungkin ingin tampil lebih anggun dan sederhana. Pemilihan warna soft lilac memeberikan kesan modern pada baju tradisional khas Tionghoa yang satu ini, kamu juga bisa memilih warna-warna soft pastel lainnya seperti dusty pink atau baby blue untuk menonjolkan kesan anggun. Busana cheongasam ini bisa kamu gunakan untuk acara sangjit atau lamaran dalam adat Tionghoa.

7. Ivory Cheongsam Dress

wm_article_imgwm_article_img

wm_article_imgwm_article_imgCheongsam by Reve Couture

Well, last but not the least! Desain yang terakhir akan kita bahas adalah baju cheongsam bernuansa ivory, terinspirasi dari karya Reve Couture. Ivory adalah warna terang dalam spektrum warna, terletak antara putih dan krem. Warna ini menciptakan kesan netral serta rasa kehangatan dan ketenangan. Apabila ditambah dengan emboidery, ataupun payet dengan motif khas Tionghoa, hasilnya akan sangat indah, bukan? Nah, kamu juga bisa mencobanya untuk gaun pengantin atau baju lamaranmu.

Itulah beberapa inspirasi model cheongsam wanita modern, dengan beberapa modifikasi seperti embroidery, payet, penggunaan rumbai, dan cape membuat tampilan baju tradisional Tionghoa ini semakin modern. Awalnya, baju Cheongsam hadir potongan yang lebih longgar, seiring perkembangan zaman sentuhan-sentuhan modern pun ditambahkan pada pakaian tradisional yang satu ini agar dapat tetap menyesuaikan dengan fashion yang sedang berkembang. Dengan demikian harapannya, para keturunan Tionghoa tetap bisa mempertahankan ciri khas serta melestarikan budaya leluhur mereka. Nah, model baju cheongsam modern mana yang paling kamu suka?

__

Credit photo: Instagram vendor Adrian Gan, Lizayuu, Reve Couture, Sparkling by Patricia

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...