Pilih Kategori Artikel

Kreasi Busana Pengantin Bugis Hijab Modern yang Cantik dan Menawan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pengantin Bugis identik dengan sanggul yang khas dan juga baju bodo yang berlengan pendek. Sedikit kendala bagi yang berhijab, mungkin merasa bahwa tidak bisa menggunakan hijab dengan pakaian adat Bugis ini. Jangan khawatir, saat ini sudah banyak pengantin hijab yang memakai pakaian adat Bugis tanpa harus melepas hijabnya. Baju adat pengantin Bugis hijab modern pun sudah banyak dimodifikasi sehingga dapat digunakan oleh wanita berhijab tanpa takut auratnya terlihat. 

Sebelum melihat berbagai referensi modifikasi busana pengantin Bugis hijab modern, tahukah kamu mengapa baju adat Bugis diberi nama baju adat Bodo? Alasannya karena 'Bodo' dalam bahasa Makassar artinya adalah pendek, setengah atas bagian siku. Oleh karena itulah pakaian adat Makassar dinamakan Baju Bodo. Nah, berikut ini cara ‘mengakali’ baju bodo agar wanita berhijab juga bisa menggunakannya dengan nyaman, disimak ya!

1. Menggunakan Manset Berwarna Senada Dengan Baju Bodo

wm_article_img

sumber: id.pinterest.com

Cara mudah memodifikasi baju Bodo agar bisa digunakan bagi pengantin berhijab adalah dengan memadukannya dengan manset lengan panjang. Kamu bisa memilih manset lengan maupun manset kaos. Namun, manset kaos lebih direkomendasikan karena tidak ketat dan dapat menutupi sempurna lengan kamu. 

Untuk warna manset, biasanya dipilih yang senada dengan warna kulit. Bisa juga untuk menjaga aurat dengan sempurna, gunakan kaos lengan panjang dengan warna yang senada dengan warna baju Bodo, nah cara ini bisa membuat penampilanmu semakin cantik dan anggun.

2. Tampil Modern dan Santai dengan Baju Bodo Modern Berbentuk Blouse Tunik

wm_article_img

sumber: id.pinterest.com

Cara kedua untuk tampil mengenakan busana pengantin hijab Bugis modern, kamu bisa memodifikasi baju Bodo menjadi blouse tunik yang cantik. Bagian lengan yang pendek bisa diberi tambahan kain dengan bentuk melebar seperti rumbai sehingga lenganmu bisa tertutupi dengan sempurna. Model blouse ini juga semakin menegaskan kesan modern pada pakaian adat Makassar yang khas ini. 

3. Gunakan Aksesoris Gelang Khas Bugis untuk Tutupi Bagian Lengan

wm_article_img

Baju Bodo by Astrid Adriana

Untuk menyiasati lengan baju Bodo yang pendek, kamu bisa memodifikasi gelang yang menjadi aksesoris penting pengantin Bugis. Gelang bisa dibuat menjadi lebih lebar, sehingga dengan mengenakannya saja sudah mampu menutupi lenganmu.

4. Sulap Baju Bodo Menjadi Gaun Mewah Modern

wm_article_img

Baju Pengantin Bugis Hijab Modern by Astrid Adriana

Jika kamu ingin tampil cantik dengan gaun pernikahan tetapi tetap ingin bernuansa adat Bugis,  maka kamu bisa memodifikasi baju Bodo menjadi baju pengantin adat Bugis hijab modern seperti gaun yang cantik. Agar nuansa Bugis masih terasa kental, jangan lupa gunakan aksesoris gelang, kalung, dan hiasan kepala. Motif khas baju Bodo bisa kamu aplikasikan pada gaun pernikahan kamu.

5. Hiasan Kepala yang Lebih Sederhana Buat Penampilan Menjadi Elegan

Beberapa pengantin hijab ingin memakai busana yang tidak terlalu mencolok di hari pernikahannya. Namun, hiasan kepala atau mahkota pengantin merupakan salah satu aksesoris yang mencolok pada busana pengantin adat Bugis. Agar terlihat lebih elegan, kamu bisa menyiasatinya dengan cara mengurangi jumlah pinang goyang yang ada pada hiasan kepala khas Bugis ini. Jadilah pakaian pengantin bugis hijab modern yang lebih sederhana, deh.

5. Tetap Berhijab Dengan Memakai Sanggul Dari Rambut Palsu

wm_article_img

sumber: instagram.com

Pada riasan pengantin adat Bugis, selain busana dan aksesoris, sanggul pada pengantin Bugis juga memiliki bentuk yang khas. Jika pada kebanyakan pengantin adat menggunakan sanggul dibelakang, sanggul khas Bugis berada di posisi depan. Jika ingin tetap memakai sanggul khas Bugis ini namun juga ingin tetap berhijab, maka kamu bisa memakai sanggul yang terbuat dari rambut palsu.

6. Baju Bodo Berlengan Panjang, Aurat Tertutup Sempurna

Hal paling simple untuk memodifikasi baju Bodo agar cocok dengan hijab adalah dengan membuat baju Bodo berlengan panjang. Cara ini adalah yang paling sering ditemukan pada modifikasi busana pengantin Bugis untuk pengantin berhijab. Jangan lupa untuk memakai aksesoris gelang Bugis untuk tetap mempertahankan ciri khasnya, meskipun dengan baju pengantin Bugis hijab modern. 

7. Mengganti Corak Emas Menjadi Corak Perak

Corak emas pada baju adat Bugis serta aksesorisnya bisa kamu ganti menjadi warna perak. Jika warna emas memberikan kesan mewah, maka warna perak memberikan kesan elegan pada busana pengantin khas Bugis yang dikenakan.

8. Baju Bodo dengan Motif Payet Bikin Penampilan Berkilau

wm_article_img

Baju Pengantin Bugis Modern by Astrid Adriana

Kamu ingin tampil lebih modern dan mewah dengan busana adat Bugis? Kalau begitu kamu bisa memilih baju Bodo dengan modifikasi berupa payet yang memenuhi setiap permukaan baju. Dengan modifikasi ini, maka kamu akan terlihat berkilau dengan balutan busana pengantin Bugis hijab modern yang sudah dikreasikan ini. Terlihat makin mewah, deh.

9. Pengantin Bugis Tampil dengan Kebaya? Bisa, Kok!

Ingin tampil mengenakan kebaya seperti pengantin adat lainnya? Kamu bisa kok, kombinasikan kebaya dengan tampilan busana adat Bugis. Pilih kebaya dengan warna terang untuk lebih terkesan Bugis-nya. Jangan lupa memakai riasan serta aksesoris Bugis, agar kamu tetap tampak terlihat seperti pengantin Bugis hijab modern, ya.

10. Tambahkan Bordiran Khas Bugis Pada Baju dan Hijabmu, Etnik dan Cantik

Kesan Bugis bisa ditampilkan pada bordiran yang ada di pakaianmu, termasuk pula memodifikasi hijabmu dengan bordiran khas Bugis yang bernuansa tradisional dan indah. Nah, pengantin Bugis hijab modern yang satu ini makin cantik deh, tetapi tetap terasa kesan etniknya. 

11. Gunakan Corak Berbeda Pada Kain Bawahan, Buat Penampilan Menjadi Berbeda

Kain bawahan pada busana pernikahan Bugis biasanya merupakan kain tenun sengkang. Agar terlihat lebih modern kamu bisa memilih kain tenun sengkang yang memiliki corak tambahan seperti corak bunga. Penambahan corak ini akan membuat penampilanmu semakin anggun dan berbeda.

12. Baju Bodo Berlapis Kain Organza, Jadi Mewah dan Anggun

Baju Bodo biasanya terbuat dari kain satin yang mengkilap. Akan tetapi, kamu bisa memodifikasinya dengan cara melapisinya dengan kain organza. Kain organza memiliki tipe tipis dan menerawang. Namun, sifat ini yang membuat kain organza menimbulkan kesan anggun bagi yang memakainya. Kamu juga bisa memakai veil organza pada hijab yang kamu pakai. Dengan begitu, kamu bisa memakai baju pengantin Bugis modern hijab di hari pernikahanmu. 

Ada banyak cara untuk memadukan busana tradisional Bugis dengan gaya modern tapi juga syar'i untuk pengantin berhijab. Hal ini membantu kamu dalam memilih busana yang cocok untuk pernikahan adat Bugis antara kamu dan pasanganmu. 

Selain itu, hal yang juga penting untuk kamu ketahui, mengenai berapa harga baju pengantin adat Bugis? Dengan atribut yang lengkap serta kerumitan desainnya, tak heran jika baju pengantin adat Bugis memiliki harga yang cukup mahal. Satu pasang baju pengantin adat Bugis, dihargai mulai dari Rp 7 juta hingga puluhan juta rupiah, loh.

Kemudian, satu fakta lagi yang perlu kamu ketahui tentang Baju Bodo, yakni warna yang digunakan ternyata diperuntukkan untuk kalangan tertentu, loh. Apa saja warna baju Adat Bodo itu? Ini dia beberapa diantaranya:

  • Warna merah muda : baju Bodo dengan warna merah muda digunakan oleh perempuan muda dengan usia 10-14 tahun.

  • Warna jingga : baju Bodo warna jingga dipakai oleh perempuan Bugis dengan rentang usia 14-17 tahun.

  • Warna merah : warna merah digunakan oleh perempuan Bugis yang sudah dewasa yaitu kisaran umur 17-25 tahun.

  • Warna hijau : baju Bodo berwarna hijau dipakai oleh perempuan bangsawan.

  • Warna ungu : warna ungu pada baju Bodo digunakan oleh perempuan berstatus janda karena perceraian, maupun ditinggal mati pasangan.

  • Warna putih : baju Bodo berwarna putih digunakan oleh pengasuh, pembantu, dan dukun.

  • Warna hitam : baju Bodo berwarna hitam digunakan oleh wanita berusia 25-40 tahun.

  • Warna kuning : warna kuning bisa dipakai oleh siapapun, namun warna ini identik dengan anak-anak karena melambangkan keceriaan.

Baju pengantin adat Bugis merupakan salah satu baju adat yang unik di Indonesia. Bahkan baju adat Bodo khas Bugis menjadi salah satu baju adat tertua di dunia. Meskipun demikian, seiring perkembangan zaman perubahan-perubahan pada desainnya tak terelakkan. Terutama bagi wanita berhijab, mau tidak mau harus menggunakan baju pengantin Bugis hijab modern yang sudah dimodifikasi agar tetap bisa menutup auratnya. 

Jika kamu ingin menggunakan baju adat yang dimodifikasi agar tampil lebih modern, mintalah pada penjahit untuk membuatkannya untukmu. Bisa juga mencari busana siap pengantin pakai dari penjahit terbaik se Indonesia, hanya dengan mengunjungi website WeddingMarket, loh. Kamu bisa menemukan vendor rumah jahit terpercaya, bahkan kamu juga bisa menemukan vendor penyewaan baju pernikahan Bugis dan baju pengantin adat lainnya. Nah, tunggu apa lagi? Let’s check it out! 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...