Pilih Kategori Artikel

Berbeda Pendapat dengan Orang Tua Saat Persiapan Pernikahan?

Kabar persiapan pernikahan tentunya membuat orang sekitar bahagia. Baik itu keluarga, sahabat maupun kerabat lainnya. Namun diantara semua itu, ada orang yang paling bahagia. Mereka adalah orang tua, ia merupakan orang yang paling bahagia ketika anaknya akan melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Sebab, mereka telah menantikan hal tersebut sedari dulu.

Maka dari itu, mereka tidak ingin melewatkan setiap persiapan demi persiapan pernikahan. Entah itu persiapan tentang konsep, dekorasi, katering maupun hal-hal yang bersangkutan dengan vendor lainnya. Misalnya mereka ingin ikut menentukan hidangan utama yang ada dalam pestamu. Mungkin juga mereka ingin menentukan warna dasar dari undanganmu. Sebisa mungkin orang tua ingin ikut terlibat dalam acara spesial milik anaknya.

Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Jadi jangan sampai kamu dan pasangan merasa terganggu apalagi tidak terima dengan saran atau pendapat yang disampaikan oleh orang tua. Kembali lagi, orang tua akan merasa bahagia jika ikut terlibat di dalam setiap persiapan pernikahan.

Bagaimana Bila Berbeda Pendapat dengan Orang Tua saat Persiapan Pernikahan?

wm_article_img
Fotografi: Bootes Photography

Nah, sekarang ini kita mau kasih tau ke kalian semua para calon pengantin bagaimana cara menyikapi adanya perbedaan pendapat dengan orang tua. Langsung saja yuk lihat di bawah sini!

  • Tetap Sabar

Sikap pertama yang harus kamu lakukan adalah sabar. Siapkan cadangan kesabaran untuk hal ini. Sebenarnya adanya perbedaan pendapat wajar saja terjadi pada setiap pasangan saat melakukan persiapan pernikahan. Jadi jangan merasa bahwa hanya kamu yang mengalami hal ini.

  • Hargai Pendapat Orang Tua

Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk putra-putrinya. Oleh sebab itu, kedua orang tua ingin terlibat ke dalam acara besar milik anaknya. Mereka ingin menyampai kan pendapat dari segala sudut pandang tentang persiapan pernikahanmu. Jadi, selain bersabar hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menghargai. Hargai pendapat mereka agar kamu dapat membuatnya bahagia.

  • Hindari Perdebatan

Perbedaan pendapat merupakan hal yang biasa dalam persiapan pernikahan. Akan tetapi, jangan biarkan perbedaan pendapat itu menjadikanmu dan orang tua mengalami perdebatan. Justru itu akan membuat semua yang telah kamu rencanakan menjadi kacau balau. Kamu tidak ingin semua itu terjadi bukan? Sikapi perbedaan tersebut dengan tutur kata yang sopan.

  • Diskusikan

Langkah selanjutnya adalah dengan mendiskusikannya. Buatlah pertemuan khusus antara kamu, pasangan dan masing-masing orang tua. Di sana kamu dapat mengetahui apakah hal yang menjadi pendapat orang tua. Biarkan orang tua berbicara dan tugasmu hanyalah mendengarnya sampai selesai tanpa memotong pembicaraan sedikitpun.

Semua dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam persiapan pernikahan kamu. Setelah itu tanggapi dengan kepala dingin dan gaya bicara yang tenang. Dengan begitu, kalian akan menemukan jalan keluar dan titik terang. Tanpa berlama-lama lagi segera lakukan hal ini bila kamu terjebak dalam situasi tersebut.

  • Ikuti Pendapatnya

Setelah melakukan sesi diskusi dan mendengarkan pendapat orang tua mengenai persiapan pernikahan. Kamu juga perlu untuk mengikutinya. Misalnya kamu dan pasangan menginginkan konsep rustic yang didominasi oleh bahan kayu. Sedangkan orang tua ingin mengusung konsep yang rapi dengan biaya pernikahan yang fleksibel.

Kamu tidak perlu menjadikan itu sebagai hal yang serius. Ikuti saja apa yang menjadi pendapat orang tua. Kamu dapat memadukan konsep rustic dengan warna putih juga lho. Misalnya dengan menggunakan meja kayu dan table cloth berwarna putih. Bunga baby breath yang didominasi warna putih juga dapat menghiasi acara pernikahanmu. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengikuti pendapat orang tua.

Itu dia sikap yang dapat kamu dan pasangan lakukan ketika menghadapi perbedaan pendapat antara dirimu dengan orang tua saat persiapan pernikahan. Semoga benar-benar untuk dilakukan ya teman-teman!

Atau, kamu juga bisa mewujudkan pesta pernikahan impian, dengan datang dan mengunjungi pameran pernikahan WeddingMarket Festival yang akan hadir pada 18-19 Februari 2023 di The Krakatau Grand Ballroom bersama orang tua. Selain bisa menambah kekompakkan, dapatkan diskon dan promo dari berbagai vendor pernikahan, serta kesempatan memenangkan grand prizes senilai ratusan juta rupiah! Tiket masuk terbatas bisa dipesan gratis dengan klik di tautan ini, ya!

Kunjungi WeddingMarket Festival Gratis!
Menangkan Berbagai Hadiah Menarik
Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...