Pilih Kategori Artikel

Bagaimana Menentukan Biaya Dekorasi Pernikahan?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Segala urusan acara pesta pernikahan, tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar untuk mewujudkannya, lho. Terutama pada biaya dekorasi pernikahan. Tentunya, setiap pasangan calon pengantin menginginkan sebuah dekorasi yang membuat mereka bahagia.

Bahagia dalam arti, bukan perihal mewah nan megah. Terkadang, cukup dengan sederhana namun dapat memberikan kesan yang elegan pun sudah berarti. Itu semua kembali lagi pada prinsip dan kesepakatan dari setiap pasangan calon pengantin, ya.

Setiap keperluan pesta pernikahan akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Setidaknya ada 3 elemen yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, yaitu biaya dekorasi pernikahan, catering pernikahan dan venue pernikahan.

Di dalam biaya dekorasi pernikahan, tentu setiap vendor akan menawarkan harga yang cukup bervariasi. Mulai dari yang murah sampai yang mahal pun ada. Jika permintaan kamu perihal dekorasi pernikahan memiliki banyak syarat dan ketentuan, maka kemungkinan besar biaya yang kamu keluarkan pun tinggi.

Jika kamu sedang memilih vendor dekorasi pernikahan. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiasati berbagai harga paket yang ditawarkan. Area mana sajakah yang akan di-cover oleh sang vendor dekorasi.

Namun, juga ada kaitannya dengan venue pernikahan lho, ladies. Semakin besar dan eksklusif dari venue pernikahan yang kamu pilih. Maka, akan semakin besar pula yang akan di cover oleh sang vendor dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Maka dari itu, selain kamu harus melakukan survey perihal harga paket yang ditawarkan, kamu dan pasangan juga tentu harus memilih vendor dekorasi yang tepat, ya.

Lalu, apa sajakah tips yang bisa kamu lakukan dalam menentukan biaya dekorasi pernikahan? yuk, simak baik-baik.

1. Membuat estimasi tamu undangan dan luas venue pernikahan

Inilah langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam menentukan biaya dekorasi pernikahan. Kamu dan pasangan perlu menghitung estimasi jumlah tamu undangan serta luas venue pernikahan yang akan digunakan sebagai lokasi pesta pernikahan.

Semakin banyak tamu undangan yang diundang dan semakin luas venue pernikahannya. Maka, ada sebuah kemungkinan kalau semakin besar pula biaya yang dibutuhkan untuk mendekorasi sebuah ruangan di acara pesta pernikahanmu.

Kalau kamu dan pasangan hanya menyiapkan biaya pernikahan yang pas-pasan. Kamu pun bisa meminta sang vendor dekorasi pernikahan untuk memaksimalkan sebuah dekorasi di area pelaminan saja. Sukup sederhana namun bermakna, kan?

2. Memilih vendor dekorasi pernikahan rekanan

Langkah kedua yang harus kamu lakukan dalam menentukan sebuah biaya dekorasi pernikahan. Memang, ada sebagian pasangan calon pengantin yang menggunakan vendor pernikahan secara terpisah. Tentunya disesuaikan dengan selera dari setiap pasangan pengantinnya.

Namun, langkah berikut pun bukan sebuah hal yang tepat untuk kamu lakukan. bagaimana tidak, dengan kamu menggunakan langkah seperti itu tentu akan memakan biaya yang cukup besar.

Maka dari itu, disarankan bagi kamu dan pasangan untuk memilih vendor dekorasi pernikahan yang sudah menjadi rekanan venue pernikahan. Di mana venue pernikahan tersebut tempat kamu menggelar sebuah pesta pernikahan.

Biasanya, vendor rekanan dari venue pernikahan tersebut akan memberikan penawaran spesial untuk kamu dan pasangan. Bahkan, kalau bisa kamu menanyakan perihal apakah kamu akan mendapatkan sebuah diskon jika sudah menggunakan vendor rekanan tersebut.

Memang, ini kan yang kamu inginkan? selain vendor rekanan yang sesuai dengan karakteristik kamu dan pasangan. Kamu pun bisa memangkas biaya dekorasi pernikahan, lho.

3. Memilih bahan baku recycle

Nah, inilah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan dalam menentukan biaya dekorasi pernikahan. kamu dan pasangan lebih baik memilih bahan baku untuk sebuah dekorasi pernikahan yang bisa dipakai ulang.

Ini sangat berguna sekali dalam lingkungan masyarakat, lho. Selain tidak memupuk sampah yang begitu banyak. Hal ini juga melatih kreativitas dari setiap orang. Bukan begitu, ladies?

Dalam dekorasi pernikahan, tentunya akan ada beberapa hiasan bunga yang digunakan. Nah, jika kamu ingin memilih bunga asli dalam setiap dekorasi pernikahanmu. Lebih baik kamu memilih bunga lokal dan sedang masa pertumbuhan subur supaya lebih mudah didapatkan.

Harga pun murah namun tetap memberikan kesan yang elegan, kan?

Nah, itulah 3 ulasan perihal menentukan biaya dekorasi pernikahan. Memang, bagi kamu sebagai pasangan calon pengantin harus memiliki panduan ketika ingin menggelar sebuah acara pesta pernikahan.

Dikarenakan kamu masih begitu awam dalam dunia mempersiapkan pernikahan. Kamu juga perlu menanyakan pada orang-orang yang sudah melewati fase ini. Jika kamu dan pasangan salah melangkah. Kemungkinan besar biaya dekorasi pernikahanmu akan membengkak di akhir.

Lebih baik kamu memilih dekorasi pernikahan yang sesuai pada umumnya namun berbeda dari yang lain. Jangan berlebihan dan jangan pula terlalu biasa. Karena setiap pesta pernikahan menjadi momen yang spesial untuk dikenang sepanjang masa, kan?

 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...