Biaya Pesta Pernikahan Membengkak? Mungkin Ini Penyebabnya!

18 Feb 2020 | By Wedding Market | Viewers: 514
Biaya Pesta Pernikahan Membengkak? Mungkin Ini Penyebabnya!

Pernikahan merupakan momen sekali seumur hidup dan pastinya kebanyakan pasangan ingin membuat momen pernikahan yang sulit dilupakan dan dapat dikenang selamanya. Kita semua tentu tahu jika membuat pesta pernikahan tidaklah mudah. Banyak sekali yang harus dipertimbangkan salah satunya dalam segi keuangan. Biaya pesta pernikahan harus menjadi pertimbangan utama kamu dan pasangan saat menggelar acara tersebut. Kamu tentunya ingin seluruh kebutuhan pesta tetap dalam budget yang telah disediakan.

Dalam praktiknya ternyata walau sudah membuat perencanaan anggaran tetapi tetap ada saja hal yang tak terduga yang dapat menambah beban biaya. Terkadang juga dengan ekspektasi yang tinggi membuat biaya pesta pernikahan yang telah disediakan tidak sesuai dan malah harus menambah lagi.Untuk membantu kamu dan pasangan menyiapkan pesta pernikahan sesuai budget, cobalah menghindari kesalahan-kesalahan berikut ini yang bisa membuat biaya pesta pernikahan menjadi membengkak.

  1. Tidak memprioritaskan biaya

Ketika sedang merencanakan pesta pernikahan, kamu dan pasangan pasti sedang sibuk untuk membuat rencana pesta pernikahan sesuai impian dan tidak akan terlupakan. Namun terkadang ada yang sampai membuatnya lebih dari budget yang telah ditetapkan. Tentunya dengan hal itu pastinya akan membuat kamu dan pasangan mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Untuk menghindari kesalahan tersebut sebaiknya menjadikan budget prioritas utama kamu dan pasangan untuk lebih menghemat pengeluaran. Jika pernikahan impian kamu terlalu mahal, cobalah mencari alternatif yang sesuatu dengan biaya yang kamu dan pasangan miliki.

  1. Malas Survei

Kesalahan selanjutnya yang bisa membuat biaya pesta pernikahan membengkak adalah malas survei. Kesalahan seperti ini sering dilakukan oleh pasangan yang akan menikah. Banyak dari mereka malas untuk berkeliling ke beberapa tempat terlebih dahulu untuk membandingkan harga yang ditawarkan sehingga kadang menyesal setelah bertransaksi. Maka dari itu, sebelum kamu dan pasangan memutuskan memilih venue pernikahan, catering, undangan, souvenir, gaun pengantin dan lainnya, cobalah datangi beberapa tempat yang berbeda-beda untuk membandingkan harga sehingga dapat menghemat pengeluaran.

  1. Tuntutan lingkungan

Menggelar pesta pernikahan biasaya tidak selalu murni perencanaan dari kedua calon pengantin saja. Tidak jarang akan ada banyak masukan-masukan yang justru bisa membuat pengeluaran menjadi membengkak. Seperti menyewa gedung pernikahan, gaun pernikahan yang mahal dan lain sebagainya. Cobalah melihat apakah keperluan-keperluan tersebut benar-benar kamu dan pasangan butuhkan atau sekedar tuntutan yang harus dipenuhi dari pihak lain.

  1. Tidak memiliki rencana

Kesalahan yang bisa membuat biaya pesta pernikahan menjadi membengkak adalah dengan tidak memiliki rencana. Tentunya untuk menjalankan suatu pernikahan yang diimpikan harus memiliki rencana yang matan terlebih dahulu. Seperti yang telah diungkit sebelumnya, pesta pernikahan tidak lepas dari campur tangan banyak pihak. Memiliki rencana yang matang mengenai siapa yang memegang urusan apa, akan membuat kamu dan pasangan lebih menghemat uang.

  1. Tidak memperhatikan syarat yang berlaku

Dengan banyaknya hal yang harus diurus menjelang pernikahan, seringkali calon pengantin langsung menyetujui saja syarat dari vendor, tanpa membaca persyaratannya terlebih dahulu. Padahal bisa saja di dalam persyaratan tersebut terdapat tambahan yang justru membuat kamu dan pasangan harus mengeluarkan uang yang lebih banyak. Untuk itu jangan lupa membaca seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku saat membuat perjanjian dengan vendor-vendor tersebut untuk menghindari biaya tambahan yang tidak terduga.

  1. Terlalu banyak menyiapkan makanan

Memang ketika Kekurangan makanan untuk tamu saat pesta berlangsung tentunya bisa sangat buruk, tapi bukan berarti kamu harus menyediakannya secara berlebihan. Misalnya kamu memilih sampai enam jenis makanan hanya untuk dessert, itu tidak perlu. Kurangi pengeluaran kamu dengan cukup memilih tiga jenis makanan penutup.

  1. Menangani semua hal sendiri

Ketika kamu dan pasangan memutuskan untuk menangani pasta pernikahan sendiri tanpa bantuan wedding organizer, tentunya akan sangat membantu memotong pengeluaran. Namun, lebih beresiko melupakan detail-detail penting yang membuat biaya pesta pernikahan menjadi lebih banyak. Tetapi hal itu dapat dilakukan dengan meminta bantuan kepada keluarga kedua belah pihak untuk lebih memudahkan dan mengatur pesta pernikahan kamu dan pasangan.

  1. Kurang kreatif

Di antara banyaknya kesalahan dalam pesta pernikahan, kurangnya kreativitas calon pengantin paling banyak terlihat. Misalnya saja banyak pesta yang menggunakan bunga mawar merah sebagai dekorasi, sehingga kamu mewajibkan untuk menggunakannya juga dalam pesta pernikahanmu. Dekorasi menggunakan bunga segar dengan jumlah yang banyak bisa memakan biaya yang sangat mahal. Tapi dengan sedikit kreativitas, misalnya mendekor pesta dengan benda daur ulang atau konsep pernikahan minimalis, kamu bisa mendapatkan sesuatu yang unik dan berbeda dengan harga yang lebih hemat.

Semoga kamu dan pasangan bisa menghindari kesalahan-kesalahan di atas yang bisa membuat biaya pesta pernikahan menjadi membengkak. Bagi kamu yang sedang merencanakan pernikahan di tahun ini, sangat dianjurkan bila menggunakan wedding organizer


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket