Pilih Kategori Artikel

Langkah-langkah Memilih Pengiring Pengantin (Bridesmaid) Untuk Pernikahan Anda
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Siapa sih yang paling pas untuk menjadi pengiring pengantin di pernikahan kamu? Tak ada salahnya mencari tahu langkah-langkah memilih pengiring pengantin. Adanya pengiring pengantin atau yang kerap disebut bridesmaid, kini memang banyak sedang hype di kalangan pasangan muda di Indonesia. Pengiring pengantin ini akan jadi tamu ‘istimewa’ dalam sebuah pernikahan karena mereka akan tampak mencolok dengan gaun dan dandanan nyaris sama.

Pengiring pengantin memang umumnya berasal dari teman terdekat atau keluarga. Namun, pemilihan pengiring pengantin ini memang kerap membingungkan, antara teman atau keluarga. Apabila nantinya Anda mengalami masalah yang sama, bingung menentukan pengiring pengantin, langkah-langkah di bawah ini mungkin bisa Anda coba!

Tentukan terlebih dahulu jumlah pengiring pengantin yang ingin Anda miliki nantinya

Hal awal yang mungkin bisa Anda lakukan adalah menentukan jumlah pengiring penganting yang Anda inginkan. Tidak semua teman dekat atau saudara bisa dijadikan bridesmaid. Selain akan membengkakkan biaya, pengiring pengantin memang nantinya memiliki tugas untuk membantu Anda mempersiapkan pernikahan.

Nah, alangkah lebih menyenangkan bila Anda memiliki beberapa bridesmaid yang bisa memang bisa dipercaya sepenuhnya bisa menjalankan tugas-tugas dari Anda dan nantinya.

Pilih mereka yang memang Anda butuhkan kehadirannya

Anda mungkin adalah orang supel dan ramah, hingga akhirnya memiliki banyak teman dekat. Walau begitu, Anda memang perlu menentukan pengiring pengantin yang kehadirannya begitu Anda harapkan. Selain Anda memercayai mereka bisa menjalankan tugas sebagai bridesmaid, mereka yang sebaiknya Anda pilih adalah yang kehadirannya bisa membuat Anda bersemangat.

Sosok ini bisa saja dari saudara ipar, kakak perempuan Anda sendiri, atau mungkin teman-teman yang lain. Dan, jangan sesekali merasa bersalah sebab tidak bisa memilih semua teman dekat Anda sebagai pengiring pengantin. Anda berhak memilih mana yang bisa dipercaya dengan baik dan mana yang sosoknya Anda butuhkan sebagai dukungan.

wm_article_img

Perhatikan juga kesibukan dari calon pengiring pengantin Anda

Selain memperhatikan kebutuhan Anda sendiri, Anda juga perlu memperhatikan kegiatan calon pengiring pengantin Anda. ‘Apakah pengiring pengantin Anda sudah menikah dan memiliki anak? Jika iya, bisakah ia menjalankan tugasnya sebagai pengiring pengantin Anda? Bagaimana pekerjaannya? Apakah dia sering lembur kerja? Atau, mungkinkah dia datang ke pesta perkawinan Anda jika calon pengiring pengantin Anda tinggal di luar kota?’ Pertanyaan-pertanyaan ini perlu Anda jadikan patokan dalam memilih calon pengiring pengantin, agar mereka yang terpilih tidak merasa terbebani dengan ajakan Anda.

Memilih pengiring pengantin dari keluarga yang Anda kagumi

Anda mungkin ingin memilih pengiring pengantin yang seimbang antara dari pihak teman dan juga pihak keluarga. Dari pihak keluarga Anda mungkin bisa memilih kakak, adik, atau dari pihak pasangan. Walau begitu, Anda juga bisa memilih dari mereka yang sosoknya mungkin tidak terlalu dekat seperti keluarga inti, tapi sosoknya begitu Anda kagumi seperti tante atau mungkin berasal dari keluarga jauh yang masih akrab dengan Anda.

Miliki rencana pengganti, termasuk untuk daftar pengiring pengantin pilihan Anda

Untuk Anda yang mungkin sudah memilih pengiring pengantin sejak jauh-jauh hari, kemudian salah satu dari mereka menolak untuk menjadi bagian dari pernikahan, Anda jangan sakit hati atau justru marah. Sekalipun saling berteman akrab, dia yang menolak menjadi bridesmaid mungkin memiliki kesibukannya sendiri hingga memilih menjadi tamu biasa saja saat pesta pernikahan Anda.

Untuk menanggulangi rencana yang kerap tidak sesuai dengan ekspektasi, Anda wajib memiliki rencana cadangan. Jika Anda sudah menetapkan akan memiliki 5 bridesmaid, Anda bisa menambahkan 1 orang lagi. Hal ini berguna jikalau salah satu menolak menjadi pengiring pengantin Anda. Hal ini tentu tidak perlu Anda utarakan kepada siapapun bahwa salah satu dari bridesmaid ini adalah pengganti agar tidak ada yang merasa tersakiti.

Libatkan pasangan Anda untuk memilih pengiring pengantin

Seringkali, saat menentukan team bridesmaid membuat Anda bimbang, jangan sungkan untuk meminta pendapat dari pasangan Anda. Sebagai orang yang mungkin mengenali Anda dan teman-teman Anda, pendapat pasangan bisa jadi penolong. Dia tidak akan memihak salah satu teman atau saudara Anda dan pendapatnya akan melihat teman-teman Anda sesuai dengan kemampuan mereka jika menjadi bridesmaid nanti.

Pengiring pengantin tidak sekadar hadir untuk foto-foto di pernikahan Anda, mereka nantinya juga memiliki tugas untuk jadi support system dalam segala acara pernikahan. Inilah mengapa memilih mereka yang kehadirannya bisa membawa suasana hangat dan menyenangkanlah yang justru patut dipilih. Jangan merasa bersalah jika beberapa teman atau saudara mungkin tidak bisa Anda jadikan pengiring pengantin, sebab setiap pilihan memang perlu dipertimbangkan dengan baik.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...