Pilih Kategori Artikel

Panduan Budgeting Cincin Untuk Pesta Pertunangan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ketika memutuskan untuk satu langkah lebih serius dengan kekasih, tak sedikit pasangan dan keluarga yang melangsungkan beberapa prosesi pra-nikah seperti acara adat, keagamaan, dan lain sebagainya, sebelum pada akhirnya menuju ke acara inti. Berbicara tentang segala rangkaian pernikahan, tentu tak lepas dari budgeting untuk menentukan berapa besar biaya yang harus dikeluarkan. Salah satunya untuk pesta pertunangan. 

Sebenarnya, tidak ada aturan baku tentang berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengadakan pesta pertunangan. Meski begitu, tentu kamu juga harus mempersiapkannya dengan matang supaya acara tersebut berjalan lancar sesuai keinginan mu dan pasangan. Baik acara adat maupun internasional, ada salah satu hal yang penting dan sangat krusial dalam budgeting pesta pertunangan, yaitu menentukan budget cincin tunangan yang akan dibeli. Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu cincin tunangan terbaru dipasaran, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu berapa kisaran harga cincin tunangan. Dengan demikian, proses budgeting akan jadi lebih mudah. Lalu, apa saja yang perlu menjadi bahan pertimbangan ketika menentukan membeli cincin tunangan? Yuk, kita bahas!

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Budgeting Cincin Tunangan


Harga Cincin Tunangan Sesuai Bahan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan budgeting untuk cincin tunangan adalah menentukan terlebih dahulu bahan apa yang kamu pilih. Mau berapapun harganya, jika bahan yang dipilih bukan merupakan bahan dengan kualitas terbaik akan menjadi percuma ketika cincin tersebut tidak sesuai harapan kamu dan pasangan. Berikut beberapa contoh kisaran harga cincin tunangan berdasarkan material yang digunakan.

  1. Cincin Emas

Untuk kamu yang ingin tetap bertahan pada tradisi, emas adalah pilihan yang tepat. Terdapat tiga pilihan warna emas yang bisa kamu pilih yaitu emas kuning, emas putih dan emas rosegold. Untuk kulit Indonesia yang cenderung kuning langsat dan kecoklatan, cincin emas kuning akan membuat kulitmu lebih bersinar di hari istimewamu. Sedangkan jika kamu memiliki kulit yang cenderung lebih cerah, maka cincin emas putih dan emas rosegold akan menyempurnakan jari manismu. Harga ketiga warna cincin emas akan sama jika kadar karatnya sama. Jadi, kamu hanya perlu menentukan warnanya saja. 

Sebagai gambaran untukmu, harga sepasang cincin tunangan emas terbaru (18K) yang memiliki berat 2,7gr dengan sentuhan berlian kecil di tengahnya dibanderol mulai dari 8 hingga 9 juta rupiah. Desainnya yang sederhana dan klasik cukup manis bagi pasangan yang menyukai gaya minimalis. Begitupun dengan model cincin emas yang lebih rumit, seperti cincin tunangan emas dengan desain bezel dua warna, harganya dibanderol di kisaran mulai dari 8 jutaan. Cincin ini bisa kamu jadikan pilihan untuk kamu dan pasangan yang menyukai gaya anti mainstream.

wm_article_img

Cincin Emas | The Palace Jeweler


  1. Cincin Perak

Selain karena harganya yang paling terjangkau dari bahan lain, cincin perak mudah ditemui dipasaran dengan penampilannya yang putih berkilau. Logam yang satu ini sangat ringan jika dipergunakan menjadi cincin. Namun, kelemahannya kamu dan pasangan harus memberikan perawatan ekstra secara terus menerus supaya tetap menjaga warna dan memberikan treatment khusus pada goresan, Harga cincin tunangan perak terbaru dari berbagai vendor perhiasan cukup beragam, tergantung berat cincin dan juga modelnya. Namun, tenang saja! Dengan budget 500 ribu hingga 1 juta rupiah kamu sudah bisa mendapatkan sepasang cincin perak indah nan elegan untuk momen pertunanganmu.

wm_article_img

Cincin Perak | Adt Silver


  1. Cincin Palladium

Logam perak putih ini sedang menjadi tren bagi kalangan masyarakat. Warna yang ditampilkan pun tak kalah elegan dari bahan lain. Cincin palladium sering dipakai oleh pengantin laki-laki muslim sebagai pengganti emas, karena palladium sama sekali tidak mengandung kadar emas didalamnya. Oleh karena itu, harganya pun terbilang cukup terjangkau. Kelebihannya, cincin berbahan dasar palladium termasuk ringan seperti perak, warnanya tidak mudah pudar, dan awet dari segi perawatan. Dengan menggunakan cincin yang satu ini melambangkan ikatan cinta sepasang kekasih yang kuat dan tak kusam bertahun tahun. 

Di beberapa vendor perhiasan, sepasang cincin tunangan sederhana yang berbahan dasar emas putih 25% (cincin wanita), Palladium 10% (cincin pria) dibanderol dengan harga mulai dari 2 juta sampai dengan 3 juta rupiah. Sementara itu, dengan berat sekitar 10 gram, cincin yang menggunakan bahan dasar palladium 25% dan permata zirconia dibanderol dengan harga lebih tinggi di kisaran 5,5 juta rupiah.

wm_article_img

Cincin Tunangan Palladium | Seo Silver Jewelry

  1. Cincin Platinum

Platinum merupakan bahan dasar cincin yang memiliki banyak kelebihan. Selain karena daya tahan yang tinggi, warna murninya adalah putih elegan. Karena daya tahan yang cukup kuat itu, cincin platinum tidak akan mudah bengkok serta tangguh melawan segala kondisi. Seperti halnya ikatan cinta yang akan terus kokoh meskipun melalui banyak rintangan. Karena keawetannya tersebut, cincin ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal daripada cincin palladium.

Harga cincin tunangan platinum terbaru dengan berat total sekitar 6 gram, kadar emas cincin wanita (emas putih 25%), dan cincin pria (platinum 5%), dibanderol dengan harga mulai dari 1 juta hingga 2,8 juta rupiah. Apabila punya dana lebih, kamu juga bisa memilih cincin couple bergaya minimalis dengan perpaduan finishing glossy dihiasi sebuah permata zirconia yang cantik pada cincin wanita. Dengan berat 10 gram, cincin tersebut dijual mulai harga 12 juta rupiah.

wm_article_imgwm_article_img

Cincin Tunangan | Spillajewelry


  1. Cincin Platidium

Cincin ini berbahan dasar campuran platinum dan palladium yang menghasilkan cincin dengan kualitas terbaik. Campuran ini juga akan membuat cincin awet, tidak mudah tergores maupun berubah bentuk serta dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan platinum. Warna yang dihasilkan tak kalah cantik dengan palladium dengan kualitas setangguh platinum. Perawatan cincin platidium terbilang cukup mudah sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan repolish dan sebagainya.

Harga cincin tunangan platidium terbaru dengan model yang elegan dan dibuat dengan finishing glossy, dimana memiliki berat sekitar 9 gram (platidium 150 dan Emas putih standar 12k) harganya bisa mencapai 7,5 juta rupiah.

wm_article_img

Cincin Tunangan | kotagedejewellery.com 

  1. Cincin Rhodium

Terbuat dari jenis logam langka berwarna perak, rhodium termasuk tahan terdapat korosi maupun karat. Karena harganya yang terbilang cukup mahal, rhodium hanya dijadikan sebagai bahan penyepuhan. Cara seperti ini juga akan melindungi logam lain agar semakin awet dan mengkilap. Namun kelemahannya adalah bahan ini cepat luntur sehingga membutuhkan perawatan yang ekstra. Untuk harga cincin berbahan dasar perak dengan lapisan rhodium juga cukup ramah dikantong, yakni mulai dari 500 ribu saja. Sederhana namun tetap menawan, bukan?

wm_article_img

Cincin Tunangan | Sovia Jewelry


  1. Cincin Titanium

Cincin titanium memiliki sifat anti karat dan memiliki pilihan warna yang beragam. Bahan ini juga tidak menyebabkan alergi karena tergolong pada jenis logam hypoallergenic. Jika kamu menyukai cincin yang ringan namun tetap kuat berkilau di jari, maka titanium menjadi pilihan yang tepat. Harga cincin berbahan dasar titanium terbilang cukup murah, mulai dari 200ribu-an saja.

wm_article_img

Cincin Tunangan | Tiaria Jewelry

Harga Cincin Tunangan Berdasarkan Modelnya

Faktor kedua untuk budgeting cincin tunangan adalah dari segi modelnya. Semakin banyak aksen yang dimiliki maka akan semakin mahal pula harganya. Jadi kamu bisa menyesuaikan sendiri sentuhan apa yang akan dipilih. Apabila kamu lebih suka yang minimalist, mungkin tidak perlu memberikan sentuhan batu diatasnya. Cukup kamu berikan beberapa aksen desain ukiran sesuai keinginanmu. Namun jika kamu ingin penampilan cincinmu terlihat lebih elegan, maka tambahkan berbagai permata seperti Swarovski; Zirconia; Blue Sapphire; Red Ruby; Blue Topaz; Emerald; Black Diamond; Natural Diamond; Garnet; maupun Black Opal.

Harga Cincin Tunangan Berdasarkan Beratnya

Hal terakhir yang wajib kamu pertimbangkan adalah berat cincin. Semakin berat cincin yang kamu pilih, maka akan semakin mahal pula harganya. Biasanya, pasangan yang membeli cincin untuk pertunangannya akan memilih cincin yang beratnya sekitar 3 sampai 8 gram. Faktor yang satu ini juga harus disesuaikan dengan kenyamanan, ya. Mengingat cincin ini akan dipakai sehari-hari dalam jangka waktu yang lama.

Temukan Vendor Cincin yang Tepat

Langkah terakhir setelah kamu melakukan riset untuk wujud dari cincin yang kamu dan pasangan inginkan, sekarang saatnya kamu menentukan dimana kamu akan membeli cincin tersebut. Jangan khawatir, kamu bisa menemukan banyak vendor cincin tunangan dalam satu halaman saja di WeddingMarket

Nah, itu dia beberapa panduan untuk melakukan budgeting cincin tunangan. Tentunya sebelum membeli cincin yang tepat untuk pertunanganmu nanti, kamu juga perlu memperhatikan berbagai faktor-faktor yang mempengaruhi harga cincin itu, seperti yang sudah disebutkan di atas. Kamu juga perlu mengingat bahwa ada biaya-biaya lain yang juga perlu dipersiapkan seperti hantaran, katering, foto, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pilihlah cincin tunangan yang sekiranya cukup terjangkau dan tidak mengganggu budget untuk kebutuhan lainnya. Semoga artikel ini dapat memberikanmu pencerahan dalam perencanaan hari bahagiamu, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...