Pentingnya Buket Bunga Pernikahan Yang Sakral Dengan Makna Yang Ada Di Dalamnya - Wedding Market

Pentingnya Buket Bunga Pernikahan Yang Sakral Dengan Makna Yang Ada Di Dalamnya

27 Feb 2020 | By WeddingMarket | Viewers: 2521
buket bunga pernikahan

Pernikahan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Momen yang hanya terjadi sekali dalam seumur hidup ini harus dipersiapkan secara matang. Banyak sekali persiapan yang harus dilakukan dan diperhatikan untuk menambah kesempurnaan acara sakral ini, salah satunya adalah masalah buket pernikahan. Buket bunga pernikahan adalah hal yang paling penting untuk mendukung acara pernikahan sehingga memberikan kesan keindahan, romantis, elegan, dan keceriaan yang dapat dirasakan secara langsung oleh pasangan pengantin maupun para tamu undangan. Rangkaian bunga juga bisa disesuaikan dengan tema pernikahan kamu. Sama seperti setiap gambar yang menceritakan sebuah cerita, setiap bunga juga memilki cerita untuk diceritakan. 

Buket pengantin dalam sebuah pesta pernikahan, hukumnya wajib untuk dibuat. Tanpa adanya hal ini, kesakralan sebuah pernikahan rasanya akan jauh berkurang. Tradisi yang sudah ada sejak zaman romawi ini awalnya berasal dari sebuah tradisi yaitu seikat gandum sebagai simbol dari kesuburan. Buket bunga pernikahan memiliki arti yaitu melambangkan kemurnian dan kepolosan. Bahkan pada masa Victoria, buket digunakan untuk mengekspresikan emosi seseorang saat sulit untuk mengucapkannya dengan kata-kata. Sehingga banyak pasangan yang memberikan buket bunga dengan berbagai macam bentuk kepada sang pujaan hati. Selain itu, warna menjadi hal penting dalam memaknai bunga itu sendiri. 

Dalam pernikahan, khususnya bagi mempelai wanita, buket bunga pernikahan memiliki nilai yang hampir sama dengan gaun pengantin. Bahkan, sering kali buket dijadikan sebagai salah satu penentu tema, aksesoris pesta dan bahkan juga dekorasinya. Biasanya juga para pengantin wanita akan memilih buket bunga lebih lama dari pada memilih busana pengantin. Alasan utama untuk hal ini sudah sangat jelas yaitu mereka ingin tampil beda, elegan, dan tentu saja berkelas. Oleh karenanya buket-buket bunga untuk pernikahan biasanya memiliki standarisasi yang lumayan tinggi. 

Selain itu, tatanan rangkaian bunga, jenis bunga, warna bunga, dan teknik merangkai bunga akan menjadi salah satu faktor utama para pengantin memilih buket tersebut. Warna bunga diyakini melambangkan sesuatu. Buket bunga berwarna putih misalnya, melambangkan kemurnian dan kepolosan. Sedangkan warna kuning mencerminkan suasana kegembiraan, kemenangan, dan keceriaan dan akan memberikan suasana pesta yang ceria dan mewah. Bunga mawar perlambang cinta, dan blue violet menggambarkan kesetiaan. Pemakaian buket bunga pernikahan sendiri bukanlah menjadi hal yang baru. Pemakaian ini sejak masa lalu diyakini, sebagai aroma terapi bumbu-bumbunya dapat mengusir roh jahat selama pesta pernikahan berlangsung. Di masa Romawi, tradisi membawa buket pengantin sebagai simbol kesuburan. 

Zaman yang terus berganti membuat buket bunga pernikahan mengalami pergeseran maksa sehingga memiliki arti berbeda sebagai cara mengirim ‘Pesan cinta’. Karena tradisi pula biasanya pengantin pria menggunakan setangkai bunga yang terlihat dalam buket pengantin di lubang kancing. Kebiasaan ini sejatinya berasal dari tradisi abad pertengahan pada saat seorang kesatria mengenakan warna bunga wanitanya sebagai deklarasi cinta. Setangkai bunga pada buket pengantin bisa memberikan sejuta makna. Menjadi simbol cinta, kesehatan, dan umur panjang. Tak heran jika nilai dan makna bunga selalu dikaitkan dengan bentuk, warna, bau, legenda, mitos, atau kepercayaan tertentu. 

Budaya hand bouquet  kini tidak hanya ada dalam budaya pengantin internasional saja. Banyak sekali pengantin dengan busana nasional mempercantik diri untuk pernikahan mereka menggunakan buket bunga pernikahan. Bunga tangan ini dapat menemani perjalanan kamu menuju pelaminan atau saat berkeliling ruang resepsi menyambut para tamu undangan. Selain itu dapat juga menyemarakan acara pernikahan dengan mengadakan acara lempar buket pernikahan. Walaupun terlihat kecil nyatanya, buket pernikahan harus bisa menyatu dengan keseluruhan konsep pernikahan kamu.

Agar hand bouquet bisa menjadi sesuatu yang sangat berarti dan tak terlupakan pada hari pernikahan kamu, maka sesuaikan bunga dengan tema pernikahan dan busana pernikahan kamu. Bila busana sudah tampak meriah dengan bordir, brokat, renda atau payet pilih rangkaian hand bouquet yang sederhana. Sedangkan bila busana ditampilkan simpel, padankan dengan hand bouquet yang lebih mewah dan meriah. Selain itu postur tubuh sangat menentukan rancangan buket bunga pernikahan. Wanita berbadan besar dan tinggi sebaiknya memilih bentuk hand bouquet dengan bunga panjang menjuntai ke bawah sehingga saat digenggam memberi garis vertikal yang merampingkan tubuh. Untuk pemilik tubuh yang mungil dan pendek sebaiknya memilih bentuk hand tight bouquet dengan rangkaian bunga yang mungil.

Ternyata buket bunga pernikahan merupakan hal yang penting karena memiliki sejarah yang panjang serta makna yang sangat mendalam. Selain itu pemilihan bunga yang tepat juga merupakan hal yang penting. Jangan sampai lupa untuk menyiapkan hand bouquet di pernikahan kamu, ya! Kamu juga perlu tahu jika kamu harus menyiapkannya dari jauh-jauh hari agar bisa menyesuaikan dengan tema pernikahan yang sudah ada.

 

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us