Pilih Kategori Artikel

Desain Cincin Nikah Unik untuk Inspirasi Kamu dan Pasangan

Setiap pasangan pasti ingin memiliki cincin nikah unik yang desainnya sesuai dengan keinginan mereka. Walaupun bentuknya kecil, tapi cincin pernikahan sangat bermakna, lho. Benda mungil ini melambangkan ikatan hati yang kuat dan tidak ada putusnya karena bentuknya yang melingkar.

Karena itu, tidak jarang banyak pasangan yang memilih untuk membuat model cincin secara personal ketimbang membeli yang sudah jadi di toko perhiasan. Bahan dari cincinnya sendiri bermacam-macam. Saat ini semakin banyak alternatif bahan logam maupun non-logam yang bisa dipakai untuk membuat cincin pernikahan, misalnya palladium, kayu, atau batu.

Mendesain cincin nikah unik bersama pasangan tentu merupakan hal yang menyenangkan. Ide pembuatannya bisa bersumber dari pengalaman, filosofi, atau sesuatu yang disukai. Nah, kalau kamu masih bingung dalam mencari modelnya, dibawah ini ada beberapa inspirasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat cincin kamu.

1. Couple’s Fingerprint

wm_article_img

Cincin nikah unik yang satu ini terbilang keren dan cukup personal. Pasalnya, di dunia ini tidak ada satupun orang yang punya sidik jari yang sama. Jadi, jika kamu memilih cincin dengan desain ini, pastinya akan menjadi simbol yang sangat spesial. Ukiran yang ada di sekeliling cincinnya diambil dari sidik jari kamu dan pasangan. Untuk bahan yang digunakan biasanya berupa emas atau perak dengan campuran bahan lain, supaya memudahkan proses pembentukannya.

Untuk membuat cincin nikah unik ini, biasanya kamu dan pasangan akan diminta untuk cap sidik jari dulu. Setelah itu mereka akan memindah sampel sidik jari kalian ke dalam cincin dan diukir. Saat memilih vendor, ada baiknya kamu cari tempat yang bisa mengukir cincin dengan laser ya, karena faktor bentuk sidik jari yang sangat rapat dan cukup rumit, butuh alat khusus supaya hasilnya juga lebih rapi.

2. Calligraphy Ring

wm_article_img

Desain cincin nikah unik selanjutnya adalah cincin dengan goresan kaligrafi di sekelilingnya. Kalau kamu pernah menonton film Lord of The Ring, pasti desain cincin yang satu ini tidak asing bagi kamu. Jika biasanya cincin hanya punya cetakan nama pasangan di bagian dalamnya dan dihias batu permata di bagian luarnya, maka desain unik yang satu ini bisa kamu coba. Membuat cincin dengan ukiran kaligrafi berupa doa atau quote pernikahan maupun personal dari kamu dan pasangan dijamin akan mempermanis tampilannya.

Proses pembuatan cincin nikah unik dengan model ini hampir sama dengan cincin fingerprint. Untuk hasil yang lebih maksimal carilah vendor yang sudah pernah punya pengalaman untuk membuat cincin model ini sebelumnya. Kamu bisa survei ke beberapa toko perhiasan atau mencarinya di internet.

3. Couple’s Initial Ring

wm_article_img

Cincin nikah unik dengan model ini cukup banyak dipakai oleh para artis, lho. Menyematkan inisial pasangan pada cincin nikah memang terbilang personal dan romantis. Bentuknya juga bisa kamu kreasikan sendiri sehingga tidak monoton. Biasanya inisial pasangan diukir di masing- masing cincin, namun ada juga yang dibuat puzzle. Jadi, jika kedua cincin disatukan akan membentuk inisial kamu dan pasangan. Menarik, bukan?

Sebelum menentukan desain cincin nikah unik dan bahan apa saja yang dipakai, ada baiknya kamu mempertimbangkan hal ini. Berdiskusilah dulu dengan pasangan tentang vendor, budget, bahan, dan modelnya. Kamu bisa browsing tempat mana yang cocok dan mempunyai hasil yang rapi. Selain itu carilah yang harga service nya sesuai dengan dana kamu. Pertimbangkan juga lama pembuatannya, karena cincin custom biasanya memerlukan waktu pengerjaan yang lebih lama.

Model dan bahan pembuatan cincin nikah unik sangat mempengaruhi budget dan durasi pembuatannya. Karenanya, kedua hal itu menjadi poin penting yang harus kamu perhatikan. Jika sudah mendapat vendor, jangan sungkan untuk bertanya dan berkonsultasi dengan pakarnya, ya, supaya hasil akhirnya memuaskan. Mintalah sample terlebih dahulu. Lebih baik mencari vendor yang sudah pernah mengerjakan proyek serupa daripada yang masih baru. Walaupun mungkin harganya sedikit lebih mahal, namun hasil akhirnya memuaskan. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah namun bentuk cincinnya tidak sesuai dengan apa yang kamu mau. Ingat, cincin nikah dipakai seumur hidup, lho. Jadi pastikan bahan dan modelnya sesuai dengan keinginan kamu dan pasangan.

Hal lain yang juga penting saat memilih cincin nikah unik adalah kecocokan bahan dan ukuran. Sebelum memesan ada baiknya kamu pastikan apakah kulit kamu dan pasangan tahan dengan bahan yang dipakai. Beberapa pengalaman dari pasangan yang menggunakan cincin nikah dengan bahan tertentu ternyata tidak berjalan mulus. Beberapa dari mereka ternyata alergi dengan bahan yang digunakan, sehingga cincin tidak bisa terus dipakai. Sayang bukan? Nah, semoga artikel diatas dapat menginspirasi kamu dan pasangan untuk mendesain cincin nikah yang unik. Selamat menentukan vendor cincin nikah!

Foto: V&Co Jewellery, MudVicious, WeekendShop Bukalapak, Pixabay

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...