Pilih Kategori Artikel

Catat! Ini Pertanyaan Penting Sebelum Menggunakan Jasa Vendor Wedding Photographer
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Mempersiapkan pernikahan impian bukanlah perkara yang mudah. Ada begitu banyak elemen-elemen yang harus dirinci secara detail, mulai dari persiapan lokasi, dekorasi, konsumsi, busana, riasan make up, hiburan musik, dokumentasi, dan lain-lain. Bahkan kita sudah harus memikirkan hal tersebut dari jauh-jauh hari. 

Untuk membantu para pasangan mewujudkan pernikahan impian, maka dibutuhkan jasa vendor pernikahan. Vendor-vendor tersebut yang nantinya akan membantu kamu menangani berbagai detail dalam acara pernikahan agar berlangsung dengan sukses sesuai dengan harapan. 

Salah satunya, vendor wedding photographer. Mereka adalah aktor kunci dibalik keberhasilan dokumentasi momen-momen di hari istimewamu nanti. Maka dari itu, sebelum menggunakan jasa fotografer pernikahan, sebaiknya kamu tanyakan terlebih dahulu beberapa hal terkait pelayanan yang mereka tawarkan.  

wm_article_img
Photo by AKIphotograph

Berikut ini beberapa daftar pertanyaan umum yang perlu kamu ajukan pada vendor wedding photographer agar memperoleh hasil video atau foto pernikahan yang sesuai dengan impianmu.

1. Sejak kapan anda menggeluti jasa foto pernikahan ini dan biasanya berapa banyak client yang menggunakan jasa anda dalam setahun?

Pertanyaan ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait background vendor yang akan kita gunakan, serta untuk mengetahui track record-nya di bidang wedding photography.

2. Bisakah anda membagikan referensi atau contoh terbaru dari project sebelumnya? 

Pastikan juga kamu melihat referensi sesuai dengan situasi atau tempat pernikahanmu. Misal, jika lokasi pernikahan kamu outdoor, maka mintalah kepada vendor untuk menunjukkan karya-karyanya untuk pernikahan bertema oudoor. Hal ini akan memberikan kamu gambaran mengenai hasil foto-fotomu nanti.

3. Apakah anda memiliki asuransi pertanggungjawaban jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat sedang bertugas? 

Jika tidak, kamu mungkin ingin mengambil kebijakan sendiri untuk menangani apabila terjadi kecelakaan yang tak terduga.

4.  Bagaimana sistem pembayaran dan kebijakan pembatalan dari jasa anda?

Pertanyaan ini perlu ditanyakan untuk mengetahui, tata cara pembayaran jasa vendor wedding photographer yang akan kamu gunakan, sekaligus mendiskusikan kebijakan apabila sewaktu-waktu terjadi pembatalan.

5. Apa rencana cadangan anda jika pada hari H, anda jatuh sakit atau berhalangan hadir?

Pertanyaan ini perlu ditanyakan agar kamu tidak perlu khawatir apabila di hari pernikahanmu ada kejadian sang fotografer jatuh sakit atau berhalangan hadir. Sehingga, fotografer akan mencarikan solusinya.

6. Untuk tempat pernikahan, apa rencananya jika cuaca berubah buruk atau keadaan lain yang tidak terduga terjadi?

Pertanyaan ini ditanyakan untuk memastikan kesiapan fotografer apabila terjadi perubahan situasi mendadak.

7. Berapa biaya perjalanan dan/atau lembur vendor? 

Pertanyaan ini ditanyakan apabila vendor wedding photographer tersebut berasal dari kota yang berbeda dengan tempat dilaksanakannya acara resepsi. Biaya perjalanan yang tak terduga bisa saja muncul dalam kasus ini.

wm_article_img
Photo by Imagenic

Selain daftar pertanyaan umum di atas, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan yang lebih detail sebagai berikut.

  1. Tanyakan apakah vendor itu memang spesialis dalam wedding photography ataukah tidak.

  2. Tanyakan bagaimana sang fotografer menggambarkan gaya fotografinya? Kalau bisa, mintalah kepada fotografer untuk memperlihatkan portofolio foto-foto lain diluar yang dipublikasikan di situs web atau media sosialnya.

  3. Tanyakan berapa banyak tim wedding photographer yang akan meliput.

  4. Tanyakan bagaimana atau kapan vendor akan membuat daftar foto, serta informasi apa saja yang mereka butuhkan dari kamu sebelum acara.

  5. Kemudian tanyakan juga berapa lama vendor tersebut akan mengambil gambar.

  6. Hal yang tak kalah penting, tanyakan jenis peralatan apa yang vendor itu gunakan, serta apakah  mereka memiliki peralatan cadangan.

  7. Tanyakan juga rincian harga terperinci dan apa saja yang termasuk dalam paket yang ditawarkan wedding photographer tersebut.

  8. Jumlah jam kerja minimum, juga perlu ditanyakan agar kamu mengetahui berapa lama vendor tersebut bersedia mengambil gambar.

  9. Tanyakan juga apakah pernikahan kamu menjadi satu-satunya pekerjaan vendor pada hari itu. Jika tidak, jam berapa jadwal pemotretan untuk acara kamu, dan tanyakan bagaimana solusinya jika fotografer tidak bisa datang tepat waktu.

  10. Terakhir, kamu juga perlu tanyakan kepada vendor jasa fotografi tersebut mengenai berapa lama proses pengeditan foto atau video dari vendor tersebut.


Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu tanyakan kepada vendor wedding photographer yang akan menangani dokumentasi di acara pernikahanmu nanti. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantu kamu dalam memilih dan memutuskan vendor mana yang akan kamu gunakan. Dengan menanyakan hal-hal tersebut kamu juga jadi lebih tahu banyak tentang pelayanan dan fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan dari vendor tersebut, seperti berapa banyak foto yang bisa kamu dapatkan, apakah sudah termasuk album foto, flashdisk, video cinematic, dll. 

Dengan komunikasi yang baik antara kedua belah pihak, diharapkan dapat menghasilkan foto-foto pernikahan berkualitas baik pula. Jadi, Temukan juga vendor wedding photographer terbaik di smart platform WeddingMarket ya. Good Luck!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...