Pilih Kategori Artikel

4 Ide Pengaturan Dekor Pelaminan untuk Acara Pernikahanmu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pelaminan merupakan tempat utama yang akan menjadi pusat perhatian dan semua orang akan menuju ke tempat ini. Karena hal inilah area ini selalu berada di bagian depan dan sering mendapat perlakuan khusus terutama pada dekorasinya. Dekor pelaminan selalu paling meriah dan banyak menggunakan aksesoris atau pernak-pernik. 

Setiap pernikahan pasti akan mendahulukan dan mengutamakan pengaturan pada area tersebut. Setiap pengantin juga akan berdiri dan duduk dalam waktu yang lama pada tempat ini. Bagaimanapun konsepnya maka pengaturannya harus disesuaikan dengan pengaturan yang baik serta adanya keserasian dalam setiap sisi. 

Hal ini tentunya akan membuat area ini terlihat lebih cantik dan membuat pengantin bisa berdiri dengan lebih percaya diri. Untuk area tersebut kamu perlu mengatur dan membuat konsep yang sangat tepat. Hal ini tentu akan diwujudkan oleh vendor yang menangani bagian dekorasi tersebut.

4 Ide Pengaturan Dekor Pelaminan untuk Acara Pernikahanmu

Dekor pelaminan yang bisa dipilih harus memiliki penataan yang baik sehingga menjadi dekorasi yang sangat menarik. Beberapa ide pengaturan bisa kamu pilih bahkan idenya pun bisa berasal dari dirimu sendiri. Beberapa ide pengaturan dekorasi berikut ini bisa kamu pilih untuk digunakan pada dekorasi pelaminan acara pernikahanmu. 

1. Warna Dominan Putih

wm_article_img
Foto: Ikayu on Tokopedia

Warna putih sangat identik dengan pernikahan karena melambangkan kesucian dan kesakralan sebuah hubungan. Hampir setiap acara pernikahan pasti menggunakan pakaian berwarna putih sebagai warna utamanya. Hal ini juga berlaku untuk dekorasi terutama pada bagian pelaminan. Warna putih bisa digunakan untuk area ini sehingga bisa terlihat sangat cantik. 

Aneka bunga berwarna putih bisa kamu tempatkan untuk area pelaminan. Kamu juga bisa menambahkan hiasan daun yang cantik berwarna hijau segar sehingga menjadi perpaduan yang sangat menarik. Bunga-bunga ini bisa kamu tempatkan terutama pada bagian atas pelaminan hingga 20 atau 25 cm dari atas. 

Area tengah bisa dibiarkan kosong dan hanya menggunakan hiasan berupa tulisan nama kedua pengantin. Untuk area yang kosong ini kamu harus memilih dinding buatan yang sangat polos yang terbuat dari akrilik atau kain yang dibentangkan di sebuah bidang sehingga terlihat menjadi sebuah dinding yang halus dan polos sehingga dekor pelaminan ini akan sangat menarik. 

Untuk membuatnya terlihat lebih menarik kamu bisa memasang lampu yang berwarna putih dan sangat terang. Pilihlah bunga mawar putih atau sejenisnya dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Tempatkan pada bagian yang paling sering terlihat bila perlu pasang bunga tersebut dengan jumlah yang cukup banyak di area pelaminan. 

2. Menyematkan Tiga Buah Backdrop

wm_article_img
Foto: katapernikahan

Di area pelaminan kamu juga bisa membuat dekor yang cukup menarik dari tiga buah backdrop yang dipasang terpisah. Kamu bisa menghias pelaminan berupa backdrop yang dibuat dengan bentuk melingkar ataupun persegi. Penempatannya bisa di sebelah kiri dan kanan tepat di belakang kedua orang tua berdiri dengan bentuk dan posisi yang sama. 

Untuk area tengah yang sejajar dengan pengantin maka bisa dibuat sedikit lebih megah dengan bentuk yang berbeda. Untuk dekor pelaminan seperti ini kamu tidak perlu menambahkan terlalu banyak bunga terutama pada bagian atas. Bentuk latarnya kamu bisa menggunakan kain polos yang dibentangkan dari ujung satu ke ujung lainnya. 

Backdrop tersebut bisa ditata serapih mungkin dengan bentuk melingkar yang dihiasi daun dan bunga-bunga yang cantik. Nantinya area tersebut akan sangat terlihat menarik dan tidak terlalu berlebihan. Jika kamu menyukai konsep yang simple maka pernyataan seperti ini bisa kamu pilih karena sangat sesuai dengan konsep tersebut. 

Untuk membuatnya terlihat lebih elegan pilihlah bunga berwarna putih yang dihiasi dengan aneka daun berwarna hijau terang. Hal ini akan membuat backdrop tersebut terlihat lebih menarik dan elegan. Kombinasi warna putih dan hijau akan menjadi sebuah perpaduan yang pas dan tidak terkesan memaksakan. 

3. Latar Silang

wm_article_img
Foto: findideas blogerium

Latar pelaminan yang dibuat dari kain yang disilangkan juga sangat menarik untuk bisa kamu pilih. Dekor pelaminan seperti ini bisa dibuat dari kain berwarna putih yang dibentangkan secara menyilang di area tengah tepat di belakang pengantin akan berdiri. Kemudian pada area atasnya bisa dipasang beberapa hiasan bunga yang tidak terlalu mencolok dari segi warnanya. 

Penempatan bunga bisa hanya di area atas saja serta area depan pelaminan. Untuk latar bagian tengah kamu tidak perlu terlalu banyak menempatkan bunga karena detailnya sudah ada pada penggunaan kain yang dipasang secara menyilang. Jenis bunganya pun tidak perlu terlalu banyak dan kamu hanya perlu menggunakan satu jenis bunga saja. 

Pastikan kamu memilih kain berwarna putih agar terlihat lebih elegan dan netral untuk pemilihan warna apapun. Untuk bunga dan dekorasi lainnya kamu bisa memilih warna yang cenderung lebih soft dan tidak terlalu terang. Hal ini akan menjadi sebuah perpaduan yang sangat indah dan tidak terkesan berlebihan. 

Selain itu, dekor pelaminan seperti ini juga sangat terlihat unik dikarenakan penggunaan kain seperti ini sangat jarang. Lengkapi dengan penggunaan lampu hias di sekitar kain tersebut agar warnanya lebih terlihat jelas. Dengan begitu, pengaturan yang dibuat seperti ini akan sangat terlihat cantik. 

4. Stand Flower Tinggi

wm_article_img
Foto: AliExpress

Kamu juga bisa menggunakan stand flower berukuran tinggi untuk area pelaminan terutama di bagian belakang pengantin. Stand flower seperti ini nampak seperti sebuah tiang yang dihias bunga dengan bentuk yang sangat unik. Kamu bisa menempatkan beberapa buah stand flower tersebut tepat di belakang pengantin dan seluruh bagian pelaminan. 

Dengan memasang dekor pelaminan seperti ini kamu tidak perlu lagi terlalu banyak menggunakan detail hiasan untuk bagian atas pelaminan. Sebab tinggi dari stand flower ini biasanya berukuran 3/4 dari tinggi area pelaminan. Stand flower ini akan terlihat sangat menarik Terlebih jika kamu menempatkan bunga dengan warna yang netral terutama putih. 

Bagian belakang kamu bisa menggunakan latar dari kain berwarna putih yang sedikit berkilau. Tambahkan hiasan berupa lampu dengan warna natural agar hasilnya lebih menarik lagi. Hiasan seperti ini cukup simple namun tetap menarik dan bisa terlihat sangat modern. Untuk bagian depan kamu bisa memilih stand flower yang lebih pendek dan sedikit lebar.

Gunakan warna-warna yang lebih soft agar bisa terlihat lebih simple dan hasilnya pun tidak terlihat kurang bagus. Untuk dekorasi sepertinya kamu bisa menggunakan warna putih untuk mendominasi setiap bagiannya. Pilihlah kursi yang tidak terlalu tinggi agar bunga di belakangnya bisa terlihat sangat jelas. 

Beberapa contoh diatas bisa menjadi inspirasi untukmu agar memilih dekorasi bagian pelaminan yang sangat menarik dan cantik. Kamu bisa membuat inspirasi lainnya yang lebih menarik dengan memadukan beberapa contoh yang sudah ada atau kamu membuatnya sendiri sesuai ide kreativitasmu. 

Kamu harus memiliki konsep yang tepat agar pengaturan terhadap dekor pelaminan bisa sangat baik dan hasilnya sangat menarik. Hal ini perlu menjadi prioritas terlebih acara pernikahan merupakan acara paling berkesan dalam hidupmu. Pilih vendor yang ahli di bidangnya dan sudah memiliki pengalaman yang cukup banyak.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...