Pilih Kategori Artikel

Konsep Dekorasi Lamaran Sederhana: Sesuai Budget, Tetapi Terasa Begitu Berkesan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dekorasi lamaran sederhana tentu masih lebih baik dibanding tidak ada dekorasi sama sekali. Sebagai suatu prosesi yang hanya dilakukan sekali seumur hidup, tetapi akan mempertemukan dan menyatukan kedua keluarga, tentunya kamu tak ingin pesta ini berlalu tanpa kesan, kan? Dan tahukah kamu? Selain itu, dekorasi yang ciamik juga bisa menunjukkan bahwa mempelai wanita menerima lamaran pihak pria dengan baik.

Namun, terkadang biaya lamaran menjadi bengkak karena dekorasi yang mahal. Banyak yang mengira dekorasi lamaran harus mewah, megah, atau bahkan memiliki harga fantastis. Padahal, dekorasi lamaran yang sederhana pun bisa nampak pantas dan penuh estetika. Kamu bisa melihat sejumlah konsep dekorasi sederhana yang penuh kesan berikut sebagai contohnya:

  1. Rustic

Konsep dekorasi lamaran rustic sederhana kini mulai banyak diminati. Dengan menonjolkan kesederhanaan, konsep ini dapat memunculkan estetika yang indah jauh dari situasi pesta formal. Ciri khas konsep rustic adalah adanya dekorasi berbahan kayu atau bahan-bahan alami lainnya.

Bukan sembarang kayu, konsep ini banyak menggunakan kayu yang dibuat seakan-akan sudah usang, terlihat kasar, dan tidak melalui proses finishing yang baik, misalnya saja tidak dicat atau dipelitur. Warna dari konsep rustic sendiri lebih ke warna netral yang pucat atau soft, seperti putih, coklat, maupun warna-warna netral lainnya. Jika kamu ingin menggunakan warna hijau, biru, atau kuning, kamu bisa menggunakan varian warna pastelnya saja.

  1. Balon

Mendengar kata balon, mungkin di pikiranmu langsung terbayang pesta ulang tahun. Ya, balon memang identik dengan pesta ulang tahun. Namun, balon yang umum digunakan untuk ulang tahun ini ternyata dapat membuat dekorasi lamaran sederhana terlihat semakin indah dan fresh, terutama jika dipadupadankan dengan dekorasi warna-warni.

Jika kamu cukup kreatif dalam menata, kamu bisa membuat dekorasi atau rangkaian balon sendiri sehingga tidak mengeluarkan biaya lebih untuk memanfaatkan jasa pembuat dekorasi balon.

  1. Paper Flower

Baik untuk dekorasi lamaran sederhana maupun yang megah berlebihan, pasti selalu ada bunga yang digunakan untuk memberikan kesan segar dan indah. Nah, sekarang kamu bisa memilih antara bunga asli atau paper flower. Jika kamu menginginkan dekorasi lamaran yang tidak terlalu memakan biaya, paper flower adalah solusi terbaik untukmu.

Dibandingkan bunga asli, paper flower lebih murah karena bisa dibuat sendiri. Kamu bisa melihat tutorial cara membuat paper flower melalui internet. Kamu juga bisa menggunakan jasa pengrajin paper flower jika tidak memiliki cukup waktu untuk membuatnya sendiri. Tenang saja, biaya ini tergolong lebih hemat karena paper flower bisa kamu jadikan dekorasi untuk lain kesempatan, tidak seperti bunga hidup yang mungkin akan layu setelah acara selesai.

  1. Dekorasi Kain

Konsep dekorasi lamaran sederhana yang satu ini sudah cukup familier di Indonesia. Mengandalkan kain yang disusun dan ditata, kamu bisa mendapatkan dekorasi lamaran terpopuler yang ciamik. Kamu bisa memiliki warna-warna netral atau soft seperti putih. Namun, beberapa orang juga lebih memilih warna yang cerah atau berwarna-warni.

Konsep dekorasi menggunakan kain ini sangat tepat untuk lamaran yang hemat biaya, karena kain memberikan kesan elegan dan tidak terlalu membutuhkan ornamen lain meski kamu bisa memanfaatkan bunga untuk mempercantik dekorasi kain. Kamu juga bisa memanfaatkan perabotan kayu yang ditata apik untuk memunculkan kesan mewah serta berkelas. Kamu juga bisa menambahkan lampu hiasan atau lampu antik untuk kesan yang lebih mendalam.

  1. Garden Party

Konsep dekorasi lamaran sederhana yang terakhir ini sedikit sama dengan konsep rustic, bahkan kadang tidak bisa dipisahkan karena sama-sama mengusung kesederhanaan. Meski demikian, konsep garden party lebih mengarah pada acara yang dilakukan secara outdoor untuk menangkap nuansa alam sebaik mungkin, sementara konsep rustic bisa dilakukan di dalam ruangan.

Konsep ini cocok untuk kamu yang tinggal di daerah perkotaan dan merasa jenuh dengan padatnya kota. Selain nampak asri dengan hijaunya alam, konsep ini bisa menjadi alternatif yang hemat biaya karena kamu tidak perlu menyiapkan dekorasi yang berlebihan. Cukup andalkan keindahan alam dengan paduan dekorasi minimalis, dan kamu pasti sudah bisa membuat kedua keluarga merasa sangat terkesan dengan estetika yang kamu sajikan.

Lamaran tidak perlu dilakukan dengan menghabiskan terlalu banyak biaya. Pilih dekorasi lamaran yang sederhana agar sisa anggaran yang ada bisa kamu tambahkan pada biaya pesta pernikahan yang tentunya juga tidak sedikit. Pilih konsep yang paling kamu sukai, coba bicarakan dengan pasanganmu apakah kalian ingin melakukan lamaran dengan konsep semacam itu. Bagaimanapun juga, kalian akan melalui prosesi ini bersama, jadi mengapa tidak libatkan saja sekalian pasanganmu untuk mencari konsep terbaik yang tidak hanya pantas secara estetika, tetapi juga sesuai dengan anggaran yang sudah kalian siapkan!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...