Pilih Kategori Artikel

Begini Dekorasi Pelaminan Adat Batak, Lengkap dengan Maknanya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kita tentunya sudah tahu bahwa sebuah pernikahan itu sakral. Bukan hanya itu saja, pernikahan juga merupakan salah satu momen yang dinanti–nanti bagi sepasang kekasih. Namun, ada hal yang penting harus dilakukan sebelum hari H yaitu dekorasi pelaminan, terlebih untuk dekorasi pelaminan adat Batak. Kamu perlu mempersiapkan segala halnya dengan baik.

Apabila kamu adalah orang Batak, tentunya tema ini biasanya selalu digunakan untuk melestarikan budaya. Walau sebagian orang juga sudah mengusung tema – tema modern lainnya. Desain Batak tentunya memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan yang lain, salah satunya adalah rumah tradisional. Bukan hanya itu saja, terdapat berbagai ukiran ornamen yang khas dari masyarakat Batak Toba yang dikenal dengan sebutan Gorga. Umumnya hal tersebut dibuat dengan motif rotan berduri serta garis gerografis serta pakis. 

Nah motif tersebut memang mudah sekali dikenali oleh banyak orang, bukan hanya itu saja bahkan ketika kamu masuk meja tamunya. Disisi lain, dekorasi pelaminan dengan konsep rumah panggung pun dapat kamu lihat. Untuk rumah panggung tersebut dibuat dari kayu serta penyanggah yang kuat dan juga kokoh. 

Jadi, apa saja makna dari ornamen-ornamen di setiap pernikahan adat Batak?

1 . Ornamen Gorga

Ornamen yang satu ini dapat kita temukan dibagian luar rumah tradisionalnya. Ornamen tersebut berupa ukiran, selain itu pada ornamen dekorasi pelaminan adat batak, terdapat ornamen gorga yang bentuknya seperti cicak. Hampir di setiap acara pernikahan dengan konsep tradisional tentu memiliki keunikan dan juga maknyanya sendiri apalagi adat Batak. Selain itu, pernikahan tradisional ini identik dengan pakis, garis geografis serta rotan berduri.

2 . Kain Ulos

Ornamen yang selanjutnya yaitu kain ulos. Dimana disetiap pernikahan kamu bisa jadikan kain tersebut untuk menutup latar belakang photobooth atau penutup meja. Tujuannya supaya tamu yang kamu undang pada saat mengabadikan foto disana tentu berkesan kental adatnya. Disisi lain, kain ulos sendiri banyak sekali motifnya. Sebagai rekomendasi pilihlah kain yang mempunyai kesan atau makna suka cita.

3 . Ornamen Maindailing

Nah untuk yang satu ini asalnya dari Sumatera Utara, yang mempunyai ciri khas berbeda. Bisa dibilang, dekorasinya mirip seperti adat melayu. Ornamen yang sering ditaruh bunga – bunga maupun benda alam lainnya misalkan bintang, matahari dan bulan, juga warna yang digunakan pun hasil dari perpaduan merah, emas, hijau, hitam dan kuning. Desain tersebut ditunjukan pada pandangan hidup masyarakat serta nilai budaya agar bisa mencapai kebahagiaan dan kemuliaan.

4 . Rumah Bolon

Mungkin semua orang pastinya sudah tahu dengan rumah adat yang satu ini. Perlu kamu ketahui bahwa ini juga sering kali dijadikan sebagai ornamen penting untuk dekorasi pelaminan adat Batak. Nah dibangunan tersebut, terdapat konsep yang digambarkan peradaban manusia. Selain itu, terdapat 3 bagian yang mempunyai dimensi yang berbeda – beda. Awalnya rumah tersebut berbentuk rumah panggung dengan tiang sebagai penyanggahnya.

Hal yang menjadi khasnya yaitu atapnya yang melengkung seperti tanduk kerbau. Nah atap tersebutlah yang sering dijadikan sebagai dekorasi untuk pelaminan. Maknanya adalah ucapan terima kasih karena sudah membantu mendapatkan rezeki dari pertanian.

Sebelum melaksanakan pernikahan, tentu saja kita harus mempersiapkan dengan matang. Selain dekorasi, pelaminan adat Batak harus memikirkan hal lainnya, diantaranya kebaya dan jas pengantin, songket, sadum atau tumtuman, fotografer pernikahan, salon untuk pengantin, catering dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya harus kamu siapkan dari jauh – jauh hari untuk membuat acaranya berjalan dengan lancar.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam mengusung tema dekorasi pelaminan adat Batak.

1. Desain Gorga 

Sampai saat ini, dekorasi adat Batak yang sering kali kita lihat yaitu hanya menonjolkan rumah adat batak itu sendiri walaupun di rumah adat tersebut terdapat gorganya. Akan tetapi, hal tersebut tidak dominan. Oleh karena itu, untuk dekorasi pelaminan adat Batak yang satu ini akan menonjolkan unsur gorganya supaya hal tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luar bahwa ukiran yang sering kali ada di Batak memiliki nilai seni yang tinggi.

2. Dekorasi Taman & Pelaminan

Ornamen yang kamu padukan menggunakan warna serta ukiran dengan warna keemasan agar terlihat sangat mewah. Dekorasi pada taman juga umumnya diletakkan pada area depan pelaminan. Kamu pun dapat mengubah pakem tak tertulis tersebut agar dekorasinya menjadi lebih menarik.

Setelah itu, kamu dapat menggeser area taman ke bagian tengah ruangan resepsi serta fokus pada pohon buatan yang ukurannya cukub besar dan rindang. Dekorasi pun akan terlihat megah karena adanya pohon tersebut. Kemudian kamu tinggal menghias beberapa bunga dari berbagai warna diantaranya pink, putih, bunga aster serta daun – daun hijau yang bisa kamu ambil dari tanaman perdu.

Supaya dekorasi pelaminan adat Bataknya lebih kental lagi, kamu juga jangan sampai lupa dengan patung khasnya yang kerap kali disebut Galegale. Nantinya, bisa menghiasi acara pernikahanmu di taman. Dijamin, pernikahanmu sangat kental sekali dengan nuansa Batak.

3. Dekorasi dengan Sentuhan Modern

Hampir sama seperti poin di nomor satu. Saat ini, memang banyak sekali pilihan untuk tema pernikahan baik itu tradisional dan modern. Namun, kamu juga dapat memadukan kedua hal tersebut menjadi satu. Walaupun tetap saja tidak menghilangkan nilai – nilai tradisional yang ada. Dengan konsep yang satu ini pasti akan membuat menarik lagi jika dibandingkan dengan yang lama.

Jika kamu menggunakan vendor pernikahan, pastikan mereka mengetahui ornamen serta dekorasi dari pernikahan adat Batak. Kamu juga bisa melihat vendor pernikahan terbaik kami. Selain berpengalaman, vendor juga menyediakan berbagai pernikahan adat dengan harga variatif.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...