Pilih Kategori Artikel

Dekorasi Pelaminan Sederhana untuk Pernikahan di Gedung yang Hemat Biaya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Bicara mengenai dekorasi pelaminan sederhana, biasanya akan mengacu pada pesta pernikahan yang digelar di rumah, sementara pernikahan yang digelar di gedung selalu memiliki konotasi pelaminan yang mewah dan menelan biaya yang luar biasa.

Padahal, pernikahan di gedung tak selamanya harus memiliki dekorasi yang ber-budget besar, beberapa orang memilih menikah di gedung karena harus mengundang banyak tamu dan itu sudah cukup membengkakkan anggaran pernikahan untuk membayar katering, memesan souvenir, bahkan untuk sewa gedung pun biaya yang dikenakan bisa cukup mahal di beberapa kota di Indonesia. Dan untuk menekan biaya resepsi pernikahan yang cukup besar ini, dibuatlah keputusan untuk membuat dekorasi pelaminan sederhana.

Supaya nantinya pelaminan Anda tidak terlalu berkesan sederhana, coba tambahkan beberapa benda ini sebagai dekorasi di pelaminan Anda. Tidak mahal, bahkan beberapa bisa dibuat sendiri!

  • Menggunakan lampu LED bisa jadi salah satu pilihan agar pelaminan Anda lebih meriah

wm_article_img

Ingin mendapatkan kesan meriah tidak harus dengan cara yang sulit atau dengan benda yang sukar ditemukan, dengan dekorasi pelaminan sederhana pun Anda tetap bisa mendapatkan kesan meriah tersebut. Saat pernikahan Anda akan digelar sederhana dan Anda membutuhkan sesuatu untuk membuatnya tampak lebih menarik, Anda bisa menggunakan lampu LED!

Lampu LED atau juga dikenal sebagai lampu tumblr ini banyak dijual diberbagai toko online maupun toko-toko lampu dan dijual per meternya berkisar antara Rp35.000,00. Anda bisa membeli sesuai kebutuhan Anda dan menjadikannya pemanis pada background pelaminan. Namun, pilihlah warna lampu yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Apabila Anda mengusung tema tradisional, Anda bisa memilih warna kuning atau putih!

  • Wedding wreath yang unik dan belum banyak digunakan sebagai dekorasi di pelaminan Indonesia

wm_article_img

Untuk Anda yang menginginkan dekorasi pelaminan sederhana dengan dekorasi unik dan belum banyak ditemukan di pesta pernikahan di Indonesia, Anda bisa menggunakan wedding wreath yang memiliki beragam bentuk seperti lingkaran, bentuk hati, atau bisa juga tak simetris. 

Wedding wreath bisa dibuat dari rotan, akar pohon atau dengan besi tipis yang bisa dibentuk-bentuk sesuai keinginan dan kemudian bisa Anda lapisi dengan daun-daunan atau dengan bunga. Namun, ketika Anda membuatnya menggunakan rotan, tanpa menghiasinya dengan bunga pun, wedding wreath Anda sudah cukup artsy. Menggunakan wedding wreath biasanya akan semakin lengkap ketika Anda memiliki konsep pernikahan rustic atau bohemian.

  • Pelaminan Anda akan tampak meriah dengan adanya paper flower dalam berbagai ukuran

wm_article_img

Pernikahan adalah sebuah perjalanan hidup yang akan terjadi sekali seumur hidup, itulah mengapa kita harus melakukan yang terbaik saat mempersiapkan pernikahan, pun termasuk urusan pelaminan. Tidak harus dengan sewa dekorasi pelaminan mahal, Anda justru bisa membuat sendiri dekorasi pelaminan sederhana Anda, seperti dengan membuat paper flower yang bahan-bahannya pun bisa didapat di toko alat tulis. Namun, tentu membutuhkan waktu yang lama untuk membuat paper flower dalam berbagai ukuran dan warna.

Jangan khawatir, apabila Anda tetap ingin menghiasi pelaminan dengan paper flower, kini banyak penyedia paper flower yang bisa ditemukan di pasar online dengan harga yang bervariasi, berkisar antara Rp80.000,00 sampai dengan Rp250.000,00 Anda sudah mendapatkan berbagai ukuran dan warna paper flower. Meski memilih dekorasi pelaminan sederhana, dengan adanya paper flower pelaminan Anda tidak akan tampak biasa saja!

  • Tidak hanya bisa digunakan di pelaminan, lampu lentera lawas Anda juga bisa jadi gantungan di langit-langit gedung

wm_article_img

Tren pelaminan saat ini banyak kembali pada konsep vintage yang membawa kesan zaman dulu yang hangat dan temaram. Konsep vintage ini bisa didukung dengan menggunakan barang-barang bekas layak pakai seperti menggunakan lampu lentera yang biasa dipakai kakek-nenek Anda untuk menyalakan lilin untuk penerangan rumah.

Lentera ini bisa Anda letakkan di depan pelaminan yang dalamnya bisa diisi dengan lampu led agar seperti ada kunang-kunang di dalamnya, atau bisa Anda isi dengan bunga sesuai warna tema pernikahan, jika Anda memiliki lampu lentera dalam jumlah besar, gunakan sebagai lampu gantung yang menghiasi langit-langit gedung.  Dekorasi pelaminan sederhana Anda akan terlihat sangat indah!

  • Supaya berkesan istimewa dan personal, tambahkan nama atau inisial nama Anda dan pasangan sebagai hiasan backdrop pelaminan

wm_article_img

Tidak sulit untuk bisa mewujudkan dekorasi pelaminan sederhana yang mengesankan, salah satunya adalah dengan menambahkan nama Anda dan pasangan atau jika ingin lebih simple, menambahkan sekadar inisial nama bisa menjadi pilihan. Hiasan nama ini bisa Anda buat dari Styrofoam, kayu, atau dari kaca, tergantung pada keinginan Anda.

Jika ingin yang kokoh dan bisa digunakan lagi sebagai hiasan di rumah, Anda bisa menggunakan bahan kayu tapi, jika Anda ingin yang hemat biaya, Anda bisa memakai bahan Styrofoam kemudian diberi warna dengan cat atau dilapisi dengan warna pilihan. Dengan tambahan dekorasi inisial nama ini, pelaminan Anda akan berkesan lebih personal dan melengkapi Anda berdua dengan lebih baik.

  • Tidak hanya lampu lentera lama yang bisa digunakan, Anda juga bisa memakai pigura bekas yang tidak lagi terpakai

Di rumah Anda terdapat banyak pigura yang tidak terpakai karena foto lama sudah tidak menarik lagi? Tunggu dulu, jangan dibuang. Anda bisa menggunakannya lagi sebagai dekorasi pelaminan sederhana yang hasilnya luar biasa! Anda hanya perlu mewarnai ulang pigura Anda tersebut dengan warna aslinya, kemudian Anda bisa menghiasnya dengan bunga-bungaan atau daun yang menjalar pada beberapa sisinya.

Tidak hanya sebagai pemanis pelaminan, Adanya bunga-bungaan hidup ini, pelaminan Anda jadi tampak lebih segar sekaligus jadi tempat foto pernikahan instagram-able!

  • Menutupi tembok gedung dengan tirai yang ditata semenarik mungkin adalah dekorasi pelaminan tersederhana yang bisa dicoba

Saat Anda benar-benar menginginkan dekorasi pelaminan minimalis yang simple tapi dengan kesan modern yang kuat, Anda bisa melapisi dinding gedung pernikahan dengan tirai-tirai ditata sedemikian rupa dengan warna konsep pernikahan Anda. Namun, jika Anda mengarah pada kesan modern, sebaiknya pilih warna putih yang akan juga memberi efek khidmat. Selain putih, Anda bisa memilih warna pastel pada tirai yag menjadi penutup dinding tembok sekaligus dekorasi Anda tersebut. Agar tidak terlalu polos, Anda bisa menambahkan lentera lama atau justru bunga-bunga hidup di sana.

Ada banyak cara untuk mewujudkan dekorasi pelaminan sederhana di gedung tapi dengan hasil akhir yang tetap menarik dan mengesankan. Rekomendasi di atas tadi juga bisa didapatkan tanpa mengeluarkan biaya sewa yang banyak, bahkan bisa menggunakan barang lama Anda yang disulap dengan kreatif. Selamat mencoba!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...