Seberapa Penting Dekorasi Pernikahan? - Wedding Market

Seberapa Penting Dekorasi Pernikahan?

31 Mar 2020 | By WeddingMarket | Viewers: 1975
Seberapa Penting Dekorasi Pernikahan?
Foto: Steeve Decor

Setiap kali pasangan calon pengantin yang ingin menggelar pesta pernikahan. Tentunya, akan selalu memperhatikan salah satu hal yang penting yaitu dekorasi. Lalu, apakah kamu mengetahui tentang dekorasi pernikahan?

Yap, Dekorasi pernikahan merupakan salah satu elemen penting dalam pesta pernikahan kamu. Tanpa adanya dekorasi di dalam acara pesta pernikahanmu tentu akan terasa hampa. Tidak menggambarkan kalau ada pesta yang sedang di meriahkan.

Jika kamu memilih elemen yang tepat, pastinya kamu dan pasangan bisa mewujudkan suasana yang cantik dan romantis sesuai dengan keinginan. Lalu, butuh berapa lama waktu yang tepat untuk merencanakan sebuah dekorasi pernikahan tersebut?

Eits, tenang saja, dears. Jawabannya adalah kisaran 4 hingga 6 bulan sebelum tanggal pernikahan yang sudah disepakati. Tentu, ada banyak sekali vendor dekorasi berkualitas yang bisa kamu jadikan sebagai pilihanmu.

Seberapa Penting Dekorasi Pernikahan untuk Acara Pesta Pernikahanmu?

Yang kita tahu bahwa sebuah dekorasi pernikahan itu termasuk dalam memainkan skema warna dan tatanan bunga yang baik dengan cermat, kan? Eits, ternyata bukan seperti itu loh, dears. Dua elemen tersebut mampu menciptakan dan mengatur visual para tamu undangan di acara pesta pernikahanmu.

Jangan disepelekan bahwa sebuah dekorasi pernikahan ternyata bisa membantu kamu dalam menggelar sebuah acara pernikahan. Tentunya, para tamu undangan yang datang ke acara pesta pernikahan dengan dekorasi yang mampu memanglingkan.

Nyatanya, sebuah dekorasi pernikahan dianggap sebuah hal yang sangat penting. Dikarenakan sebagai salah satu visual paling menohok pada saat pesta pernikahan berlangsung.

Mengapa sebuah dekorasi ini merupakan salah satu hal yang penting dalam pesta pernikahan? Dikarenakan sebuah dekorasi ada kaitannya dengan suasana pesta pernikahan yang kamu gelar. Dekorasi mampu menonjolkan sebuah venue dan prosesi pernikahan, lho.

Tak hanya itu saja, kok. Tetapi juga dekorasi pernikahan mampu memberikan penampilan yang tepat untuk acara tersebut. bisa dikatakan bahwa sebuah dekorasi merupakan salah satu pilihan masalah pribadi pasangan calon pengantin. Maka dari itu, pasangan calon pengantin juga bisa menentukan seberapa kualitas dari dekorasi tersebut.

Ketika kamu sedang memilih dekorasi untuk pernikahanmu, tentu kamu akan banyak memiliki sebuah pilihan. Dengan begitu, kamu dengan mudahnya untuk menciptakan suasana manis, elegan, nan mempesona dengan dekorasi yang kamu pilih.

Jadi, ketika kamu sedang merencanakan, terapkan sikap hati-hati lebih awal dan pilihlah sebuuah tema dekorasi pernikahan yang tepat. Pemilihan dekorasi yang tepat juga berkesinambungan dengan penghematan waktu dan uang yang baik. Serta juga dapat memiliki prosesi pernikahan yang begitu indah, kok.

1. Khususnya pasangan calon pengantin, Pentingnya sebuah dekorasi tidak boleh diabaikan, lho. penyebabnya adalah dekorasi bisa menciptakan suasana untuk acara pernikahan kamu dengan meningkatkan keindahan prosesi pernikahan, menonjolkan pengantin, dan mempromosikan suasana romantis di acara pesta pernikahan tersebut.

Sekarang, banyak sekali pasangan calon pengantin yang menentukan tema sendiri untuk acara pesta pernikahannya. Dengan cara menelaah sendiri dan mengeksekusi dengan baik agar dekorasi tersebut terlihat sempurna nan menawan.

2. Di dalam proses memilih sebuah dekorasi pun dilarang bagi pasangan calon pengantin untuk tidak boleh mengabaikan begitu saja. Dikarenakan sebuah dekorasi diyakini mampu untuk meningkatkan keindahan sebuah acara pesta pernikahan serta menebarkan sebuah kebahagiaan.

3. Pentingnya dekorasi tidak boleh diabaikan. Seperti misalnya, jika sebagai pasangan calon pengantin, kamu memilih tema dekorasi pelaminan rustic. Justru seluruh item yang harus kamu gunakan sesuai dengan tema besar yang kamu ambil yaitu rustic. 

Sama halnya ketika kamu sedang menentukan dekorasi catering pernikahan. Kamu perlu berhati-hati dalam memilih tema yang berbeda di dalam satu konsep pernikahan. Kalau kamu melakukan hal yang seperti itu, justru yang ada akan memberikan kesan “norak”.

Tips Memilih Dekorasi Pernikahan Sebelum Berdiskusi dengan Pihak Vendor


1. Menentukan Tema Terlebih Dahulu

Gaya acara pesta pernikahanmu akan menentukan sebuah tema dekorasi pernikahan. Banyak sekali tipe pasangan calon pengantin yang menjadikan konsep tradisional maupun internasional sebagai tema yang akan diangkat di sebuah acara pesta pernikahannya.

Jika kamu mengusung konsep pernikahan tradisional serta mengambil adat dari daerah tertentu. Maka, ada beberapa elemen khas dari daerah tersebut yang bisa kamu angkat sebagai tema besarnya, lho.

Beda halnya, jika kamu mengusung konsep pernikahan bergaya internasional. Maka, kamu bisa saja mengangkat tema besarnya dari beberapa tren yang kini sedang populer. Deasy Maharani, salah satu pihak vendor dekorasi pernikahan dari “Jonquilla Decor” asal Bali mengatakan bahwa saat ini gaya rustic sedang digemari pasangan calon pengantin.

Nyatanya, kini sebagian besar vendor dekorasi lebih mengeksplorasi gaya dekorasi pernikahan rustic dengan sedikit menambahkan sentuhan glamour disetiap elemen-elemen detailnya.

2. Memilih Palet Warna yang akan digunakan

Eits, kamu tidak asal dalam memilih warna dekorasi pernikahan, lho. Karena pada dasarnya, warna sangat berperan aktif agar bisa memudahkan kamu untuk membangun suasana yang selaras.

Jika kamu menggelar sebuah acara pesta pernikahan di pagi ataupun siang hari. Lebih baik kamu menggunakan warna-warna lembut seperti palet warna pastel. Sedangkan warna bold seperti merah, fuchsia, oranye, dan biru merupakan beberapa tren warna yang populer di 2015.

Jika kamu ingin acara pesta pernikahanmu terlihat lebih menarik. Disarankan untuk mengombinasikan dengan sentuhan metalik agar kamu bisa mendapatkan kesan mewah yang menawan, lho dears.

3. Surprise Element

Tentunya, setiap pasangan calon pengantin ingin membuat suasana acara pesta pernikahannya terasa lebih hidup. Maka dari itu, jangan melupakan untuk menambahkan sentuhan elemen yang mampu memberikan kesan yang berbeda.

Seperti misalnya, memilih pencahayaan yang tepat, itu juga bisa menjadi salah satu faktor yang paling penting agar bisa menghidupkan suasana, lho. Apakah kamu pernah melihat acara pesta pernikahan yang menggunakan video mapping?

Yaps, Video mapping juga merupakan salah satu tren baru yang bisa kamu coba, kok. Tetapi, sebelum kamu menggunakan elemen baru tersebut. lebih baik kamu lakukan konsultasi dengan pihak vendor dekorasi pernikahanmu.

Mengapa demikian? Karena dengan kamu melakukan diskusi dengan pihak alias tim dari vendor tersebut. Kamu akan lebih mengetahui manakah yang sesuai untuk gaya pesta pernikahan yang sedang kamu rencanakan saat itu.

Bagaimana Tips Memilih Warna untuk Dekorasi?


1. Tentukan warna baju mempelai pengantin

Mahkota yang terdapat pada pakaian pengantin, terutama mempelai pengantin perempuan. Selalu dijadikan sebagai pusat perhatian pada saat hari H merupakan sebuah tolak ukur yang esensial dalam menentukan sebuah tema dekorasi pernikahan.

Kalau warna yang digunakan pada pakaian pengantin itu sudah indah untuk dipandang. Maka, kamu tidak perlu lagi untuk memadukan warna yang benar-benar senada. Seperti misalnya, warna yang kamu pilih untuk gaun pernikahan itu berwarna putih gading. Justru, dengan hal tersebut akan tetap nampak serasi dengan latar biru terang. Bisa dikatakan warna yang netral, kok.

2. Memilih jenis bunga yang kamu sukai

Jika kamu menginginkan kehadiran sebuah bunga pada sebagian besar tatanan bunga misalnya. Itu bisa mempengaruhi visual dekorasi pernikahan secara keseluruhan, lho. Lebih baik kamu memilih jenis bunga yang kamu sukai. Dengan begitu, kamu akan lebih merasakan bahagia yang luar biasa dibandingkan pilihan jenis bunga lainnya yang tidak kamu sukai.

Ada berbagai macam aneka flora lainnya yang bisa kamu dijadikan sebagai pilihan. Antara lain misalnya bunga anggrek, sedap malam, bahkan bunga tulip.

3. Awali dengan sebuah tema besar

Dalam memilih sebuah warna untuk dekorasi pernikahan. Diperlukan mengawali sebuah tema yang besar. Mengapa demikian? Dikarenakan akan mempermudah kamu untuk menentukan beberapa eleman lainnya, seperti penggunaan warna untuk dekorasi pernikahan.

Sebagai contoh, di dekorasi pernikahan kamu mampu mewujudkan nuansa shabby chic. Tentunya, akan membutuhkan banyak sekali properti warna cokelat. Seperti misalnya, peti bergaya rustic dan juga rangkaian bunga berwarna pastel yang cantik sebagai pemanis.

4. Perhitungkan faktor pencahayaan

Dalam pemilihan warna yang akan kamu gunakan dalam dekorasi pernikahan. Sangat penting sekali bagi kamu dan pasangan untuk memperhitungkan faktor pencahayaan.

Jika kamu ingin suasana yang begitu romantis dengan paparan lampu cahaya yang digunakan. Seperti pendar lilin yang temaram dengan cahaya redup bisa dijadikan pemanis ruangan. Sedangkan, spektrum biru dan ungu mampu memberikan kesan modern yang lebih futuristis.

Namun, kini, kamu tidak usah repot lagi, lho dears. Dikarenakan sudah tersedianya lampu LED yang dikemas dengan berbagai macam warna yang nyalanya dapat diatur sesuai dengan selera kamu dan pasangan.

5. Menentukan unsur detail yang terdapat di dalam ruangan

Dalam beberapa situasi, lebih baik kamu menentukan unsur-unsur yang terkecil lebih dahulu. Dengan begitu, akan mempermudah kamu dan pasangan untuk pengambilan keputusan selanjutnya.

Seperti misalnya, kamu dan pasangan menyenangi chandelier berpalet kekuningan. Justru kamu lebih baik memilih ornamen kehijauan atau biru muda yang bisa dijadikan sebagai pelengkap dekorasi pernikahan.

Namun, bukan hanya itu saja, lho dears. Tetapi juga bisa menjadi satu kesatuan yang utuh, lho.

Apa Saja Panduan Memilih Bunga untuk Dekorasi Agar Nampak Menawan?


1. Sesuaikan dengan tema pernikahan

Sebelum memasuki proses mempersiapkan acara pesta pernikahan yang lainnya. Tentunya, setiap pasangan calon pengantin akan menentukan tema lebih dahulu untuk acara pesta pernikahannya. Maka dari itu, kamu bisa memilih bunga yang sesuai dengan tema pernikahan yang kamu usung.

Misalnya adalah jika kamu mengusung sebuah tema pernikahan yang nuansa putih. Maka, kamu harus memilih bunga yang sesuai dengan konsep yang kamu usung tersebut. Ketika sedang memilih bunga untuk dekorasi pernikahan agar nampak menawan. Pilihlah sebuh bunga yang tepat dan memang bisa memberikan kesan yang baik untuk pasangan pengantinnya dan juga para tamu undangan yang hadir.

2. Memahami jenis dan warna bunga

Sebelum kamu memilih bunga untuk dekorasi pernikahan kamu dan pasangan. Akan lebih baik jika kamu memahami warna dan jenis bunga terlebih dahulu sebelum kamu pilih. Disarankan untuk kamu agar jangan pernah memilih bunga yang sedang tidak musim atau sedang tidak tumbuh pada bulan pernikahanmu.

Mengapa demikian? Selain susah untuk di dapati, harga yang jual pun semakin tinggi karena bunga yang kamu pilih itu sedang tidak musim, lho dears.

Maka dari itu, kamu tidak perlu memaksakan kehendak. Cobalah untuk memilih bunga yang tumbuh sepanjang tahun agar mudah di cari dan juga harganya pun tidak terlalu mahal dan mudah untuk dijangkau.

Seperti misalnya bunga mawar, hydrangea, anyelir, dan bunga anggrek. Eits, ketika memilih bunga, kamu pun harus untuk selalu menyesuaikan jenis bunga dengan tema yang kamu usung untuk acara pesta pernikahan.

3. Perhatikan ukuran dan bentuk bunga

Sebelum kamu memilih bunga untuk dekorasi pernikahanmu. Kamu harus memperhatikan ukuran dan bentuk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memakai bunga tersebut di acara pesta pernikahanmu.

Ternyata, bentuk bunga secara langsung akan berpengaruh terhadap penilaian para tamu undangan yang hadir. Bukan hanya bentuk bunga yang berpengaruh pada penilaian. Lho dears. Tetapi juga ukuran bunga perlu kamu jadikan sebagai salah satu pertimbangkan.

Penyebabnya adalah kamu juga nanti yang akan memegang salah satu buket bunga tersebut. sebagian besar pasangan calon pengantin, terutama mempelai wanita. Itu belum paham bagaimana memilih bunga yang tepat dan sesuai dengan gaun yang akan dikenakannya itu.

Maka dari itu, kamu perlu berkonsultasi dengan pihak vendor dekorasi dan makeup artist atau vendor lainnya yang sesuai dengan apa yang ingin kamu konsultasikan.

Itulah beberapa ulasan mengenai dekorasi pernikahan yang bisa kamu cermati ketika sedang mempersiapkan keperluan acara pesta pernikahan. Semoga segala persiapannya di permudah ya, dears!

Foto: Elior Design

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?