Inspirasi untuk Dekorasi dan Rangkaian Acara Pernikahan Adat Palembang

29 Aug 2020 | By WeddingMarket | Viewers: 607
Inspirasi untuk Dekorasi dan Rangkaian Acara Pernikahan Adat Palembang

Pernikahan memang menjadi salah satu momen yang paling membahagiakan bagi setiap orang. Karena nantinya kedua pasangan tersebut akan mengucap janji sehidup semati dan hal tersebut juga diartikan sebagai hal yang sakral. Untuk pernikahan tentunya kamu harus mempersiapkan banyak hal, salah satunya adalah dekorasi pernikahan Adat Palembang.

Bagi kamu orang Palembang, pastinya ketika acara pernikahan ada yang menggunakan adat dari tempat itu sendiri, namun disisi lain pun ada juga yang memang mengambil tema modern dan hal tersebut juga tidak salah, namun alangkah baiknya kita pun harus bangga dengan adat dari Palembang serta melestaraikan tradisi. Setiap wilayah tentunya memiliki keunikan tersendiri terutama Palembang. 

Nah, untuk pembahasan kali ini kita akan membahas berbagai hal yang berhubungan dengan pernikahan adat Palembang. Salah satunya adalah pakaian untuk pernikahan yang biasanya di Palembang disebut dengan Aesan Gede. Nah, hal tersebut bukan hanya terlihat megah, akan tetapi pakaian tersebut bisa menjadi pilihan terbaikmu nanti ketika melakukan acara pernikahan.

Selain berbicara soal pakaian, ada hal yang lebih penting lagi dari hal tersebut yaitu Dekorasi pernikahan Adat Palembang. Bagi kamu sebagai warga Palembang tentunya sering kali menemukan berbagai tema adat yang pastinya sangat unik. Bahkan sampai sekarang pun ada juga yang memang bertema modern namun tetap tidak menghilangkan adat dari Palembangnya. 

1. Dekorasi ruangan

Sebagai rekomendasi, kamu dapat menggunakan dekorasi dengan warna pastel, merah dan juga putih. Selain itu juga kamu bisa menggunakan nuansa bunga yang berwarna pink, putih dan juga krem. Selain itu kamu pun dapat memesan kainnya. Selain itu jangan sampai mau di kasih yang lecek, atau bolong – bolong atau kamu pun bisa meminta note saja kepada tim dekorasinya.

Di sisi lain untuk dekorasi sendiri, alangkah baiknya kamu bisa datang ke acara yang di dekorasi oleh jasa yang ingin kamu pilih, kemudian kamu foto-foto dan juga kamu bisa pesan ingin dekorasinya seperti acara si a ataupun si b. selain itu kamu juga dapat mengkombinasikannya juga. Selain itu, hal yang perlu kamu ingat juga dekorasi pernikahan dan juga cateringnya pun harus selaras jangan sampai warnanya bertabrakan.

2. Dekorasi Pelaminan

Untuk dekorasi pelaminan, kini kamu bisa memilih sesuai dengan apa yang kamu inginkan, baik itu menggunakan tema adat dulu ataupun ingin modern namun terdapat aksen dari Palembangnya. Saat ini yang paling populer dipilih oleh banyak orang adalah yang modern. Selain itu juga kamu bisa memilih pelaminan yang terdapat kacanya sehingga dengan begitu ketika melakukan sesi foto hasilnya akan bagus.

Bukan sampai situ saja, kamu pun dapat meminta jasa pernikahan untuk memesan bunga yang bagus dan cocok pada acara tersebut supaya ketika pengambilan foto pun akan bagus. Semua hal tentunya tergantung kamu sebagai calon pengantin, karena setiap jasa pernikahan tentunya memiliki dekorasinya masing – masing baik itu tradisional, semi, bahkan yang modern. Bisa kamu pilih sesuai dengan minatmu.

3. Resepsi dan Baju Akad

Baju resepsi untuk Palembang pastinya akan menggunakan Aesan Gede. Sebelum hari “h” tentunya kamu dapat memilih warna songketnya. Di berbagai jasa tentunya memiliki warna yang lengkap sekali terutama untuk warna pada songketnya baik itu merah muda, ungu, merah hati dan lain sebagainya. Sehingga dengan begitu kamu bisa memilih sesuai apa yang kamu inginkan.

Selain itu biasanya untuk memasang hiasan di kepala umumnya akan sedikit merasa sakit, namun apabila kamu memilih jasa yang memang terpercaya tentunya tidak akan merasa sakit ketika hiasan tersebut dipakai pada kepalamu. Selain itu juga nanti pas di pelaminan pun tidak akan merasa pusing maupun terasa sakit

4. Baju Keluarga

Selain harus menyiapkan baju kamu dan pasangan mu, hal yang mesti kamu persiapkan juga adalah baju untuk keluarga. Pastinya harus selaras dengan dekorasi pernikahan adat Palembang. Nah beberapa jasa juga menyediakan baju keluarga baik itu untuk orang tua maupun saudara supaya bisa digunakan baik itu untuk akad maupun resepsi. Namun alangkah baiknya sebelumnya kita mesti fitting terlebih dahulu.

5. Munggahan

Setiap ada acara pernikahan tentunya ada yang namanya Munggahan dan ini pun menjadi puncak prosesi pernikahan di adat Palembang. Nah, proses ini dilakukan di rumah mempelai wanita dan mengandung makna supaya kedua mempelai tersebut dapat menjalani hidup berumah tangga dengan timbang rasa, damai dan juga serasi.

Sebelum berangkat menuju mempelai wanita. Kamu sebagai mempelai pria bersama rombongan pengantin akan membentuk formasi yang sering kali disebut barisan terbangan. Yang dimana pengantin pria tersebut akan diapit oleh dua orang pria yang salah satunya akan memegang bunga langsi. Sementara pembawa payung berada tepat di belakang pengantin pria.

6. Upacara Adat

Hal yang paling penting dan juga menjadikan pernikahan sakral adalah upacara adat. Setiap tempat tentunya memiliki upacara adatnya masing-masing, begitu juga Palembang tentunya. Ketika akad pernikahan maka terdapat acara sungkeman, kemudian ketika memulai resepsi, para tamu undangan pun akan disuguhi berbagai acara dari mulai rebanan sampai dengan berbagai tari-tarian tradisional

7. Tari Pagar Pengantin

Pastinya bagi kamu orang Palembang tentunya sudah tahu, bahwa pengantin wanita di acara pernikahan harus melakukan tarian pengantin di depan tamu undangan. Hal tersebut tentunya menjadi pengalaman baru untukmu. Nah, nantinya jasa yang kamu pilih pasti akan mengajari kamu untuk menari. Kurang lebih di kantornya selama dua minggu sebelum acaranya dimulai. 

Walaupun demikian tentunya kamu pun sebagai calon mempelai wanita harus rajin-rajin melakukan latihan bahkan kamu bisa cari di Youtube . selain itu bagi kalian yang ingin merasakan benar – benar nuansa Palembangnya pastikan untuk memilih jasa yang memang orang dari Palembang supaya mereka pun akan lebih tahu, apa saja yang diperlukan dan lain sebagainya.

Selain itu hal penting lainnya yang mesti kamu persiapkan adalah kursi untuk para tamu yang nantinya akan hadir di pernikahanmu nanti. Saat ini banyak sekali jenis kursi yang bisa kamu gunakan pada acara pernikahanmu. Namun di sisi lain tetap saja kamu pun mesti menyesuaikannya dengan dekorasi pernikahan adat Palembang yang kamu gunakan supaya dengan begitu akan terlihat bagus dan juga cantik.

Disisi lain juga kamu bisa memesan kursi untuk para tamu ke jasa yang kamu gunakan dan mintalah kursi apa yang kamu inginkan baik itu kursi kayu, sofa ataupun lain sebagainya. Selain itu biasanya untuk nuansa pernikahan orang – orang menggunakan warna gold karena terlihat megah dan tentunya akan membuat tempat pernikahan menjadi lebih keren tentunya.

Nah, itulah informasi yang bisa disampaikan untuk kamu. Semoga dengan adanya hal ini kamu bisa lebih memperhatikan apa saja yang dibutuhkan baik itu untuk dekorasi pernikahan adat Palembang maupun baju khas dan lain sebagainya. Agar tidak salah dalam persiapan, tentunya kamu bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan para vendor pernikahan.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket