Pilih Kategori Artikel

6 Langkah Mewujudkan Dekorasi Pernikahan Unik
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dekorasi pernikahan yang unik apakah mungkin untuk diwujudkan? Pertanyaan ini cukup menarik untuk dijawab, karena ukuran unik setiap orang dapat berbeda-beda. Ada banyak sekali ide atau inspirasi dekorasi yang unik untuk pernikahan, mulai dari tempat cincin berbentuk gajah yang berbalut akar wangi dengan alas dari tanah liat yang digunakan dalam pernikahan Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara, atau pergola indah yang diletakkan di sepanjang jalan menuju pelaminan yang sangat unik dan menarik pada pernikahan Baim Wong.

Pertanyaannya, bagaimana cara memilih dekorasi pernikahan yang berkesan unik, namun tetap sesuai dengan bayangan dekorasi pernikahan impianmu? Tidak usah berpikir jauh-jauh. Berikut beberapa langkah untuk membantumu menentukan dekorasi pernikahan unik.

  1. Perbanyak referensi

Saat ini ada banyak liputan serta ulasan dekorasi pernikahan unik yang sudah dipublikasikan sebagai referensi. Kamu cukup membuka majalah atau mengetikkan kata kunci “dekorasi pernikahan” pada mesin pencarian untuk menemukannya. Inspirasi dekorasi yang unik juga bisa didapatkan dari pernikahan selebgram atau artis, baik dalam maupun luar negeri.

Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk bertanya kepada saudara atau kenalan tentang ide dekorasi pernikahan yang unik dan dapat membuat mereka terkesan. Sebagai pilihan terakhir, kamu juga bisa bertanya mengenai portofolio atau geleri foto pernikahan yang dimiliki vendor dekorasi pernikahan jika kamu memilih untuk menggunakan jasa mereka.

  1. Tentukan konsep, waktu, dan tempat yang tepat

Dibanding keseluruhan konsep pernikahan, dekorasi sebenarnya tergolong sebagai bagian kecil yang perlu kamu pikirkan. Sejatinya, dekorasi adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk mempercantik suatu ruangan atau benda. Sehingga kamu sebaiknya memikirkan terlebih dahulu dengan matang, konsep pernikahan seperti apa yang sebenarnya kamu inginkan?

Setelah menentukan konsep, kamu bisa mulai mempertimbangkan venue yang ingin digunakan serta waktu yang tepat untuk melangsungkan pernikahan. Dekorasi bisa dipikirkan setelah kamu membuat draft perencanaan awal semacam itu. Pernikahan pada musim panas tentu lebih baik jika lebih menonjolkan dekorasi dengan warna yang kalem dan dapat digunakan di luar ruangan. Di sisi lain, dekorasi untuk musim hujan bisa dipilih dari alternatif dekorasi untuk acara di dalam ruangan yang tampak elegan.

Untuk membantumu membayangkan, pernikahan dengan konsep rustic yang dilakukan di luar ruangan pada siang hari tentu akan lebih unik dan menarik jika dilengkap dengan dekorasi balon. Sebagai contoh, kamu bisa mengambil inspirasi dari pernikahan Edward Akbar dan Kimberly Ryder yang memilih tema rustic. Pasangan artis ini memilih untuk menambahkan dekorasi peti-peti klasik dan photobooth yang terbuat dari kayu, sehingga konsep vintage dan rustic yang mereka inginkan dapat terasa lebih nyata?

  1. Menambahkan makna yang berkesan

Unik bukan sekadar tidak lazim, tetapi juga dapat menyimpan makna khusus bagi kamu dan pasangan. Manfaatkan dekorasi yang unik untuk memamerkan kisah romantismu dengan pasangan, mulai dari awal bertemu hingga akhirnya kalian berdua memutuskan untuk mengikat janji suci. Sesuatu yang pernah kalian buat bersama juga menarik untuk dijadikan dekorasi.

Misalnya saja, kamu bisa menjadikan ukiran kayu yang kalian dapatkan saat berlibur ke Bali, atau mungkin seperti Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara yang memamerkan tempat cincin unik buatan tangan mereka sendiri.

  1. Padu padankan hingga sesuai

Apakah kamu berasal dari budaya yang berbeda dengan pasanganmu? Jangan khawatir, dua tradisi yang berbeda mungkin justru akan memberimu inspirasi dekorasi yang unik. Padu padankan dekorasi dari budaya asal kalian berdua untuk menghasilkan sesuatu yang unik yang hanya dimiliki oleh kamu dan pasanganmu saja!

Jangan takut untuk menampilkan sisi lain dari budaya dan tradisi yang mengakar pada keluargamu atau keluarga pasanganmu. Bahkan jika kamu dan pasangan berangkat dari budaya yang sama, keluarga kalian masing-masing tentu memiliki tradisi yang sedikit berbeda, kan?

  1. Do it yourself

Ide dekorasi yang sederhana mungkin saja menjadi sesuatu yang unik jika ada cerita di baliknya. Cara termudah untuk membubuhkan cerita dalam dekorasi adalah dengan membuat dekorasi sederhanamu sendiri. Selain tidak perlu menghabiskan banyak uang dan waktu, kamu juga bisa menyisihkan akhir minggu bersama pasanganmu untuk bersantai membuat dekorasi.

Jika tidak ingin membuat dekorasi dari awal, kamu juga bisa memanfaatkan benda-benda yang berarti bagimu dan pasangan. Misalnya saja pot tanah liat hasil buatanmu bersama pasangan, ukiran tangan, tulisan tangan yang artistik, atau display photo yang menampilkan cerita kisah cinta kalian.

Kalau kamu tetap ingin membuat dekorasimu sendiri, kamu bisa membuat dekorasi sederhana seperti pigura, lentera, serta hiasan berbentuk burung atau bangau kertas. Dekorasi buatan sendiri juga memiliki nilai sentimentil yang tinggi, karena untuk bisa sampai ke titik pernikahan ini, kamu dan pasanganmu telah berjuang dan berkorban bersama.

  1. Berikan sentuhan personal

Pernikahan adalah panggung baru bagi kamu dan pasangan. Jadikan hari bahagiamu terasa lebih menyenangkan dan tampilkan dekorasi pernikahan unik yang dapat menampilkan karakter kalian berdua. Apakah kamu seorang penyayang binatang? Pilihlah dekorasi bertema kucing atau anjing di sudut photobooth.

Apakah kamu dan pasanganmu doyan wisata kuliner atau kegiatan masak-memasak? Tampilkan dekorasi bertema peralatan dapur. Apakah kamu dan pasangan gemar menonton film? Kaset reel film bekas plus dekorasi poster film yang diganti dengan foto kalian berdua juga akan terasa sangat unik sekali.

Baca juga: Yuk Intip Dekorasi Pernikahan Modern Unik dan Murah Kreasi Sendiri

Memilih dekorasi pernikahan yang unik merupakan perkara yang tidak mudah, tetapi pastikan kamu tetap bisa memilih sesuatu yang kamu sukai, dan tampilkan karakter yang kalian berdua miliki. Menjalin komunikasi dengan penyedia jasa dekorasi juga cukup penting agar kamu bisa mematangkan konsep dan menghadirkan dekorasi pernikahan yang apik dan sesuai. Ikuti saja langkah-langkah di atas agar kamu semakin yakin dalam mewujudkan konsep unik pernikahanmu!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...