Pilih Kategori Artikel

Desain Gaun Pengantin Syari Ala Artis Ibu Kota
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Artis selalu bisa jadi kiblat fashion, salah satunya soal desain gaun pengantin syari. Kamu juga bisa menduplikasi gaun pengantin mereka, dengan beberapa modifikasi sesuai selera. Pastinya hari bahagia pernikahanmu akan jadi momen unjuk gigi sebagai wanita seutuhnya dalam balutan gaun terbaik ala artis idolamu.

Banyak artis yang busananya mengikuti syariat Islam, bahkan ketika menikah mereka membuat sebuah gaun yang akhirnya jadi trendsetter bagi banyak orang. Karena mereka tentunya didukung oleh desainer handal yang daya kreativitasnya tinggi.

Kenali Syarat untuk Membuat Desain Gaun Pengantin Syari

Sebelum kamu memutuskan untuk membuat desain gaun syari untuk pernikahan nanti, ada baiknya untuk memahami syarat busana yang masuk kategori syari tersebut. Jadi kamu lebih mudah memilih desain seperti apa, lengkap dengan aksesoris yang melengkapinya.

1. Tidak Ketat di Badan

Syarat pertama dari Desain gaun pengantin muslimah syari adalah tidak memperlihatkan lekuk tubuh atau pas di badan. Pastikan ukurannya longgar tapi tentunya tetap nyaman saat dipakai.

2. Tidak Transparan

Pastikan juga gaun tersebut tidak transparan, agar tidak ada bagian tubuh kamu yang terlihat dari luar. Biasanya busana ini diberi lapisan khusus agar tubuh terlindungi, tapi tetap memperlihatkan motif atau aksen busana yang diinginkan.

3. Tidak Berlebihan

Artinya permaduan bahan gaun, hijab, veil hingga tiara yang kamu pilih jadi sebuah kesatuan gaun yang tetap mengedepankan syari.

4. Menutupi Aurat Wanita

Bagian tubuh kecuali muka dan telapak tangan adalah aurat wanita dalam Islam, kamu harus pastikan semua itu tertutup oleh gaun pengantin syari yang akan dipakai. dalam Islam yang boleh melihat aurat wanita hanya pasangannya dan para mahramnya.

5. Aksesoris Sederhana

Sebaiknya jangan memberi aksesoris berlebihan, baik di bagian baju maupun hijab dan lainnya. Kalau kamu sangat suka dengan sentuhan payet, sebar di bagian baju yang penting-penting saja agar desain baju pengantin syari kamu terlihat sopan dan elegan.

6. Warna Bebas

Tak ada patokan warna pakaian yang harus dipilih untuk membuat gaun pengantin syari, kamu tetap bisa berkreasi sesuai warna favoritmu. Hanya saja disarankan untuk memilih warna lembut dan tidak mencolok.

5 Contoh Gaun Pengantin Syari Ala Artis

Lima pesohor Indonesia berikut ini memilih memakai gaun pengantin syari putih dan beberapa warna lainnya. Mereka terlihat anggun, feminim tapi tetap tak lepas dari kesan mewah dan elegan dari pilihan desain busana tersebut. Intip seperti apa gaun mereka berikut ini:

Indah Nada Anjani

wm_article_img
Foto: @indahnadapuspita

Host salah satu acara traveling yang juga blogger ini memilih gaun pengantin seperti princess Cinderella versi muslim. Dengan ball gown warna putih tanpa pattern, lengkap dengan bagian bahu yang diberi lapisan indah dia mampu menampilkan busana syari yang sesungguhnya.

Ditambah dengan sentuhan tiara di bagian kepala dan ditutupi veil transparan yang menjuntai hingga bagian kaki belakangnya.

Annisa Rahma

wm_article_img
Foto: WowKeren

Mantan anggota girlband Cherrybelle ini memutuskan berhijab beberapa tahun lalu, dan saat menikah dia mengenakan gaun cantik syari yang jadi perbincangan. Dengan konsep ball gown Annisa tampil cantik dengan gaun warna pink bertabur floral tiga dimensi. Dia juga menambahkan layer yang menutupi bagian dada.

Lindswell Kwok

wm_article_img
Foto: Promessa Weddings

Atlet kebanggaan Indonesia ini memutuskan mualaf dan menikah dengan sesama atlet. Dia juga mengusung tema gaun syari sederhana tapi kaya makna. Berbahan tule yang menjuntai, dipadukan dengan motif big floral dan bagian tangan terompet. Hasilnya sangat indah.

Permainan pita di bagian pinggang menambah keanggunan Lindswell saat memakainya. Tak lupa hijab sutra putih yang menutupi bagian dada, dan veil transparan sebagai penyempurna busana dengan diberikan bola kristal putih yang cantik.

Laudya Cynthia Bella

wm_article_img
Foto: Womantalk

Anggota Bukan Bintang Biasa (BBB) ini juga menjadikan desain gaun pengantin model syari, saat menikah dengan pengusaha Malaysia. Salah satunya gaun lace putih yang diberi hiasan payet pada beberapa bagian, membuatnya terlihat seperti putri.

Walau kadang gaun syari identik dengan desain gaun pengantin syari bercadar, namun Bella berhasil menampilkan sisi lain syari tanpa meninggalkan syarat busana tersebut. kalau kamu suka, jadikan saja referensi untuk busana pernikahanmu.

Bagaimana Menentukan Gaun Syari Yang Tepat?

Untuk menciptakan sebuah gaun pengantin syari yang indah dan nyaman dipakai, kamu bisa melakukan beberapa cara. Diantaranya adalah memastikan ukuran tubuhmu berapa, dan berapa tambahan ukuran untuk membuatnya terlihat longgar, sehingga tidak membuat lekukan tubuhmu terlihat jelas.

Kemudian jangan lupa berkonsultasi dengan desainer tentang desain yang kamu inginkan, apakah benar-benar cocok untuk dipakai atau perlu beberapa modifikasi. Karena yang indah saat dipakai artis belum tentu cocok ketika kamu pakai. 

Jangan lupa untuk memastikan bahan pembuatan busana yang tepat, apakah mau memilih gaun bermotif atau tanpa pattern apapun.

Selanjutnya diskusi juga penting dengan pasanganmu, agar busana tersebut nantinya sepadan dengan busana yang dia pakai. 

Jangan sampai kamu terlihat maksimal sementara imam kamu hanya menggunakan pakaian seadanya. Bila memungkinkan buatlah seragam berdua yang memang memiliki satu tema, warna, dan motif.

Dan tak ketinggalan kamu juga harus memastikan aksesoris tambahan pada gaun tidak membuatnya terlihat berlebihan. Bahkan mungkin tak memerlukan aksesoris, jika bahan yang dipilih sudah punya motif tersendiri.

Jadi sekarang saatnya kamu untuk menentukan desain gaun pengantin syari artis mana yang akan diadopsi menjadi desain gaun pengantinmu nanti.

Bisa saja kamu mengkolaborasikan dua gaun menjadi satu desain baru yang sesuai dengan tema acara dan keinginan kamu. Yuk temukan vendor gaun pengantin yang siap mempercantik penampilanmu di WeddingMarket!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...