Pilih Kategori Artikel

7 Ide Eco-Friendly Wedding Gift
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Think Green! Its time for move to Eco-Friendly Wedding Gift! Dikutip dari portal CNBC Indonesia, negara kita memiliki populasi pesisir sebesar 187,2 juta yang setiap tahunnya menghasilkan 3,22 juta ton sampah plastik yang tak terkelola dengan baik. Sekitar 0,48-1,29 juta ton dari sampah plastik tersebut diduga mencemari lautan.

Realita tersebut menyentuh hati banyak orang untuk menerapkan gaya hidup eco-friendly / zero waste. Zero waste, sebuah filosofi yang dijadikan sebagai gaya hidup demi mendorong siklus hidup sumber daya sehingga produk-produk bisa digunakan kembali.

Zero waste lifestyle mulai dikenal di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan terakhir. Mulai dari komunitas Zerowaste hingga berdirinya grocery store berkonsep bulkstore. Tren gaya hidup zero waste ini ternyata juga merambah ke dunia wedding.  Kita memang tidak mungkin bisa benar-benar membuat sampah menjadi zero apalagi di rangkaian acara pernikahan, namun sedikit demi sedikit berperan mengurangi dampaknya. Lalu langkah apa yang bisa kita lakukan sebagai tamu untuk turut serta dalam lifestye ini? Yup, Give the eco-friendly wedding gift!

Sudah pernah lihat belum? Inilah beberapa referensi wedding gift yang bisa kamu pertimbangkan. Contoh-contoh gift di bawah ini selain unik, ramah lingkungan, berguna, dan juga bisa di-upcycle.

  1. From Gift Card to Wall Art

Ketika memberikan hadiah biasanya diselipkan kartu ucapan spesial untuk bride dan groom. Gift card atau yang biasa disebut greeting card normalnya berukuran A6. Meski ukurannya kecil ternyata berguna banget untuk bride dan groom mengkreasikannya menjadi wall art dengan pigura loh! (sumber foto : @foyyastudio @foyya)

  1. Natural Soap / Shampoo

Zero waste selain identik dengan mengurangi sampah plastik, paperless, juga identik dengan produk-produk natural sebagai gaya hidup sehat. Gaya hidup organik akan mengurangi ketergantungan kita terhadap benda atau makanan yang terkontaminasi zat kimia. Nah pas banget jika natural soap / shampoo yang sedang booming ini dijadikan wedding gift. Dari namanya yang natural tentu saja bersifat ramah lingkungan karena menggunakan bahan alami seperti minyak jarak dan minyak kelapa. Bukan hanya variasi wanginya yang unik dan natural banget, bentuknya pun unik. 

  1. Handmade Organik Lipbalm

Selain natural Soap dan Shampoo, Organik lipbalm yang punya segudang manfaat selain untuk menjaga kelembapan bibir juga cocok jadi pilihan kamu. Apalagi kalau lipbalm tersebut handmade, lebih kerasa spesialnya kan! Ada banyak referensi di internet cara DIY lipbalm dengan bahan alami salah satunya Beeswax, Cocoa Butter, Coconut Oil, Vitamin, Peppermint Oil.

  1. Zero waste kit

Biasanya kehidupan setelah pesta pernikahan akan banyak berkaitan dengan dapur. Wedding Gift eco-friendly yang keempat yakni zero waste kit, salah satu langkah sederhana memulai langkah mengurangi penggunaan plastik. Satu set produk cutlery terdiri dari sendok kayu, garpu kayu, sedotan bambu, sedotan stainless, mason jar, organic napkin, reusable tea bag, eco lunch box.

  1. Mini Terrarium

Setelah menggunakan zero waste kit, rasanya rumah akan semakin lengkap jika penuh dengan tanaman-tanaman hijau. Bercocok tanam dengan cara yang minimalis dan modern yaitu menggunakan terrarium. Terrarium merupakan miniatur taman di dalam wadah. Tidak hanya menambah keindahan interior maupun eksterior rumah, dilansir dari laman dekoruma, terrarium dapat menaikkan kadar kebahagiaan.

  1. Bundle of Reusable Bag

Wedding gift berupa bundle of reusable bag mungkin terdengar sangat sederhana, tapi manfaatnya sangat besar sekali terutama buat mengurangi sampah plastik. Bukan sekadar tas belanja, akan jauh terlihat lebih keren ke pasar menggunakan reusable bag daripada plastik hitam. Bahkan sekarang reusable bag tidak hanya dipakai ke pasar, tapi juga hangout. Oke banget kan buat jadi gift!

  1. Scented Candles

Sejak munculnya essential oil, Scented candles atau yang lebih dikenal dengan lilin aromaterapi menjadi digemari segala kalangan. Bahkan tak jarang lilin ini dijadikan suvenir pernikahan. Jenis scented candles yang ramah lingkungan yaitu ada soy wax candles yang terbuat dari minyak kacang kedelai. Jenis ini lebih aman dan ramah lingkungan, serta memiliki daya bakar yang lebih lama dan hasil bakaran yang lebih clean. Kedua ada beeswax candles atau lilin lebah. Jenis ini memiliki aroma wangi alami yang bisa Anda nikmati tanpa tambahan wewangian lainnya. Selain itu, beeswax candles juga cocok untuk Anda yang memiliki alergi karena bebas dari racun saat ketika asapnya terhirup.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...