Pilih Kategori Artikel

8 Hal Penting untuk Dilakukan Menjelang Acara Lamaran
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Hati deg-degan tentu saja terjadi menjelang acara lamaran, acara selalu dinantikan setiap pasangan. Banyak hal manis dan duka yang akan dilewati bersama. Acara lamaran bukanlah hal yang remeh yang bisa disepelekan.

Ada beberapa hal yang harus kamu pastikan sebelum acara agar lamaran yang akan kamu jalani bisa berlangsung lancar dan tanpa hambatan. Langsung saja kita simak delapan hal penting yang wajib kamu lakukan sebelum memikirkan acara lamaran!

  • Temukan pasangan yang tepat

Pernikahan bukanlah ajang perlombaan. Jangan jadikan faktor umur membuatmu terburu-buru untuk melangsungkan pernikahan. Kamu harus menemukan pasangan yang tepat dan mampu hidup denganmu.

Kamu yang bisa merasakan apakah pasangan yang sekarang menemanimu tepat untuk menjadi teman hidup. Jadi, hanya kamu yang bisa menentukan apakah sekarang adalah saat yang tepat untuk membicarakan acara lamaran.

  • Meminta restu kedua orang tua

Restu kedua orang tua ini sangat penting menjelang acara lamaran. Tanpa restu keduanya, acara lamaran tidak bisa kamu lakukan. Momen meminta restu kedua orang tua memang menegangkan dan memerlukan proses serta waktu yang relatif. Ada orang tua yang sekali bertemu sudah menyukai dan memberikan lampu hijau ke tahap selanjutnya. Akan tetapi, ada beberapa yang memerlukan perjuangan bertahun-tahun untuk mendapatkan restu.

Komunikasikan dan diskusikan bersama pasanganmu terkait restu kedua orang tua. Jangan ragu untuk melakukan beberapa strategi guna mengambil hati kedua orang tua, misalnya saja memberikan hadiah, mengajak makan bersama, mengajak jalan-jalan, dan lain sebagainya.

  • Cari cincin yang sesuai dengan pasangan

Tugas pria yang akan melamar adalah mencari tahu cincin kesukaan pasangan. Jangan melamar dengan tangan kosong karena dapat mengecewakan serta menyakiti hati pasanganmu.

Kamu bisa mencari tahu cincin kesukaannya dari sahabat-sahabatnya atau dari kekasihmu, terutama jika kalian sudah berpacaran cukup lama. Ketika kamu sudah mengetahui cincin kesukaannya, kamu bisa melanjutkan dengan membeli cincin terbaik sesuai kemampuanmu yang sesuai dengan cincin kesukaannya.

  • Persiapkan acara lamaran dengan detail

Menyatukan konsep acara lamaran antara dua keluarga besar memang bukan hal yang gampang. Perlu ada diskusi dan kerjasama yang baik. Bicarakan konsep lamaran yang diinginkan pasanganmu, tidak ada salahnya untuk membicarakan konsep lamaran dan merencanakannya dengan detail agar tidak ada satu momen sekalipun yang terlewat.

Tanyakan kepada orang tua masing-masing terkait tradisi yang ingin dilakukan ketika acara lamaran. Setelah melakukan hal-hal penting di atas, selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah hal-hal yang pantang dilakukan ketika acara lamaran. Apa saja itu?

  • Acara lamaran bukanlah panggung komedi

Acara lamaran adalah acara sakral antara dua keluarga sekaligus bukti komitmen serius pasangan. Acara ini bukan panggung hiburan yang bisa kamu gunakan bercanda layaknya stand up comedy. Ada tata krama dan sopan santun yang perlu kamu perhatikan.

Sedikit bercanda untuk menghibur dan mencairkan suasana boleh saja selama tidak berlebihan. Memang ada beberapa influencer atau selebgram yang menerapkan konsep lamaran yang kocak dan sangat santai. Akan tetapi, tradisi dan kebiasaan keluarga juga menjadi perlu dipertimbangkan sebelum mewujudkan konsep seperti itu.

  • Terlalu cuek dengan penampilan

Penampilan sering menjadi hal yang sepele dan remeh bagi sebagian orang. Apalagi jika kamu terbiasa tampil apa adanya dan tidak terlalu memperhatikan penampilan. Pilihlah pakaian yang rapi dan sopan untuk acara lamaran.

Sekali lagi, ini acara sakral semiresmi untuk memperkenalkan dua keluarga besar. Penampilanmu akan menjadi perhatian setiap anggota keluarga yang hadir, mulai dari baju, celana, sepatu, hingga tata rambutmu dalam acara lamaran.

  • Suka membicarakan konsep lamaran ke semua orang

Acara lamaran merupakan acara yang sangat intim bagi kedua keluarga. Membicarakan konsep dan rencana lamaran ke banyak orang bukanlah hal yang baik dan dapat menjadi kesalahan besar untuk dilakukan.

Meminta saran kepada orang-orang terdekat sekaligus meminta bantuannya memang dapat kamu lakukan, tetapi tetap tenang dan kalem dalam menghadapi persiapan lamaran agar semua bisa berjalan sesuai rencana.

  • Merasa takut secara berlebihan

Menghadapi fase baru dalam hidup adalah suatu tantangan sehingga wajar jika banyak ketakutan yang kamu rasakan. Keyakinanmu menjadi dasar yang penting dalam hal ini. Jangan terlalu mendengarkan cerita yang terjadi di sekitarmu seperti lamaran gagal dilakukan karena ragu, takut, dan merasa pasanganmu bukanlah jodoh yang diinginkan.

Banyak celah keburukan yang akan terlihat ketika kamu semakin mencintai pasanganmu. Gunakan ini untuk intropeksi diri, bahwa kamu sama dengan pasanganmu, memiliki kekurangan yang harus diperbaiki.

Komunikasikan dengan pasanganmu tentang apa saja yang kamu takutkan menjelang acara lamaran. Ingat, gunakan kata-kata yang lembut dalam mengungkapkan ketakutanmu agar tidak menyakiti hati pasanganmu.

Menjelang acara lamaran memang membutuhkan persiapan yang matang. Selain persiapan secara fisik, persiapan mental juga perlu kamu perhatikan. Pernikahan bukanlah solusi untuk mengatasi segala masalah, justru merupakan gudang masalah baru. Namun, jangan menjadikan ini untuk membuat takut dalam menghadapi masalah karena akan ada teman hidup yang siap untuk saling membantu dan menyelesaikan masalah. Semoga acara lamaran yang akan kamu lakukan bersama pasangan berjalan lancar.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...