Kunci Dibalik Keindahan Foto Pernikahan Adat Dayak

29 Sep 2020 | By Wedding Market | Viewers: 64
Kunci Dibalik Keindahan Foto Pernikahan Adat Dayak
Foto: Vimeo

Kamu yang berasal dari kalimantan tentu tidak asing lagi dengan suku Dayak. Suku yang berada di Kalimantan ini terkenal dengan budayanya yang terus dijaga sampai saat ini sambil terus melakukan beberapa modifikasi pada budaya tertentu. Tak heran jika banyak yang menyukai budayanya karena keunikannya. Keunikan ini dilakukan dalam setiap aspek kehidupan masyarakat.  Hal ini juga terlihat dalam beberapa foto pernikahan adat Dayak yang bertebaran di sosial media yang menunjukkan keasrian budaya yang masih terjaga.

 Jika mendengar tentang suku Dayak, memang banyak yang menyebutnya sebagai orang-orang pedalaman atau bahkan tak berperadaban, jauh dari kemajuan, kuno dan gelaran buruk lainnya. Hal itu sesuai dengan makna dari kata Dayak yang artinya pedalaman. Namun, sekarang orang-orang yang dianggap tidak akan maju tersebut sebagian sudah berhasil menguasai bahkan sukses dalam berbagai bidang.

Sampai saat ini, Dayak memiliki daya tarik yang cukup kuat. Banyak yang menyukai tradisi Dayak misalnya pernikahan adatnya. Pernikahan adat Dayak terlihat sangat indah dan elegan di tambah lagi dengan make up tradisionalnya dan keelokan wanita Dayak. Banyak faktor yang mendukung keindahan dalam foto pernikahan adat Dayak, salah satunya:

1. Riasan Wajah khas Dayak yang Menawan


Suku yang dulunya mengadaptasi tradisi dan kebiasaan orang-orang di Mongolia yang ke Kalimantan ini ternyata juga mempunyai riasan wajah yang khas seperti suku-suku lain yang ada di Indonesia.

Ketika memandang mempelai wanita, kamu akan memperhatikan titik-titik putih di bawah mata. Lebih tepatnya titik putih ini memenuhi tulang pipi setiap wanita Dayak. Titik-titik putih tersebut menjadi keunikan dari riasan wajah suku Dayak. 

Dizaman sekarang,  tidak perlu menggunakan cara kuno untuk bisa berdandan seperti wanita Dayak jika kamu ingin menikah dengan menggunakan adat ini. Kamu bisa memanfaatkan foundation dan alat bantu kuas dengan posisi lekatan faundation sesuai dengan ketentuan adat. 

Perempuan Dayak juga akan memakai anting bernuansa bulu-bulu agar terlihat lebih cantik yang elegan dan berkelas ala sukunya. Keunikan-keunikan ini menjadikan foto pernikahan adat Dayak terlihat lebih memukau.

Bentuk anting seperti yang dikenakan wanita suku Dayak terutama mempelai wanita juga sudah mulai menjadi trend di era modern sekarang ini. Tidak sedikit perempuan menyukai dan mengenakan anting bernuansa bulu.

Selain anting dan bintik-bintik putih, pemilihan warna lipstik yang terang atau warna yang kalem juga menjadi ciri khas dari kecantikan wanita Dayak. Pemilihan warna lipstik ini harus mempertimbangkan banyak hal, seperti karena warna kulit, warna pakaian, konsep keseluruhan, make up, dan masih banyak lagi pertimbangan lainnya.

2. Tips Cantik Ala Wanita Dayak

Meski suku yang ditempati bermakna pedalaman dan memang sesuai dengan keadaan sebenaranya. Wanita-wanita suku Dayak terkenal dengan kecantikan dan kemolekannya. Apalagi ketika menikah dan berdandan menggunakan riasan suku Dayak tentu foto pernikahan adat Dayak tersebut terlihat sangat bagus. Karena memang wanita-wanita di Suku Dayak sangatlah cantik meski tak menggunakan riasan apapun.

Kulit putih mulus yang dimiliki wanita Dayak diperoleh dari penggunaan beras sebagai perawatan diri tradisional. Cara perawatan ini cukup mudah, yakni beras cukup ditumbuk di wajah atau orang Dayak biasa menyebutnya dengan sebutan pupur. Maka wajar saja bila kecantikan wanita Dayak dalam foto pernikahan adat Dayak selalu mencuri perhatian.

Bukan hanya kecantikan fisik, suku Dayak juga menjunjung sikap santun. Hal itu juga menjadi nilai tambah seseorang dikatakan cantik. Suku Dayak menganggap sopan santun adalah sesuatu yang sakral di dalam kehidupan. Orang-orang suku Dayak percaya bahwa setiap tingkah laku buruk apalagi terhadap orang tua akan mendatangkan bala atau malapetaka atau ketulah, itulah istilah yang sering  digunakan oleh orang Dayak. Dari sopan santun itulah yang menambah kecantikan wanita suku Dayak.

3. Busana Pernikahan Suku Dayak


Salah satu suku Dayak yang bernam Dayak Ngaju, tepatnya Di Kalimantan adalah suku yang memiliki memiliki kekayaan pakaian, mulai dari pakaian adat dan pakaian pernikahan. konon katanya pakaian pernikahan Dayak dulunya sangat sederhana. Namun setelah bertambahnya waktu, pakaian pernikahan kini hadir dengan berbagai macam model namun tanpa mengurangi makna sehingga pernikahan tetap terlihat sakral dan tradisional. Hal ini menjadi salah satu yang menyebabkan foto pernikahan adat Dayak selalu terlihat menarik.

Perkembangan pakaian adat bukan hanya terjadi pada wanita saja.  Pakaian para pria juga ikut mengalami perubahan. Hal ini juga akan menambah keindahan pada make up tradisional Dayak. Dengan polesan make up tradisional Dayak dan Pakaian adat yang semakin mempesona justru akan menambah kecantikanmu. Terutama tentunya di hari pernikahan. 

Berbeda dengan dulu, kini mempelai wanita dan pria bisa tampil jauh lebih menawan dengan pemilihan busana berwarna merah terang sesuka hati mereka. Ketampanan dan kecantikan pun akan lebih terpancar dengan hiasan dari kepala hingga kaki akan semakin menunjukkan dati diri sebagai anak suku Dayak ke khalayak ramai. Nantinya, dari foto pernikahan adat Dayak yang mengalami perkembangan ini akan menambah ketertarikan orang lain dari berbagai daerah.

Selain Pulasan make up tradisional Dayak dan hiasan di kepala yang berbeda dengan adat istiadat lain, juga semakin cantik dengan ditambah melati yang menjuntai di satu sisi dan tidak terdapat mahkota di kepala mempelai wanita.

Sampai saat ini, orang-orang suku Dayak sudah banyak melakukan modifikasi terutama pada pakaian adat untuk pernikahan.

4. Baju Adat Dayak

Bukan hanya mempelai wanita yang menjadi pusat perhatian, mempelai pria pun tidak kalah menjadi pusat perhatian di hari pernikahan dengan polesan make up tradisional  yang menawan. Foto pernikahan adat Dayak mu akan tampil sangat menawan dengan kostum pernikahan mempelai pria Dayak lekat dengan baju kustim dan berbagai aksesoris lainnya. 

Selain itu, Terdapat topi berbulu atau yang biasa disebut setorong pada kepala mempelai pria.  Setelah mengenakan baju tradisional tersebut, baik mempelai pria maupun wanita akan sama-sama menggunakan baju adat sakai khas Dayak. Keindahan baju khas tersebut akan terlihat sangat indah dengan aksesoris melekat indah pada tubuh mempelai wanita seperti kebaya, topeng badong, sanggul dan berbagai aksesoris lain sesuai dengan ketentuan adat.

Beberapa hal diatas adalah rahasia dibalik keindahan foto pernikahan adat Dayak yang sangat menawan. Selain kecantikan para wanita Dayak, keindahan yang ada pada pernikahan adat Dayak juga dipengaruhi oleh aksesoris, polesan make up dan baju adat yang sangat khas. Memang proses modernisasi yang selama ini terjadi juga mulai mempengaruhi pakaian adat Dayak meski tidak secara keseluruhan. 

Meski banyak yang sudah melakukan modifikasi pada baju penikahan adat Dayak yang tentu saja mengancam sisi kekentalan dan sarat akan budaya dalam pernikahan adat. Nyatanya masih tetap ada sebagian masyarakat Kalimantan yang menikah dengan menggunakan tradisi dan baju pernikahan khas suku Dayak, tanpa merubah sedikitpun.

Mereka meyakini bahwa dengan melestarikan pernikahan orang-orang di zaman dulu tanpa merubahnya sedikitpun juga akan dianggap sebagai penghormatan pada mereka. Dengan begitu,  foto pernikahan adat Dayak mereka akan terlihat sangat sakral.

Foto: MUA Ryan Ferez, Media Kalimantan


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket