Pilih Kategori Artikel

Foto Prewedding Bernuansa Alam di Jakarta, Memangnya Ada?
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Foto prewedding Jakarta identik dengan foto indoor di studio foto atau menyewa tempat dengan suasana unik dan antik, bagaimana bila kamu ingin foto prewedding bernuansa alam?

Pasangan yang ingin mengambil foto prewedding bertemakan alam umumnya mengambil foto di luar Jakarta untuk mendapatkan suasana yang diinginkan. Namun, foto prewedding Jakarta dengan lokasi bernuansa hijau sebenarnya tidak perlu dicari jauh-jauh. Coba cek beberapa rekomendasi lokasi foto prewedding bernuansa alam di Jakarta berikut.

  • Taman Monumen Nasional, Jakarta Pusat

Taman Monumen Nasional (Monas) mungkin tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan Tugu Monas yang terkenal hingga ke seluruh penjuru nusantara. Taman Monas bagaikan oase di tengah hiruk-pikuk kota Jakarta. Kamu dan pasangan bisa berfoto di atas rumput yang hijau berlatarkan gedung-gedung pencakar langit atau bisa juga masuk ke tengah-tengah pepohonan yang rimbun bak berfoto di tengah hutan.

Tidak akan ada yang menyangka kamu mengambil foto prewedding di Jakarta. Di taman ini terdapat pula area khusus konservasi rusa. Walaupun dibatasi dengan pagar, kamu dan pasangan tetap bisa mengambil foto berlatarkan rusa. Jika menunggu hingga malam hari, kamu bisa juga mengambil foto berlatarkan air mancur yang menari. Keren!

  • Taman Spathodea, Jakarta Selatan

Taman Spathodea yang terletak di Jakarta Selatan memperoleh namanya dari tumbuhan asal Afrika Spathodea campanulate, pohon tinggi dan rindang dengan bunga merah oranye seukuran bola softball.

Pohon yang disebut juga sebagai kembang kerucut ini tidak hanya menjadikan taman ini sebagai kawasan serapan air, tetapi juga memberikan pemandangan indah yang unik dan khas. Foto prewedding di Taman Spathodea dapat dilakukan antara pukul 05.00-18.00 dan tidak dipungut biaya, cukup mengajukan izin ke pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) Kelurahan Jagakarsa.

  • Hutan Kota Srengsreng, Jakarta Barat

Hutan kota seluas 15 ha yang terletak di Jakarta Barat ini telah berdiri sejak tahun 1995. Dalam kurun waktu 24 tahun, hutan kota Srengseng kini telah menjadi rumah bagi 4.000 pohon dengan beragam jenis. Kalau kamu tertarik untuk mengambil foto prewedding dengan suasana hutan, hutan kota Srengseng bisa jadi pilihan yang tepat.

Pohon-pohon yang tumbuh rindang menaungi setiap sudut dan jalan hutan, cahaya yang menembus dedaunan memberikan suasana seakan tengah berada di hutan dalam cerita dongeng. Selain pepohonan yang tumbuh lebat, kamu bisa juga mengambil foto prewedding di tepi kolam. Terdapat jalan setapak yang dinaungi oleh pepohonan rindang di tepi kolam. Hutan kota Srengseng buka pada pukul 06.00-18.00 WIB. Untuk foto prewedding kamu tidak perlu membayar mahal, cukup membayar tiket Rp2.000,00/orang dan dana parkir sesuai kendaraan yang digunakan. Jangan lupa minta izin dengan penjaga taman ya.

  • Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat

wm_article_img
Foto: Line Photografi

Banyak pasangan yang mengambil foto prewedding Jakarta di Taman Suropati, Menteng dan semuanya memberikan acungan jempol kepada taman ini. Taman Suropati tidak hanya menyuguhkan lapangan rumput yang luas dan pepohonan yang rindang, di dalam taman terdapat jalan setapak yang diapit semak berwarna-warni. Semak berwarna merah, hijau, dan kuning ditanam dengan tertata rapi dan dirawat dengan baik, menghasilkan efek bagaikan pelangi mengapit kedua sisi jalan. Terdapat juga jembatan kayu dengan naungan pohon-pohon rindang yang cocok untuk berfoto sambil mengelilingi taman.

Selain itu, taman ini juga terkenal akan burung merpati dan enam monumen karya karya seniman negara-negara pendiri ASEAN. Kamu dan pasangan juga bisa mengambil foto di malam hari. Tidak perlu takut datang malam-malam, di malam hari Taman Suropati justru semakin hidup. Banyak juga musisi jalanan yang bisa kamu jadikan 'properti' foto prewedding, maksudnya diajak berfoto bersama. Foto prewedding di Taman Suropati tidak dipungut biaya. Selain itu, untuk perubahan suasana. Kamu bisa juga mengambil foto prewedding di rumah kaca Taman Menteng, jaraknya hanya 6 menit berjalan kaki dari Taman Suropati.

  • Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan

wm_article_img
Foto: Me and My Story on Blogger

Taman margasatwa atau seringkali disebut kebun binatang seluas 147 ha ini merupakan salah satu tempat favorit foto prewedding Jakarta. Banyak area di Kawasan Ragunan yang menyajikan pemkamungan alami nan indah. Bahkan sekedar berfoto kasual di jalan setapak sudah tampak estetik.

Kamu dan pasangan bisa mengambil foto prewedding setiap hari selain hari Senin, pada pukul 07.00-16.00. Info penting, dulu untuk mengambil foto prewedding di Ragunan cukup membayar tiket masuk saja, tapi sejak tahun 2011 telah ditetapkan peraturan gubernur (pergub) yang mengatur biaya foto prewedding sebesar Rp250.000,00.

  • Hutan Mangrove PIK, Jakarta Utara

wm_article_img
Foto: Wisata Jakarta

Hutan Mangrove yang masih bagian dari kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) ini merupakan salah satu wisata populer di Jakarta Utara. Pepohonan mangrove yang rimbun lengkap dengan burung-burung yang sesekali nampak berterbangan tidak hanya membantu menjaga pantai dari bahaya abrasi, tetapi juga memberikan latar hijau yang cantik bagi kamu yang ingin mengabadikan momen-momen manis bersama pasangan.

Kamu dan pasangan juga bisa mengambil foto prewedding dari atas perahu, di atas jembatan kayu, atau di depan pondok-pondok kayu mungil. Posisi hutan mangrove yang dekat dengan pantai juga memungkinkan kamu mengambil foto prewedding berlatarkan matahari terbenam. Pasti banyak yang tidak percaya kamu mengambil foto prewedding Jakarta. Untuk mengambil foto prewedding di Hutan Mangrove PIK, kamu perlu menyiapkan anggaran sebesar Rp1.000.000,00. Biaya ini  sudah mencakup seluruh spot foto yang ada di kawasan hutan mangrove dan sewa perahu gratis.

  • Taman Cattleya, Jakarta Barat

wm_article_img
Foto: Riochipz Photography

Taman Cattleya atau yang dikenal juga dengan nama Taman Tomang terletak di Jakarta Barat. Taman ini memiliki banyak spot yang mengundang untuk berfoto. Bahkan, baru masuk ke pintu gerbang saja kamu sudah disuguhi dengan jalan setapak yang pohon palem tinggi di samping kanan kiri jalan, lengkap dengan kursi-kursi taman yang semakin mempermanis pemkamungan.

Taman Cattleya memiliki lapangan yang luas dan kolam yang dikelilingi dengan pepohonan rindang, cocok untuk mengambil foto prewedding Jakarta ala piknik. Taman ini dibuka 24 jam sehari dan untuk masuk tidak dipungut biaya apapun jadi kamu dan pasangan bisa berfoto sampai puas.

  • Taman Langsat, Jakarta Selatan

wm_article_img
Foto: Jangan Lupa Bahagia

Pada taman seluas 3,6 ha ini terdapat hamparan rumput yang hijau serta pepohonan yang tinggi dan rimbun. Meski sekilas nampak seperti taman biasa pada umumnya, terdapat banyak spot foto yang memberikan kesan foto diambil di tengah hutan belantara, bukan foto prewedding Jakarta. Salah satu spot foto paling menarik di taman ini adalah jembatan dengan struktur melengkung mengapit dari kedua sisi.

Jika diambil foto dari jauh, jembatan dan sungai seakan berada di tengah hutan. Taman Langsat menyediakan trek lari yang mengitari seluruh penjuru taman, kamu dan pasangan bisa juga lho mencari spot strategis di sepanjang trek. Terdapat pula aliran air dihiasi bunga-bunga teratai yang bermekaran. Cukup meminta izin ke penjaga saja, kok, kalau kamu hendak mengambil foto prewedding di sini!

  • Museum Taman Prasasti, Jakarta Pusat

wm_article_img

Museum Taman Prasasti merupakan salah satu tempat favorit foto prewedding Jakarta. Museum ini dulunya merupakan kompleks pemakaman bangsawan dan petinggi Belkamu dan Inggris, tapi jenazah yang dulunya dikubur di sini telah dipindahkan pada tahun 1975. Tempat ini telah menjadi museum dan dibuka untuk umum sejak tahun 1977.

Meski tidak ada jenazah, batu nisan yang ada tidak dibongkar dan dibiarkan sebagaimana adanya. Batu nisan yang tertata rapi justru menjadikan tempat ini salah satu spot foto yang digemari. Foto prewedding tidak usah di depan batu nisan, ada ada banyak spot foto lain yang menarik di sini kok. Banyak patung dan struktur dengan ukiran yang khas tersebar di kompleks museum. Foto prewedding dapat dilakukan pada hari Selasa-Minggu, pukul 09.00-15.00 dan dikenakan biaya sebesar Rp350.000,00.

  • Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur       

wm_article_img

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan taman rekreasi dan edukasi budaya yang telah berdiri sejak tahun 1975. Ada banyak sekali spot yang dapat digunakan untuk foto prewedding. Untuk foto prewedding Jakarta dengan nuansa alam, ada 13 taman yang tersebar di TMII, termasuk Taman Burung dan Taman Bekisar.

DI TMII kamu tidak hanya dapat mengambil foto prewedding bernuansa alam, kamu dan pasangan bisa juga memanfaatkan seluruh penjuru TMII untuk mengambil foto prewedding dengan berbagai tema. Ingin mengambil foto prewedding adat di TMII? Kamu dan pasangan bisa menuju ke area Anjungan Rumah Adat TMII. Di sana terdapat miniatur rumah-rumah adat dari seluruh penjuru daerah di Indonesia. Cukup siapkan baju adat dan make up yang sesuai. Jangan lupa siapkan anggaran sebesar Rp200.000,00 - Rp350.000,00 untuk biaya tiket masuk dan izin foto prewedding.

  • Kepulauan Seribu

wm_article_img
Foto: Pulau Seribu Travelling

Kepulauan Seribu merupakan salah satu taman nasional laut Indonesia yang terkenal tidak hanya di dalam negeri, tapi juga hingga ke mancanegara. Kepulauan Seribu memiliki luas total 107.489 ha, dengan daratan yang terdiri dari 106 pulau hanya mencakup 526 ha dari luas total. Tidak hanya sebagai kawasan konservasi dan rekreasi, Kepulauan Seribu juga banyak diminati oleh pasangan yang ingin mengabadikan kemesraan dalam bentuk foto prewedding.

Pasir putih berbatasan dengan hamparan laut yang luas, hutan yang tak terjamah di tengah-tengah pantai, ataupun berfoto di bawah air dengan pemkampungan bawah laut yang tiada duanya, semua keinginan kamu dan pasangan bisa dipuaskan di Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu bisa ditempuh dalam jarak waktu 1-4 jam menggunakan kapal feri, tergantung pada pulau mana yang kamu tuju. Perlu diingat, tidak semua pulau bisa dimasuki oleh pengunjung. Kamu juga perlu merencanakan akomodasi serta menyiapkan uang untuk menyewa peralatan menyelam, perahu dan guide apabila akan melakukan snorkelling. Walau demikian, semua usaha kamu akan terbayar setelah kamu menginjakkan kaki di Kepulauan Seribu. Dijamin puas!

Demikian tempat-tempat rekomendasi foto prewedding bernuansa alami seperti di hutan. Masih ada banyak lagi tempat-tempat lain di dalam dan sekitar Jakarta yang bisa digunakan untuk foto prewedding. Jangan lupa untuk meminta izin sebelum melakukan pemotretan dan pahami aturan serta larangan yang berlaku, seperti aturan pemberian makan hewan setempat. Ingatkan juga kepada vendor fotografi yang kamu bawa untuk selalu menjaga kebersihan. Selamat berfoto ria!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...