Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Gaun Pengantin Berhijab yang Menutup Dada, Syar’i dan Elegan Jadi Satu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Memilih gaun pengantin berhijab tidaklah sulit, tapi juga bukan perkara mudah. Meminjam kutipan dari Olivelli Cape Town  yang mengatakan “Selecting a wedding dress is more than just a fitting... it's a process, a memory in the making." Ya, memilih sebuah gaun pengantin tidak sekadar mengukur tapi juga sebuah proses yang akan selalu dikenang, inilah mengapa memilih gaun pengantin tidak bisa terburu-buru – semua perlu diresapi. 

Setiap perempuan pasti pernah membayangkan tentang gaun pengantin yang cantik dan sesuai dengan apa yang mereka inginkan, tak terkecuali muslimah. Namun, banyak yang berkomentar bahwa dengan adanya hijab pada kepala mereka, itu akan menjadi ganjalan untuk mereka sehingga tidak bisa mengenakan gaun pengantin yang diinginkan. 

Memang, dalam Islam ada beberapa ketentuan mengenai pakaian perempuan dan setiap perempuan diwajibkan untuk mematuhinya. Setidaknya ada 3 ketentuan yang wajib diketahui dan diaplikasikan pada gaun pengantin Anda nanti sebagai wanita berhijab, yaitu: 

1. Pakaian wanita muslim wajib menutup aurat. Batasan aurat pada perempuan adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. 

2. Gaun pengantin berhijab yang digunakan tidak boleh menerawang atau tidak diizinkan menggunakan kain yang tipis. 

3. Diatur juga bahwa pakaian yang digunakan tidak boleh menampilkan lekuk tubuh. 

Karena ada ketentuan nomor 3 dimana perempuan dilarang menggunakan pakaian ketat sehingga memperlihatkan lekuk tubuh, kami memberikan inspirasi gaun pengantin berhijab yang menutup dada, sederhana, tapi tetap elegan

Memilih menggunakan hijab yang panjang untuk menutupi dada bisa menjadi sebuah pilihan

wm_article_img

Setiap perempuan pasti ingin tampil cantik di hari pernikahan disaat ia akan menjadi ratu sehari. Tidak hanya pada dandanan, gaun yang digunakan pun wajib memikat. Walau begitu, aturan yang sudah ditetapkan dalam Islam tidak bisa sembarangan dilarang. Nah, supaya lekukan tubuh

Anda nanti bisa tertutupi, terutama pada bagian dada, Anda bisa memilih menggunakan hijab yang berukuran besar sehingga ketika dipakaikan, dia bisa menutupi area badan. Supaya Anda semakin bersinar, Anda bisa mempercantik diri dengan menggunakan mahkota pada atas kepala, dengan begitu Anda akan benar-benar tampak seperti ratu! 

Membuat gaun pengantin dengan konsep blazer yang tampak syar’I tapi juga modis

wm_article_img

Konsep elegan yang satu ini memang masih jarang digunakan di Indonesia, apalagi oleh wanita berhijab. Padahal, menggunakan gaun pengantin dengan atasan yang dibuat seperti blazer cukup ampuh menyamarkan lekuk tubuh perempuan karena desainnya yang saling bersilangan pada bagian depan sehingga bagian dada dapat tertutupi.

Selain itu, konsep blazer ini akan membuat Anda tampak modis. Setelahnya, tidak menutup kemungkinan bahwa teman-teman Anda akan menjadikan Anda sebagai trendsetter karena gaun pengantin berhijab Anda yang unik tapi juga sopan.

Melapisi hijab dengan lace yang bisa berguna jadi hiasan kepala sekaligus wedding veil 

wm_article_img

Menggunakan gaun pengantin berhijab tidak berarti Anda tidak bisaa memakai veil atau tudung kepala. Tudung kepala pernikahan atau wedding veil berbeda dengan hijab. Hijab haruslah kain yang tidak transparan sehingga rambut Anda tidak tampak, sementara veil hanya dijadikan hiasan dari hijab itu sendiri. Wedding veil bermacam ukuran, ada yang pendek dan ada yang panjang menjuntai seperti yang digunakan oleh Meghan Markle pada pernikahannya. 

Jika hijab Anda sudah polos, maka Anda bisa menggunakan lace atau brokat sebagai hiasan hijab Anda yang memiliki bordiran manis sebagai hiasan gaun pengantin sederhana. Selain sebagai hiasan, nantinya veil ini bisa digunakan sebagai penutup dada jika kemudian diarahkan memeluk bahu Anda sekaligus menutupi badan bawah karena ukurannya yang panjang. 

Yang sedang jadi hits gaun pengantin dengan cape yang membuat Anda tampil berkelas

wm_article_img

Menurut kamus istilah busana, cape adalah pakaian tanpa lengan yang cara pakainya adalah digantungkan pada bahu. Ada beragam potongan cape yang bisa Anda jadikan solusi untuk penutup dada pada gaun pengantin berhijab nanti.

Misalkan dengan cape pada potongan di lengan depan yang bisa membuat Anda lebih bergerak dengan leluasa tapi tetap sopan, ada juga cape shoulder yang bisa dengan kerah tinggi maupun potongan kerah rendah, dan jika Anda menginginkan gaun pengantin berhijab yang stunning, Anda bisa memilih cape yang pada bagian belakang bawah menjuntai seperti jubah 

Mengaplikasikan konsep Sabrina pada gaun pengantin muslim, bukanlah sesuatu yang sulit

wm_article_img

Pada umumnya, gaun model Sabrina atau yang juga disebut sebagai adalah gaun yang memiliki potongan pada bahu dan pakaian melingkar pada lengan. Model Sabrina juga disebut sebagai  off the shoulder. Menggunakan desain Sabrina pada gaun pengantin berhijab bukan sesuatu yang tidak mungkin. 

Bedanya, gaun Anda akan tetap menggunakan lengan panjang dan tidak mengekspos bahu dan kesan Sabrina akan tetap tampak dengan adanya potongan kain yang menutupi bagian dada. Model Sabrina bisa melingkar pada bagian dada saja, tapi juga bisa dibuat dengan melingkar hingga lengan. 

Baca juga: Trend Gaun Pengantin Muslimah Modern

Dengan berhijab tidak menutup kemungkinan untuk bisa memiliki gaun pengantin yang indah, modis, dan tetap santun. Dan berhijab tidak pernah menjadi penghalang bagi Anda mewujudkan gaun pengantin. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...