Pilih Kategori Artikel

Tampil Beda di Hari Bahagia dengan Gaun Pengantin India
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Saat memutuskan untuk mengusung pernikahan bergaya Bollywood, tentu kamu perlu menyiapkan gaun pengantin India yang ingin kamu kenakan. Pernikahan dengan tema ini memang sedang banyak dipilih oleh calon pengantin. Bukan hanya karena tingginya minat akan kebudayaan India yang biasa dilihat di TV, tapi juga karena pernikahan Priyanka Chopra dan Nick Jonas yang semakin menambah decak kagum akan keunikan dan kecantikan gaun pengantinnya.

Apabila kamu tengah mempertimbangkan untuk menggunakan gaun pengantin India, pastikan kamu mengetahui apa saja yang perlu disiapkan agar dapat tampil cantik layaknya Priyanka Chopra. Gaun pengantin di India sendiri ada beberapa tipe, yaitu:

  • Saree atau Sari

wm_article_img

Sari adalah pakaian umum yang digunakan perempuan India. Sari terdiri dari sepotong kain yang tidak dijahit dan hanya dililitkan pada badan. Pada umumnya panjang sari berkisar antara 4-9 meter dengan lebar yang bervariasi. Salah satu ujung dari kain sari tersebut disampirkan pada bahu. Kain sari dipakai setelah menggunakan choli atau blus lengan pendek dengan potongan leher rendah.

Ada berbagai inspirasi gaun pengantin India dengan kain sari, terutama kain sari dengan warna merah. Menurut kebudayaan India, warna merah dianggap sebagai warna yang paling kuat, melambangkan kesuburan, cinta, dan keindahan. Warna ini juga kerap dijadikan simbol kehidupan pribadi seseorang, misalnya wanita yang telah menikah akan memiliki tanda merah pada telapak tangan mereka yang disebut dengan sindoor. Perpaduan warna merah dan emas di gaun pengantin India dapat menambah kesan kemegahan!

Jika kamu ingin gaun pernikahan Bollywood yang tidak terlalu mencolok, memilih warna yang lebih tenang seperti putih adalah pilihan yang tepat. Warna putih juga dapat membuat gaun terasa lebih simple. Di India sendiri, warna putih memang dianggap sebagai warna yang tidak menguntungkan, tapi tidak masalah jika kamu hanya ingin mengusung konsep pernikahan tradisional India.

Biasanya, kain sari akan dihiasi dengan payet, renda, atau corak yang meriah. Jika kamu tertarik untuk menggunakan kain sari yang berbeda dan lebih modern, kamu bisa mencontoh gaun milik influencer Diipa Khosla yang mengenakan corak floral dengan warna putih pucat, jauh berbeda dibanding gaun pengantin India pada umumnya.

  • Lehenga

wm_article_img

Rok yang biasa digunakan oleh perempuan India dalam kehidupan sehari-hari maupun saat pernikahan disebut lehenga. Panjang yang dimilikinya biasanya mencapai mata kaki, dan disulam serta memiliki lipitan sehingga tampak menarik. Lehenga biasanya digunakan bersamaan dengan gagra choli atau langan voni di bagian atas sehingga menampakkan pinggul dan perut bawah yang terbuka. Agar penampilan tampak lebih elegan,  gantungkan dupatta pada salah satu bahu. Nah, dupatta sendiri adalah sebutan untuk selendang yang biasa digunakan oleh anak perempuan dari India.

Lehenga warna burgundy bisa menjadi salah satu alternatif gaun pengantin berkonsep India yang bisa dipilih. Untuk bahan, kain beledu dapat menambahkan kesan anggun yang berkelas. Ingin menggunakan warna gaun pengantin India yang lebih lembut? Bisa, kok! Warna lavender akan sempurna untuk alasan ini. Warna ini juga merupakan lambang cinta yang murni, cantik, dan modern. Selain itu, pemilihan warna lavender pun masih jarang dipilih oleh pengantin lainnya, membuat gaun pengantinmu terasa unik.

Ingin mengenakan gaun pengantin India yang berbeda dibanding kebanyakn gaun pada umumnya? Cobalah untuk memadukan lehenga dengan detail bulu yang menambah kesan fancy sekaligus menakjubkan. Detail bulu bisa kamu tambahkan pada pergelangan tangan, bahu, atau lengan. Kreasikan sesuai dengan yang kamu mau!

  • Anarkali

wm_article_img

Anarkali adalah pakaian wanita yang terdiri dari terusan lengan panjang dengan rok lebar yang sangat anggun jika dikenakan sebagai gaun pengantin India. Dulu, dan mungkin hingga sekarang, gaun anarkali banyak dikenakan oleh kaum bangsawan India, seperti bangsawan Mughal, yang menganggap gaun ini sangat menakjubkan sekaligus istimewa. Gaun pengantin India dengan model anarkali pun sesuai untuk pernikahanmu. Anarkali tidak terlalu terbuka, dan justru berkesan santun. Gaun anarkali ini akan semakin modis dengan model leher tinggi dan selendang dengan warna senada.

Jika kamu ingin mengenakan gaun pengantin India yang lebih mudah diterima oleh khalayak umum, warna krem bisa menjadi pilihan tepat. Untuk menambahkan kesan modern, hiasi gaun pengantin kamu dengan kancing di bagian badan tengah ke bawah, tambahkan juga hiasan pada bawahan dengan detail bunga warna emas yang menarik. Namun, tentu rasanya kurang ‘India’ jika gaun pengantin yang dipilih tidak memiliki warna yang semarak dan cerah. Kamu bisa mengakalinya dengan warna kuning yang akan membawa rasa hangat dan bahagia kepada siapa pun yang melihatnya.

Hal yang perlu kamu ingat saat memilih konsep pernikahan India adalah suasana pernikahan India yang bisa digelar secara santai, tapi tetap khidmat. Penggunaan perhiasan pun tidak masalah jika ingin berlebihan karena memang sesuai dengan tradisi mereka. Jadi, kenakan perhiasan sebanyak-banyaknya untuk memunculkan kesan khas India yang kental. Namunm jika kamu merasa kurang nyaman dengan pemakaian perhiasan yang berlebihan, kamu bisa bermain dengan make up yang lebih tebal untuk menyeimbangkan penampilanmu.

Well, itulah opsi yang bisa dipilih jika kamu ingin mengenakan gaun pengantin India tradisional. Silakan memilih mana yang akan disukai oleh keluarga dan tamu. Namun, yang pasti, jangan takut untuk tampil beda!

Foto: God Father Style, Kalaniketan

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...