Tips Memilih Konsep Serta Gaun Pengantin Rustic yang Sempurna

23 Sep 2019 | By Wedding Market | Viewers: 1222
Tips Memilih Konsep Serta Gaun Pengantin Rustic yang Sempurna

Beberapa tahun ini, tema pernikahan, lagu pernikahan, hingga gaun pengantin rustic serta apa pun yang berbau rustic sangat santer terdengar. Konsep rustic memang tengah jadi dambaan banyak orang. Selain jauh dari kesan glamor, konsep yang satu ini justru malah menonjolkan kesan natural dan dekat dengan alam.

Rustic adalah konsep untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan pedesaan, mulai dari desain rumah sampai konsep pernikahan. Karena menggambarkan pedesaan, elemen yang digunakan tidak jauh dengan alam. Beberapa tahun terakhir, konsep ini banyak digunakan oleh pasangan muda yang mulai sadar akan acara pernikahan yang ramah lingkungan. Ya, konsep pernikahan rustic adalah konsep pernikahan yang ramah lingkungan karena dekorasi digunakan memanfaatkan barang-barang yang mudah ditemukan atau barang milik pribadi, sehingga meminimalisir penggunaan barang sekali pakai dapat menambah penumpukan sampah, lalu bagaimana dengan gaun pengantin rustic? Langsung saja kita bahas segala macam hal tentang konsep pernikahan rustic, termasuk juga gaun pengantinnya!

1. Venue

Karena tema yang diangkat adalah pedesaan, tempat yang tepat untuk menggelar pernikahan tentu bukan gedung atau hotel bintang lima. Acara pernikahan akan terasa lebih natural jika Anda memilih hutan, taman, perkebunan, atau mungkin penginapan dengan taman yang rindang sebagai venue. Boleh juga jika Anda dan pasangan memutuskan untuk menggelar pernikahan di halaman belakang rumah yang dipenuhi rumput dan bunga. Tentu Anda bisa membayangkan betapa natural acara dengan venue pernikahan dan gaun pengantin rustic ini, kan?

2. Dekorasi dan detail pernikahan

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar dekorasi rustic? Pasti tidak jauh-jauh dari pernikahan sederhana dengan dekorasi kayu, bukan? Benar, selain menggunakan dekorasi yang diambil dari bahan kayu, tanaman serta bunga liar juga bisa dijadikan hiasan yang indah. Jika pernikahan Anda akan diadakan sore menjelang malam, Anda bisa menghiasi venue dengan tumblr lamp atau lilin yang membuat suasana kian hangat. Jangan lupa flower hoop yang bisa dijadikan hiasan kursi pengantin atau sekadar ditempel di dinding saja serta corak alam yang menghiasi gaun pengantin rustic Anda.

3. Wedding cake

Kue pernikahan dengan konsep rustic tentu bukan model kue pernikahan besar dan tinggi yang dihiasi cream tebal, melainkan kue kecil dengan ornamen sederhana yang nyaris tanpa cream. Karena prinsip dari rustic itu sendiri merupakan kesederhanaan, Anda tidak perlu membuang-buang uang untuk hal yang percuma. Kue pernikahan rustic biasanya berupa naked wedding cake yang dihiasi dengan bunga, daun, buah tropis seperti nanas dan jeruk, atau malah cupcake yang disusun rapi aneka warna.

4. Gaun pengantin rustic

Saatnya kita membedah gaun pengantin yang cocok dengan konsep pernikahan rustic! Walau memang tidak ada aturan tertulis mengenai gaun pengantin rustic, tapi setidaknya ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar gaun pengantin yang Anda kenakan bisa selaras dengan konsep yang diinginkan.

  • Coba pertimbangkan gaun A-line atau empire panjang dan hindari gaun model ball gown. Gaun panjang dengan desain A-line atau empire lebih sesuai dengan tema pedesaan daripada ball gown yang lebih tepat untuk konsep acara yang
  • Supaya lebih berkesan, Anda bisa menambahkan detail gaun pengantin rustic dengan sulaman, renda, atau bordir bermotif bunga.
  • Gaun pengantin rustic khas pedesaan biasanya memiliki lengan panjang dengan model batwing minim hiasan. Namun, tak masalah juga jika Anda ingin mengenakan gaun sweetheart dengan tali.
  • Jika Anda ingin menambahkan kesan pedesaan yang kuat dengan menggunakan sepatu cowboy boots dalam gaun pengantin rustic Anda, pilihlah gaun pendek yang tidak menutupi kaki sehingga keunikan penampilan Anda dapat dengan jelas terlihat.
  • Anda ingin menggunakan kerudung pernikahan juga? Tidak masalah. Kerudung pernikahan panjang dengan renda justru sangat sesuai dengan gaun pengantin rustic serta suasana pedesaan. Namun, hindari penggunaan hiasan seperti mutiara, manik-manik, dan benda berkilau lainnya karena akan menghilangkan efek rustic yang ada.
  • Lengkapi gaun pengantin rustic Anda dengan hiasan kepala yang tepat. Hindari mahkota yang berkilau. Sebaliknya, pilih flower crown atau mahkota yang terbuat dari daun eucalyptus. Namun jika Anda tidak menggunakan wedding veil, Anda bisa menggunakan topi country sebagai gantinya.
  • Siapkan juga aksesori berbau koboi sebagai ornamen Tampilan koboi tidak pernah gagal menyempurnakan keindahan serta keunikan gaun pengantin bernuansa rustic. Manfaatkan jaket denim untuk menutupi gaun pernikahan tanpa tali, terlebih jika pernikahan Anda di luar ruangan dan angin sedang berhembus kencang.

5. Buket bunga tangan

Lengkapi tampilan menawan gaun pengantin Anda dengan buket bunga bernuansa senada. Buket bunga bernuansa rustic ini biasanya menggunakan bunga lokal atau bunga liar yang mudah ditemukan di pinggir jalan. Bunga yang umum dipilih untuk konsep pernikahan rustic adalah bunga kapas, mawar merah, bunga matahari, dan sejenisnya. Setelah menemukan bunga yang tepat untuk buket, hiasi dengan kain goni untuk menambah efek pedesaan.

Kami harap, setelah Anda menyimak kiat-kiat seputar konsep hingga gaun dalam pernikahan rustic di atas, Anda bisa dengan mantap memilih rustic sebagai konsep pernikahan Anda. Selain karena konsep ini menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir, konsep rustic juga membantu kita untuk memiliki pernikahan yang hemat dan ramah lingkungan, lho! Bingun dimana bisa mendapatkan gaun? Cari di direktori vendor gaun pernikahan Wedding Market.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket