Pilih Kategori Artikel

Perlukah Memberikan Hadiah Untuk Para Bridesmaid?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Saat mendengar kata “bridesmaid,” apa yang terlintas dalam pikiran kamu? Sekumpulan sahabat menggunakan baju seragam dan berjejer cantik di kiri kanan saat kamu dan pasangan berjalan menuju pelaminan? Ya, tidak salah, sebetulnya. Namun, perlu kamu ketahui bahwa sesungguhnya bridesmaid itu tidak sesederhana itu. Jika hanya itu saja tugasnya, apa perlu ada hadiah untuk bridesmaid?

Tradisi bridesmaid ini sebenarnya diadopsi dari western dimana seorang calon bride akan meminta sahabat atau orang paling dekatnya untuk menjadi pendampingnya selama sang calon pengantin mempersiapkan pernikahannya. Yap, bridesmaid itu juga ambil andil dalam membantu calon pengantin dalam banyak hal. Bridesmaid punya kewajiban karena itulah saat meminta seseorang menjadi bridesmaid, kamu harus benar-benar menanyakan padanya apa ia bersedia atau tidak. Bridesmaid bukan hanya tentang menggunakan baju seragam dan ada saat pernikahan saja! Kalau hanya seperti itu, untuk apa memberikan kartu ucapan seperti “will you be my bridesmaid?,” bukan? Siapa saja tentu dengan senang hati mau diberikan baju seragam dan terlihat menonjol di setiap acara pernikahan.

Congratulation, you are a Bridesmaid, so you have some jobs! Yap, asalnya, seorang yang kamu minta menjadi bridesmaid adalah orang yang akan bersedia untuk melakukan beberapa hal ini. Check it out!

  1. Membeli gaun bridesmaid. Well, kamu heran membaca tulisan ini? Seorang bridesmaid membeli gaunnya sendiri? Iya, begitu yang benar. Para bridesmaid bukannya dibelikan kain atau gaun oleh kamu, si calon pengantin, malah membeli gaun mereka sendiri. Para orang terdekat dan terkasih tentu tahu betul, kalau kamu pasti mengeluarkan banyak uang untuk pesta pernikahan, bukan? Mereka seharusnya meringankan, bukannya malah memberatkan. Namun, untuk yang satu ini, di daerah asalnya, banyak juga bride to be yang membelikan gaun untuk para bridesmaid-nya.

Nah, kalau di Indonesia, poin utama bridesmaid malah beberapa sahabat yang dibelikan kain oleh si calon pengantin, bukan? Tidak ada bridesmaid yang berkumpul dan membeli sendiri gaun untuk mereka gunakan di hari pernikahan si bride. Gaun untuk para bridesmaid ini biasanya dikirim bersama card bertulisan “will you be my bridesmaid?.” Kain ini, bisa dikatakan, hadiah untuk bridesmaid yang sudah bersedia menjahit atau memakai gaun seragam di pesta pernikahanmu. Agak aneh sebenarnya, ya? Diberikan hadiah dan dispesialkan di hari besarmu, padahal mereka tidak melakukan apa-apa.

  1. Menyelenggarakan bridal shower. Bridal shower ini bisa dikatakan pesta pelepasan masa single. Wajib bagi para bridesmaid untuk menyelenggarakan pesta kecil ini untuk sahabat mereka yang akan naik pelaminan. Bridal shower ini sudah semakin ramai di remaja Indonesia sekarang ini. Namun, tidak semua bridesmaid berinisiatif menyelenggarakan bridal shower untuk sahabat mereka yang akan menikah. Entah mereka tidak tahu, atau tidak mau. Sedih, ya, rasanya jika sahabat-sahabat yang kamu minta menjadi bridesmaid tidak menyelenggarakan bridal shower untuk kamu? Padahal kamu sudah memberi hadiah untuk bridesmaid-bridesmaid kamu.

  2. Menghadiri rapat-rapat pernikahan. Yap, bridesmaid seharusnya hadir dalam setiap meeting urusan pernikahan kamu, si calon pengantin. Mereka harus tahu ini bagaimana, dan itu bagaimana. Mereka seharusnya membantu kamu memilih gaun pengantin, make up, sepatu, sampai ke aksesoris-aksesorisnya. Juga, para bridesmaid mestinya jadi orang yang bisa kamu panggil untuk mengantar kamu kemana pun kamu butuhkan! Kalau menjalankan hal-hal ini, gaun saja tentu tidak cukup untuk dijadikan hadiah untuk bridesmaid, bukan? 

  3. Mendengar keluh kesah si sahabat yang akan menikah. Ini dia salah satu tugas terpenting seorang bridesmaid. Jangan kira menjelang hari pernikahan segalanya akan berjalan mulus tanpa ada hambatan, justru saat-saat mempersiapkan pernikahan ini banyak sekali terjadi hal-hal yang mengundang emosi, kesedihan, tangis, kecewa, bahkan amarah. Ini dia tugasnya seorang sahabat, menjadi pendengar yang baik dan support system untuk kamu!

  4. Hadir dan terlibat dalam pesta pernikahan kamu! Tentu saja wajib hukumnya para bridesmaid untuk hadir dalam pesta pernikahan kamu. Tidak hanya hadir, mereka juga seharusnya ambil andil dalam berbagai hal. Bukan hanya ikut mengantar kamu dan pasangan menuju pelaminan, mereka juga harus membuat suasana pernikahan jadi semakin menyenangkan, misalnya dengan ikut berdansa atau meramaikan acara lempar buket bunga, dan banyak lagi yang bisa dilakukan para bridesmaid!

Nah, jika para bridesmaid kamu menjalankan tugas-tugas di atas, memang sudah seharusnya kamu berikan hadiah untuk bridesmaid kamu! Tidak hanya gaun yang dipakai saat acara pernikahan kamu, kamu juga bisa memberikan mereka hadiah setelah pesta berakhir. Yap, kamu berikan hadiah untuk bridesmaid sebagai tanda terima kasih yang tulus karena sudah ikut membantu kamu selama masa menjelang pernikahan sampai ikut membuat suasana wedding kamu jadi semakin meriah! Lalu, apa saja ya yang bisa diberikan sebagai hadiah untuk bridesmaid? Here there are!

 wm_article_img

Tidak perlu berlogam emas, sebuah kalung perak cantik sudah cukup jadi hadiah untuk bridesmaid yang sudah meluangkan waktu untuk membantumu menyongsong hari super special dalam hidupmu. Jangan lupa menyertakan ucapan terima kasih dan nama sang sahabat pada bridesmaid card kamu ya!

wm_article_img    
 

Sebagai seorang sahabat, tentu kamu tahu betul skincare atau make up apa yang digunakan oleh sahabatmu, bukan? Nah, kamu bisa juga berikan itu sebagai hadiah untuk bridesmaid! Atau, lebih bagus lagi kalau kamu berikan sesuatu yang sahabatmu sangat inginkan tapi belum sempat ia beli. Tentu ia akan sangat senang menerimanya, bukan?

 wm_article_img

Apapun hadiah untuk bridesmaid yang akan kamu berikan, pastikan kamu kemas dengan secantik dan semanis mungkin, ya! Siapa saja pasti akan sangat senang menerima hadiah yang punya tampilan indah, bukan? Apalagi jika sahabat kamu salah satu pengguna aktif sosial media, pasti ia akan senang sekali! Hadiah untuk bridesmaid-nya bisa jadi begitu Instagramable, bukan? Oke sekali untuk difoto dan dipajang di sosial media!

wm_article_img

Agar hadiah untuk bridesmaid kamu tampak lebih spesial, kamu bisa juga menambahnya dengan paper bag khusus, misalnya yang bertulisan namanya disandingkan dengan kata “bridesmaid.” Dan, kamu juga bisa menambahkan tanggal pernikahan kamu atau bahkan tulisan “thank you for everything” atau yang sejenisnya. Sahabatmu pasti akan sangat senang menerimanya, bukan?

Well, tadi hadiah untuk bridesmaid yang kamu berikan after party ya, saat kamu benar-benar merasakan bantuan mereka selama masa-masa persiapan pernikahanmu. Jika mereka tidak begitu membantu atau bahkan tidak membantu sama sekali, tidak perlu kamu berikan! Sudah bagus kamu berikan kain atau gaun untuk mereka pakai di pesta kamu, bukan?

Foto: 

Not on The High Street, Along Camea Box, Racked, The Lake Sides Hed

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...