Pilih Kategori Artikel

Ide dan Tips Hantaran Pernikahan Estetis Bertema Fashion untuk Pasangan Millenial
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Di zaman yang berubah dengan cepat ini, pastinya banyak pasangan yang lebih senang dengan barang-barang yang memiliki visual menarik. Terlebih lagi adanya sosial media yang memudahkan semua orang untuk beramai-ramai menunjukkan barang estetis milik mereka di publik. Pemilihan barang juga terasa akan semakin penting jika barang hantaran nikah untuk perempuan. 

Pertanyaannya adalah, bisakah lamaran tanpa seserahan? Sebenarnya, seserahan atau hantaran pernikahan tidaklah wajib. Namun, barang seperti ini sudah menjadi simbol keseriusan dan bentuk tanggung jawab sang laki-laki kepada pihak perempuan yang dilamar. Karena memiliki makna yang sangat dalam untuk pasangan, sebaiknya memang disajikan dengan tampilan visual yang indah untuk menyenangkan hati dan menaikkan mood siapa yang melihatnya.

Tips 1: Pilih barang-barang untuk mengisi kotak hantaran dengan tema tertentu

Siapa bilang barang-barang untuk hantaran pernikahan estetis harus mahal? Eits, jangan khawatir, kamu tidak harus merogoh kocek dalam untuk mewujudkan hal ini, lho. Coba tingkatkan kreativitas dan imajinasimu dengan menggunakan barang-barang bertema fashion seperti berikut ini! 

  • Gaun/Gamis

Item fashion seperti gaun sangat pas untuk wanita yang berkarakter feminin dan girly. Ada banyak tipe gaun yang menarik dan berkesan untuk dijadikan hantaran pernikahan estetis. Namun, yang paling kekinian adalah tipe drawstring dress yang memiliki model tali serut sehingga membentuk seperti kerutan. Alternatif lainnya adalah gaun dengan model floral prints atau bunga-bunga.

Gaun dengan model seperti ini sangat fungsional untuk berbagai acara, sehingga bisa dipadupadankan dengan item fashion lainnya seperti blazer atau jaket. Buat kamu yang memiliki pasangan yang berhijab dan tidak suka dengan pakaian terbuka, kamu bisa membeli model gaun seperti di atas namun dengan ukuran yang lebih panjang sehingga lebih hijab friendly

wm_article_img

Tips: Bagi kamu yang tertarik untuk memilih gaun sebagai hantaran pernikahan, sesuaikan dengan bentuk tubuh pasanganmu. Pasalnya, ada beberapa tipe bentuk tubuh yang tidak cocok dengan gaun tertentu. Wanita dengan bentuk tubuh apel misalnya, lebih cocok memakai model gaun yang menonjolkan lingkar pinggangnya. Lain lagi dengan wanita dengan bentuk tubuh pir, lebih baik memilih gaun dengan model A-line. 

  • Kerudung/Hijab 

Seperti tradisi pada umumnya, hantaran pernikahan direkomendasikan memiliki jumlah yang pas. Lalu, berapa banyak hantaran pernikahan? Menurut tradisi, jumlah yang direkomendasikan adalah jumlah ganjil mulai dari 1, 3, dan 5. Nah, jika kamu harus menyiapkan dengan jumlah sebanyak itu, kamu bisa memilih kerudung/hijab sebagai alternatif hantaran pernikahan estetis yang murah. Pilihlah warna yang disukai oleh pasangan, namun jika kamu tidak tahu, kamu bisa menggunakan warna dasar seperti hitam, putih, cream, dan abu-abu. Keempat warna monokrom ini adalah warna yang paling sering dipakai, terutama di acara-acara resmi. 

wm_article_img

Tips: Bagi kamu yang tertarik memilih hijab sebagai isi hantaran pernikahan, sebaiknya pilih bahan yang nyaman untuk pasangan. Pilihlah yang ringan, mudah dibentuk, dan menyerap keringat. Bahan yang direkomendasikan adalah sifon, wolfis, satin, dan ceruti. Pastikan bahannya juga tidak transparan, ya! 

  • Tas 

Tas merupakan salah satu item fashion yang paling sering dipakai dibandingkan yang lain. Terlebih lagi jika kamu memilih warna basic yang bisa dipadukan dengan segala jenis pakaian dan berbagai macam acara. Selain itu, bentuknya yang cantik juga sangat cocok dijadikan hantaran pernikahan estetis untuk pasangan tercinta. Umumnya, model tas yang digunakan sebagai hantaran pernikahan adalah model hand bag atau tas tangan, sling bag atau tas selempang, dan clutch/pouch atau yang mirip seperti tas dompet. Pilihlah motif yang menarik dan anti mainstream agar pasanganmu merasa spesial saat dihadiahkan tas seperti ini. 

wm_article_img

Tips:  dalam membeli tas yang berkualitas, perhatikan bahan yang digunakan. Bahan yang kokoh cenderung lebih tahan lama. Pasalnya, banyak sekali tas KW yang baru dipakai beberapa bulan saja namun kulitnya sudah mengelupas. Pastikan tali pegangan tasnya juga tidak gampang copot/patah. Material tas yang sangat direkomendasikan adalah canvas, dry denim, atau kulit. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan budget kamu juga, ya! 

  • Sepatu

Sepatu melambangkan bahwa kamu siap melangkah dan mengarungi hidup bersama dengan pasanganmu. Umumnya, model sepatu yang biasa digunakan sebagai hantaran pernikahan adalah high heels. 

wm_article_img

Tips: disarankan untuk membeli sepatu di toko langsung agar bisa menyesuaikan dengan ukuran sepatu dan juga menguji kenyamanan sepatu saat sedang berjalan. Cobalah untuk memegang dan menekan sepatu di bagian tumit dan ujung sepatu. Kedua bagian ini sangat riskan untuk copot atau membuat kaki lecet. Pastikan sepatu yang kamu beli tidak hanya estetis dan tahan lama, tapi juga sangat nyaman dipakai sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. 

  • Perhiasan 

Perhiasan melambangkan sebuah harapan dan doa untuk calon istri agar senantiasa berkilau dan bersinar sampai akhir hayatnya. Kamu bisa menghadiahkan set perhiasan emas jika memiliki anggaran berlebih. Lalu, Apa saja isi dalam kotak hantaranUmumnya, bisa terdiri dari cincin dan kalung.

wm_article_img

Tips: Jika kamu punya anggaran lebih, kamu bisa menambahkan gelang dan anting. Biasanya, set perhiasan ini ditampilkan dengan manekin mini agar kalungnya terlihat lebih stand out dan lebih menawan. Kamu bisa menambahkan dekorasi seperti bunga dan tak lupa kotak perhiasan untuk tempat penyimpanannya. Bagaimana, sudah cocok dijadikan hantaran pernikahan estetis untuk pasanganmu, bukan? 

  • Baju Tidur/Lingerie

Khusus untuk baju tidur atau lingerie, sebaiknya barang intim seperti ini lebih cocok dijadikan seserahan pernikahan, dibanding seserahan lamaran. Lalu, apa perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan? Seserahan pernikahan umumnya lebih intim dan personal, sedangkan seserahan lamaran biasanya masih bersifat umum. Baju tidur melambangkan sebuah harapan untuk pasangan agar bisa menjaga rahasia rumah tangga dengan baik. Selain itu, menghadiahkan sebuah lingerie juga berarti mendukung pasanganmu untuk selalu tampil cantik dan memukau selama di rumah. 

wm_article_img

  • Aksesoris Fashion Lainnya 

Bagi kamu yang ingin sesuatu yang unik sebagai hantaran pernikahan estetis-mu, kamu bisa mencoba alternatif ini. Aksesoris fashion biasanya berupa barang tambahan yang mendukung penampilan, dalam hal ini misalnya adalah jam tangan. Benda satu ini, meskipun terlihat kecil, namun memiliki makna yang dalam juga, lho. Dengan menghadiahkan ini, itu mengisyaratkan bahwa kamu siap menghabiskan sisa waktu hidupmu bersamanya. Untuk mengisi kekosongan, di bagian kanan kiri jam tangan bisa ditambahkan aksesoris pendukung seperti dompet, gelang, dan juga bunga-bunga yang mengelilinginya. Dengan begitu, hantaran pernikahanmu juga tak kalah estetis dengan yang lainnya! 

Tips 2: Pilih wadah atau kontak hantaran yang estetis 

Saat ini ada banyak sekali pilihan wadah atau kotak hantaran pernikahan unik dan estetis yang terlihat indah. Misalnya, kotak hantaran akrilik, kotak kayu, tray rotan, keranjang anyaman, tray bergaya rustic dan sebagainya. Sesuaikan dengan tema yang ingin digunakan dan budget yang dimiliki, ya!

Tips 3: Senadakan warna dekorasi hantaran dengan tema 

wm_article_img

Pemilihan warna yang tepat akan sangat menentukan estetika dari hantaran yang akan kamu berikan kepada kekasih. Sebaiknya sesuaikan warna dekorasinya dengan warna-warna barang yang dipilih, ya. Apabila barang-barang yang kamu pilih untuk isi  hantaran berwarna-warni atau tidak seragam warnanya, maka kamu bisa menggunakan satu atau dua warna dekorasi yang relatif netral misalnya putih atau pastel. Ketika dipadukan dengan barang-barang tersebut, warna-warna netral ini akan tampak serasi sehingga tidak bertabrakan atau terlalu mencolok.

Tips 4: Kemas barang-barang hantaran dengan cara yang menarik

Terakhir, agar barang-barang pemberianmu tampak lebih cantik dipandang, cobalah kemas dengan cara menarik. Misalnya, baju atau gaun, kamu bisa melipatnya menjadi bentuk bunga, kipas, atau memberikan pita sehingga terlihat lebih rapi. Jangan asal-asalan meletakkan begitu saja, karena hasilnya akan kurang elok dipandang. 

wm_article_img

Nah, itu tadi 7 ide dan tips dalam memilih hantaran pernikahan estetis bertema fashion untuk pasanganmu. Semoga dengan informasi ini, kamu bisa terinspirasi kira-kira barang apa yang paling cocok atau paling dibutuhkan pasanganmu. Namun, untuk menghindari realita yang tidak sesuai ekspektasi, kamu bisa bertanya langsung kepada calon istrimu tentang barang mana yang diinginkan. Kami sarankan untuk terbuka dengan pasangan mengenai besarnya anggaran yang dimiliki agar memudahkan kamu ke depannya. 

Bagi kamu yang tidak punya waktu banyak dan tidak ingin ribet dengan printilan seperti ini, kamu bisa mempercayakan pengemasan hantaran pernikahanmu pada vendor hantaran atau seserahan pernikahan. Sebab, mereka sudah berpengalaman dan pastinya bisa memahami keinginan dari kliennya. Sebagai referensi kamu bisa cek halaman WeddingMarket store. Semoga rencana pernikahanmu berjalan lancar!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...