5 Tips Menekan Harga Catering Pernikahan Per Porsi dengan Tepat

10 Dec 2019 | By WeddingMarket | Viewers: 1830
5 Tips Menekan Harga Catering Pernikahan Per Porsi dengan Tepat
Foto: Lua Restaurante

Jika membahas tentang harga catering pernikahan per porsi, mungkin akan muncul pikiran untuk mengeluarkan banyak biaya. Padahal pemikiran seperti itu belum tentu benar, karena semua pengeluaran di acara pernikahan akan ditentukan sendiri oleh pihak pengantin.

Dalam menentukan anggaran tentunya harus benar-benar dipersiapkan dengan matang. Buatlah konsep acara semenarik mungkin dengan memberikan hidangan terbaik kepada para tamu undangan. Apalagi, menu makanan akan menjadi sorotan para tamu yang datang di acara pernikahan dan dapat jadi penilaian seberapa meriah acara tersebut. Anggaran untuk hidangan memang cukup besar yang bisa mencapai angka 30-40% dari total anggaran. Di bawah ini merupakan beberapa tips untuk menentukan serta menekan harga catering pernikahan dengan perhitungan yang tepat dan hemat.

  1. Tentukan Anggaran

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menentukan harga catering pernikahan dengan tepat adalah menentukan anggaran. Tentukanlah jumlah anggaran yang sanggup kamu keluarkan berdasarkan dengan kebutuhan acara pernikahan atau bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Jangan sekali-kali menitikberatkan kepada gengsi atau tren yang pada saat ini. Jika kamu tetap memaksakan dalam menetapkan anggaran yang terlalu besar, tentu akan menjadi beban yang berat apalagi jika menggunakan dana dari hutang atau meminjam.

  1. Tentukan Jumlah Tamu yang Akan Diundang dan Kemudian Dikalikan Dua

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk menghitung harga catering pernikahan per porsi adalah dengan menentukan secara pasti jumlah tamu yang akan diundang sebelum menentukan jumlah porsi catering. Tidak perlu mengundang banyak tamu jika kamu ingin berhemat, tapi prioritaskan saja keluarga dekat terlebih dahulu.

Hal tersebut bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan kekeluargaan antar dua keluarga pasangan pengantin. Setelah itu, baru undang semua sahabat dan beberapa kerabat sekolah, kuliah, dan kerabat kerja. Usahakan untuk tidak asal mengundang tamu yang tidak mungkin bisa datang. Bisa saja kerabat kuliah ada yang sedang ada aktivitas perkuliahan di luar daerah maupun luar negeri.

Cara untuk menentukan harga catering pernikahan per porsi adalah dengan cara menentukan jumlah keseluruhan tamu, di mana setiap satu orang tamu dihitung dua porsi. Misalnya, terdapat undangan total 500 eksemplar dan secara otomatis akan ada sebanyak 1000 porsi makanan. Terdapat alternatif untuk menentukan harga catering pernikahan per porsi yang bermaksud untuk berhemat. Caranya adalah mengurangi sebanyak 10% total porsi makanan, karena pasti tidak semua tamu yang hadir akan datang berdua dan pasti ada yang datang sendirian.

  1. Sediakan Sedikit Gubukan dengan Menambah Jumlah Porsi

Tips yang ketiga untuk membuat harga catering pernikahan menjadi lebih murah adalah dengan mengurangi jumlah menu catering pernikahan. Memang benar, jika kepuasan tamu dapat dilihat dari kelahapan dalam menyantap hidangan yang disediakan. Maka tidak heran jika banyak orang di luar sana yang rela untuk mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa banyak gubukan dengan lebih dari 10 menu prasmanan, sehingga budgetmu akan bengkak. Karena, pada dasarnya tamu undangan tidak mungkin menikmati lebih dari tiga menu gubukan.

Hal ini terjadi karena tidak semua orang suka makan banyak dan merasa malu untuk mengambil makanan di keramaian. Tentu saja, akan mubazir jika terdapat banyak makanan yang tersisa. Jadi, cukup gunakan setidaknya tiga gubukan, tapi dengan menambah jumlah porsi di setiap gubukan tersebut.

Solusi seperti ini, tentu akan bisa mendapatkan kemungkinan yang besar kepada tamu undangan untuk bisa mencoba dua menu atau bahkan semua menu gubukan yang disediakan. Dengan melakukan cara ini pasti akan menghasilkan harga catering pernikahan per porsi yang lebih murah.

  1. Perbanyak Suguhan Minuman Segar Daripada Air Mineral Gelas

Tips yang keempat untuk membuat harga catering pernikahan per porsi menjadi lebih efisien adalah memberi suguhan minuman yang banyak disukai orang. Pada acara resepsi pernikahan pasti selalu ada air mineral gelasan yang dipajang di atas meja prasmanan. Banyak orang yang menyiapkan sampai dengan puluhan kardus air mineral untuk acara resepsi pernikahan.

Bisa dicontohkan untuk air mineral per kardus memiliki harga Rp 30.000,00 untuk 50 gelas. Sedangkan untuk membuat es buah, hanya dibutuhkan air isi ulang 1 galon, buah blewah, sirup, dan es batu dengan perkiraan harga sekitar Rp 40.000,00 yang bisa menjadi lebih dari 90 gelas. Jadi, kurangi saja jatah untuk air mineral yang semula 25 kardus menjadi sekitar 14 kardus. Dengan menggunakan cara seperti ini akan mengurangi terjadinya sisa air mineral yang terlalu banyak.

  1. Cermat dalam Memilih Menu

Kemudian untuk menekan harga catering pernikahan per porsi ini harus tepat dalam memilih menu. Misalkan saja pada menu prasmanan, pilihlah ayam maupun ikan yang memiliki tulang alih-alih menu fillet. Pada dasarnya, fillet cenderung lebih mudah untuk dimakan, sehingga para tamu akan menghabiskan lebih banyak.

Sama dengan menu gubukan, pilihlah menu kudapan yang biasa dimakan oleh orang-orang di sekitar dengan harga yang murah. Misalkan saja terdapat menu gubukan berupa bakso, soto, siomai, dan lain sebagainya. Cara ini cukup membantu dalam menekan harga catering pernikahan per porsi ini, sehingga akan bisa lebih menghemat biaya pernikahan.

Demikian beberapa tips untuk menentukan harga catering pernikahan dengan tepat. Sebelum melakukan persetujuan dalam memilih menu, disarankan untuk melakukan konsultasi seputar anggaran untuk makanan kepada vendor catering pernikahan. Semoga dengan adanya tips sederhana di atas bisa membantu kamu dalam menentukan pilihan catering pernikahan yang tepat.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket