Pilih Kategori Artikel

Kisaran Harga Cincin Tunangan Beserta Sejarahnya yang Wajib Kamu Ketahui
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan merupakan salah satu perhelatan besar yang dinantikan seumur hidup. Proses yang harus dilakukan untuk menggelar perhelatan pernikahan juga bukan merupakan hal yang mudah. Banyak masyarakat yang menilai bahwa setelah menikah, seseorang akan mengalami berbagai perubahan besar dalam hidupnya.

Saat kamu sudah menemukan pasangan yang dirasa tepat menjadi pasangan seumur hidup, tentu kamu ingin segera melewati berbagai urutan acara yang harus digelar untuk bisa segera melaksanakan prosesi pernikahan. Pada dasarnya kamu memang bisa langsung mengadakan acara pernikahan setelah kamu dan pasangan yakin untuk segera menikah.

Namun di beberapa kalangan, ada beberapa acara atau proses yang harus dilewati sebelum mengadakan acara pernikahan salah satunya adalah proses pertunangan. Untuk mempersiapkan acara pertunangan juga bukan hal yang mudah. Kamu harus mempersiapkan dan mengetahui berbagai hal seperti harga cincin tunangan, hingga makna acara pertunangan itu sendiri.

Salah satu hal yang cukup penting dalam acara pertunangan adalah kehadiran cincin pertunangan itu sendiri. Cincin pertunangan memiliki peran yang sama pentingnya dengan cincin pernikahan, sehingga kamu tidak bisa melewatkannya.

Banyak masyarakat yang mempertanyakan haruskah mengadakan acara pertunangan dan apa fungsi cincin pertunangan ? berikut pembahasan mengenai seluk beluk acara pertunangan dan cincin pertunangan.

Makna Acara Pertunangan

wm_article_img

Foto: Wikimedia Commons

Acara pertunangan merupakan sebuah acara yang dilakukan saat pria dan wanita sepakat untuk merencanakan pernikahan. Acara pertunangan dilaksanakan seperti pesta kebanyakan dengan acara inti berupa tukar cincin sebagai tanda bahwa kamu dan pasangan siap saling mengikat diri dengan pernikahan di masa depan.

Dalam acara pertunangan, kedua pasangan akan berkomitmen untuk bersatu dan merencanakan pernikahan di hadapan para tamu yang hadir. Untuk membuktikan bahwa kedua pasangan berkomitmen saling menjaga dan mengikat satu sama lain, pasangan akan saling bertukar cincin pertunangan sebagai simbolik.

Inilah yang menyebabkan kamu harus mengetahui dengan jelas spesifikasi dan harga cincin tunangan sejak jauh hari sebelum acara pertunangan dilaksanakan. Cincin pertunangan menjadi hal yang cukup sakral sehingga akan lebih baik jika kamu mempersiapkannya dengan baik.

Harga Cincin Tunangan Terjangkau hingga Eksklusif



Sejarah Cincin Pertunangan

Seperti disampaikan sebelumnya, pada dasarnya acara pertunangan bukanlah acara yang wajib untuk dilakukan. Namun jika kamu memilih untuk mengadakan acara pertunangan sebelum pernikahan, maka tentu cincin pertunangan menjadi hal yang penting. Lantas sejak kapan cincin pertunangan mulai digunakan ?

Hal ini sebenarnya cukup membingungkan karena meski banyak peristiwa sejarah yang berhubungan, namun tidak pernah ada catatan deklarasi yang jelas mengenai sejarah awal kehadiran tradisi pertunangan ini. Dalam beberapa sejarah, cincin pertunangan mulai hadir di masyarakat sejak zaman Mesir kuno.

Di zaman mesir kuno, seorang pria akan memberikan cincin tunangan kepada calon pasangan hidupnya sebagai salah satu bukti cintanya kepada sang pasangan. Bukan hanya itu, cincin pertunangan ini juga akan menggambarkan berapa banyak kekayaan yang dimiliki oleh pemberi cincin tersebut.

Seiring berjalannya waktu, makna pemberian cincin dari zaman mesir kuno tersebut kemudian terus berkembang. Di zaman Yunani kuno, harga cincin tunangan memiliki peran yang penting karena cincin pertunangan yang digunakan harus terbuat dari emas murni. Cincin yang terbuat dari emas murni dinilai sebagai lambang kesungguhan pemberi cincin yang memiliki niat untuk mempersunting penerima cincin tersebut.

Saat ini, cincin pertunangan sendiri memiliki berbagai bentuk sesuai dengan selera pemiliknya. Namun mayoritas kalangan masyarakat menggunakan cincin yang dipadupadankan dengan berlian sebagai cincin pertunangan.

Ada berbagai hal yang menjadi alasan mengapa cincin berlian banyak digunakan sebagai cincin pertunangan. Berlian memiliki harga yang cukup tinggi dengan tampilan yang mewah sehingga dinilai akan terlihat indah jika digunakan sebagai cincin pertunangan.

Bukan hanya harga, makna berlian sebagai salah satu perhiasan yang menunjukkan keabadian juga menjadi salah satu alasan mengapa berlian dipilih menjadi cincin pertunangan. Namun meski memiliki makna yang indah, penggunaan berlian sendiri bukan menjadi hal yang wajib. Kamu tetap bisa memilih cincin pertunangan sesuai seleramu sendiri tanpa harus menggunakan cincin berlian.

Kisaran Harga Cincin Tunangan

wm_article_img

Saat menggelar sebuah acara besar, anggaran yang harus disediakan tentu menjadi hal yang selalu menarik perhatian. Baik acara pertunangan maupun pernikahan pada dasarnya memiliki bentuk yang serupa. Perbedaan kedua acara ini terletak pada prosesi adat yang digunakan.

Acara pertunangan biasanya tidak memiliki rundown acara yang terlalu banyak seperti acara pernikahan, sehingga budget yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan acara bisa diatur seminimal mungkin. Namun hal ini berbeda dengan budget yang dibutuhkan untuk membeli cincin pertunangan.

Harga cincin tunangan tentu bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki, namun memilih cincin pertunangan berdasarkan bentuk dan selera biasanya menjadi hal yang lebih diutamakan dibandingkan dengan budget. Banyak pasangan yang menyiapkan tabungan untuk membeli cincin pertunangan yang sesuai dengan selera.

Lantas berapa budget yang harus dipersiapkan untuk membeli cincin pertunangan ? Hal ini kembali lagi pada jenis dan desain cincin yang dipilih. Berat cincin serta karat cincin juga mempengaruhi harga dari cincin tersebut.

Berat cincin yang digunakan untuk pertunangan sendiri biasanya berada pada kisaran 2 gram, namun harga cincin akan berbeda sesuai dengan jumlah karat pada cincin yang dipilih. Jika kamu memilih cincin berlian dengan berat 2 gram, maka setidaknya kamu harus menyiapkan budget minimal Rp. 10.000.000 untuk cincin dengan 1 karat.

Jika kamu memilih cincin berlian 24 karat, maka kamu mungkin harus menyiapkan budget hingga ratusan juta rupiah. Namun harga-harga tersebut berlaku untuk cincin dengan jenis berlian paling tinggi.

Jika kamu memilih cincin dengan jenis lain atau tanpa berlian, kamu tidak harus menyiapkan budget sampai puluhan atau ratusan juta. Jika kamu memiliki budget yang terbatas, kamu bisa bertanya terlebih dahulu kepada toko perhiasan yang dipilih untuk mengetahui jenis cincin yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Jika kamu tidak memilih cincin berlian dan hanya memilih cincin emas biasa tanpa pernak-pernik yang mahal, maka kamu bisa menghemat banyak anggaran karena dengan Rp. 2.000.000 saja kamu sudah bisa mendapatkan cincin emas yang berkualitas dan desain yang indah. Namun jika kamu memiliki budget yang tinggi, tidak ada salahnya untuk mencari cincin yang lebih mahal dengan kualitas yang lebih baik.

Kamu juga bisa memesan secara khusus cincin pertunanganmu kepada pembuat cincin yang profesional untuk mendapatkan desain terbaik yang sesuai dengan seleramu. Tentu budget yang harus dikeluarkan juga tergantung pada seluruh spesifikasi cincin yang kamu pilih.

Itulah beberapa informasi mengenai cincin pertunangan beserta kisaran harga cincin tunangan yang bisa menjadi informasi bagi kamu yang sedang mempersiapkan acara pertunangan. Mahal atau murahnya cincin pernikahan yang dipilih tergantung pada selera dan kemampuan kamu dan pasangan. Memilih cincin pertunangan yang sesuai dengan selera akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi kamu dan pasangan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...