Ini Dia Kisaran Harga Photobooth Pernikahan

30 Mar 2021 | By Ravica WeddingMarket | Viewers: 95
Ini Dia Kisaran Harga Photobooth Pernikahan
Foto: onefinedayweddingfair.com.au

Harga photobooth pernikahan di setiap kota pasti terdapat perbedaan. Mahal atau murah, pastinya akan selalu relatif dan bergantung pada budget yang memang kamu sediakan.

Menggunakan photobooth sendiri sebetulnya tentatif. Kamu bisa menggunakannya atau tidak, itu pun tergantung selera. Tapi, memang tidak bisa dipungkiri, keberadaan photobooth memang menjadi daya tarik tersendiri. Di mana para tamu undangan bisa mengabadikan kehadirannya di pestamu. Bahkan, ini bisa jadi momen keseruan untuk seluruh anggota keluarga, sehingga pernikahan tidak berkesan monoton.

Penggunaan photobooth bisa kamu sewa secara terpisah dari vendor foto yang sudah kamu pilih. Namun, tidak sedikit pula yang menawarkan paket khusus, sehingga harga bisa didapat dengan lebih murah.

Selain kondisi wilayah, sebenarnya apalagi, sih, yang membuat photobooth jadi lebih mahal? Pastinya karena desain atau dekorasi yang dihadirkan dari photobooth tersebut.

Seperti yang kamu tahu, dekorasi dari photobooth sangatlah beragam, dari yang paling simpel, hingga sangat dekoratif. Dan ini pastinya akan berimbas pada harga sewanya. Atau jika desainnya berbeda dan tidak seperti yang sudah disediakan vendor, kamu sepertinya harus menyiapkan dana lebih. Untuk itu, yuk kita telusuri berapa kisaran harga photobooth pernikahan yang di sebagaian kota di Indonesia!

1. Dekorasi Standar

Ini Dia Kisaran Harga Photobooth Pernikahan
Foto: diamondport.com.au

Untuk photobooth pernikahan dengan dekorasi standar, seperti penggunaan backdrop foil, fun property, bingkai atau frame, atau dengan desain yang nilainya kurang lebih sama, harganya akan ditentukan juga dengan jumlah foto yang akan dicetak.

Untuk wilayah Tangerang dan sekitarnya, harga photobooth pernikahan dekorasi standar, dengan ukuran photo strip atau 2R, dilengkapi dengan kertas foto tahan air dengan jumlah 100 lembar foto, kurang lebih kamu hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp1,5 juta.

Sementara bila ukuran fotonya 4R, biasanya akan sedikit lebih dan berkisar di Rp1,750 jutaan. Kamu juga biasanya sudah bisa mendapatkan softcopy-nya.

Jika kamu berada di Jakarta, harganya pasti sedikit lebih tinggi. Setidaknya perbedaannya berada di Rp300 ribu hingga Rp 500 ribuan. Harga ini bisa jauh lebih tinggi lagi, terlebih bila kamu menggunakan jasa fotographer yang memang sudah mematok jasanya cukup tinggi.

Beralih ke kota kembang Bandung. Di sini, kisaran harga untuk photobooth dekorasi standar. Kurang lebih biayanya ada di sekitar Rp1,7 juta hingga Rp2,9 jutaan. Harga yang termurah berlaku untuk jumlah cetak foto 2R sebanyak 100 lembar.

Sementara untuk harga yang tertinggi berlaku untuk cetak foto ukuran 4R, sebanyak 300 lembar foto. Jumlah yang cukup banyak terutama di saat pandemi seperti ini, bukan?

2. Backdrop Hexagon

Foto: Markay Swensen on Pinterest

Jika kamu tidak suka menggunakan backdrop photobooth dengan dekorasi biasa, kamu bisa saja menggunakan dekorasi versi sendiri. Backdrop bisa kamu pesan secara khusus atau membelinya di marketplace. Salah satunya adalah backdrop berbentuk hexagon.

Biasanya yang akan ditawarkan adalah bingkai kayunya saja, dengan ukuran kurang lebih 2 meter x 1.75 meter. Untuk kisaran harga photobooth pernikahan ini bisa dibelinya kurang lebih Rp450 ribuan. Material yang digunakan bisa beragam, ada yang terbuat dari kayu biasa ada juga yang terbuat dari kayu jati belanda.

Harga ini pastinya belum termasuk harga ongkos kirim dan kamu harus menyiapkan tambahan dekorasi photobooth pernikahan. Di antaranya seperti bunga, kain, lampu, atau yang lainnya.

Dengan backdrop hexagon ini, kamu bisa menghiasnya sesuai selera atau membuatnya hingga terkesan seperti rustic backdrop. Tambahan bunga-bungaan kering seperti sudah cukup mewakili.

3. Rustic Wood

Foto: rosesandrings.com

Masih bertema rustic, jika kamu ingin menyewa satu set backdrop bertema rustic wood pastinya bisa menjadi pilihan yang menarik. Untuk harga sewanya sendiri untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, kurang lebih Rp3 juta rupiah.

Harga sewa tersebut sudah termasuk tambahan dekorasi lainnya, seperti karpet, bunga segar, kursi, bunga-bunga kering, dan proses instalasi. Untuk durasi waktunya sendiri pada umumnya maksimal selama 4 jam.

Jika sewa lebih dari itu, kamu bisa meminta penawaran harga photobooth pernikahan lain dari vendor sewa photobooth. Pasalnya banyak juga yang menawarkan paket unlimited yang harganya terhitung jauh lebih murah. Bahkan yang pasti, paket juga sudah termasuk tim fotografi profesionalnya.

Untuk pemasangan photobooth nikahan ini biasanya membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam. Jadi ada baiknya kamu memastikan secara jelas mengenai jam, waktu dan tempat pelaksanaanya, agar tidak terjadi keterlambatan. Jika memungkinkan, pilihlah vendor yang berada di kota yang sama dengan lokasi pernikahanmu.

4. Green Screen

Foto: cloudbooth.com.sg

Pernahkan terpikir olehmu bahwa photobooth pernikahan pun bisa dibuat hanya dari backdrop green screen saja? Namun renang saja, sebab contoh photobooth seperti ini ada. Untuk harga sewanya sendiri jangan ditanya karena sudah bisa dipastikan jauh lebih murah dibandingkan dengan sewa photobooth berdekorasi lengkap.

Lantas apa yang menarik dari backdrop polos seperti ini? Simpel, dari hasil foto yang dilakukan para tamu undangan, foto bisa diedit dengan menggunakan latar belakang yang akan dilakukan oleh jasa foto yang menangani photobooth.

Harga sewa green screen 3mx3m kamu hanya cukup merogoh saku Rp1 jutaan, sementara ukuran 4mx4m harganya sedikit saja lebih tinggi sekitar Rp1,2 jutaan. Berikutnya kamu bisa menambahkan aksesori pendukung saja, topeng, aneka tulisan, frame, balon atau yang lainnya.

Namun untuk pemilihan green screen ini, kamu bisa coba tanyakan kembali pada fotografer pilihanmu, apakah mereka juga melayani jasa edit foto atau tidak. Sebab bagaimanapun juga, untuk mendapatkan foto terbaik, hasil jepretan green screen memang harus diedit hingga mendapatkan hasil foto yang diinginkan.

Tentukan juga pilihan backdrop yang akan digunakan. Sebaiknya batasi saja agar tamu undangan yang akan berfoto tidak terlalu lama memilih background yang akan digunakan. Terkecuali, bila tamu undangan hanya akan menerima hasil tanpa harus memilih background. Mana yang lebih mudah saja. 

5. Pilih Paket Lengkap

Ini Dia Kisaran Harga Photobooth Pernikahan
Foto: vinesoftheyarravalley.com.au

Dari penjelasan di atas, kamu bisa tahu berapa kisaran harga photobooth pernikahan. Namun jika kamu lebih jeli lagi, sebetulnya kamu masih bisa mendapatkan penawaran harga yang tidak kalah menariknya.

Coba tanya vendor foto yang akan kamu gunakan, kemudian bicarakan kemungkinan kamu bisa mendapatkan paket foto lengkap. Mulai dari foto prewedding, lamaran, siraman, hingga proses pernikahan dan photobooth, bisa didapat dari jasa fotografer yang sama. Biasanya kru yang bertugas adalah tim yang sama namun dalam jumlah yang lebih besar.

Jika biasanya untuk wedding dibutuhkan tim fotographer sebanyak 3 hingga 4 orang. Namun bisa bertambah dua kali lipat, yaitu 7 sampai 8 orang jika ditambah dengan kru photobooth.

Dari tim yang sama, setidaknya koordinasi dari tim foto menjadi lebih mudah dan tim wedding organizer yang akan membantumu juga akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaannya. Kisaran harga untuk paket lengkap seperti ini, biasanya dimulai dari harga Rp7 jutaan.

Nah, itu dia penjelasan yang cukup panjang mengenai harga photobooth pernikahan. Sebetulnya harganya memang cukup bervariasi dan dari satu kota besar ke kota besar lainnya juga tidak terlalu berbeda harga sewanya. Kamu sendiri, mau dekorasi photobooth bertema seperti apa?


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket