Pilih Kategori Artikel

Ide Dekorasi Minimalis, Menyulap Halaman Belakang Menjadi Venue Wedding
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Siapa bilang halaman belakang rumah tidak bisa menjadi venue wedding yang cantik? Halaman belakang bisa menjadi venue wedding yang intim, nyaman, dan bisa menjadi pilihan tempat dengan anggaran terbaik. Mungkin dalam bayanganmu, membuat resepsi pernikahan di rumah akan sangat terbatas dalam dekorasinya. Namun, ada banyak ide dekorasi minimalis yang bisa kamu gunakan untuk menyulap halaman belakang menjadi venue wedding yang menawan.

Dengan menjadikan halaman belakang sebagai venue wedding akan membuat tamu yagn hadir merasakan keakraban dan kenyamanan. Seperti yang sering dikatakan orang-orang, tidak ada tempat terbaik selain rumah.

Kebebasan untuk berkreasi pun menjadi salah satu keuntungan dari pernikahan di halaman belakang. Kamu bisa merancang dan membangun sendiri dekorasi yang kamu inginkan di halaman belakang rumahmu. Biarkan kreativitasmu menjadi liar dengan inspirasi.

Dari nuansa organik hingga resepsi tenda yang berkelas, berikut ini ide dekorasi minimalis untuk pernikahan di halaman belakang.

Dekorasi Dengan Tenda Transparan

wm_article_img
Dekorasi: H2 Design.co

Untuk pernikahan outdoor seringkali tidak menggunakan tenda, selain karena konsep pernikahan itu sendiri dan juga dianggap tidak estetis. Padahal kamu bisa menggunakan tenda transparan untuk pernikahan outdoor. Dengan menggunakan tenda transparan kamu resepsi pernikahanmu akan tetap aman di tengah musim hujan, dan tentunya akan tetap estetis.

Tanaman Hijau untuk Dekorasi

wm_article_img
Dekorasi: PARC De AYODYA

Menambahkan tanaman hijau untuk resepsi pernikahanmu akan membawa suasana yang sejuk. Kamu bisa memadukan meja dengan dedaunan dan bunga-bunga segar. Jika kamu seseorang yang suka merawat tanaman, kamu bisa meletakkan tanaman koleksimu sebagai dekorasi. 

Menambahkan Lampu

wm_article_img
Dekorasi: Noua Decor Wedding Floral & Event Styling

Lampu atau lighting menjadi elemen penting dalam sebuah acara. Apalagi jika kamu mengadakan resepsi dari sore hingga malam hari. Tentunya kamu tidak bisa hanya mengandalkan pencahayaan dari rumah saja. Agar menciptakan suasana yang semakin glamor, kamu bisa menambahkan lampu-lampu kecil yang dililit atau digantungkan pada properti seperti meja dan tiang-tiang di sekitar rumah. Dengan melilitkannya di pada properti sekitar dapat menonjolkan kemewahan struktural.

Dekorasi Pintu Masuk

wm_article_img
Dekorasi: Ayodya Decoration

Buatlah pintu masuk yang megah untuk resepsi di halaman belakang. Kamu bisa membuat pintu masuk yang dihiasi lampu dan bunga-bunga. Menambahkan chandelier sebagai hiasan juga menambahkan kesan mewah dan membuat pintu masuk yang menarik.

Pajang Hidangan Pencuci Mulut

wm_article_img
Dekorasi: Amuse Decoration

Pernikahan di halaman belakang belum lengkap tanpa hidangan pencuci mulut. Adapun aneka kue dan cupcakes buatan sendiri bisa jadi opsi terbaik. Tambahkan opsi kudapan ini ke bar pencuci mulut akan membuat para tamu tersenyum.

Tambahkan Warna Pada Meja

wm_article_img
Dekorasi: Amuse Decoration

Tambahkan dekorasi yang berwarna pada meja resepsi. Dengan tema resepsi pernikahan outdoor di halaman belakang, kamu bisa menambahkan dekorasi tanaman di berbagai warna di atas meja kayu yang polos. Atau jika ingin sesuatu yang sederhana, kamu bisa menambahkan linen bermotif saja. 

Dekorasi Kolam

wm_article_img
Dekorasi: Konsep Sejiwa

Jika kamu memiliki kolam di halaman belakang, kamu bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Ubah kolam menjadi titik fokus visual pernikahanmu dengan membuat lorong atau wedding entrance

Tambahkan Sentuhan Sentimental

Tambahan properti berupa tumpukan peti putih berisi foto prewedding hitam putih, kayu putih, dan lentera untuk memberi statement sederhana, atau tambahkan sentuhan sentimental dengan memajang foto pernikahan keluarga dari generasi ke generasi.

Aksen Kecil Sangat Bermanfaat

wm_article_img
Dekorasi: Amuse Decoration

Menambahkan aksen kecil dalam dekorasi pernikahan dapat memberikan kesan yang menawan. Dengan daun kecil atau ranting pada meja resepsi membuat kesan yang elegan meskipun hanya resepsi di halaman belakang.

Tambahkan Sentuhan Bunga Segar

wm_article_img
Foto: Bloomz Flowers & Event Bali

Seikat bunga segar membawa sentuhan modern dan hembusan harum bunga yang menyegarkan saat memasuki pintu masuk. Kamu memilih bunga-bunga yang memiliki ciri khas aroma yang menyenangkan dan menyegarkan.

Mengatur Meja Tamu

wm_article_img
Dekorasi: Noua Decor Wedding Floral & Event Styling

Resepsi pernikahan di halaman belakang adalah tentang keluarga dan teman yang telah menjadi keluarga. Resepsi ini bisa menjadi makan malam yang dirayakan dengan menyatukan semua orang, seperti makan malam keluarga. Meja tamu yang panjang atau meja sedikit lebih sempit menciptakan suasana yang hangat.

Membuat Jalan 

wm_article_img
Foto: Louloudi Wedding Stylist

Kamu harus memikirkan bagaimana tamu akan tiba di rumahmu dan dari mana mereka akan berangkat. Kamu bisa menggunakan dekorasi sederhana seperti lentera menerangi jalan mereka, lapisi permadani atau kelopak bunga yang bertebaran, atau buat tanda yang terbuat dari kayu reklamasi untuk menunjukkan jalan.

Kurasi Cahaya

wm_article_img
Dekorasi: Noua Decor Wedding Floral & Event Styling

Jika kamu berencana melaksanakan resepsi pernikahan di malam hari, kamu perlu memperhatikan pencahayaan. Kamu bisa menggabungkan beberapa lentera yang elegan dan lilin pilar yang menenangkan dalam berbagai ukuran. Bisa juga menggunakan lampu-lampu tumblr yang dibentuk sedemikian rupa. Dekorasi sederhana ini menciptakan keindahan cahaya di seluruh ruangan.

Nikmati Kelezatan Lokal

wm_article_img
Foto: Hijra Catering Service Catering

Makanan yang cocok dengan resepsi pernikahan di rumah adalah makanan lokal. Kamu bisa menyuguhkan makanan lokal kepada tamu. Atau kamu bisa menyiapkan gerobak atau angkringan sebagai pengganti stall. 

Menyewa Live Band

wm_article_img
Foto: Lemon Tree Entertainment

Resepsi pernikahan terasa kurang tanpa adanya hiburan. Untuk resepsi pernikahan di halaman belakang, kamu tidak perlu membuat stage yang besar. Cukup dengan menyiapkan sudut sederhana yang bisa dinikmati pengantin dan tamu undangan. Hiburan ini pun cukup dengan akustik dan live music yang mengalun dengan lembut di halaman belakang rumahmu.

Sajikan Kesegaran

wm_article_img
Foto: Nomz Catering

Manfaatkan suasana luar ruangan dengan menyajikan makanan musiman yang menyegarkan untuk tamu undangan. Kamu bisa menyiapkan makanan manis, buah-buahan, atau cemilan yang sedang viral. Makanan pembuka menjadi pelengkap sempurna untuk resepsi pernikahan di halaman belakang  yang nyaman.

Beberapa ide dekorasi pernikahan di atas adalah sebagian kecil dari banyaknya dekorasi minimalis yang bisa kamu tambahkan pada resepsi pernikahan di  halaman belakang. Banyak hal yang bisa kamu manfaatkan bahkan hanya dengan properti yang sudah ada di halaman belakang. 

Mengadakan resepsi pernikahan di rumah pun dapat memberikan suasana yang sentimental. Bagaimana kamu mengenang halaman belakang sebagai tempat bermain ketika kamu tumbuh, kini menjadi tempat kamu mengucapkan janji setia dengan pasangan hidupmu.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...