Pilih Kategori Artikel

5 Ide Pelaminan di Rumah yang Bisa Jadi Inspirasi untuk Hari Istimewa Nanti
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Menikah tidak hanya perihal kesiapan psikis, printilan pernikahan layaknya pelaminan juga layak mendapatkan perhatian. Pelaminan bukan sekadar tempat duduk pengantin, tapi pelaminan merupakan singgasana yang perlu disulap cantik demi raja dan ratu sehari. Pelaminan memang wajib istimewa, tapi bukan berarti pelaminan cantik hanya bisa dibuat di gedung pernikahan yang besar atau di pernikahan yang berkonsep outdoor saja. Membuat pelaminan cantik di rumah pun bukan perkara sulit!

Walaupun pernikahan kamu digelar di rumah, justru akan mendatangkan banyak hal baik seperti:

  1. Pernikahan di rumah bisa membuat kamu lebih menghemat. Bagaimana tidak, kamu tidak perlu membayar sewa gedung!
  2. Waktu resepsi jadi bisa lebih fleksibel. Biasanya, bila menikah di gedung atau hotel, waktu resepsi kamu akan dibatasi.
  3. Secara tidak langsung, menikah di rumah juga mempererat hubungan kamu dengan tetangga sekitar. Sebagai tetangga, mereka pastinya tidak hanya akan sekadar datang saat pesta, tapi mereka akan bersedia membantu kamu.

Tidak kalah menyenangkan bukan, menggelar pesta pernikahan di rumah. Pun pernikahan di rumah tidak hanya bisa diadakan di dalam rumah, bagi kamu yang memiliki halaman yang luas, ini bisa menjadi konsep pernikahan outdoor yang minim budget! Lalu, hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam membuat pelaminan di rumah?

Yang pertama mengenali kondisi rumah yang akan dijadikan tempat resepsi. Periksa mengenai struktur tanahnya apakah miring atau datar, ukur berapa luas bagian rumah yang akan digunakan, serta yang paling penting adalah menetapkan tata letak. Dimana nanti kamu akan membuat pintu masuk dan pintu keluar tamu, pada bagian mana pelaminan akan didirikan, juga letak tempat makan para tamu. Yang satu ini memang perlu dipikirkan dengan matang supaya semua bisa berjalan dengan lancar!

Kedua tentu saja kamu perlu menetapkan budget untuk perkara pelaminan ini. Dalam mempersiapkan pelaminan tak sekadar kursi saja, sebab ada beragam hal yang patut diperhitungkan lainnya. Misalnya sewa tenda sekaligus dekorasi, bunga, karpet dan berbagai benda lainnya. Menetapkan budget di awal akan membantu kamu untuk mengerucutkan segala sesuatu menurut kemampuan kamu. Jangan sampai, biaya pernikahan kamu melebar karena kamu tak menetapkan budget pada awalnya.

Ketiga, tetapkan konsep yang ingin kamu gunakan dalam pesta pernikahan. Ada banyak konsep pelaminan yang bisa diterapkan dalam pesta pernikahan di rumah. Seperti konsep pelaminan tradisional, konsep pelaminan simple, konsep pelaminan modern, konsep pelaminan rustic, dan masih ada beragam konsep pelaminan lainnya yang bisa kamu pilih. Akan tetapi sebelum memilih salah satu konsep pelaminan tersebut, ada baiknya untuk mendiskusikan dengan pasangan serta keluarga mengenai konsep tersebut. Dan, jangan lupa untuk turut merundingkan perihal warna tema pernikahan kamu.

Keempat, cari tahu sejak jauh-jauh hari mengenai vendor pernikahan, khususnya yang mengenai pelaminan. kamu bisa mulai mencicil sejak sekarang, cari tahu tentang penyedia jasa tenda, penyedia bunga pernikahan, penyedia jasa kursi pengantin beserta kursi orang tua pengantin, penyedia jasa dekorasi pernikahan, dan lain-lain. Kamu bisa mencari referensi vendor pernikahan ini melalui teman yang sudah menikah sebelumnya atau melalui internet, toh apa saja sekarang sudah bisa ditemukan melalui internet, bukan?

Yang Harus Diperhatikan untuk Mengadakan Pelaminan di Rumah

Tidak hanya pengantin saja yang bisa menjadi pusat perhatian, pelaminan pun nantinya akan menjadi yang sering dinilai oleh setiap tamu yang datang. Meskipun digelar di rumah, pelaminan kamu wajib istimewa.

Ah, jangan hiraukan mereka yang mengatakan bahwa dekorasi pelaminan yang bagus itu pasti mahal harganya. Padahal, tidak semua dekorasi pelaminan itu mahal, bahkan ada yang bisa dibuat sendiri. Daripada kamu menebak-nebak mengenai perkiraan biaya pelaminan pernikahan ini, mari kita buat hitungan sederhana mengenai biaya dekorasi dan tenda pernikahan!

  1. Biaya sewa tenda pernikahan

Sebelum sewa tenda, pastikan mengenai ukuran yang akan dipasang tenda. Biaya tenda ditentukan menurut besaran ukuran yang kita butuhkan. Pun biaya tenda frame akan berbeda dengan biaya sewa tenda kanopi, dan sebagainya. Apabila kamu akan memakai tenda frame, biasanya ada pada angka Rp35.000,00 per m2. Setelahnya, hitung dengan rumus panjang x lebar. Misalkan kamu membutuhkan tenda 10 x 20 = 200 m, kemudian hasil tersebut dikalikan harga sewa tenda seperti 200 m x Rp35.000,00 = 7.000.000

2. Biaya dekorasi pelaminan

Untuk biaya dekorasi memang cukup menguras tabungan. Bagaimana tidak, dekorasi ini terdiri dari beragam hal seperti taman bunga, standing flower, karpet, patung, hingga pergola pelaminan.

  • Untuk dekorasi dengan bunga hidup berkisar pada harga Rp3.000.000,00
  • Harga standing flower sebagai hiasan adalah berkisar Rp150.000,00 per satu unit
  • Karpet disewa dengan harga Rp500.000,00
  • Pergola pelaminan mulai dari harga Rp500.000,00 sampai dengan Rp10.000.000,00 sesuai dengan permintaan

Dekorasi di atas masih sebatas dekorasi pelaminan, kamu masih perlu menghitung dekorasi secara keseluruhan. Namun beberapa vendor menyediakan paket yang bisa dipilih oleh kamu dengan harga mulai dari Rp6.000.000,00 hingga Rp10.000.000,00. Untuk mengurangi sedikit beban yang diperoleh dari dekorasi, kamu bisa mengganti bunga asli dengan bunga plastik atau mencampur antara bunga plastik dengan bunga asli juga bisa dilakukan. Atau, jika kamu bersikukuh untuk menggunakan bunga asli, kamu bisa memilih bunga local yang harganya lebih murah. Tidak masalah, keduanya sama-sama cantik!

5 Konsep Pelaminan yang Tetap Keren Walau di Rumah

Nah, untuk beragam konsep pelaminan di rumah, sebetulnya kamu bisa menerapkan konsep apapun. Coba lihat 5 konsep pelaminan di rumah ini, siapa tahu, salah satunya menarik perhatian kamu dan disetujui pasangan!

  • Untuk kamu yang menginginkan pernikahan praktis, pelaminan tanpa panggung ini layak dicoba

wm_article_img
Foto: Arabian Weddings

Setiap orang pasti memiliki wedding dream-nya masing-masing, dan untuk urusan itu, tidak ada yang salah mengenai pernikahan impian setiap orang. Apalagi kamu yang menginginkan pernikahan praktis tapi tidak meninggalkan rasa khidmat, maka kamu bisa memilih pelaminan tanpa panggung. Di pelaminan kamu nantinya hanya akan ada kursi pengantin yang bisa kamu pilih dengan menggunakan sofa atau kursi berlengan tinggi yang nyaman. Untuk dekorasi, kamu bisa menggunakan bunga-bunga yang ditempel di dinding-dinding belakang tempat duduk kamu.

Tidak hanya berkesan simple, pelaminan seperti ini akan membuat kamu dan para tamu undangan seolah tidak berjarak. Karena tidak adanya panggung, kamu bisa berjalan ke sana kemari menghampiri tamu yang ada dan tamu kamu pun bisa menyapa kamu dengan lebih bebas.

Terlebih, untuk konsep pelaminan tanpa panggung ini bisa dilakukan di dalam rumah atau untuk kamu yang menginginkan pesta di halaman rumah pun konsep ini bisa diterapkan.

  • Pelaminan tradisional untuk kamu yang cinta budaya Nusantara

wm_article_img
Foto: Mawarpada Decor on Pinterest

Konsep pelaminan yang tidak pernah tertelan zaman dan selalu banyak digunakan pengantin di pesta pernikahan di rumah maupun di outdoor, baik outdoor juga indoor, adalah konsep pelaminan tradisional. Tidak berkesan jadul, dengan konsep pelaminan tradisional, pesta pernikahan justru selalu tampak mewah dan hangat.

Pun setiap daerah memiliki ke-khas-an pelaminannya sendiri. Misalnya saja seperti pelaminan tradisional adat Jawa yang khas dengan gebyok atau dengan adanya gunungan sebagai dekorasi yang mengesankan. Biasanya juga pelaminan adat Jawa banyak dihiasi dengan bunga melati sehingga menimbulkan aroma yang wangi!

Berbeda dengan adat Sunda yang identik dengan bambu. Kursi pengantin, pergola, hingga hiasannya terbuat dari bambu. Adat Sunda juga biasanya memakai bunga sedap malam sebagai hiasanya. Kalau kamu, tertarik dengan menggunakan adat apa?

  • Pelaminan rustic yang sekalian bisa dijadikan photo both instagram-able

wm_article_img
Foto: jihanshanum

Sedang jadi trend di kalangan pasangan muda, pelaminan dengan konsep rustic atau yang lebih dikenal dengan konsep yang mengusung konsep alami dan membawa kesan selayaknya di pedesaan. Biasanya, pelaminan konsep rustic ini akan dihiasi dengan ranting-ranting pohon, bunga-bungaan liar seperti mawar liar, hydrangea, dan dekorasi yang terbuat dari kayu. Biasanya juga pelaminan bertema rustic akan memiliki warna pucat cenderung gelap seperti coklat, putih gading, krem, dan abu-abu.

Untuk kamu yang menginginkan pelaminan unik tapi dengan harga cenderung murah, pelaminan konsep rustic akan jadi pilihan yang tepat. Pelaminan rustic tidak terlalu menggunakan ornamen tambahan dan hanya mengandalkan satu tone warna. Bunga yang digunakan pun malah bunga liar yang memiliki harga lebih murah daripada bunga impor.

  • Pelaminan modern yang justru menambah khidmat pesta pernikahan kamu

wm_article_img
Foto: Siti Aminah Hubadillah on Pinterest

Untuk kamu yang akan melangsungkan akad pernikahan sekaligus pesta pernikahan di rumah, ada cara mudah untuk menghemat biaya sekaligus memiliki pelaminan yang tetap menarik dalam sekali waktu. Kamu bisa memilih pelaminan modern yang juga bisa sekaligus dijadikan sebagai background untuk akad nikah.

Pelaminan modern mengedepankan pemilihan warna yang tenang dan kalem seperti putih, violet, biru langit dan warna pastel lainnya. Untuk kursi pelaminan, kamu bisa memilih menggunakan sofa yang tentu lebih nyaman, dekorasi yang cukup dengan standing flower, dan background yang terdiri dari tirai dengan warna senada. Pelaminan modern yang berkonsep warna kalem akan menambah kesan pernikahan yang khidmat dan elegan sekalipun hanya digelar di rumah.

  • Mengambil konsep pelaminan bohemian yang unik dan mengesankan

wm_article_img
Foto: xDorothysharon on Pinterest

Kamu sudah pernah mendengar mengenai konsep bohemian? Banyak yang mengira bahwa konsep bohemian dan vintage hampir sama karena sering menggunakan barang-barang yang berkesan jadul. Padahal, vintage dan bohemian memiliki pengertian yang berbeda. Bohemian merupakan konsep percampuran antara vintage, etnic, dan hippies. Kamu bebas mengkolaborasikan ketiga konsep dekorasi pernikahan ini untuk kemudian dijadikan sebagai pelaminan ketika pernikahan kamu.

Misalnya, kamu bisa memakai latar belakang dinding polos yang berwarna merah bata, atau dengan dinding rumah dilapisi dengan rumput palsu, kemudian dihiasi dengan lampion maupun anyaman dari kain yang dibentuk seperti bunga. Alih-alih menggunakan kursi pengantin yang tinggi dengan warna mengkilap, kamu bisa memilih sofa warna putih atau kursi dari anyaman bambu yang memberikan kesan etnik. Sebagai pemanis, silakan kamu memilih buket bunga kering yang mendukung konsep pelaminan kamu.

Bagaimana, sudah menentukan pilihan? Semoga referensi konsep pelaminan di atas dapat menjadi pertimbangan kamu dan pasangan dalam mempersiapkan pelaminan idaman!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...