Pilih Kategori Artikel

Kenapa Kamu Harus Menggunakan Jasa Vendor Catering Pernikahan?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kini, vendor catering pernikahan semakin hari semakin meningkat yang dikarenakan banyak pasangan calon pengantin yang menikah. Pada dasarnya, menggelar sebuah acara pesta pernikahan itu tidak akan lepas dari suatu hal pendukung yang satu ini.

Berkembangnya zaman, maka semua orang membutuhkan efisien waktu dan tenaga. Maka dari itu, peran vendor catering inilah yang sangat penting untukmu yang menggelar sebuah acara pesta. Setiap vendor catering pun mempunyai perkembangannya masing-masing dalam menyajikan daftar menu untuk dihidangkan.

Banyak sekali yang perlu kamu pertimbangkan dalam menyajikan semua keperluan pernikahan akan sebuah momen tersebut tidak bisa dilupakan. Mulai dari konsep pernikahan, dekorasi pernikahan, dan juga termasuk dalam pemilihan dan sebuah vendor catering yang akan kamu pilih nantinya.

Biasanya, sebuah konsep pernikahan tersebut sebelumnya sudah ditentukan oleh setiap pasangan calon pengantin. Adapula pasangan calon pengantin yang mengusung konsep tradisional bahkan internasional, lho. Maka dari itu, menu hidangan yang ingin disajikan disesuaikan dengan konsep pernikahan tersebut.

Terbilang lumayan sulit untuk menentukan menu hidangan di pesta pernikahanmu. Diperlukan dukungan dari vendor catering pernikahan ini dalam segi teknis. Yang diyakini bahwa semuanya bisa dicapai dengan mudah, kok.

Alasan Memilih Vendor Catering Pernikahan

Setiap kamu mempunyai keputusan untuk menentukan sesuatu, tentunya akan didasari sebuah alasan. Nah, apa sajakah alasan yang paling mendasar mengapa kamu harus memilih vendor catering? Yaitu bukan hanya mengenai efisien, praktis, tetapi juga daftar menu hidangan pun bervariasi.

Setiap vendor pun akan menawarkan beberapa menu hidangan berkonsep tradisional maupun internasional. Jadi, kamu tidak khawatir kalau menu yang ditawarkan pun itu-itu saja, ya.

Apakah kamu dan pasangan termasuk orang awam dalam keperluan pernikahan akan kebingungan memilih vendor yang manakah yang berkualitas. Kamu tidak mau kan salah dalam memilih?

Nyatanya, kamu bisa memilih cara lain untuk mendapatkan informasi vendor tersebut dengan mudah. Lalu, bagaimana kah caranya? Kamu cukup melihat website dari nama vendor yang sudah kamu list, simak situsnya, baca paket apa saja yang disediakan, lihatlah testimoninya kemudian sesuaikan dengan budget yang telah kamu siapkan, ya.

Hadirnya sang vendor tersebut kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan apa saja menu hidangan yang ingin disajikan nantinya. Kamu hanya perlu memberi tahu konsep apa yang kamu pilih. Dengan begitu, pihak vendor akan memberikan solusi mengenai menu mana sajakah yang sesuai dengan konsep.

Bukan hanya itu, tetapi juga disesuaikan dengan jumlah tamu undangan dan kamu akan tahu lebih cepat budget yang harus kamu keluarkan untuk biaya catering.

Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Vendor Catering Pernikahan

wm_article_img
Foto: Istana catering

1. Tidak merasa kerepotan karena tidak memasak sendiri

Seperti apa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan vendor catering pernikahan ini? Peran sang vendor di sini adalah mengubah segala sesuai yang terasa rumit menjadi sangat praktik, lho. Terutama ketika mempersiapkan konsumsi.

Jadi, kamu tidak perlu merasa kerepotan untuk menyiapkan segala perabotan dan mengeluarkan biaya untuk menyewa. Dikarenakan pihak vendor telah mempersiapkan semuanya dan peran kamu di sini cukup membayar jasanya saja. Lho, ternyata semudah itu ya?

Kamu tidak akan direpotkan lagi untuk aktivitas berbelanja, memasak, bahkan sampai berbenah dapur pun. Dikarenakan sudah dikerjakan semuanya oleh pihak catering, lho. Perihal yang bisa kamu dapatkan dari sang vendor selain pelayanan, tetapi juga berbagai keperluan yang dibutuhkan dalam memasak. Eits, tidak semua vendor seperti ini, lho.

Segala fasilitas yang dibutuhkan oleh sang vendor catering ini sudah terpenuhi. Dengan begitu, kamu dan pasangan akan bisa lebih fokus dalam mempersiapkan rangkaian prosesi pernikahan lainnya.

2. Memiliki menu hidangan makanan yang bervariasi

Yang kita tahu bahwa vendor catering cuman hanya menyediakan hidangan makanan saja, kan? Namun kenyataannya tidak! Ia juga menyedikan daftar menu minuman yang bisa kamu hidangkan di pesta pernikahanmu.

Dalam aspek menu hidangan makanan, ada beberapa step menu hidangan yang disediakan. Dari sesi pembuka, makanan utama, hingga makanan penutup. Bukan hanya menu hidangan makanan saja yang seperti itu, daftar menu minuman pun tak kalah variannya, lho. Seperti misalnya teh, soda, air putih, dan sirup.

Pada dasarnya, vendor catering memang menyediakan menu hidangan makanan dengan porsi yang lebih banyak dibandingkan daftar menu minuman. Dari sinilah kamu sudah dapat mengetahui apa keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Kamu bisa menyajikan beberapa menu hidangan makanan yang bervariasi di acara pesta pernikahanmu. Dengan tujuan agar tamu undangan kamu dapat memilih menu hidangan manakah yang terlihat lebih menarik.

3. Menyediakan berbagai pilihan paket yang lebih murah

Sudah banyak sekali informasi yang beredar perihal vendor catering sudah menjalin kerjasam dengan beberapa vendor lainnya, seperti dekorasi dan rias pengantin. Maka dari itu, ini salah satu trik vendor catering pernikahan bisa sekaligus menawarkan paket yang lebih bervariasi dengan tawaran harga yang jauh lebih murah.

Kalau kamu sudah memutuskan untuk menggunakan vendor catering ini, maka ia akan sekaligus menawarkan pilihan paket menu hidangan beserta makeup pengantin serta dekorasi untuk hari pernikahanmu.

Kalau kamu tertarik dengan tawaran sang vendor ini, itu akan sangat membantu kamu untuk meminimalisir biaya pernikahan, lho. eits, itu semua tergantung kecocokkan yang kamu dapatkan dengan sang vendor tersebut, ya.

4. Pelayanan yang memadai

Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari vendor catering pernikahan ini. Seperti halnya memiliki pelayanan yang lebih baik dan profesional. Pihak vendor pun sudah lebih memahami seperti apa kebutuhan yang harus dipenuhi untuk para tamu undangan.

Pihak tim vendor yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun. Pengalaman itulah yang membuat mereka menambah pengetahuan seperti apa kondisi di lapangan. Serta mahir dalam memuaskan tamu undangan dalam penyajiannya.

Tak hanya itu saja loh, kalau kamu mendapatkan vendor yang bisa memberikan pelayanan yang baik pada tamu undanganmu, maka ialah vendor yang berkualitas.

5. Biaya pengeluaran lebih terstruktur

Ini adalah keuntungan vendor catering pernikahan yang terakhir, yaitu biaya yang kamu keluarkan bisa lebih terstruktur, lho. Ketika kamu sudah melakukan kesepakatan denga sang vendor. Tentunya, sang vendor akan memberi tahu perihal harga pasti yang harus kamu bayarkan.

Sebagian besar, sang vendor akan memberikan penawaran untuk menuntaskan pembayaran. Kamu bisa melakukan pembayaran secara di cicil sebanyak 3 kali. Seperti uang muka, pembayaran utama, dan pembayaran terakhir setelah acara pesta perniakahan kamu selesai.

Ketika kamu sudah diberi tahu nominal harga yang harus dibayarkan. Ini merupakan salah satu keuntungan yang kamu dapatkan agar biaya pengeluaran bisa terstruktur. Dengan begitu, kamu bisa lebih baik dalam mengalokasikan dana yang sudah kamu siapkan dengan pasangan.

Kriteria yang harus dimiliki sang vendor catering

wm_article_img
Foto: Diajeng catering

1. Masakannya menciptakan rasa enak dan lezat

Ternyata ada kriteria yang harus dimiliki oleh sang vendor catering pernikahan, lho. salah satunya adalah harus menciptakan rasa yang enak dan lezat di setiap menu masakannya. Untuk membuktikan apakah rasanya enak dan lezat, kamu perlu tahu dengan cara mencicipi rasa masakannya.

Jika lidah kamu bisa menerima rasa dengan segala kelezatannya, sekarang tugas kamu adalah masukkan vendor tersebut ke dalam daftar vendor pilihanmu. Kebalikannya, kalau ekspetasi yang kamu terima justru tidak sesuai, lebih baik kamu abaikan dengan cara yang baik, ya.

Ibarat kata kalau lidah kamu saja tidak cocok, lalu bagaimana dengan respon dari para tamu undanganmu? Kemungkinan besar responnya pun sama ya, dears.

Trik yang bisa kamu lakukan untuk memilih vendor dengan cita rasa yang baik. Kamu bisa mengunjungi berbagai macam acara yang bisa kamu hadiri. Misalnya, ketika kamu menghadiri kondangan di resepsi pernikahan kerabat dan ternyata hidangannya lezat. Kamu pun bisa minta kartu nama mengenai vendor catering tersebut. 

Namun, ada trik lainnya yang kamu juga bisa lakukan dengan test food yang dibuka secara umum pada vendor tertentu.

Kalau kamu sudah memiliki catering langganan dan di jamin rasanya tak bisa dikalahkan. Maka kemungkinan pun kamu bisa memilih dia untuk menyajikan menu hidangan di pesta pernikahanmu. Biasanya, restoran, rumah makan juga melayani pesanan untuk acara pesta pernikahan, lho.

Ada kelebihan yang dimiliki setiap restoran yang di jamin tidak membuat kamu kecewa. Dikarenakan cita rasa dalam menu hidangannya relatif lebih stabil, tidak berubah-ubah. Soalnya, menu hidangan makanan yang di masak oleh koki yang sama dengan menu makanan yang sama.

2. Sudah banyak direkomendasikan orang-orang

Kalau Vendor catering pernikahan yang sudah banyak direkomendasikan oleh orang lain, tentunya sudah termasuk vendor yang berkualitas. Nah, perihal ini juga sudah termasuk dalam kriteria yang harus dimiliki oleh vendor catering pernikahan. Memiliki cita rasa yang enak dan lezat dalam menu hidangan makanan.

Namun, bukan hanya perihal cita rasa, tetapi juga perihal harga yang ditawarkan pun murah, serta pelayanan yang diberikan cukup memuaskan serta profesional.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menanyakan pada pelanggan atau orang-orang yang pernah pesan di sana. Kalau kamu tidak mau repot, cukup dengan mencari informasi usaha vendor catering yang bersangkutan di sosial media atau googling di internet.

Kalau kamu tidak tahu menggunakan gadget, tenang aja. Kami akan memberi tahu caranya, dengan kamu mengetik nama vendor catering pernikahan tersebut dan nama kota di mana catering tersebut berada di pencarian. Atau bisa juga kamu sertai kata memuaskan atau mengecewakan.

Salah satu contohnya, seperti  “Apakah vendor catering pernikahan Q memuaskan atau tidak?” atau bisa saja pertanyaan lainnya yang menjerumus ke situ, ya.

Dari hasil pencarian tersebut, kamu bisa melihat beberapa review dari pelanggan. Apakah hasil review-nya banyak yang merasa puas atau malah sebaliknya, kecewa berat. Yap, walaupun kamu menerapkan dengan cara yang ini tidak bisa menjamin 100% untuk mengukur kualitas vendor catering pernikahan tersebut benar-benar bagus.

Memang sedikit rumit kalau kamu belum mengenal sepenuhnya mengenai vendor tersebut. Setidaknya, dengan begitu, bisa kamu jadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan ketika memilih vendor catering pernikahan yang berkualitas.

3. Sudah memiliki brand dan berpengalaman

Kalau vendor catering yang sudah lama berdiri dan terkenal justru tidak usah diragukan lagi kualitas yang cukup memadai. Eits, perlu ditekankan bahwa bukan berarti usaha catering yang baru merintis seumur jagung pun tidak berkualitas, lho.

Sudah banyak sekali sekarang tim vendor catering yang baru mendirikan usahanya yang sudah dikelola secara profesional. Tentunya, tidak kalah dalam aspek mutu menu hidangan makanan serta pelayanan prima yang diterapkan.

Akan berbeda dari segi pengalaman, setidaknya vendor tersebut sudah tidak diragukan lagi ketika sedang menerima pesanan dari sang pelanggan. Sehingga, kalau kamu terjadi sedikit masalah, mereka akan cepat merespon untuk mengendalikan keadaan.

Seperti misalnya, ketika tamu undangan yang hadir di acara pesta pernikahan ternyata melebihi kapasitas perkiraan. Pastinya, kamu sebagai tuan rumah akan merasakan panik mendadak dan langsung memesan menu hidangan kembali.

Kalau sang vendor catering pernikahan pemula mungkin akan bingung ketika menghadapi situasi seperti ini. Kan masak itu butuh proses, tak mungkin sekejap semua menu hidangan pun siap disajikan. Namun, tidak semuanya ya, dear!

Namun, ada sedikit perbedaan bagi sang vendor yang sudah memiliki pengalaman. Semua akan dilayanidengan sikap bijak dan tenang. Dengan memanfaatkan relasi bisnisnya, mereka akan cepat memenuhi permintaan dadakan. Dengal hal tersebut, akan memberikan rasa yang tenang dan nyaman pada dirimu dan pasangan.

4. Pelayanan yang cukup baik dan memuaskan

Salah satu kriteria yang harus dimiliki oleh vendor catering pernikahan. dalam aspek pelayanan yang memuaskan itu harus memenuhi 4 syarat utama. Yaitu kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan. Nah, inilah hal yang diharapkan setiap pasangan calon pengantin terhadap vendor tersebut.

Ada cara yang mudah untuk kamu coba jika ingin menilai apakah pelayanan dari vendor tersebut baik atau tidak. Kamu pun bisa mengetesnya sejak awal. Cobalah untuk mendatangi ke kantornya, atau hubungi melalui telepon atau whatsApp. Kemudian berekspresi sebagai calon pelanggan yang super cerewet. Kemudian, pahamilah respon yang mereka berikan.

Jadi, bagi para pengelola vendor catering pernikahan, harus memiliki sifat yang sabar dan ramah. Jangan mudah terpancing emosi dengan calon konsumen yang cerewet, menanyakan hal yang sudah dijelaskan secara berulang-ulang atau hal menjengkelkan lain.

5. Berani memberi garansi dan kompensasi

Salah satu kriteria yang harus dimiliki vendor catering pernikahan yang berkualitas. Akan berani untuk memberikan garansi dan kompensasi jika tidak sesuai perjanjikan pada pasangan calon pengantin. Seperti misalnya, kalau pihak vendor mengirim makanan dengan waktu yang tidak tepat, maka sisa pembayaran tersebut tidak perlu di bayar.

Kalau jenis menu makanan yang dikirim tidak sesuai pesanan, maka pihak vendor pun akan rela untuk mengembalikan uang. Serta akan menanggung biaya pengobatan jika hidangan makanannya menyebabkan keracunan pada tamu undangan.

Kalau ternyata vendor catering tersebut berani untuk memberi jaminan seperti ini, maka sangat perlu diperhitungkan sebagai salah satu pilihanmu. Setiap vendor pasti akan berusaha menyajikan menu hidangan makanan yang terbaik. Sebab kalau tidak, mereka akan mengalami kerugian untuk membayar kompensasi atas keteledorannya.

Tenang saja, Kalaupun ternyata hal buruk itu terjadi, mereka akan berfikir sebanyak 1000 kali untuk mengingkarinya.

6. Menyediakan berbagai macam variasi menu hidangan masakan

Kriteria yang harus dimiliki oleh vendor catering pernikahan lainnya ialah variasi menu hidangan yang disediakan akan memberikan pelanggan mempunyai banyak pilihan sesuai dengan selera. Ada banyak sekali kategori menu hidangan yang ditawarkan untuk kamu pilih.

Beberapa vendor catering pernikahan yang besar di Jakarta, Surabaya, Bandung, biasanya mempunyai menu hidangan andalan tersendiri yang dijadikan sebagai keunggulan si vendor tersebut.

Tapi, mereka juga akan menyediakan menu khas dari berbagai daerah atau negara secara lengkap. Ini untuk mengakomodasi keinginan semua orang dari berbagai golongan. Sehingga, mereka bisa menyelundup pangsa pasar yang lebih luas.

7. Menggunakan bahan berkualitas sesuai standart kesehatan

Kriteria terakhir yang harus dimiliki oleh vendor catering pernikahan adalah proses memasaknya menggunakan bahan baku makanan yang memenuhi standart kesehatan. Mulai dari beras, sayur, daging, telur, ikan dan bumbu untuk meracik hidangan yang mengedepankan aspek gizi dan kualitas.

Beberapa peralatan masak yang digunakan seperti kompor, wajan, dandang, piring, sendok harus terbuat dari bahan yang tidak mudah terkontaminasi dengan makanan. Jadi, hidangan yang dihasilkan pun benar-benar higienis dan terjaga kebersihannya.

Nah, itulah beberapa ulasan seputar vendor catering pernikahan yang bisa menjadi pendoman kamu dalam memilih vendor tersebut. Tentunya, bagi pasangan calon pengantin yang masih sangat awam, perlu bimbingan dari orang yang sudah berpengalaman bahkan dari keluarganya sendiri. Hal terpenting yaitu jangan sampai kamu salah dalam memilih dan menyesal, ya!

Yuk temukan vendor profesional dan berpengalaman dengan cita rasa khas di WeddingMarket

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...