Pilih Kategori Artikel

Makanan Catering Pernikahan Adat Betawi Ini Bisa Menjadi Inspirasi Bagi Pernikahanmu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Meskipun kamu bukan keturunan Betawi, kamu tetap bisa menyajikan catering pernikahan adat Betawi di hari pernikahanmu kelak, mengapa? Indonesia memiliki jenis makanan yang beragam dan beraneka macam. Setiap daerah memiliki sajian khas yang dipengaruhi oleh budaya di daerah tersebut. Makanan ini biasanya sangat cocok pada lidah penduduk setempat. 

Namun, tak jarang orang dari luar daerah pun menyukai sajian tersebut. Kelezatan cita rasanya menjadi hal yang paling disukai. Jenis sajian tradisional kini lebih sering disajikan pada setiap acara kebudayaan atau acara besar. Salah satu contohnya ialah budaya Betawi. Sama seperti budaya lainnya, budaya ini juga kaya akan kulinernya. 

Dalam acara pernikahan pun makanan tersebut sering disajikan. Sajian ini bisa Anda dapatkan dengan memesan makanan catering pernikahan adat Betawi. Sebab, mereka akan mendapatkan sajian dengan rasa yang enak. Bila perlu kamu bisa mencari vendor khusus adat Betawi yang dapat diandalkan. 

Untuk acara pernikahan sajian yang akan dihidangkan biasanya cukup banyak. Sebenarnya, beberapa jenis hidangan dari Betawi sudah melekat dengan kehidupan masyarakat di Indonesia. Salah satu contohnya ialah menu dari jengkol. Menu ini sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Hampir di setiap daerah kamu bisa menemukannya. 

Makanan catering pernikahan adat Betawi bisa Anda sajikan untuk para tamu undangan agar pernikahan khas Betawi-mu menjadi lebih terasa. Menu yang bisa kamu sajikan diantaranya :

7 Menu Catering Pernikahan Adat Betawi Terfavorit

wm_article_img

1. Soto Betawi

Hidangan ini merupakan sajian berkuah yang berasal dari Betawi asli. Soto ini juga cukup aman jika disajikan dengan hidangan yang bersifat umum atau bukan khas Betawi. Rasanya yang enak akan membuat sajian menjadi lebih lengkap. Kamu bisa memasukkan soto ini kedalam daftar menu yang akan disajikan pada pernikahanmu. 

Soto ini terdiri dari kuah santan yang gurih dengan isian yang tak kalah nikmatnya. Isinya menggunakan potongan daging sapi. Terkadang adapula yang menggunakan jeroan sapi atau usus untuk isiannya. Namun, agar lebih aman untuk para tamu undangan yang beragam maka kamu bisa meminta isian hanya dengan daging sapi saja. 

Makanan catering pernikahan adat Betawi ini sangat cocok disajikan selagi masih hangat dengan tambahan sambal dari cabe rawit serta nasi putih hangat. Lengkapi dengan kerupuk atau emping disampingnya agar rasanya menjadi lebih enak dinikmati walaupun saat di siang hari dan di tengah kerumunan orang. 

2. Kerak Telor

Makanan ini sangat khas dengan adat Betawi. Di daerah DKI Jakarta kamu bisa menemukan pedagang sajian ini. Kamu bisa menambahkan sajian ini sebagai sajian pelengkap atau stand yang ada di acara pernikahanmu nanti. Dengan begitu, suasana adat Betawi yang kental akan lebih terasa.

Makanan catering pernikahan adat Betawi ini bisa kamu request untuk bisa disajikan. Walaupun kamu di luar daerah DKI Jakarta, kamu juga bisa meminta hal tersebut. Namun, kamu perlu menyiapkan budget yang lebih besar karena biasanya di luar daerah asalnya para pedagang tidak banyak ditemukan sehingga harus didatangkan dari daerahnya.

Sajian ini memiliki rasa yang gurih yang terbuat dari beras ketan putih, telur ayam atau bebek, serundeng dari ubi, serta bawang goreng dan bumbu halus. Cara memasaknya yang unik membuat sajian ini lebih banyak digemari. Untuk disajikan pada acara pernikahan pun tidak akan membuat para tamu merasa terlalu kenyang.

3. Gado-gado Betawi

Makanan catering pernikahan adat Betawi yang bisa menjadi inspirasi untuk pernikahanmu ialah gado-gado Betawi. Makanan ini bisa masuk kedalam daftar menu catering pernikahan utama yang bisa kamu sajikan. Dengan ditemani lauk lainnya, sajian ini akan menambah cita rasa khas Betawi yang disajikan sesuai dengan konsep utamanya.

Dalam bahasa Betawi gado-gado berarti campur aduk. Isinya pun merupakan campuran dari beberapa bahan seperti kentang, tahu, tempe, telur rebus dan sayuran lainnya. Kemudian bahan, tersebut akan disiram dengan bumbu kacang khas gado-gado yang memiliki rasa lebih gurih dari bumbu kacang pada umumnya.

4. Semur Jengkol

Jenis sajian ini bisa kamu hidangkan bagi para tamu. Makanan catering pernikahan adat Betawi ini memang terdengar cukup riskan untuk dikonsumsi saat di depan umum karena aromanya yang menyengat. Namun, dengan pengolahan yang benar maka kekhawatiran itu tidak akan terlalu parah. Penggemar semur jengkol tentu sangat banyak.

Sajian ini juga masih cukup pantas untuk disajikan pada buffet hidangan pernikahan. Bahkan, acara yang bukan dari adat tersebut pun tak jarang menggunakan sajian ini. Selain lebih unik, hidangan ini akan menambah cita rasa khas Betawi pada acara pernikahammu. Orang Betawi pasti sudah akrab dengan hidangan ini. 

5. Asinan Jakarta

Jenis sajian ini hampir mirip dengan rujak yang terdiri dari campuran buah-buahan. Perbedaanya terletak pada kuah asinannya yang khas dengan rasanya. Makanan catering pernikahan adat Betawi ini sangat menyegarkan. Kamu bisa menyimpannya di bagian stall sebagai pencuci mulut atau makanan pembuka. 

Hidangan ini akan menambah suasana dari konsep Betawi menjadi lebih kental. Sajian ini pun sangat cocok dimakan pada saat siang hari di saat tamu undangan sedang penuh. Kamu bisa menjadikan sajian ini untuk dihidangkan bagi para tamu. Semua tamu pasti akan menyukai asinan ini karena rasanya pun sangat enak. 

6. Bir Pletok

Berikutnya, untuk sajian minumannya kamu bisa menyajikan bir pletok sebagai minuman khas Betawi. Walaupun lebih enak diminum saat panas, namun minuman ini juga bisa disajikan dingin atau suhu ruang. Hal ini akan menambah cita rasa khas Betawi yang sering menyediakan minuman ini saat sedang bersantai. 

Kamu bisa memesan minuman ini pada saat memesan makanan catering pernikahan adat Betawi lainnya agar bisa disajikan pada pernikahanmu. Para tamu terutama orang asli Betawi tentunya akan merasa antusias untuk meminum minuman tersebut. Sebab, saat ini minuman bir pletok sudah mulai jarang ditemukan. 

7. Kue Pancong

Untuk hidangan manisnya kamu bisa menyajikan kue pancong pada sajian stall. Sajian ini bisa dijadikan sebagai makanan penutup dengan rasanya yang manis. Hanya mencobanya satu buah saja para tamu bisa merasa kenyang. Sebab, kue ini terbuat dari campuran bahan yang mengandung karbohidrat yaitu tepung terigu. 

Makanan catering pernikahan adat Betawi ini dinamakan pancong karena alat untuk memasaknya dinamakan pancong. Ujungnya menyerupai mata kail namun tidak tajam. Pancong ini biasa digunakan untuk membolak-balikkan dan mengambil kue yang sudah jadi. 

Itulah beberapa makanan khas Betawi yang bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang ingin menyelenggarakan pernikahan khas Betawi. Dengan menghadirkan kembali sajian tersebut maka siapapun akan merasa senang dan mengingat tanah kelahiran mereka yaitu Betawi. Apalagi jika para tamu bukanlah orang asli dari budaya ini. 

Kamu bisa sekaligus memperkenalkan budaya Betawi yang kaya akan kulinernya. Makanan catering pernikahan adat Betawi ini bisa kamu diskusikan bersama keluarga dan para vendor. Konsep riasan dan dekorasi tempatnya bisa kamu sesuaikan agar tujuan dari konsepnya bisa tersampaikan dengan baik. Yuk konsultasikan dengan vendor catering pernikahan pilihanmu!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...