Pilih Kategori Artikel

Ingin Menyajikan Catering Pernikahan Mewah? Yuk Lihat Tips dan Menunya!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Momen yang sakral harus memiliki persiapan yang matang untuk membuat pesta tersebut menjadi berkesan. Salah satunya memilih menu catering pernikahan mewah untuk memanjakan para tamu undangan.

Untuk membuat variasi menu catering atau prasmanan menjadi berkesan maka kamu harus mengetahui tips memilih menu catering pernikahan yang baik dan benar.

Tips dan Trik Memilih Menu Catering Pernikahan.

1. Sesuaikan dengan Selera Tamu Undangan

Sebelum memilih berbagai jenis menu yang akan disajikan. Ada baiknya kamu mengetahui selera makanan para tamu undangan. Misalkan jika mayoritas tamu undangan adalah orang jawa, kamu dapat membuat makanan dengan dominan rasa manis seperti masakan jawa.

2. Pilih Menu Makanan Sesuai dengan Budget

Jika memiliki budget yang tinggi, kamu dapat memilih menu makanan mewah dan berat. Makanan ini biasanya menggunakan daging  yang diracik dengan berbagai rempah-rempah. 

Oleh karena itu, kamu harus cermat dalam menentukan pengeluaran biaya dan harga catering makanan pernikahan.

3. Pilih Menu Makanan Sesuai Daerah

Usahakan agar selalu menyertakan makanan khas daerah asal kedua mempelai. Misal jika kamu berasal dari daerah jawa timur, kamu dapat menyertakan menu makanan pernikahan adat jawa timur di prasmanan pernikahan.

4. Makanan dengan Daya Tahan Lama

Tips ini bisa relative kamu terapkan jika akan mengadakan pesta pernikahan yang cukup lama. Pilih menu yang tidak mudah basi namun tetap enak tentunya. 

Biasanya menu ini dimasak dengan berbagai bumbu hingga meresap dan mengering. Contohnya seperti masakan rendang atau kering tempe.

5. Pilih Menu Makanan yang Bervariasi

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, oleh karena itu dibutuhkan sebuah variasi pada menu makanan. 

Salah satu caranya adalah dengan menyediakan berbagai cemilan untuk pesta pernikahan. Hal ini dikarenakan makanan ringan seperti cemilan cukup banyak disukai oleh berbagai kalangan seperti anak-anak hingga orang dewasa.

Tips dan trik memilih menu makanan catering di atas kiranya juga harus disesuaikan dengan konsep dan tema pernikahan. Jika kamu memiliki keinginan untuk memiliki pernikahan yang mewah dan glamor.

Berikut ini kami rekomendasikan menu makanan yang cocok untuk pesta pernikahan mewah 

Rekomendasi Menu Catering Pernikahan Mewah

1. Rendang

Rendang sendiri sudah diakui sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Tidak ada salahnya jika kamu menyertakan makanan khas Sumbar ini di prasmanan. 

Rendang dikenal sebagai makanan yang cukup mewah karena memiliki makna filosofis yang tinggi di adat minangkabau.

Rendang terbuat dari bahan dasar daging sapi yang dipadukan dengan bumbu santan lalu dimasak hingga mengering. Selain itu, masakan ini juga memiliki daya tahan yang cukup lama sehingga cocok dihidangkan di prasmanan pernikahan.

2. Mie Aceh

Mie aceh biasanya disajikan dengan digoreng setengah basah. Mie ini memiliki cita rasa pedas dengan bumbu yang cukup kental layaknya bumbu kari. Mie aceh juga sering dijual di berbagai restoran mewah yang disajikan dengan irisan daging sapi dan seafood.

Makanan ini bisa kamu masukkan dalam daftar menu catering pernikahan mewah untuk menambah variasi makanan.

3. Ayam Geprek

Menu ayam geprek saat ini sedang naik daun dengan banyaknya restoran yang menjual masakan ini. Kamu dapat memilih ayam geprek sebagai menu untuk akad nikah. 

Bahan dasar dari masakan ini adalah ayam yang digoreng dengan tepung krispi dan dibalut dengan sambal lalu ditekan hingga keduanya menyatu.

4. Gulai Kambing

Masakan dengan bumbu gulai dikenal sebagai makanan para kaum bangsawan. Selain itu gulai kambing juga dikenal sebagai makanan musiman. Biasanya  gulai kambing disajikan pada hari-hari besar. Namun kamu bisa menempatkannya di meja prasmanan agar pesta akad nikah menjadi lebih spesial. 

5. Sate

Bagi sebagian orang sate dianggap sebagai makanan istimewa, karena tidak semua orang dapat menikmati masakan berbahan dasar daging. Rasanya yang gurih dan nikmat akan membuat tamu undangan menjadi lebih betah. 

Kamu dapat menyajikan sate sebagai menu tambahan untuk menemani masakan utama di pesta pernikahan.

6. Kebab Turki

Makanan khas timur tengah ini bisa dipilih sebagai salah satu menu akad nikah. 

Selain nikmat, kebab juga memiliki kandungan nilai gizi tinggi karena berisi daging dan sayur-sayuran. Kebab turki bisa dijadikan sebagai hidangan pelengkap bagi tamu undangan.

7. Spaghetti

Spaghetti merupakan masakan western yang cukup digemari di orang Indonesia. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang dipadukan dengan telur dan garam. 

Spaghetti bisa dipilih untuk menambah nuansa modern di pesta akad nikah mu.

8. Pizza

Pizza merupakan makanan Italia yang bisa dipilih untuk menambah kesan mewah pada pesta pernikahanmu. 

Hampir semua orang menyukai makanan ini. Kamu dapat menyajikan pizza di prasmanan dengan potongan-potongan kecil sehingga lebih mudah dinikmati oleh para tamu undangan.

9. Kue Tart

Kue tart cocok dinikmati sebagai hidangan penutup. Rasanya yang manis dengan tampilan yang penuh warna dapat mempercantik acara pernikahan. Kue tart juga bisa dihias semenarik mungkin untuk menarik perhatian para tamu undangan.

10. Macaroni

Satu lagi makanan Italia yang bisa kamu pilih untuk menambah nuansa modern dan mewah. Macaroni bisa disantap sebagai hidangan pelengkap dari makanan utama. Selain itu, macaroni juga mengandung banyak karbohidrat yang mengenyangkan.

Menu catering pernikahan mewah di atas bisa kamu pilih sebagai rekomendasi agar momen pernikahanmu menjadi lebih mewah dan berkesan. 

Namun, tetap sesuaikanlah dengan budget dari kedua mempelai seperti pada tips memilih menu catering yang juga sudah dijelaskan sebelumnya.


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...