Pilih Kategori Artikel

Menghemat Biaya dengan Memanfaatkan Catering Pernikahan Termurah
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Membahas mengenai catering pernikahan termurah tentunya akan menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan konsumsi di acara pernikahan. Karena mungkin sebagian orang yang akan menikah memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Dengan adanya jasa seperti ini, tentunya akan meringankan beban kedua keluarga pasangan pengantin untuk melaksanakan acara pernikahan. Karena kita semua tahu bahwa urusan konsumsi dalam acara seperti ini sangatlah rumit dan diperlukan persiapan yang matang.

Pada umumnya, sebagian besar biaya pernikahan terkuras banyak di bagian konsumsi. Sehingga, menggunakan jasa catering pernikahan termurah tentunya akan meringankan beban dari segi tenaga kerja dan juga biaya konsumsi. Selain menawarkan kemudahan dan keringanan dalam menggunakan jasa catering, juga adanya jaminan kualitas makanan, karena setiap vendor yang memiliki jasa seperti ini sudah mempunyai standar masing-masing.

Dalam menggunakan vendor pernikahan memang membutuhkan biaya yang cukup, tetapi jika bisa mengatur sedemikian rupa tentunya cara ini merupakan alternatif yang sangat praktis untuk melangsungkan acara pernikahan. Di bawah ini terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan vendor catering pernikahan.

1.    Tidak Perlu Memasak Sendiri

Tak perlu lagi memikirkan urusan makanan untuk acara pernikahan, karena dengan adanya vendor catering pernikahan ini akan membuat persiapan acara menjadi lebih efektif dan praktis. Hal tersebut akan memberikan banyak keuntungan terhadap pelanggan, karena tidak perlu lagi berbelanja, memasak, apalagi mencuci piring kotor. Semua pekerjaan tersebut sudah termasuk bagian pelayanan pihak catering dan pasangan calon pengantin akan memiliki banyak waktu untuk bisa melakukan persiapan lain di luar urusan dapur.

2.    Dapat Memilih Jenis Makanan yang Bervariasi

Penyedia jasa catering pernikahan biasanya memberikan hidangan yang lengkap dan bervariasi. Berbagai jenis makanan akan disiapkan mulai dari makanan pembuka, makanan utama, hingga ke makanan penutup. Tidak hanya makanan saja, pihak dari vendor catering pernikahan juga menyediakan bermacam-macam minuman seperti teh, sirup, jus, es buah, air putih, dan masih banyak lagi.

3.    Terdapat Pilihan Paket yang Murah

Dari beberapa vendor yang telah melakukan kerjasama dengan wedding organizer, biasanya akan memiliki paket yang beragam. Vendor tersebut akan berani memberikan penawaran dengan harga paket yang murah kepada calon pelanggan. Jadi, pelanggan tidak perlu ribet mencari gedung lagi, karena di sini semua sudah ditanggung dan dipersiapkan oleh pihak penyedia jasa catering pernikahan termurah dengan baik.

4.    Pelayanan yang Profesional

Sebagian besar dari vendor catering pernikahan sudah memiliki pelayanan yang bagus dan profesional. Mereka tentunya bisa menyesuaikan selera tamu dengan tema acara pernikahan yang berlangsung, karena pada dasarnya vendor yang profesional sudah memiliki banyak pengalaman.

5.    Anggaran Menjadi Lebih Terstruktur

Kemudian dengan adanya penyedia jasa catering pernikahan ini tentunya akan meringankan anggaran. Biasanya untuk metode pembayaran ke vendor yang bersangkutan terdapat kurang lebih tiga kali tahap pembayaran, yaitu untuk uang muka, pembayaran pokok, dan pelunasan setelah acara sudah selesai. Dengan adanya anggaran dana yang terstruktur seperti ini, akan lebih mudah dalam mengalokasikan dana.

Bagaimana Cara Memilih Catering Pernikahan Terbaik?

wm_article_img

Jika melihat beberapa keuntungan di atas pihak vendor akan memberikan keuntungan yang besar kepada pelanggan. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih vendor catering yang akan digunakan dalam acara pernikahan. Di bawah ini, kami mempunyai beberapa tips atau cara yang bisa diterapkan untuk memilih vendor penyedia jasa catering untuk acara pernikahan.

  1. Mempunyai Kredibilitas yang Baik

Dalam memilih suatu produk maupun jasa, pilihlah yang memiliki kredibilitas yang baik atau yang dapat dipercaya. Seperti halnya dalam memilih jasa catering pernikahan, kepercayaanlah yang bisa menjadi suatu kunci dalam memilih vendor yang bagus. Hal yang harus dilakukan adalah melihat bagaimana tanggapan dan testimoni yang diberikan kepada pelanggan sebelumnya terhadap vendor tersebut. Jika terdapat banyak tanggapan yang positif, berarti vendor itu memiliki mutu yang terjamin.

  1. Memiliki Pelayanan yang Memuaskan

Selain melihat dari sisi kepercayaan dari penyedia jasa catering, lihatlah bagaimana kualitas pelayanan yang mereka berikan kepada pelanggan. Jangan sampai tertipu dengan slogan manis yang dimiliki oleh suatu vendor tertentu pada iklan atau brosur. Karena biasanya suatu penyedia jasa memasang slogan jasa catering pernikahan termurah, akan tetapi belum tentu pelayanan yang ada itu bagus dan memuaskan.

Baik atau tidaknya pelayanan tersebut bisa dilihat dari kesigapan penanggung jawab pihak vendor dalam hal menjawab segala pertanyaan pelanggan terkait dengan jasa yang ditawarkan. Hal yang biasa ditanyakan pelanggan adalah seperti menanyakan tentang ketepatan waktu pengiriman, kesesuaian menu dengan paket yang dipilih, dan lain sebagainya.

  1. Memiliki Banyak Pilihan Menu

Menu merupakan poin yang perlu diperhatikan saat memilih vendor catering pernikahan kamu. Karena pada dasarnya menu disesuaikan dengan keinginan calon pasangan pengantin atau penyesuaian dengan tema acara pernikahan yang akan dilaksanakan. Jadi, menu makanan pun mau tidak mau harus bisa menyesuaikan dengan tujuan agar saling mendukung dengan konsep yang sudah direncanakan.

  1. Bisa Melakukan Test Food

Calon pasangan pengantin wajib untuk meminta test food atau mencicipi beberapa menu yang akan dipesan. Untuk dapat melakukan testing terhadap makanan yang dimiliki vendor tertentu dengan tujuan merasakan makanan dan kualitas penyajian bisa dilakukan di showroom catering tersebut. Namun, jika ingin mengetahui bagaimana pelayanan terhadap tamu bisa dilakukan dengan cara mendatangi acara pernikahan yang sedang ditangani oleh penyedia jasa catering pernikahan tersebut jika memang diperbolehkan.

  1. Memiliki Kerjasama dengan Venue Resepsi

Poin ini tidak wajib dipertimbangkan bagi calon pasangan pengantin yang ingin memakai jasa catering. Dengan memilih vendor yang sudah memiliki kerjasama dengan wedding organizer atau venue untuk pernikahan, tentunya akan lebih menghemat biaya. Meskipun perbedaan biaya yang mungkin tak terlalu signifikan, akan tetapi akan lebih menghemat dengan adanya catering pernikahan yang lebih murah seperti ini.

  1. Kontrak Kerja yang Jelas

Pilih penyedia jasa catering pernikahan yang mau menandatangani kontrak kerja dengan adil dan jelas. Tidak hanya dengan kepercayaan dari kedua pihak atau vendor dengan calon pelanggan saja, tapi pemberlakuan kontrak secara tertulis juga harus diterapkan. Hal seperti ini tentunya akan sangat berguna bagi pelanggan jika nanti pada waktu acara, pihak penyedia jasa ternyata memberikan pelayanan yang jauh dari kesepakatan.

Dengan adanya kontrak kerja tertulis ini akan dapat memperjelas apa yang harus dilakukan kedua pihak. Seperti contohnya adalah dengan ganti rugi, pengembalian dana sekian persen dari pihak penyedia atau dengan kesepakatan lain yang dibuat sebelumnya. Jadi, kontrak kerja yang tertulis ini bisa menjadi penengah pada saat terjadi permasalahan nantinya.

Lalu, Bagaimana Cara untuk Menghemat Biaya Catering Pernikahan?

wm_article_img

Pada acara pesta pernikahan tentunya akan ada waktu makan, entah itu prasmanan atau bukan, yang akan membutuhkan banyak makanan. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa catering untuk pesta pernikahan akan memakan biaya yang banyak, apalagi jika jumlah tamu yang diundang cukup besar. Bisa jadi nantinya untuk konsumsi akan memakan biaya sebesar 30-40 persen dari total biaya acara pernikahan.

Bukan berarti dengan menggunakan vendor catering pernikahan akan boros biaya. Karena masih ada beberapa cara untuk menekan pengeluaran ini supaya lebih berhemat dan tetap praktis. Di bawah ini merupakan beberapa tips untuk menghemat pengeluaran biaya catering untuk acara pernikahan menjadi lebih murah.

  1. Membatasi Jumlah Tamu Undangan

Tips pertama ini merupakan langkah yang cukup mendasar untuk menghemat biaya catering pernikahan. Dengan jumlah tamu yang terbatas atau sedikit, nanti kesan dari cara resepsi tersebut juga akan terasa lebih intim. Pasangan pengantin bisa mengundang kerabat dan sahabat yang dikenal dekat saja oleh kedua pasangan pengantin.

  1. Menghitung Jumlah Porsi Hidangan

Untuk menghitung jumlah porsi makanan, terdapat cara khusus untuk menentukan jumlah yang dibutuhkan. Rumus yang bisa diterapkan adalah jumlah tamu undangan yang dikalikan dua. Mengapa? Karena sebagian besar tamu tidak akan datang sendirian, bisa jadi membawa pasangan atau anaknya.

  1. Memilih Menu Makanan yang Tepat

Cermatilah pilihan menu guna untuk menekan biaya untuk vendor catering pernikahan. Pada saat memilih menu, pilihlah makanan yang mengenyangkan dan tetap terlihat mewah. Seperti nasi rames dengan beberapa lauk, seperti ayam, telur, sayur, dan lain-lain. Atau juga bisa ditambah dengan menu stall dengan beberapa pilihan menu kudapan, seperti siomay, soto, sate, bakso, dan semacamnya.

  1. Perbanyak Porsi

Kemudian untuk tips menghemat biaya catering pernikahan selanjutnya adalah dengan mengurangi ragam stall dan menambah porsi. Biasanya pihak catering menawarkan banyak pilihan menu stall yang beragam, tapi disini pilih beberapa menu saja dengan porsi yang besar. Daripada memesan terlalu banyak jenis stall dengan porsi yang terbatas, lebih baik ambil beberapa jenis makanan dengan porsi yang banyak.

Cara Menghitung Biaya Catering Pernikahan Termurah

wm_article_img

Setelah mempelajari beberapa hal di atas dan juga sudah menghitung berapa jumlah porsi yang akan dibutuhkan pada saat acara pernikahan, sekarang saatnya untuk menghitung seberapa besar biaya cateringnya. Di bawah ini merupakan cara untuk menghitung biaya catering pernikahan termurah beserta dengan contohnya.

Misalkan:

Jumlah tamu undangan adalah 500 orang
Jadi untuk total adalah 500 x 2 = 1.000 pax
Menganalisis ketidakhadiran tamu undangan dengan cara mengurangi 10%,

menjadi: 90% x 1.000 = 900 pax. Lalu, kemudian alokasi perbandingan sebesar 60:40 untuk buffet dan stall.

- Buffet 60% x 900 pax = 540 porsi
- Stall 40% x 900 pax x 5 = 1.800 porsi (dalam seporsi buffet sama dengan 5 porsi stall)

Perkiraan biaya catering pernikahan dengan pilihan 1 porsi buffet dengan harga Rp 30.000 dan juga 1 porsi stall dengan harga Rp 10.000.

- Asumsi untuk buffet: Rp 30.000 x 540 porsi = Rp 16.200.000
- Asumsi untuk Stall: Rp 10.000 x 1.800 porsi = Rp 18.000.000

Jadi, untuk total biaya catering yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 34.200.000.

Baca juga: Menyiasati Harga Catering Pernikahan Agar Sesuai Budget

Dengan beberapa poin yang sudah dibahas di atas, semoga kamu mendapatkan pencerahan mengenai apa yang harus kamu pikirkan dan pilih untuk catering pernikahan kamu. Mungkin, dengan menggunakan jasa catering dapat mempermudah dan menghemat waktu calon pengantin yang sedang ingin mengadakan acara pernikahan. Tetap semangat dan mulailah dari mencari vendor terbaik dan menu catering pernikahan termurah!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...